...
rak dari besi hollow
rak dari besi hollow

Rak Dinding Besi Hollow

"Sebuah rak dinding besi hollow bisa menjadi pelengkap sempurna bagi ruanganmu. Selain tampilan yang modern dan stylish, rak ini juga memiliki kekuatan dan ketahanan yang luar biasa untuk menopang barang-barangmu."

Rak dinding dari besi hollow adalah dekorasi rumah yang berdampak pada keindahan sekaligus fungsinya yang sangat memuaskan. Bahan kuat dan awet menjadi keunggulan tersendiri bagi besi hollow yang menjadikannya cocok untuk rak dinding.-MegaBaja.co.id

Apakah kamu ingin tahu apa itu rak dinding dari besi hollow? Tenang, dalam artikel ini kita akan membahas fungsi rak dinding besi hollow hingga cara membuatnya.

Apa Itu Rak Dinding dari Besi Hollow?

Rak dinding besi hollow merupakan solusi untuk memberikan penyimpanan di ruang terbatas. Seringkali, rak dinding dipasang di ruang keluarga atau ruang tamu yang berisikan berbagai aksesoris.

Yang perlu kamu perhatikan pertama kali saat memilih rak dinding adalah pastikan material yang digunakan rak memiliki kapasitas yang sesuai dan pertimbangkan jarak vertikal antar rak.

Fungsi Rak Dinding dari Besi Hollow

Dengan adanya rak dinding dari besi hollow, ruangan akan terlihat bersih dan rapi. Ada beberapa fungsi utama dari furniture ini, sebagai berikut:

  • Solusi Space-saving Efektif

Rak dinding memiliki keunggulan yang mengambil ruang secara vertikal. Berarti, fungsi rak dinding bisa semakin maksimal. Misalnya, membuat rak dinding dari besi hollow berukuran lebar 1 meter dan ketinggian 3 meter, dengan itu kamu bisa memanfaatkan ruang ekstra tanpa mengorbankan lebih banyak area lantai.

  • Penyimpanan Ekstra di Ruangan

Fungsi utama dari rak dinding tidak jauh dari kapasitas ekstra yang ditawarkan. Berbagai aksesoris bisa diletakkan dan disimpan dengan mudah pada rak dinding besi hollow yang kita miliki.

Mengingat barang-barang perlengkapan rumah tangga atau aksesoris lainnya pasti terus bertambah seiring waktu, kehadiran rak dinding tak terlepas untuk menunjang efisiensi rumah.

  • Display yang Lebih Aman

Tidak hanya tempat penyimpanan, rak dinding juga mampu dalam segi keamanannya. Rak dinding bisa menjadi cara untuk melindungi item kecil yang bernilai tinggi supaya terhindar dari jangkauan orang-orang yang tidak sengaja menyenggolnya.

  • Dekorasi Percantik Interior

Fungsi rak dinding besi hollow terakhir adalah desain yang semakin inovatif membuat rak dinding dijadikan sebagai penunjang dekorasi interior. Rak dinding dengan berbagai rak dan motif desain hadir secara atraktif menjadikannya furniture untuk keunggulan tersendiri.

Ragam Model Rak Dinding Besi Hollow

Rak dinding besi hollow termasuk furniture yang multifungsi dan dihadirkan di setiap ruangan rumah kamu. Model rak dinding yang tersedia sangat beragam dan tentu ideal untuk ditempatkan sebagai pelengkap interior. Yuk, simak pembahasan kombinasi ragam rak dinding besi hollow yang bisa kamu jadikan inspirasi.

  1. Model Knop
pinterest

Untuk kamu yang membutuhkan tempat menggantung jaket, topi, kunci, tas, dan barang sejenis lainnya tanpa merusak pemandangan ruangan, rak dinding besi hollow yang telah ditambah dengan knop di bawahnya bisa menjadi pilihan kamu.

Model knop sebagai tambahan tempat gantungan mempermudah saat harus menyimpan perlengkapan berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu, dengan adanya kombinasi motif knop akan membuat aktivitas sehari-hari jadi lebih praktis.

  1. Dilengkapi Cermin
pinterest

Dengan tambahan cermin, rak dinding besi hollow dapat hadir menjadi multifungsi. Selain menjadi material favorit, cermin sangat efektif memberikan efek ruangan yang lebih luas jika ditempatkan secara strategis.

Kombinasi cermin memiliki fungsi reflektif untuk mengecek penampilan dan aesthetic. Rak dinding besi hollow dengan kombinasi cermin ideal ditempatkan pada ruang depan menuju pintu keluar agar fungsinya maksimal.

  1. Model Modular
pinterest

Konsep modular dapat dikombinasikan pada rak dinding besi hollow. Model furniture modular didesain dengan prinsip yang terdiri dari beberapa komponen dan dapat dimodifikasi sesuai keinginan.

Model rak modular dapat disusun secara vertikal atau horizontal sehingga tampak lebih fleksibel dan bisa mengikuti keinginan kamu. Idealnya, kombinasi model modular ini bisa kamu letakkan di ruang keluarga atau ruang pribadi.

  1. Tambahan Fitur Laci
pinterest

Dengan hadirnya furniture yang space-saving kian maksimal dengan adanya kombinasi laci tarik. Berbagai model rak dinding yang terdiri dari rak terbuka hingga tambahan laci.

Jadi, sekiranya barang yang tidak ingin dipajang bisa dengan mudah diletakkan dalam rak laci ini. Sementara bagian terbuka rak dinding tetap terlihat rapi. Model kombinasi rak dinding besi hollow dengan laci cocok ditempatkan di berbagai area rumah.

  1. Model Minimalis
pinterest

Rak dinding besi hollow yang memiliki desain simpel, bisa dikelompokkan sebagai model minimalis. Termasuk rak dinding paling favorit, model minimalis dapat terdiri dari potongan papan kayu yang didesain sesuai keinginan kamu dan cocok ditempatkan di berbagai area rumah.

  1. Model Tangga
pinterest

Kombinasi rak dinding besi hollow dengan tangga merupakan pilihan furniture yang memiliki tampilan unik. Bentuknya menyerupai tangga, namun telah dimodifikasi sehingga berdiri lebih kokoh dengan penampang yang cocok menjadi tempat display aksesoris rumah kamu.

Pada umumnya, rak dinding model ini diletakkan di ruang keluarga, tapi juga bisa sebagai pelengkap di kamar mandi untuk menggantung baju, handuk, dan berbagai kebutuhan lainnya.

  1. Model Geometris
pinterest

Kebanyakan yang kita tahu, rak dinding hadir dengan bentuk lurus atau kotak. Tapi, tidak hanya berbentuk seperti itu saja, banyak juga desain yang muncul dalam bentuk bulat, heksagonal, dan berbagai konsep geometris lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa memodifikasi dengan sentuhan shabby chic seperti lekukannya untuk aksen dekoratif yang unik. Untuk model kombinasi rak dinding besi hollow berbentuk geometris sangat cocok diletakkan di ruang keluarga atau ruang tamu untuk menambah unsur dekoratif.

Cara Membuat Rak Dinding Besi Hollow

Sebelumnya kita telah membahas apa itu rak dinding besi hollow hingga kombinasi model yang bisa kamu jadikan inspirasi. Nah, pada pembahasan terakhir ini, kita akan membahas salah satu contoh cara membuat rak dinding yang bisa juga kamu buat sendiri.

  1. Siapkan Peralatan
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Bor Listrik yang memiliki mata bor besi dan beton ukuran 12 mm
  • Mesin las listrik 900 watt
  • Gerinda untuk memotong besi
  • Waterpass
  • Spidol
  1. Bahan Material Pembuatan Rak Dinding Besi Hollow
  • 3 lonjor besi hollow galvanis dengan ukuran 4×4 cm
  • 3 lembar papan kayu dengan ukuran 3×30 cm
  • 3 lonjor besi siku dengan ukuran 4×4 cm
  1. Memotong Besi Hollow Sesuai Ukuran
  • 12 potong besi hollow dengan ukuran panjang 30 cm
  • 6 potong besi hollow dengan ukuran panjang 150 cm
  • 3 lembar kayu papan dengan ukuran panjang 270 cm
  • 6 potong besi hollow dengan ukuran panjang 270 cm
  1. Buatlah Kerangka Utama Rak Dinding

Sambungkan 2 potong besi ukuran 150 cm dengan 1 potong besi ukuran 30 cm. Sambungan pertama, bisa kamu tempatkan 10 cm dari dasar rak. Setelah itu, sambungkan potongan lainnya dengan selisih jarak 30 cm. Ulangi langkah seperti itu lagi hingga kamu memperoleh 3 buah kerangka utama.

  1. Hubungkan Potongan Besi Siku

Setiap kerangka beri jarak masing-masing 90 cm. Sebelum memulai langkah pengelasan, pastikan besi siku terpasang dengan benar pada kerangka.

  1. Rapikan Hasil Pengelasan

Oleskan dempul pada setiap sambungan. Setelah itu, oles atau semprot pada permukaan kerangka. Jika cat dasar telah mengering, lakukan pengecatan kembali.

  1. Pasang Kayu Papan pada Kerangka

Langkah terakhir, kamu bisa memolesnya dengan cat pernis agar tampilannya lebih cantik.

Anda juga bisa membaca artikel kami tentang : model kursi dari besi hollow

Jadilah api yang menginspirasi, bukan debu yang menghilang di angin.