12 Desain Jendela Minimalis, Mana yang Paling Cocok untuk Hunianmu
12 Desain Jendela Minimalis, Mana yang Paling Cocok untuk Hunianmu

12 Desain Jendela Minimalis, Mana yang Paling Cocok untuk Hunianmu

Tampilan rumah yang mengesankan bisa terlihat jelas dari desain eksterior huniannya. Salah satu eksterior pendukung rumah yang mengesankan bisa dilihat dari penggunaan jendela. Bagi Anda yang ingin mengubah tampilan eksterior rumah menjadi simpel dan keren, tak ada salahnya untuk mulai merenovasi dari tampilan jendelanya. -MegaBaja.co.id

Tanpa disadari merenovasi jendela juga bisa membuat tampilan baru pada hunian Anda. Sekarang ini sudah ada banyak sekali desain jendela yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut merupakan beberapa inspirasi desain jendela minimalis yang mampu memberikan tampilan baru pada hunian. Kira-kira mana yang paling cocok untuk hunianmu?

Salah satunya adalah desain jendela minimalis. Tentu Anda sudah sering mendengar istilah rumah minimalis bukan? Namun bagaimana dengan jendela minimalis? Tak hanya rumah yang bisa dijadikan minimalis namun bagian jendela juga bisa. Jendela minimalis sendiri merupakan jendela yang dibuat secara tepat guna, rapi tanpa memiliki tanpa memiliki banyak ornamen.

Desain Jendela Minimalis Untuk Rumah Anda

Berikut adalan 12 jenis desain jendela minimal

Jendela Klasik

Jendela Klasik
Jendela Klasik

Inspirasi desain jendela minimalis pertama yang bisa Anda coba adalah jendela klasik. Desain jendela semacam ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang memiliki desain interior bergaya klasik. Contohnya rumah bergaya Eropa. Pada umumnya jendela klasik didominasi dengan warna muda seperti putih atau warna-warna pastel.

Jendela Open Space

Jendela Open Space
Jendela Open Space

Selain jendela klasik, jendela open space juga merupakan salah satu inspirasi desain jendela minimalis yang bisa Anda gunakan di ruang serbaguna. Pasalnya jendela dengan konsep open space mampu membuat ruangan terkesan lebih luas dan multiguna. Jendela dengan konsep open space biasanya menggunakan model sliding.

Jendela Single Hung

Jendela Single Hung
Jendela Single Hung

Pemanfaatan jendela single hung ternyata mampu memberikan kesan yang elegan dengan sirkulasi udara yang tepat. Untuk bagian bawah jendela cukup Anda tarik ke depan sehingga sirkulasi udara bisa masuk dan keluar dengan baik. Desain jendela semacam ini lebih cocok diterapkan pada ruangan yang berhadapan langsung dengan teras atau beranda rumah.

Jendela Melengkung

Jendela Melengkung
Jendela Melengkung

Arched window atau lebih dikenal dengan jendela melengkung sangat cocok dipilih bagi Anda yang memiliki desain rumah tradisional namun tak terkesan kuno. Bentuk lingkaran pada sisi jendela mampu memberikan kesan yang halus. Tanpa disadari desain semacam ini mampu memberikan bentuk keseimbangan secara vertikal dan horizontal ketika dilihat.

Jendela Tingkap atau Casement

Jendela Tingkap atau Casement
Jendela Tingkap atau Casement

Inspirasi desain jendela minimalis selanjutnya yang bisa Anda coba adalah jendela tingkap atau casement. Pada umumnya jenis jendela seperti ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian kiri dan kanan. Penggunaan jendela semacam ini mampu memaksimalkan sirkulasi udara dari luar maupun ke dalam ruangan. Anda bisa membuka salah satu sisinya saja atau bahkan keduanya.

Jendela Hooper

Jendela Hooper
Jendela Hooper

Jendela hooper juga merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda coba. Desain jendela  ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan sirkulasi udara secara maksimal. Bahkan tahukah Anda jika penggunaan desain jendela semacam ini juga sudah banyak diterapkan di luar negeri. Umumnya jendela ini digunakan sebagai sumber insulasi pada tiny house.

Jendela Jalousie

Jendela Jalousie
Jendela Jalousie

Mungkin Anda sering melihat jendela minimalis berdesain jalousie. Namun Anda tidak menyadari jika nama jendela itu terbilang cukup unik. Desain jendela minimalis macam ini memang sudah jarang ditemukan di zaman modern seperti ini.

{rb_related title=”Artikel Terkait” total=”4″}

Pasalnya desain jendela jalousie lebih sering digunakan oleh orang-orang zaman dahulu. Meski demikian Anda juga bisa mencoba desain yang satu ini sebagai jendela hunian minimalis. Untuk mewujudkannya Anda hanya perlu lengkapi bagian jendela dengan kisi-kisi paralel yang mudah dibuka dan ditutup.

Jendela Skylight

Jendela Skylight
Jendela Skylight

Jenis jendela skylight juga merupakan salah satu inspirasi desain jendela minimalis yang bisa Anda coba. Namun umumnya desain jendela semacam ini kebanyakan dipasang di bagian atap rumah. Jadi bagi Anda yang ingin ruangan mendapatkan  cahaya maksimal bisa memilih desain jendela skylight.

Keberadaannya sendiri bertujuan untuk menyediakan pencahayaan yang tepat tanpa memperhatikan sirkulasi udara. Mengapa demikian? Pasalnya desain jendela semacam ini tidak bisa dibuka dan ditutup.

Jendela Gambar atau Picture Windows

Jendela Gambar atau Picture Windows
Jendela Gambar atau Picture Windows

Bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan atau di perkotaan yang memiliki lingkungan asli, tampaknya desain semacam ini merupakan pilihan yang tepat untuk dicoba. Pasalnya desain jendela gambar mampu memberikan kesan hunian agar terasa dekat dengan alam dan lingkungan sekitar.

Namun sayangnya desain jendela semacam ini tidak bisa dibuka dan ditutup. Desain jendela gambar hanya berfungsi sebagai sumber pencahayaan dan visualisasi lingkungan saja. Sedangkan untuk penempatannya sendiri desain jendela gambar sangat cocok ditempatkan di depan taman yang minimalis.

Jendela Clarestory

Jendela Clarestory
Jendela Clarestory

Tanpa disadari ternyata desain jendela clerestory sangat mudah dijumpai di Indonesia. Desain jendela yang satu ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang memiliki rumah bergaya tradisional. Tak hanya mampu memberikan pencahayaan yang maksimal saja, jendela semacam ini juga berfungsi sebagai sirkulator udara di dalam ruangan. Apa Anda tertarik untuk mencobanya?

Jendela Pivot

Jendela Pivot
Jendela Pivot

Tanya pintu yang bisa disusun dengan engsel tengah, namun ternyata jendela juga bisa. Model horizontal atau vertikal juga terserah sesuai dengan kebutuhan. Namun sebelum memilih desain jendela ini pastikan Anda memiliki ruang yang cukup memadai untuk membuka jendela secara maksimal.

Sebagai pelengkap Anda bisa memadukan jendela pivot dengan rangka kayu. Pada umumnya desain jendela semacam ini lebih banyak diterapkan pada bagian dalam rumah. Misalnya pada bagian kamar tidur. Jadi jendela kamar bisa tembus ke ruang tengah. Cukup menarik bukan?

Jendela Grid

Jendela Grid
Jendela Grid

Desain jendela untuk rumah minimalis tidak harus selalu baru dan modern. Pasalnya Anda juga bisa mengadopsi jendela grid yang klasik dengan muntins dan mullions. Sedangkan untuk memperkuat kesan modern Anda bisa membuatnya dengan model bukaan geser. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuatnya dalam ukuran penuh sekalian sebagai pintu

Jendela Timbul

Jendela Timbul
Jendela Timbul

Desain jendela minimalis selanjutnya yang bisa Anda adopsi adalah model jendela timbul. Keadaan rangka jendela yang timbul melebihi dinding bisa menjadi peneduh. Selain itu model semacam ini juga bertujuan untuk mencegah air agar tidak masuk ke dalam rumah saat hujan.

Sedangkan dari segi estetika keunikan dari desain jendela yang satu ini tidak perlu dibantah lagi. Model jendela timbul sangat cocok dipilih bagi hunian minimalis dan industrial. Terlebih lagi desain jendela timbul bisa lebih menekankan sentuhan futuristik pada hunian.

Nah itu dia beberapa inspirasi desain jendela minimalis modern yang bisa Anda pilih. Mau desain apapun yang Anda pilih pastikan untuk selalu memperhatikan kekuatan material dan sistem keamanannya. Selain itu jangan lupa untuk selalu memperhatikan sistem kuncian di bagian dalam agar keamanan tetap terjaga dengan baik. Jadi desain mana yang akan dipilih?

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.