12 Ide Dekorasi Rooftop Yang Nyaman dan Kekinian

Ide Dekorasi Rooftop Nyaman dan Keren

Atap rumah bisa menjadi tempat yang menyenangkan. Zaman sekarang, para kontraktor dan desainer rumah semakin banyak membuat inovasi dalam menciptakan rumah yang nyaman. Salah satunya adalah dengan membuat rooftop dan mendekorasinya dengan berbagai macam suasana. -MegaBaja.co.id

Rooftop adalah bagian atap dengan permukaan datar, biasanya merupakan dak beton yang dibiarkan terbuka. Gaya seperti ini akan banyak kamu jumpai pada tipe-tipe rumah minimalis modern yang saat ini banyak digandrungi sebagian besar millennial.

Dengan adanya lahan kosong di atap rumah, kamu akan mendapatkan sensasi baru yang menyenangkan. Selain bisa melihat pemandangan sekitar, desain rooftop ini juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Seperti berkumpul bersama kerabat, bersantai, hingga makan bersama.

Nah, kalau kamu sedang berniat untuk membuat rooftop di bagian atas rumahmu, artikel ini akan memberikan kamu beberapa macam ide dekorasi dan tema rooftop yang pastinya akan membuat kamu tertarik.

Ide Dekorasi Rooftop Nyaman dan Keren

1. Nuansa Alami Dengan Tema Kayu

Dengan nuansa berwarna kecokelatan dari bahan kayu bisa membuat suasana rooftop kamu semakin kalem dan tentunya cocok untuk dipakai bersantai. Mulai dari lantai kayu, hingga elemen lain seperti kursi atau pun meja dengan tema senada.

Untuk lantainya sendiri kamu bisa memilih jenis kayu decking yang biasa dipakai sebagai penutup lantai di luar ruangan. Kayu decking terbuat dari kayu solid sehingga akan lebih cocok dalam segala cuaca.

sumber : corenyc.com

Untuk mempercantik suasana, kamu juga bisa menambahkan aksen hijau dengan meletakkan beberapa tanaman di sekitarnya. Jangan lupa juga untuk menata lampu-lampu temaram yang akan menambah suasana menjadi lebih hangat pada saat gelap.

2. Rooftop Ala Jepang

Dekorasi yang satu ini juga bisa menambahkan parket atau lantai kayu sebagai pemanis. Selain itu, pembuatan tangga kecil juga bisa membuat lahan minimalis ini terlihat lebih bagus.

sumber : mediumhousebyplushouse..blogspot

Pilih lampu dengan ambience kuning dan sorotan yang redup agar menciptakan suasana yang lebih tenang. Kamu juga bisa meletakkan beberapa batu kerikil berwarna putih untuk mempercantik penampilan. Jangan sampai terlewat, kursi taman dan beberapa pohon-pohon hijau yang akan menyegarkan suasana.

3. Keren Dengan Atap Kaca

Jika kamu ingin menjadikan bagian rooftop bisa dipakai di segala cuaca, maka jangan lupa untuk memberikan atap di atasnya.

sumber : architecture art design

Agar kesan estetikanya tidak berkurang, buatlah atap dari kaca sehingga bisa terhindar dari air hujan tetapi tidak menutupi jarak pandang saat bersantai di sana. Untuk jenis dekorasi ini, akan lebih cocok jika menambahkan kursi dengan beberapa bantal agar suasananya terasa lebih nyaman untuk berlama-lama di rooftop.

4. Rooftop Ala Café

Jika kamu ingin memiliki suasana menyenangkan, mungkin membuat rooftop ala café cocok untuk dijadikan pilihan.

Kamu cukup menambahkan beberapa meja dan kursi yang nyaman, lalu menghiasi sekitar rooftop dengan bohlam-bohlam temaram yang digantung di bagian atasnya. Menambahkan beberapa pot tanaman juga tentunya akan memperindah penampilan.

sumber : rumah_purnama

5. Rooftop Mini

Punya lahan yang sempit untuk bagian atap rumah? Jangan khawatir, dengan berbagai kreativitas atap yang mungil pun bisa dimanfaatkan dan disulap menjadi tempat keren yang nyaman.

Seperti gambar di bawah ini, kamu bisa memanfaatkan sisa lahan yang ada dan meletakkan kursi kecil, lengkap dengan meja. Pilih bahan railing untuk pembatas atapnya dengan pilihan bahan yang minimalis. Warna yang dipakai pun harus mengusung tema yang serupa agar lokasi rooftop tidak terlihat membosankan.

sumber : jelajahhijau

Tambahan pot tanaman selalu menjadi pilihan yang tepat bukan?

6. Gaya Simple Untuk BBQ

Jika kamu membutuhkan tempat yang bisa nyaman dipakai untuk mengadakan acara makan bersama, maka ide yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan inspirasi.

Alih-alih menata beberapa kursi dan meja di beberapa sudut, lebih baik meletakkan sofa atau tempat duduk melingkar seperti ini. Bagian lainnya dibiarkan kosong dan luas untuk menyimpan peralatan makan bersama atau BBQ-an dengan suasana yang seru.

Meletakkan perapian seperti di bawah ini juga bisa menjadi pilihan. Selain itu, pembatas atap yang terbuat dari bahan kaca ini dapat memberikan kesan simple yang lebih kuat.

sumber : helloshabby.com

7. Dekorasi Mini Garden

Membuat area atap menjadi taman bukanlah hal yang mustahil. Kamu bisa menciptakan suasana taman di atas rumahmu dengan memilih dekorasi yang sesuai. Dengan memperbanyak tanaman di sekitarnya, dan memilih lantai sederhana akan membuat kamu merasakan sensasi bersantai di taman yang segar.

sumber : helloshabby.com

Pilih sofa atau kursi dengan warna yang segar seperti hijau, kuning atau biru. Padukan dengan elemen lain yang berwarna putih untuk membubuhkan kesan santai dan bersih.

8. Tempat Berjemur

Jika kamu adalah orang yang suka berjemur, maka tidak perlu pergi jauh-jauh. Kamu bisa menciptakan tempat berjemurmu sendiri di atap rumah.

sumber : helloshabby.com

Tanpa atap dan pelindung apapun, kamu bisa meletakkan kursi panjang untuk berbaring. Tidak perlu dekorasi khusus, pilih saja kursi dengan warna dan jenis yang kamu sukai, tambahkan beberapa dekorasi lain seperti meja kecil dan tanaman-tanaman segar lainnya.

9. Suasana Romantis dan Nyaman

Membuat suasana rooftop yang romantis juga bisa menjadi pilihan. Khususnya bagi kamu yang memiliki rumah dengan pemandangan yang indah seeprti  lampu kota, pantai, atau taman-taman hijau.

sumber : DoyleMccular.com

Menambahkan sofa yang empuk adalah pilihan yang tepat. Selain itu, meja yang besar beserta beberapa mawar merah sebagai hiasan juga akan membuat suasana lebih romantic dan nyaman. Jika masih  kurang, kamu bisa menambahkan lampu temaram di sekitar pembatas atap dan lilin di atas meja untuk penerangan tambahan.

10. Gaya Santai Masa Kini

Yang paling penting dalam dekorasi adalah dengan menambahkan tempat duduk baik itu sofa yang empuk atau kursi taman. Berbagai suasana dapat dilihat dari bagaimana cara kamu memilih tema kursi yang berada di area rooftop.

sumber : sohnne.com

Kursi unik dan empuk seperti ini akan memberikan kesan santai yang kental. Saat melihat kursi seperti ini kamu tentunya sudah terbayang untuk mendaratkan badan dan bersantai sambil memakan camilan.

11. Nuansa Piknik Di Atas Atap

Selanjutnya kamu bisa membawa suasana piknik ke area rooftopmu dengan menggelar rumput sintetis dan menambahkan beberapa dekorasi lain. Penggunaan bean bag seperti di bawah ini bisa membuat kamu merasakan sensasi bersantai yang menyenangkan. Tambahkan juga penutup di bagian atas untuk menambah kesan pinkin serta jangan lupa untuk meletakkan meja yang cantik.

sumber : tripadvisor.com

Tambahkan juga aksen kayu pada pembatas atap agar kesan alam terasa dengan sempurna.

12. Gaya Modern dan Mewah

Bukan hanya untuk bersantai, dengan tema ini kamu juga bisa menggunakan rooftop sebagai tempat pertemuan dengan beberapa rekan kerja atau kerabat. Suasana mewah yang tercipta dari pemilihan dekorasi modern akan membuat tampilan atapmu semakin bagus.

sumber : pinterest

Selain memilih kursi dengan desain minimalis, kamu juga bisa menambahkan atap dengan gaya yang senada. Lengkap dengan parket kayu dan lampu-lampu LED di sekitarnya. Pemilihan tanaman pun jangan diabaikan, memilih tanaman yang sederhana akan menambah kesan mewah dan minimalis dalam waktu yang bersamaan.

Itulah beberapa inspirasi gaya rooftop rumah yang bisa kamu terapkan di hunian pribadi. Sesuaikan dengan selera masing-masing ya.

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.