CNP Baja Ringan Cilegon Steel SNI
CNP Baja Ringan Cilegon Steel SNI

CNP Baja Ringan Cilegon Steel

Sudah bukan waktunya lagi menggunakan bahan konstruksi kurang tahan lama sekarang waktunya memakai CNP baja ringan sebagai solusi material terbaik

Banyak orang sekarang sudah beralih menggunakan CNP baja ringan dalam berbagai konstruksi terutama perumahan. Namun bagi orang awam masih banyak melihat bahwa material ini kurang meyakinkan. – www.megabaja.co.id

Oleh karena itu, mari bersama mencari tahu seperti apa potensi sebenarnya agar tidak ragu lagi dalam menggunakannya. Sebagai sebuah bahan material yang belum terlalu mainstream di Indonesia jelas banyak orang meragukannya.

CNP Baja Ringan Cilegon Steel: Solusi hemat biaya untuk bangunan yang kokoh dan tahan lama.

Sehingga banyak orang menganggap masih lebih baik menggunakan kayu dibandingkan baja ringan. Mari bedah faktanya agar kamu dapat menemukan solusi terbaik guna konstruksi modern.

Mengenal Apa Itu CNP Baja Ringan

Penggunaan baja ringan di Indonesia memang masih terbatas pada proyek tertentu. Sedangkan untuk pemakaian rumah tinggal biasanya menggunakan kayu terutama di pulau jawa karena keberadaannya memang mudah diperoleh.

Namun tidak banyak orang tahu bahwa sebenarnya bahan ini memiliki integritas cukup bagus untuk mempertahankan posisinya. Dari segi penampilan mamang terlihat tipis dan kurang meyakinkan.

Jika kamu melihat clamp baja yang sering digunakan untuk konstruksi gedung pencakar langit, bentuknya tidak terlalu berbeda. Hanya saja jika kamu menggunakan bahan ini berat jenisnya lebih kecil sehingga fleksibel digunakan berbagai hal.

Produk CNP Baja Ringan Terbaik
Produk CNP Baja Ringan Terbaik

Bentuk CNP baja ringan hampir seperti clamp C yang sering digunakan untuk konstruksi kelas berat. Perbedaannya terletak pada berat jenis dan beberapa detail di dalam bahannya sehingga membuatnya berbeda.

Penggunaan material ini mulai banyak dilirik proyek pengembangan sejak tahun 2012 karena dinilai worth it. Dengan berat jenis lebih kecil kapabilitasnya untuk mempertahankan integritas bahan termasuk sangat bagus.

Sehingga pemakaiannya mulai diimplementasikan pada berbagai kebutuhan harian seperti konstruksi perumahan. Namun penggunaan skala independen belum terlalu populer dan masih terbatas pada proyek besar saja.

Baru pada tahun 2016 masyarakat mulai melirik penggunaan bahan tersebut sebagai opsi. Harganya yang cukup murah membuatnya dilirik sebagai pengganti kayu terutama di pulau jawa dalam pembuatan rumah.

Ternyata setelah dipakai CNP baja ringan terbukti memiliki kemampuan lebih baik dalam mempertahankan integritas. Potensi penggunaan jangka panjang juga cukup bagus dibandingkan dengan kayu.

Otomatis beban atap rumah menjadi jauh lebih ringan sehingga membuat konstruksi tahan lama. Pondasi dan dinding juga tidak akan menopang berat terlalu besar ketika menggunakan sistem atap seperti ini.

Sebenarnya selain penggunaan untuk atap ada banyak fungsi lain yang belum banyak diketahui oleh orang awam. Sehingga pada segmen selanjutnya akan kami jelaskan apa saja fungsi lain dari material ini.

Apa Fungsi CNP Baja Ringan?

Apabila kamu mengacu pada fungsi sebenarnya ada banyak yang dapat dilakukan menggunakan material tersebut. Namun yang paling umum adalah tiga hal yang akan kami jelaskan berikut ini.

1.      Penopang beban mati

Material CNP baja ringan adalah salah satu bahan yang memiliki fungsi sebagai penopang beban mati. Beban mati adalah sebuah beban statis yang nilainya akan selalu sama.

Jadi beban mati ini bisa berupa sebuah konstruksi tanpa dinamika atau mobilitas di dalamnya. Misalnya atap, langit-langit, dan sebagainya karena di atas mereka tidak ada beban aktif.

Dengan menggunakan bahan berkonstruksi ringan dan integritas bagus tentu saja ini akan menjadi solusi tepat. Beban mati tidak akan bertambah besar jika kamu akumulasikan dengan penopangnya.

2.      Purlin

Purlin adalah sebuah balok dudukan yang fungsinya digunakan untuk menahan beban baik aktif atau pasif. Jadi setiap gedung pasti terdapat purlin karena jika tidak ada pasti akan roboh.

Menggunakan baja ringan sebagai purlin tentu saja merupakan opsi yang cukup cerdik. Karena kamu tidak perlu menambahkan berat lebih pada bagian penopang ketika diakumulasikan.

Sehingga purlin sendiri bebannya menjadi lebih ringan dan tidak memperburuk suasana. Dengan kapabilitas integritas bahan bagus tentu saja ini dapat kamu jadikan sebagai salah satu opsi.

3.      Bingkai komponen arsitektur

Ternyata CNP baja ringan juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan bingkai komponen arsitektur. Kemampuan penahannya yang cukup bagus tentu membuatnya cocok dipakai.

Selain itu bahannya juga cukup fleksibel sehingga mudah dibentuk menjadi berbagai desain. Tentu saja hal ini akan memberikan banyak keuntungan karena aspek fleksibilitasnya memang bagus.

Dengan mengetahui ketiga fungsi umum tersebut tentu saja kamu tidak perlu bingung untuk memakainya. Selain itu banyak kelebihan dari bahan ini sehingga layak dijadikan sebagai opsi bahan konstruksi.

Keunggulan Menggunakan CNP Baja Ringan

Sekarang akan kami jelaskan apa saja keunggulan bahan ini sehingga sekarang menjadi sebuah primadona. Bukan hanya karena hype saja namun memang bahannya memiliki kualitas bagus dan banyak keunggulan seperti berikut.

1.      Fleksibel

Fleksibel di sini artinya CNP baja ringan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Dengan menggunakan material tersebut tentu saja kamu bisa membangun banyak desain tanpa kesulitan.

Kemudian berat materialnya juga ringan sehingga memudahkan proses pemasangan. Ini jelas akan menambah aspek fleksibilitas dalam material ketika digunakan dalam sebuah pembangunan.

2.      Harganya murah

Apabila kamu bandingkan dengan cast metal jelas harga dari baja ringan jauh lebih murah. Sehingga banyak kebutuhan konstruksi tingkat menengah dapat dibangun menggunakan anggaran rendah.

Ini adalah salah satu kelebihan yang tidak boleh kamu pandang sebelah mata yaitu finansial. Jika biaya pembangunan menjadi jauh lebih murah tentu saja akan ada banyak orang menemukan keunggulannya.

3.      Mudah dibentuk

Salah satu aspek yang menambah fleksibilitas dari CNP baja ringan adalah mudah dibentuk. Kamu dapat memotongnya untuk digunakan menjadi berbagai macam rangkaian.

Sehingga banyak jenis bangunan dapat dikerjakan menggunakan material ini tanpa harus menyediakan alat advance. Oleh karena itu siapa saja jelas mampu mengoptimalkan penggunaannya.

Ini juga menjadi sebuah acuan penting karena akhirnya baja ringan dapat dipakai sebagai solusi daerah tertinggal. Material mudah didistribusikan untuk melakukan pembangunan berbagai bentuk bangunan.

Ketiga keunggulan tersebut tentu saja dapat kamu jadikan sebagai acuan sebelum menggunakannya. Jadi jangan sampai salah karena nantinya bahan ini akan menjadi sebuah fundamental dalam pembangunan masa depan.

CNP Baja Ringan Bisa Digunakan untuk Apa?

Apabila kamu mengacu pada fungsi sebenarnya ada banyak yang dapat dilakukan menggunakan material tersebut. Namun yang paling umum adalah tiga hal yang akan kami jelaskan berikut ini.

1.      Rangka atap

Salah satu fungsi utama dari CNP baja ringan adalah rangka dengan integritas bagus. Sehingga konstruksinya dapat digunakan untuk menopang semua atap dengan beban konstruksi rendah.

Memang penggunaan bahan dengan bobot ringan memiliki kelebihan dari sisi ketangguhannya. Kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak penyangga agar dapat berdiri kokoh.

Sehingga dengan menggunakan pendekatan seperti ini sebuah konstruksi dapat didirikan secara mudah. Selain itu adanya kekuatan struktur membuatnya capable untuk menghadapi banyak gangguan.

Konstruksi CNP Baja Ringan
Konstruksi CNP Baja Ringan

2.      Pagar

Biasanya material ini kamu temukan untuk pagar berukuran besar seperti di pabrik. Mengapa harus berukuran besar karena jika menggunakan besi biasa integritas bangun akan terganggu.

Sehingga dengan menggunakan CNP baja ringan kamu tidak perlu khawatir meskipun dimensinya besar. Berat material yang minim membuatnya mampu menopang bentuk tanpa harus banyak pendukung.

Jadi, ini adalah sebuah opsi paling ideal apabila kamu memang ingin membuat konstruksi berukuran besar. Meskipun ringan ternyata bahannya juga memiliki kapabilitas bagus untuk menopang integritasnya.

3.      Rangka bangunan

Untuk warehouse baja ringan juga sering dijadikan sebagai opsi karena harganya murah dan mudah disusun. Konstruksi bangunannya akan membutuhkan waktu relatif lebih pendek.

Oleh karena itu, banyak pemilik usaha suka menggunakannya karena kemudahan dalam pemasangan. Ini adalah sebuah aspek yang tidak boleh dipandang sebelah mata dalam menentukan material.

Ketiga fungsi tersebut memang paling umum kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun itu tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan fungsi lainnya sehingga kamu bisa menggunakannya sebagai opsi.

Produk CNP Baja Ringan Cilegon Steel

CNP Baja Ringan Cilegon Steel adalah salah satu produk baja ringan yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk baja ringan lainnya. Beberapa keunggulan menggunakan produk CNP Baja Ringan Cilegon Steel antara lain:

  1. Kualitas Baja yang Unggul: Produk CNP Baja Ringan Cilegon Steel dibuat dari baja berkualitas tinggi yang tahan lama dan kuat. Baja ini memiliki ketahanan terhadap korosi dan karat yang lebih baik, sehingga dapat bertahan dalam kondisi cuaca yang ekstrem.
  2. Pemasangan yang Mudah: CNP Baja Ringan Cilegon Steel mudah dipasang dan dipotong sesuai dengan kebutuhan. Hal ini membuat penggunaan produk ini menjadi lebih efisien dan cepat dalam proses pemasangan.
  3. Ringan dan Kuat: CNP Baja Ringan Cilegon Steel memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan baja konvensional namun tetap memiliki kekuatan yang sama. Hal ini membuat produk ini lebih mudah diangkat dan dipindahkan serta dapat mengurangi beban pada struktur bangunan.
  4. Tahan Lama: Produk CNP Baja Ringan Cilegon Steel tahan terhadap korosi dan karat serta memiliki umur pakai yang lebih lama. Hal ini membuat produk ini menjadi pilihan yang tepat untuk bangunan yang memerlukan kekuatan dan ketahanan jangka panjang.
  5. Hemat Biaya: Penggunaan CNP Baja Ringan Cilegon Steel dapat menghemat biaya karena produk ini lebih murah dibandingkan dengan produk baja konvensional. Selain itu, penggunaan produk ini dapat mengurangi biaya operasional seperti biaya transportasi dan biaya tenaga kerja.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, CNP Baja Ringan Cilegon Steel dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memerlukan produk baja ringan yang berkualitas, tahan lama, mudah dipasang, dan hemat biaya.

Produk CNP Baja Ringan Cilegon Steel
Produk CNP Baja Ringan Cilegon Steel

Diantara Produk CNP Baja Ringan Cilegon Steel diurut berdasarkan Harga dan Speck Produk dari yang terendah terlebih dahulu :

  • CNP Baja Ringan Cilegon Steel Stiker Pink
  • CNP Baja Ringan Cilegon Steel Stiker Kuning
  • CNP Baja Ringan Cilegon Steel Stiker Merah
  • CNP Baja Ringan Cilegon Steel Stiker Biru
  • CNP Baja Ringan Cilegon Steel Stiker Hijau
  • CNP Baja Ringan Cilegon Steel Stiker Kelas Premium “TITAN”
  • CNP Baja Ringan Cilegon Steel Stiker Kelas Premium “PLATINUM”

Ketahui Lebih Lanjut Tentang : Produk-Produk Baja Ringan Cilegon Steel SNI

Perbandingan CNP Baja Ringan dengan Kayu Biasa untuk Rangka Atap

Pada segmen ini kami akan fokus membahas seperti apa perbandingan kualitas baja ringan dengan kayu jika dijadikan konstruksi atap. Ternyata ada banyak perbedaan yang dapat kamu ambil dari dua materialnya seperti berikut.

1.      Beban penopang

Jika menggunakan CNP baja ringan beban penopang yang dibutuhkan agar konstruksinya tetap berjalan lebih kecil. Sehingga kamu tidak membutuhkan pondasi atau kuda-kuda terlalu besar.

Hal tersebut dapat membuat proses pembentukannya menggunakan harga relatif lebih murah. Ini tentu dapat menjadi salah satu keuntungan tertentu ketika dibandingkan dengan kayu.

Sedangkan ketika kamu menggunakan kayu maka beban penopang akan lebih berat. Belum lagi ketika kamu menghitung berapa kapabilitas topangan integritas dari kayu tersebut secara efektif.

Sehingga secara otomatis kayu hanya bisa memberikan berat penopang kecil pada konstruksinya. Hal tersebut disebabkan oleh kayu sendiri karena dia sudah memiliki perbandingan berat dan kapabilitas penopang kecil.

2.      Daya tahan

Kemudian jika kamu melihat dari daya tahan CNP baja ringan jelas jauh lebih tinggi. Kualitas baja ringan dapat bertahan selama bertahun-tahun sehingga kamu tidak membutuhkan maintenance terlalu sering.

Sedangkan ketika menggunakan kayu tentu saja akan ada banyak masalah yang kamu peroleh terutama di negara tropis. Mulai dari keropos, kutu, sampai potensi patah akibat pelapukan.

Ada berbagai macam gangguan yang dapat kamu peroleh jika menggunakan kayu sebagai bahannya. Jadi kamu dapat membandingkan sendiri seperti apa kualitas dari kedua bahan tersebut.

Dengan memahami perbandingan itu tentu saja kamu bisa mempertimbangkan sendiri seperti apa nantinya. Apakah masih tetap menggunakan kayu atau memilih baja ringan sebagai solusinya.

Cara Menjaga CNP Baja Ringan agar Awet

Meskipun memiliki daya tahan tinggi tentu saja kamu ingin mendapatkan hasil lebih bagus lagi. Oleh karena itu, di sini kami akan jelaskan bagaimana caranya agar dapat menjaga kualitasnya agar jauh lebih awet lagi.

1.      Melakukan pengecatan atau melapisi permukaannya

Salah satu cara menjaga kualitas CNP baja ringan tetap optimal adalah dengan melakukan pengecatan. Bisa saja kamu juga melapisi bagian luarnya dengan zat khusus untuk mencegah korosi.

Namun pada dasarnya melakukan pengecatan saja sudah cukup dijadikan solusi agar besinya tidak keropos. Jadi jika pemasangannya sudah benar dan tidak ada gangguan ketahanannya mampu mencapai puluhan tahun.

2.      Menggunakan sistem pemasangan yang benar

Sangat banyak kasus atap roboh yang menggunakan baja ringan karena kesalahan dalam pemasangan. Banyak orang menjadi ragu terhadap bagaimana kualitas produknya mengapa bisa begitu.

Padahal robohnya atap dari baja ringan mayoritas disebabkan oleh kelalaian dalam pemasangan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tukang di Indonesia biasanya tidak memiliki kredibilitas.

Sedangkan pemasangan material seperti ini perlu kemampuan khusus sehingga hasilnya luar biasa. Lihat saja salah satu aspek krusial yang selalu dilupakan yaitu penggunaan drilling crew.

3.      Menghindarkannya dari beban hidup

Salah satu pantangan jika menggunakan CNP baja ringan adalah paparan langsung dengan beban hidup. Karena materialnya memang didesain efektif untuk menangani beban mati saja.

Jika kamu memaksakan diri untuk memaparkannya pada beban hidup tentu saja akan cukup berisiko. Integritas bahannya akan cepat terdegradasi dan bisa menimbulkan kerusakan.

Ketiga hal tersebut adalah metode paling pas digunakan untuk menjaga kualitas bahannya tetap awet. Jadi kamu bisa tetap menggunakannya selama puluhan tahun tanpa khawatir harus mengganti.

Pakai CNP Baja Ringan, Jangan Lupa dengan Drilling Crew

Ini adalah salah satu aspek yang paling sering dilupakan oleh tukang independen di Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tukang di Indonesia kebanyakan tidak memiliki keterampilan mumpuni.

Mereka hanya belajar secara otodidak setelah bekerja cukup lama menjadi seorang kuli proyek. Sehingga kapabilitas dan pengetahuan terkait perkembangan teknologi konstruksi jelas selalu tertinggal.

Salah satu contoh paling parah adalah kesalahan pemasangan CNP baja ringan untuk rangka atap. Selalu saja ada kasus robohnya atap baja ringan akibat kesalahan dalam pemasangan materialnya.

Banyak tukang tidak bertanggung jawab melupakan satu aspek penting dalam pemasangannya yaitu drilling crew. Padahal ini adalah satu-satunya penyambung yang bisa kamu pakai untuk baja ringan.

Berbeda dengan baja biasa yang setiap ukurannya pasti akan ada bolt dan screw berbeda tergantung spesifikasi. Baja ringan itu sudah paling mudah dengan menggunakan sambungan khusus berupa drilling crew saja.

Itu juga masih banyak orang salah dengan menggunakan sekrup biasa yang bukan fungsinya. Jadi wajar saja jika atapnya roboh dalam hitungan hari karena pemasangan materialnya dilakukan secara sembarangan.

Integritas bahan dari CNP baja ringan jelas tidak bisa keluar karena kamu menggunakan peralatan yang salah. Oleh karena itu kamu jangan sampai lupa jika menggunakan baja ringan sambungannya harus memakai drill crew.

Jika tidak menggunakan drill crew maka sudah dapat dipastikan sambungan antara rangkanya akan cepat roboh. Hal ini sudah sering terjadi dan kamu harus menjadikannya sebagai pembelajaran.

Apabila masih ada tukang yang ngotot memasang baja ringan menggunakan sekrup biasa silahkan langsung pecat saja. Mereka akan menangis ketika nantinya dituntut di pengadilan karena kelalaian karena pemasangan materialnya.

Gudang Baja Ringan Cilegon Steel
Gudang Baja Ringan Cilegon Steel

Bagaimana Instalasi Listrik pada CNP Baja Ringan?

Satu lagi kesalahan paling sering terjadi adalah instalasi listrik pada baja ringan di Indonesia. Banyak kasus mulai dari arus pendek sampai matinya seorang tukang pasang kelistrikan rumah pada proyek seperti ini.

Kami tidak akan berempati pada para korban yang mati pada proyek tersebut karena itu kesalahan mereka sendiri. Silahkan hitung sendiri ada berapa orang bersertifikat electrical engineering yang digunakan untuk instalasi listrik rumah.

Itu tidak pernah digunakan di Indonesia dan itu sudah menjadi sebuah kesalahan paling absurd. Pemasangan instalasi listrik pada CNP baja ringan secara langsung sendiri sudah absurd secara teknis.

Di Indonesia pemasangan instalasi listrik pada rangka kayu sudah menjadi sebuah kebiasaan padahal sebenarnya itu kesalahan besar. Sebenarnya dalam instalasi listrik kamu harus menggunakan pipa tersendiri sebagai jalurnya.

Jadi tidak akan pernah ada wiring secara terbuka yang langsung terpapar pada konstruksi. Dulu tidak pernah ada kasus orang kesetrum karena rangka digunakan adalah isolator yang bagus yaitu kayu.

Sekarang pada saat kayu sudah digantikan dengan baja ringan yang notabene adalah konduktor otomatis kasus arus pendek semakin tinggi. Semakin banyak juga orang mati tersengat listrik saat menyentuh atapnya.

Itu adalah sebuah kebodohan hakiki karena orang Indonesia tidak pernah mau belajar sesuai standar keamanan. Kemudian melakukan penyambungan kabel menggunakan dua jenis kabel berbeda.

Padahal ketika kamu ingin membuat backbone wiring skala rumahan saja harus menggunakan kabel homogen. Artinya tidak boleh kabel dengan ukuran bahkan jenis berbeda dijadikan sebagai satu jalur.

Itu jelas akan menimbulkan kebakaran dan jelas tukang selalu tidak mau disalahkan dalam insiden tersebut. Hal seperti ini adalah sebuah praktik umum yang cukup absurd dilakukan di Indonesia.

Tips Memilih CNP Baja Ringan

Sekarang kami akan menjelaskan bagaimana caranya memilih agar bisa mendapatkan hasil optimal. Ada beberapa parameter yang dapat kamu gunakan untuk menentukan sebuah jenis atau pilihannya, simak ulasan berikut.

1.      Dimensi dan ukuran sangat berpengaruh

Sekali lagi dalam menentukan pemilihan CNP baja ringan selalu lihat bagaimana ukurannya. Karena setiap ukuran dari baja ringan pasti akan memiliki daya topang berbeda saat dipakai untuk konstruksi.

Oleh karena itu, cek sheet produknya agar tahu berapa ukuran paling pas sesuai dengan kebutuhan. Misalnya jika ingin menjadikannya sebagai rangka atap gunakan ukuran sesuai agar tidak roboh saat menopang beban mati.

Lebih tebal belum tentu menjadi opsi terbaik ketika akan menggunakannya sebagai bahan. Misalnya jika memilih bahan terlalu tebal sebagai rangka atap justru integritasnya akan berkurang.

2.      Jangan pernah beli baja ringan refurbish

Sekarang ada lagi sebuah praktik absurd yaitu penggunaan kembali baja ringanuntuk pembangunan rumah. Ide buruk dari mana lagi ini saudara sehingga bisa berpotensi memanggil bencana.

Jika materialnya adalah baja berat biasa tidak masalah kamu gunakan lagi untuk proyek lain. Masalahnya adalah baja ringan tidak dapat diperlakukan seperti itu karena akan sangat berbahaya.

Ketika sudah pernah dipakai integritas bahannya akan berubah sehingga daya topang akan menurun. Jika itu tetap digunakan maka topangan beban mati akan menurun drastis dan ini sangat berbahaya saat digunakan lagi.

3.      Jangan tergiur harga murah

Ini memang salah satu bahan yang harganya tidak bisa dikatakan murah untuk kebutuhan konstruksi. Oleh karena itu, jangan berisiko mengambil harga murah dengan kualitas dipertanyakan.

Ketiga aspek tersebut adalah kunci penting agar bangunan dapat berdiri kokoh dan tidak membuatmu mati tertimpa reruntuhan. Pastikan menggunakan bahan berkualitas agar hasilnya bisa bertahan sampai puluhan tahun.

Aplikator CNP Baja Ringan
Aplikator CNP Baja Ringan

Sebelum Membeli CNP Baja Ringan, Cek Tips Ini

Sebagai segmen penutup kami akan memberikan tips membeli paling cermat agar produknya pasti berkualitas. Jadi nantinya kamu benar-benar akan memperoleh produk berkualitas bagus dan tahan lama.

1.      Cek kredibilitas toko

Ini perlu dilakukan terutama ketika melakukan pembelian secara daring karena kredibilitas toko itu harus diperhatikan. Jika tokonya tidak terpercaya bisa jadi barangnya adalah hasil refurbish.

Pada segmen sebelumnya sudah kami jelaskan bahwa ini bukan material yang dapat direfurbish. Sehingga akan sangat berbahaya apabila mendapatkan produk bekas karena integritasnya jelas menurun drastis.

2.      Utamakan membeli langsung di toko fisik

Jika mencari material lebih utamakan mencari langsung di toko fisik karena kamu bisa melihat seperti apa barangnya. Jadi kamu tidak akan kecewa ketika nanti barangnya sudah dikirimkan.

Apabila masih pertama kali lebih baik hindari pembelian secara daring karena kamu tidak bisa tahu seperti apa kualitasnya. Langsung membeli di toko fisik seperti orang normal adalah solusi terbaik.

3.      Gunakan brand tertentu yang sudah terpercaya

Material seperti ini juga dimonopoli oleh brand tertentu yang jelas kualitasnya teruji. Jadi jangan ragu menggunakan brand mainstream karena mereka memang sudah dipilih oleh banyak orang. Dengan memanfaatkan semua informasi tadi, sekarang kamu akan lebih paham terkait material tersebut. Jangan sampai salah memasang, membali, dan memakai CNP baja ringan agar konstruksinya bisa bertahan lama.

Anda dapat memperoleh produk baja ringan Cilegon Steel dengan mudah di outlet Mega Baja terdekat. Dapatkan keuntungan berbelanja di outlet kami, yaitu harga bersaing dan pilihan produk yang lengkap.

Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.