Informasi tentang Mesin Las, dari Fungsi hingga Harga Mesin Las Terbaru

Sekarang banyak pengunaan logam yang digunakan dalam produk keseharian manusia. Ini diakibatkan adanya pergeseran zaman tradisional ke zaman yang modern. Sehingga piranti kebutuhan tidak hanya menggunakan kayu atau batu tetapi  menggunakan logam dan plastik untuk kebutuhan mereka sehari-hari. – MegaBaja.co.id

Saat membahas tentang ranah perlogaman, agar logam tersebut dapat terbentuk  menjadi satu bentuk dengan ukuran, lebar dan panjang tertentu maka perlu disambung satu sama lain. Dalam proses menyambung logam disini tak bisa dilakukan manual dengan tangan manusia, harus menggunakan mesin atau alat yakni mesin las.

Proses pengunaan mesin las disebut dengan teknik pengelasan. Sedikitnya informasi tentang mesin las, membuat kami berusaha memaparkan informasi tentang Mesin Las, dari pengertiaan, manfaat, jenis hingga update seputar harga mesin las terbaru. Sebagai berikut ini:

Memahami tentang Mesin Las

Mesin las merupakan piranti yang biasanya digunakan untuk menyambung besi yang tadinya terpisah menjadi satu kesatuan utuh sehingga dapat dibentuk dan digunakan sesuai dengan kebutuhan maupun fungsinya masing-masing.

Pemahaman lain tentang mesin las yakni sebuah alat yang bisa memproduksi atau memancarkan panas dan bisa membakar kawat las. Pemakaian mesin las biasanya untuk beberapa hal seperti sebuah proyek kontruksi kendaraan atau kegiatan lain yang berhubungan dengan besi, Mesin las memiliki berbagai macam tipe maka penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda

Jenis-Jenis Mesin Las

Mesin Las saat ini terbagi menjadi beberapa kategori jenis, jadi Anda jangan heran jika jenis mesin las ada beragam. Berikut beberapa jenis mesin las yang ada dipasaran yang semestinya Anda tahu:

  • Mesin las berdasarkan pengerjaannya yakni Mesin Las Karbit dan Mesin Las Listrik.

Mesin Las Karbit merupakan mesin las yang bekerja dengan melalui proses membakar dan memanaskan kawat dengan bantuan energi panas yang dihasilkan dari gas acetylene. Adapun nantinya saat gas ini disulut api, maka akan menghasilkan api yang lebih tajam, dan membara,

Api ini akan membuat panas yang maksimal sehingga kawat las saat pembakaran mampu meleleh sekalipun sangat kaku. Proses memanaskan las dalam bidang kawat ini akan digunakan untuk menyambungkan antara besi yang satu dengan besi yang lainnya.

Rata-rata memang mesin las karbit ini sangat sesuai jika diterapkan pada objek yang memiliki size lebih kecil atau tipis. Sementara itu keunggulan mesin karbit ini harganya lebih terjangkau apalagi jika bahan yang digunakan untuk mengelas terdiri dari korek serta kawat las saja. Biaya yang murah ini menjadi alasan mengapa banyak bengkel kecil menggunaan jenis mesin las ini?

Selanjutnya ada mesin las listrik, penggunaan jenis mesin las ini bisa digunakan secara lebih variatif lagi, Kemudian penerapannya pun digunakan untuk besi yang memiliki plat yang tebal atau justru yang tipis sekalipun. Tergantung kebutuhan Anda nantinya akan seperti apa?

Teknik pengelasan dengan mesin ini yakni dengan mengubah tegangan arus listrik yang semula ringan menjadi arus listrik bertegangan tinggi, dengan energi panas tertentu. Keunggulan dari mesin ini seperti sudah dijelaskan sebelumnya yakni Anda bebas menerapkan pada besi atau logam yang variatif. Selain itu ukurannya yang ringan akan mempermudah Anda membawanya kapan saja dan kemana saja.

  • Mesin las berdasarkan tegangan arus yang dihasilkan yang terdiri dari mesin las AC atau mesin las arus bolak-balik, mesin las arus searah atau arus DC dan mesin las ganda atau mesin las AC DC.

Dalam mesin las AC atau mesin las arus bolak-balik memerlukan pembangkit listri atau generator AC. Sesuai dengan namanya. Tegangan yang dihasilkan akan menyesuaikan dengan generator. Maka dari itu perlu dilakukan penyesuaian sedemikian rupa agar tegangan stabil, salah satunya dengan cara pemakaian trafo. Anda bisa memakai trafo jenis stepdown agar tegangan yang dihasilkan bisa lebih turun, dan tidak mudah meningkat. 

Kemudian selanjutnya yakni mesin las yang memiliki arus yang searah atau mesin arus DC yakni mesin las yang mengubah arus listrik AC menjadi sebuah arus listrik DC. Saat mengubah arus tersebut tentunya teknologi yang digunakan tidaklah sama. Namun biasanya mesin las DC menggunakan dinamo agar dapat melakukan rectifier agar mengubah arus bolak-balik, dimana hal ini dilakukan secara searah.

Selanjutnya yakni mesin las ganda atau mesin las AC DC. Sekilas dari namanya mengingatkan Anda kepada film yang sempat tayang dibioskop. Diantara beberapa jenis mesin las memang tipe ini yang paling unik. Karena menggabungkan arus AC dan arus DC. Pemakaian las ini akan lebih aktif karena bisa digunakan di setiap hal sesuai dengan kebutuhannya bagaimana? Biasanya mesin las ini dipakai pada bengkel-bengkel yang agak cukup besar.

Manfaat dari Adanya Mesin Las

Manfaat penggunaan mesin las adalah untuk menyambungkan beberapa bahan besi, maupun meleburkan kawat besi. Besi-besi inilah yang nantinya akan digunakan untuk membuat produk atau kebutuhan kita sehari-hari misalnya saja yang paling sederhana yakni membuat alat masak.

Mesin las adalah perwujudan dari perkembangan teknologi yang semakin modern. Jika dulu besi-besi ditempa secara manual, maka tidaklah seperti sekarang yang bisa dilakukan dengan bantuan mesin.

Cara Memilih Mesin Las

Supaya tidak mudah tertipu dengan penyedia produk mesin las bodong, maka Anda perlu memerhatikan tips berikut ini saat Anda benar-benar ingin membeli mesin las. Apa saja caranya mari perhatikan dan terapkan!

  1. Pertama yakni memilih mesin las berdasarkan jenis dan sesuaikan pula dengan kebutuhan Anda.
  2. Mengenal beberapa jenis teknik pengelasan. Dalam hal ini biasanya teknik pengelasan terbagi menjadi tiga diantara yaitu teknik mesin las dengan manual meta arh yang harganya lebih terjangkau. Teknik mesin las dengan tungsten inert gas yang nantinya akan menghasilkan gas yang lebih bagus, dan metal inert gas dimana sering digunakan untuk membuat bodi pada kendaraan.

Tipe dan Harga Mesin Las Terbaru

Kami yakin informasi inilah yang Anda tunggu-tunggu, sebagai pengusaha atau orang-orang yang memerlukan mesin las. Berikut tipe dan harga mesin las terbaru yang diupdate pada tahun, diantaranya yaitu:

  1. Mesin Las Uchiha Wedding MMA 130 yang dimulai dengan harga Rp799.000, yang memiliki kelebihan dapat menghemat kawat las karena arus yang dihasilkan lebih stabil.
  2. Mesin Las Ryu Trafo Las Listrik R-II120-2 dengan harga yakni mulai Rp490.000, sebuah mesin las yang hemat listrik juga menghasilkan proses pengapian yang lebih stabil.
  3. Mesin Las Samato Arton Regulator dimana harga yang dibandrol yakni mulai Rp123.500.000, sebuah mesin las yang dilengkapi dengan ulir yang menghasilkan tekanan yang mudah.
  4. Mesin Las, Multipro, Travo Las EG120A-SC yang dimulai dengan harga Rp650.000 merupakan mesin las yang memiliki keunggulan yakni bisa digunakan saat lampu padam, karena menggunakan tenaga genset.
  5. Mesin Las Lakoni,  Travo Listik Inverter Falcon 123IX, dengan harga mulai Rp495.000 dengan keunggulan mempunyai IGBT Inverter sehingga listrik yang dihasilkan akan lebih hemat.

Bagaimana? Setelah Anda memahami lebih detail tentang mesin las, hingga harga mesin las terbaru, kira-kira apakah Anda sudah mendapatkan mesin las yang cocok sesuai dengan keperluan Anda?

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.