Demi mendukung lingkungan kerja yang produktif dan menyenangkan, kamu perlu memperhatikan struktur dan tata letak kantor yang tepat. Tujuannya adalah agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan efisien. Oleh karena itu, penataan kantor yang tepat sangat diperlukan untuk menunjang lingkungan kerja yang ideal bagi semua karyawan. -MegaBaja.co.id
Perancangan tata ruang kantor biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat pembahasan tentang tata ruang kantor di bawah ini!
Jenis Tata Ruang Kantor
Jenis tata ruang kantor bermacam-macam, mulai dari yang berupa cubicle, terbuka, hingga gabungan. Pemilihan desain kantor biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, kapasitas ruang, dan jumlah karyawan. Oleh karena itu, tata ruang kantor perlu dipilih dengan hati-hati.
Pasalnya, ini tidak hanya berkaitan dengan aspek estetika saja, tetapi juga operasional dan efektivitas perusahaan tersebut. Kegiatan kerja juga akan lebih nyaman jika ruang kantor tertata dengan tepat.
Nah, untuk menghindari kesalahan dalam memilih tata ruang kantor yang cocok, berikut beberapa model tata ruang kantor yang bisa dipertimbangkan.
Cubicle Type Office (Tata Ruang Kantor Bersekat)
Jenis tata ruang kantor yang disebut kubikel ini mungkin sudah familiar bagi sebagian orang. Tata ruang bersekat adalah tata ruang kantor yang dipisahkan oleh sekat atau dinding untuk membentuk ruang-ruang terpisah. Sekat tersebut bisa terbuat dari kayu, tembok, atau material keras lainnya. Tata ruang kantor berdekatan ini juga dikenal sebagai tata ruang tertutup.
Ruang kantor tertutup ini memiliki dua jenis, yaitu yang sepenuhnya tertutup dan yang hanya tertutup sebagian. Ruang yang tertutup sepenuhnya biasanya digunakan sebagai ruang rapat. Sedangkan ruang yang hanya tertutup sebagian umumnya dimanfaatkan sebagai ruang kerja bagi karyawan.
Kelebihan dari cubicle type office ini adalah:
- Kerahasiaan pekerjaan lebih terlindungi, termasuk dalam hal pembuatan dokumen, percakapan, dan penyimpanan aset pegawai.
- Privasi terjaga.
- Lingkungan kerja lebih tenang dan minim gangguan.
- Karyawan lebih fokus pada tugas mereka.
Adapun kekurangan dari cubicle type office adalah:
- Komunikasi antara pegawai terganggu karena adanya sekat di antara mereka.
- Memerlukan ruang kantor yang lebih besar.
- Biaya untuk menciptakan tata ruang ini lebih tinggi dibandingkan dengan tata ruang kantor terbuka karena memerlukan pembuatan sekat-sekat di setiap ruangan.
- Fleksibilitas penggunaan ruangan menjadi terbatas.
Landscape Office (Tata Ruang Kantor Berpanorama)
Selanjutnya, jenis tata letak ruang kantor ini memang menonjol dan berbeda dari yang sebelumnya. Konsep landscape office menghadirkan ruang panorama yang didominasi dengan tanaman-tanaman untuk menciptakan suasana yang segar dan menarik. Pembuatannya memerlukan penataan tanaman, seni dekoratif, dan pencahayaan alami yang tepat agar hasilnya memuaskan.
Biasanya, jenis ruang semacam ini bisa kamu temui saat bekerja di cafe atau tempat lain selama melakukan remote work atau WFH. Selain itu, perusahaan dan agensi di industri hiburan dan kreatif juga sering menerapkannya.
Kamu bahkan bisa menciptakan model ruang kerja landscape office untuk penggunaan pribadi. Tata ruang kantor ini cocok untuk kamu yang bergantung pada kreativitas tinggi dan membutuhkan inspirasi. Kelebihan dari tata ruang kantor berpanorama adalah:
- Udara lebih segar dan supply oksigen banyak.
- Tidak memerlukan pencahayaan tinggi karena desainnya juga memanfaatkan pencahayaan alami.
- Menstimulasi lahirnya ide-ide segar.
- Nuansa yang dihadirkan sangat kondusif untuk bekerja.
- Seluruh bagian ruangan dapat dimanfaatkan secara optimal.
Kekurangan dari Landscape Office:
- Proses pembuatan rumit.
- Perlu modal yang besar untuk membangunnya.
- Biaya yang diperlukan untuk merawatnya tidak sedikit.
- Potensi gangguan lebih besar.
Open Office (Tata Ruang Kantor Terbuka)
Jenis ini jauh lebih terbuka daripada jenis kubikel. Sesuai dengan namanya, tata ruang open office adalah jenis ruangan yang sangat terbuka tanpa adanya dinding sekat yang memisahkan setiap meja kerja. Meskipun begitu, model ruangannya dianggap lebih luas, fleksibel, dan santai.
Ruang rapat pada tata kantor ini biasanya menggunakan ruang tersendiri yang hanya dipisahkan oleh dinding kaca. Ini dimaksudkan untuk menjaga ciri khas keterbukaannya.
Penggunaan dinding kaca juga bertujuan untuk mencegah ruangan terlihat sempit. Jenis tata ruang kantor ini biasanya diterapkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang kreatif. seperti startup dan organisasi besar yang menganut gaya kerja fleksibel.
Kelebihan dari tata ruang kantor open office meliputi:
- Ruangan terkesan lebih luas dan tidak sesak.
- Pembuatannya mudah.
- Biaya pembuatan lebih murah.
- Komunikasi antar karyawan lebih mudah karena tidak ada sekat yang menghalangi.
Sementata itu, kekurangan dari tata ruang kantor open office yaitu:
- Privasi karyawan kurang terjaga karena tidak ada sekat pembatas.
- Suasana ruang kerja bisa jadi cukup berisik sehingga kurang kondusif.
- Untuk sebagian karyawan, open office mungkin akan sangat mengganggu konsentrasi mereka dalam menyelesaikan pekerjaan.
Mixed Office (Tata Ruang Kantor Gabungan)
Selanjutnya, pilihan tata ruang kantor yang bisa kamu jajal adalah tata ruang kantor gabungan. Jenis ini membuat kamu bisa menggabungkan semua keunggulan dari jenis-jenis tata ruang kantor sebelumnya.
Jika kamu mengalami kesulitan dalam memilih Jenis ruang kantor yang tepat, coba terapkanlah tata ruang kantor ini. Meskipun begitu, tata ruang ini tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihannya meliputi:
- Tampilan kantor terlihat dinamis dan tidak kaku.
- Desain ruang kantor bisa disesuaikan dengan keinginan perusahaan.
Kekurangan dari mixed office meliputi:
- Fungsi dari masing-masing ruangan menjadi kurang jelas.
- Desain kantor kurang jelas dan kurang tertata.
- Biaya perawatan dan pembangunan lebih mahal.
Co-Working Space (Tata Ruang Kantor Bersama)
Selanjutnya adalah tipe Co-working space. Ini adalah konsep kantor yang bisa digunakan bersama oleh beberapa perusahaan. Umumnya ruang kantor ini digunakan oleh startup yang baru didirikan. Ini karena biaya sewanya lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis kantor lainnya.
Dalam tata ruangnya, co-working space menerapkan konsep kantor terbuka yang kesannya luas dan banyak menggunakan ornamen kaca transparan. Namun, berbagai fasilitas lainnya seperti mesin kopi, ruang rapat, pantry, dan fasilitas lainnya, digunakan secara bersama-sama.
Kelebihan dari Co-working space:
- Biaya sewa lebih murah.
- Tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan.
- Komunikasi antar rekan kerja lebih mudah.
Kekurangan dari Co-working space:
- Harus menggunakan ruangan meeting jika ingin membahas pekerjaan yang sifatnya rahasia.
- Untuk menggunakan ruang meeting harus antri terlebih dahulu jika tidak ada jadwal kosong.
- Konsentrasi bekerja bisa terganggu karena berisik.
Tata Ruang Sekaligus Hunian
Sekarang, ada unit yang bisa berfungsi sebagai kantor dan tempat tinggal sekaligus, seperti SOHO (Small Office Home Office). Tata ruangan bisa disesuaikan dengan ukuran unitnya.
Misalnya, ada unit SOHO di mana bagian mezzanine dipakai sebagai ruang kerja. Sementara bawahnya digunakan sebagai tempat tinggal. Biasanya, unit SOHO digunakan oleh freelancer, pekerja yang bekerja dari rumah (Work From Home), dan beberapa orang yang sedang memulai startup.
Kelebihan tata ruang kantor sekaligus hunian adalah:
- Biaya pemeliharaan kantor tidak besar.
- Hemat biaya sewa.
- Fleksibel, bisa sebagai tempat bekerja dan tempat tinggal.
Kekurangan tata ruang kantor sekaligus hunian adalah:
- Tidak bisa merekrut karyawan karena ruangnya terbatas.
- Ruang kantor terbatas, bahkan bisa jadi tidak ada ruang khusus meeting.
Itu tadi jenis-jenis tata ruang kantor yang perlu kamu ketahui. Bagaimana sekarang sudah paham kelebihan dan kekurangannya, kan?
Jika kamu tertarik dengan artikel menarik lainnya, jangan lupa baca artikel MegaBaja.co.id lainnya juga, ya!
Leave a Reply