Kanopi besi hollow
Kanopi besi hollow

Kanopi Besi Hollow, Salah Satu Pilihan Terbaik Untuk Percantik Bangunan Impian Anda

"Kanopi besi hollow memberikan sentuhan modern yang membuat tampilan rumah Anda semakin menarik. Tidak hanya berguna untuk melindungi dari cuaca, tetapi juga memberikan kesan elegan dan eksklusif pada rumah Anda."

Dalam membangun rumah atau bangunan impian Anda, tentu ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Mulai dari desain, bahan yang digunakan, hingga proses dan biaya yang diperlukan. Detail juga diperlukan saat ingin membangun hunian yang nyaman dan juga cantik. -MegaBaja.co.id

Teras yang cantik akan menambah kesan yang menarik bagi rumah Anda. Untuk membuat teras ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Konsep seperti apa yang ingin Anda gunakan sangat menentukan jenis bahan yang diperlukan. Salah satunya Anda bisa mencoba menggunakan kanopi besi hollow sebagai bagian dari teras Anda.

Besi Hollow

Sebelum memasuki pembahasan mengenai kanopi besi hollow, sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu apa itu besi hollow. Seperti yang telah diketahui, bahwa besi hollow merupakan salah satu bahan yang umum dan biasa digunakan saat ingin membangun rumah. Ada banyak jenis besi, salah satunya adalah besi hollow.

Besi hollow merupakan salah satu jenis material yang banyak digunakan dalam proses konstruksi, meskipun istilah besi hollow masih terasa asing bagi beberapa orang awam. Ada banyak kegunaan besi hollow ini baik untuk penggunaan dalam interior maupun eksterior rumah. Besi Hollow memiliki sifat yang praktis dan juga tahan lama, oleh karena itu material ini cukup banyak digunakan.

Besi Hollow sendiri berbentuk seperti sebuah batang yang berongga atau pipa yang bentuknya kotak. Besi hollow juga sangat tangguh dan kokoh. Berikut ini adalah beberapa macam penggunaan besi hollow yang umum di masyarakat :

  1. Plafon

Besi hollow sangat umum digunakan dalam pembangunan rumah sebagai rangka plafon. Plafon juga biasa disebut langit-langit rumah.

Fungsi dari plafon selain sebagai penambah nilai estetika juga dapat membantu menjaga lantai dan rumah dari kebocoran pada atap yang biasanya terjadi saat musim hujan. Salah satu macam besi hollow yang biasa digunakan untuk plafon adalah hollow galvalum yang berukuran 40 x 40.

  1. Pegangan Tangga Untuk Rumah

Besi hollow juga dapat digunakan untuk membuat pegangan pada tangga. Penggunaan besi hollow untuk tangga ini juga cukup populer meskipun saat ini mulai jarang digunakan.

Hollow galvanis adalah jenis besi hollow yang biasanya digunakan untuk pembuatan pegangan tangga, mempunyai ukuran 30 x 30 dengan ketebalan 1.2 .

  1. Pagar Rumah

Salah satu penggunaan besi hollow selanjutnya adalah pada pembuatan pagar minimalis. Pagar besi hollow ini memiliki nilai estetika, bahan yang kokoh, dan mudah dalam pemasangannya. Jika dibandingkan dengan material kayu, bahan besi ini lebih tahan terhadap rayap, kokoh dan juga harganya cukup terjangkau. 

Untuk membuat pagar biasanya digunakan besi hollow jenis hollow hitam dan hollow galvanis yang berukuran 40 x 40 dan ketebalannya sekitar 1.6 mm. 

  1. Penggunaan Pada Pintu

Selain pembuatan plafon, pagar, besi Hollow juga bisa digunakan untuk pintu rumah. Ada dua jenis kegunaan besi hollow pada pembuatan pintu, yaitu sebagai teralis pintu dan juga dapat dipakai untuk pintu lipat. 

Teralis pintu selain bernilai estetik juga mempunyai fungsi keamanan untuk rumah Anda. Meski pintu Anda terbuka, orang lain tidak akan mudah untuk keluar masuk rumah karena ada teralis. Lalu pintu lipat akan sangat bermanfaat menghemat ruang di area rumah Anda.

Untuk penggunaan besi hollow pada pintu ini biasanya menggunakan jenis hollow hitam dan hollow galvanis dengan ukuran 20 x 20 dan tebal sekitar 1.8 mm. 

  1. Kanopi

Yang terakhir adalah penggunaan besi hollow sebagai kanopi. Kanopi besi hollow ini sering kita jumpai pemakaiannya di rumah atau bangunan masyarakat. Kanopi merupakan atap yang biasanya dipasang di depan bagian teras rumah. 

Kanopi berfungsi penting dalam membuat rumah lebih sejuk dan dapat melindungi dari air hujan di area teras ataupun jendela rumah. Kanopi juga dapat menambah nilai estetika sebuah rumah, Anda dapat menggunakan jenis kanopi yang sesuai dengan konsep rumah dan selera Anda.

Saat ini jenis kanopi yang sedang tren adalah kanopi dengan konsep minimalis yang dapat memberikan kesan yang rapih, tetapi tetap terasa modern dan juga mewah. Biasanya besi hollow yang digunakan untuk pembuatan kanopi adalah jenis hollow hitam yang berukuran 100 x 50 dengan ketebalan sekitar 3 – 4 mm.

Kanopi Besi Hollow

Setelah mengetahui apa itu bahan besi hollow, dan apa itu kanopi, mari masuk kepada pembahasan mengenai kanopi besi hollow. Kanopi berfungsi sebagai atap yang melindungi dan juga memperindah tampilan dari bangunan Anda

Karena kanopi merupakan salah satu aspek penting dalam bangunan, maka kanopi harusnya terbuat dari bahan yang kuat, awet sehingga tahan lama, hemat dan mudah dalam perawatan, dan tidak mengabaikan keindahan dari segi arsitektur.

Kanopi sudah ada sejak lama, oleh karena itu ada banyak jenis material yang bisa dipakai dalam pembuatan kanopi diantaranya kayu, baja ringan, baja profil, PVC, beton bertulang, besi hollow dan lain sebagainya. Masing-masing bahan mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berikut ini adalah kelebihan dan kelemahan dari penggunaan besi hollow dalam pembuatan kanopi :

  1. Kelebihan Besi Hollow
  • Merupakan bahan yang tahan terhadap hama rayap atau Antirayap sehingga dapat bertahan lebih lama
  • Kuat dan tidak mudah rapuh
  • Merupakan bahan yang tahan terhadap api, tidak mudah terbakar, sehingga dapat membuat rasa aman bagi pengguna
  • Material besi hollow ini merupakan bahan yang cukup mudah dalam pemasangan sehingga dapat menghemat biaya dan waktu dalam proses konstruksi rumah.
  1. Kekurangan Besi Hollow
  • Struktur material tidak solid sehingga membuat bahan ini sedikit sulit menahan beban yang terlalu besar. Sebaiknya gunakan besi dengan ukuran yang lebih besar dan tebal agar lebih kokoh.
  • Perlu pengaplikasian cat yang berulang karena bahan ini cenderung mudah mengalami korosi atau berkarat, oleh karena itu diperlukan penambahan cat antikarat sebagai lapisan besi hollow.

Harga Kanopi Besi Hollow

Berikut ini adalah informasi beberapa daftar harga besi hollow berdasarkan jenis atapnya sebagai referensi untuk Anda :

NoJenis AtapHarga besi hollow (per meter)
1Go greenMulai dari Rp 335.000
2PolikarbonatMulai dari Rp 360.000
3Spandek/ zincalumeMulai dari Rp 375.000  
4OndulinMulai dari Rp 385.000  
5AlderonMulai dari Rp 585.000
6Kain recasensMulai dari Rp 695.000  
7Kaca temperedMulai dari Rp 1.450.000

Sebagai catatan penting, harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti harga pasar dan kebijakan perusahaan penyedia besi hollow. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan harga pasti saat ini, Anda perlu menghubungi pihak penyedia besi hollow terdekat di daerah Anda. Anda juga dapat berkonsultasi mengenai jenis atap yang cocok sesuai dengan selera dan budget Anda.

Demikian informasi mengenai kanopi besi hollow, apakah Anda tertarik untuk memakai besi hollow dalam bangunan Anda? Semoga bermanfaat.

Jadilah api yang menginspirasi, bukan debu yang menghilang di angin.