5 Material Jendela yang Banyak Digunakan, Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Ketika Anda membangun sebuah rumah, memilih bahan material untuk kebutuhan jendela sangatlah penting. Karena jika Anda memilih material bahan yang kurang tepat, akan seringkali mengalami masalah seperti kerusakan, kebocoran atau hal lainnya yang tidak Anda inginkan. – megabaja.co.id

Jendela dan material yang digunakan tidak hanya digunakan dalam jangka waktu yang pendek saja, melainkan selamanya. Maka dari itu, pemilihan bahan material yang digunakan sangatlah penting.

Dalam postingan ini kami akan membahas jenis material untuk jendela yang biasa digunakan masyarakat. Apa saja? Kita cari tahu melalui pembahasan berikut ini, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

1. Kayu

kayu

Material pertama yang akan kita bahas adalah kayu, material ini cocok untuk Anda yang ingin membuat tampilan jendela berkesan alami dipadukan dengan konsep rumah yang tropis. Material kayu saat ini salah satu bahan yang banyak digunakan.
Salah satu kelebihan dari material kayu ini adalah mudah dibentuk, bahkan dengan material kayu ini Anda bisa membuat beragam desain jendela untuk rumah. Ada beberapa kelebihan lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kelebihan Kayu

Setidaknya ada empat kelebihan kayu yang bisa Anda pertimbangkan, seperti di bawah ini.
● Jendela lebih tahan lama dan tidak mudah keropos (tergantung kualitas kayu tersebut).
● Anda bisa melakukan pengecatan dengan warna apapun maupun konsep dekorasi apa pun atau Anda juga bisa melengkapi warna yang ada.
● Tidak dapat menghantarkan panas seperti material lain.
● Dari sisi keindahan juga memberikan estetika yang lebih baik, terutama untuk konsep rumah yang tradisional.

Kekurangan Kayu

Material ini juga sempurna, ada beberapa kekurangan yang mesti Anda perhatikan. Berikut diantaranya:
● Kayu tidak tahan terhadap cuaca.
● Jika kayu ingin awet, Anda perlu melakukan perawatan seperti pengecatan dempul, dibersihkan dan melakukan pengecatan ulang.
● Lebih rentan terhadap hama misalnya rayap.
● Harga material kayu jauh lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya.
● Lebih sulit menemukan material yang berkualitas.
Jika Anda kesulitan menggunakan material kayu, ada beberapa material lainnya yang tidak kalah bagus dengan kayu. Misalnya saja jendela yang menggunakan aluminium, bisa menjadi solusi lainnya.

2. Alumunium

Alumunium

Material kedua yang banyak digunakan untuk membuat jendela adalah aluminium, biasanya yang menggunakan alumunium yaitu rumah dengan konsep modern dan beberapa gedung modern lainnya.
Jika Anda malas dalam hal perawatan, maka material alumunium ini bisa menjadi solusi terbaik. Tidak hanya lebih ringan, material alumunium juga sangat kuat dan bisa menopang kaca yang berukuran besar.

Konsep rumah modern biasanya memiliki jendela yang berukuran besar dan bahkan lebih besar dari ukuran jendela standar. Maka dari itu, dibutuhkan material yang ringan dan kuat tapi tetap bisa dipakai untuk jendela dengan ukuran yang lebih besar.

Apakah jendela dengan menggunakan material aluminium memiliki banyak model? Jawabannya tentu saja iya, salah satu model jendela menggunakan alumunium adalah model french window atau jendela kotak-kotak.
Lantas, bagaimana dengan kelebihan dari material alumunium ini? Cek pembahasannya di bawah ya!

Kelebihan Aluminium

● Material alumunium lebih tahan lama, mudah dipasang dan jauh lebih ringan.
● Pilihan warnanya juga banyak dan memiliki warna yang tahan lama.
● Minim perawatan.
● Tidak butuh pengecatan.
● Dapat memberikan kekedapan suara yang lebih baik.
● Modelnya cukup banyak pilihan.

Kekurangan Alumunium

● Material alumunium memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan material kayu, tapi bukan berarti tidak ada material alumunium yang mahal.
● Alumunium ini biasanya dipasang menggunakan bantuan para ahli.
● Bahan yang mudah tergores benda tajam.

3. UPVC

UPVC

UPVC adalah salah satu bahan alternatif selain kayu yang biasanya dipakai untuk membuat jendela maupun kusen pintu. UPVC memiliki ketahanan yang lebih baik ketimbang PVC, bahkan terhadap cuaca ekstrim sekalipun.

Apa kelebihan dan kekurangan dari material UPVC ini? Mari kita cari tahu melalui pembahasan berikut ini:

Kelebihan UPVC

● UPVC lebih ramah lingkungan, karena proses pembuatannya menggunakan bahan yang bisa menghemat energi dibandingkan dengan bahan lainnya. Tidak hanya itu saja, UPVC juga memiliki emisi gas rumah hijau yang jauh lebih sedikit.
● Anti rayap, anti karat dan tahan dalam kondisi cuaca apapun.
● Harganya lebih murah.
● Anda tidak perlu melakukan pengecatan UPVC, hal itu dikarenakan bagian permukaan UPVC sangat halus dan tidak memiliki pori, sehingga mudah dibersihkan dan tidak perlu melakukan perawatan yang khusus.
● Jendela juga dapat memberikan efek peredam suara yang sangat baik.

Kekurangan UPVC

● Model sangat terbatas.
● Bagian permukaannya gampang lecet jika terkena benda tajam.
● Proses pemasangan yang membutuhkan tenaga ahli, agar pemasangan lebih rapi.

4. Fiberglass

Fiberglass

Apa itu fiberglass? Fiberglass adalah bentuk serat dari kaca cair yang sengaja ditarik menjadi sebuah serat tipis. Masyarakat sering menyebutnya sebagai plastik yang diperkuat dengan serat kaca.
Biasanya fiberglass ini diratakan menjadi lembaran dan disusun secara acak. Berdasarkan penggunaan fiberglass, serat kaca dapat dibuat dari beragam jenis kaca untuk bahan dasarnya.
Saat ini jendela yang menggunakan fiberglass ini memiliki daya tarik di dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahan bahan dasar fiberglass juga terbuat dari serat kaca dan juga resin yang telah diperkuat dalam menciptakan bahan tahan lama.
Fiberglass juga bisa meniru tampilan dari jendela kayu, sehingga akan memberikan kesan estetika yang tidak kalah dari material kayu.
Lantas, apa kelebihan dan kekurangan dari fiberglass?

Kelebihan Fiberglass

● Proses perawatan yang mudah dan tidak membutuhkan perawatan cat ulang. Bahannya juga tidak akan mudah mudar maupun mengelupas.
● Anti lapuk, anti jamur dan anti karat.
● Bahannya tidak mengembang, melengkung dan menyusut meskipun dalam keadaan cuaca yang panas.
● Bahan yang digunakan fiberglass dapat didaur ulang, sehingga mengurangi dampak pada lingkungan.

Kekurangan Fiberglass

● Harga jauh lebih mahal ketimbang material lainnya.
● Warna yang terbatas.
● Harus dipasang oleh ahlinya, karena proses pemasangan yang jauh lebih sulit.

5. Kayu Berlapis (Wood-Clad)

Kayu Berlapis (Wood-Clad)

Di Indonesia belum banyak orang yang menggunakan kayu berlapis untuk material jendela rumahnya. Jendela yang menggunakan kayu berlapis, akan memberikan tampilan kayu yang lebih bagus dan perawatannya juga sangatlah minim.
Kayu berlapis akan menghasilkan jendela kayu yang solid dengan bagian luarnya dilapisi fiberglass atau aluminium. Dua material tersebut bisa digabungkan agar menghasilkan jendela yang jauh lebih baik.
Tujuan mengkombinasikan dengan material lain, agar kayu bisa lebih awet karena terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung. Apa kelebihan yang dimiliki kayu berlapis ini?

Kelebihan Kayu Berlapis

● Kayu berlapis jauh lebih awet dan tidak mudah lapuk.
● Tampilannya lebih mewah dan modern.
● Lebih kedap suara.

Kekurangan Kayu Berlapis

● Harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan bahan lainnya.
● Warna yang bisa Anda gunakan terbatas.
● Perlu dipasang oleh ahlinya.
Bagaimana, kira-kira Anda akan menggunakan material jendela yang mana untuk menambah keindahan rumah?

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.