12 Desain Taman Minimalis Unik, Halaman Rumah Jadi Makin Cantik

Siapa sih yang tidak ingin memiliki taman cantik di rumah? Bayangkan saja jika memiliki taman di rumah, maka Anda bisa bersantai sembari menyeruput kopi di pagi atau sore hari ditemani oleh pemandangan hijau. Terlebih lagi jika ditemani dengan alunan musik di taman, tentu akan sangat menyenangkan bukan? -megabaja.co.id

Memiliki taman yang unik dan menarik ternyata tidak hanya bisa diwujudkan bagi mereka yang memiliki lahan luas saja. Tak perlu merasa khawatir, bagi Anda yang memiliki lahan sempit juga bisa mewujudkannya. Taman minimalis yang unik merupakan solusi tepat yang bisa Anda pilih.

Mendesain taman di sebuah lahan sempit memang menjadi tantangan tersendiri. Namun hal ini juga bisa menjadi keunggulan jika dibandingkan dengan taman besar biasa. Mengingat areanya yang terbatas maka biaya untuk membuat taman minimalis juga cenderung lebih sedikit. Daripada merasa bingung, berikut merupakan beberapa inspirasi desain taman minimalis.

1. Memanfaatkan Sisa Space Samping Rumah

Memanfaatkan Sisa Space Samping Rumah

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika rumah minimalis memang berdiri di atas lahan yang sempit. Jadi Anda harus pintar memanfaatkan sisa space yang ada. Cobalah lihat halaman kecil di area dapur atau ruang keluarga. Jika masih ada sisa ruang bisa Anda sulap jadi taman mungil yang cantik. Jangan lupa menambahkan kursi dan meja pada taman kecil untuk bersantai.

2. Taman Minimalis di Balkon

Taman Minimalis di Balkon

Masih seputar pemanfaatan space dalam hunian Anda. Kali ini Anda juga bisa membuat taman minimalis di area balkon rumah lantai 2 atau lantai 3. Terlebih lagi karakteristik dari rumah minimalis yaitu arsitekturnya yang tidak melebar melainkan meninggi ke atas. Dari pada area balkon dibiarkan menganggur, Anda bisa menyulapnya menjadi taman kecil yang cantik.
Anda bisa menggunakan rumput sintetis yang dipadukan dengan batu kecil. Susun rapi sepanjang taman di area balkon yang akan dibuat. Penggunaan rumput sintetis tidak hanya akan menampilkan konsep tanaman yang hijau saja, namun juga mampu menjadi area bersantai di balkon yang dikelilingi dengan tanaman segar. Bagaimana cukup unik dan menarik bukan?

3. Taman Mungil di Sudut Halaman

Taman Mungil di Sudut Halaman

Inspirasi desain taman unik yang satu ini bisa Anda pilih untuk mempercantik area rumah dengan lahan yang minimalis. Anda hanya perlu menambahkan berbagai jenis tanaman pada bagian sudut area yang dimiliki agar tidak mengganggu space kosong lainnya.
Tak hanya itu saja, Anda juga harus lebih fokus pada tampilan taman yang mampu menarik mata. Ada baiknya untuk memilih konsep yang berbeda pada setiap area di taman. Mengapa demikian? Sebab tanpa disadari hal ini memberikan tampilan yang unik dan memanjakan mata.

4. Perpaduan Taman dengan Pot Gantung

Perpaduan Taman dengan Pot Gantung

Kini memiliki lahan yang terbatas bukan jadi halangan bagi Anda untuk menciptakan taman yang minimalis pula. Pada inspirasi yang satu ini Anda bisa menciptakan taman kecil yang unik pada sudut area yang dipisahkan dengan pagar mini antara area taman dan bagian luar taman.
Tak hanya itu saja, demi mempercantik taman Anda juga bisa memadukan tanaman dengan pot yang digantung pada area taman mungil. Hal satu ini mampu memberikan kesan yang lebih modern dan tentu berbeda dengan konsep taman pada umumnya.

5. Perpaduan Tanaman yang Unik

Perpaduan Tanaman yang Unik

Tanpa disadari ternyata penggunaan tanaman juga mampu mempengaruhi keunikan dari tanaman itu sendiri. Pemilihan pepohonan dan tanaman yang tepat mampu menjadi kunci utama demi menciptakan taman yang unik dan cantik. Inspirasi desain taman minimalis selanjutnya yang bisa Anda tiru adalah dengan memadukan berbagai tanaman yang unik.
Kali ini Anda bisa menggunakan berbagai variasi tanaman dan pepohonan yang berbeda. Penggunaan bentuk yang rapi pada pepohonan juga mampu mempengaruhi penampilan. Jika begitu maka taman tersebut mampu memberikan kesan yang menarik dan tentu saja indah dipandang mata.

6. Penataan Taman Kecil yang Cerdas

Penataan Taman Kecil yang Cerdas

Meski memiliki taman dengan ukuran yang cenderung kecil, namun jangan biarkan taman Anda terlihat biasa saja dan terkesan monoton. Gunakan penataan yang cerdas pada area taman agar terlihat lebih unik dan menarik.
Agar hasilnya terkesan lebih indah, Anda bisa memadukan tanaman pot dengan bebatuan kecil yang disusun rapi pada area taman. Meski terkesan simpel namun hal ini akan membuat taman mungil yang Anda miliki tidak kalah modern dan unik dengan taman lainnya yang berukuran luas. Jadi pastikan untuk menata tanaman dengan baik agar hasilnya lebih unik dan menarik.

7. Penggunaan Taman Rindang di depan Teras

Penggunaan Taman Rindang di depan Teras

Inspirasi desain taman mungil bagi rumah minimalis selanjutnya yang bisa Anda tiru adalah penggunaan taman rindang di depan teras rumah. Inspirasi yang satu ini datang dari penggunaan tanaman yang diletakkan pada area sisi tangga menuju teras rumah.
Pemilihan area ini terbilang cukup cerdas. Sebab penempatannya seolah-olah akan menyambut siapa saja yang datang ke rumah. Tak hanya itu saja, penggunaan pot unik yang disusun berjajar pada keseluruhan taman juga mampu menciptakan area yang terkesan rapi. Bahkan jika sudah bosan, Anda juga akan lebih mudah saat ingin menatanya kembali sesuai dengan keinginan.

8. Taman Cantik di Depan Rumah

Taman Cantik di Depan Rumah

Jika masih memiliki halaman kecil di depan rumah, Anda juga bisa mengubahnya menjadi area taman minimalis yang tak kalah cantik dengan taman luas yang milik tetangga. Kali ini Anda bisa menggunakan alas taman berupa rumput sintetis.
Setelah itu Anda hanya perlu menyusun berbagai jenis tanaman di atas rumput sintetis tersebut. Ada baiknya untuk menggunakan tanaman yang tidak terlalu tinggi. Hal ini bertujuan agar taman mungil tersebut tidak menutupi tampilan rumah cantik Anda. Meski terkesan sederhana namun inspirasi desain yang satu ini juga mampu menambah keunikan hunian Anda.

9. Taman Mungil dengan Komponen Lengkap

Taman Mungil dengan Komponen Lengkap

Inspirasi desain taman mungil ini akan memberikan kesan tersendiri bagi pemiliknya dan siapa saja yang melihatnya. Agar semakin indah Anda bisa memadukannya dengan rumput, kecil dan berbagai tanaman. Hal ini akan memberikan nuansa alam yang lebih kental. Selain itu, ide taman di area pojok teras mampu menghadirkan konsep taman minimalis yang keren dan unik.

10. Taman yang Menambahkan Elemen Air

Taman yang Menambahkan Elemen Air

Inspirasi desain taman mungil yang terakhir adalah dengan menambahkan elemen air. Di tengah hiruk pikuk perkotaan suara gemericik air yang alami mampu membangkitkan ketenangan jiwa dan pikiran. Tak ada salahnya untuk menambahkan sebuah kolam kecil dan air mancur. Hal ini akan memberikan makna lebih pada taman minimalis di rumah Anda.
Itu dia beberapa inspirasi desain taman minimalis unik yang bisa Anda tiru. Dengan 10 ide kreasi taman minimalis di atas, tentu Anda tak akan bingung lagi akan membuat taman mungil seperti apa. Kini lahan yang sempit bukan lagi jadi masalah. Sebab semuanya juga bisa ditangani dengan cara yang tepat. Jadi desain taman mungil mana yang bakal Anda coba?

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.