Cara Memanfaatkan Halaman Rumah Agar Lebih Nyaman dan Menarik

Setiap hunian pastinya ada halaman sisa baik itu di depan atau di belakang, baik ukuran luas maupun sempit. Meski ukuran halaman tersebut cenderung sempit namun sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. Ternyata memiliki halaman sisa di rumah bisa jadi menguntungkan. Ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan halaman sisa di rumah. – megabaja.co.id

Halaman sisa yang dimaksud adalah bagian luar garasi. Meski area tersebut biasanya digunakan untuk menjemur pakaian, namun faktanya ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan halaman sisa di rumah tersebut.

Ini dia beberapa cara memanfaatkan halaman rumah agar lebih nyaman dan menarik.

1. Buat Jadi Taman Mini

Buat Jadi Taman Mini

Membuat taman mini merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh pemilik rumah dalam memanfaatkan halaman sisa di sebuah hunian. Terlebih lagi kehadiran sebuah taman dalam hunian dipercaya mampu memberikan kesejukan bagi pemilik rumah.
Nah bagi Anda yang hobi dengan tanaman, cara memanfaatkan halaman di rumah yang satu ini terbilang sangat cocok untuk dipilih. Nantinya taman tersebut bisa menjadi tempat untuk menanam aneka bunga yang cantik.
Selain taman mini, agar tampilannya makin menarik tidak ada salahnya untuk menambahkan kolam ikan di halaman. Anda bisa membuat kolam dengan unsur kayu atau batu sehingga kisah halaman tersebut dapat terkesan lebih indah dan menarik.

2. Jadikan Tempat Bermain untuk Anak

Jadikan Tempat Bermain untuk Anak

Bagi para pemilik rumah yang sudah mempunyai anak, sisa halaman dalam sebuah hunian tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai tempat bermain bagi sang buah hati. Pada bagian halaman rumah tersebut Anda bisa menambahkan berbagai fasilitas bermain anak. Mulai dari perosotan plastik, ayunan, jungkat-jungkit dan lain sebagainya.
Fasilitas bermain anak tersebut tidak perlu dipasang secara permanen. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda jika ingin mengubah posisinya atau menggunakan halaman tersebut untuk keperluan lain. Saat ini sudah ada banyak sekali permainan anak yang bisa dibongkar pasang. Pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan si kecil agar tetap nyaman saat bermain.

3. Lahan Hijau yang Asri

Lahan Hijau yang Asri

Selain beberapa inspirasi di atas lahan sisa di rumah juga bisa Anda manfaatkan sebagai lahan hijau yang asri. Anda bisa mewujudkannya dengan cara bercocok tanam berbagai tanaman hidroponik. Para pemilik rumah bisa menanam berbagai aneka sayuran seperti tomat, daun bawang, cabai rawit, selada, bayam, kemangi, kangkung dan berbagai sayur lainnya.
Menariknya hasil dari bercocok tanaman hidroponik tersebut juga bisa langsung dimanfaatkan oleh pemilik rumah untuk berbagai keperluan di dapur. Jika menanamnya dalam jumlah yang banyak maka Anda juga bisa menjual hasil panenan tersebut. Cukup menguntungkan bukan?

4. Jadikan Sebagai Area Basah

Jadikan Sebagai Area Basah

Dalam sebuah hunian jangan pernah anggap remeh ruang mencuci. Halaman sisa di sebuah hunian ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai area basah. Nah bagi Anda yang memiliki lahan sisa khususnya pada bagian belakang bisa dimanfaatkan sebagai tempat mencuci dan menjemur pakaian.
Meski demikian penting juga bagi Anda untuk bisa menuangkan kreativitas saat mengubahnya menjadi tempat yang lebih fungsional dan multifungsi. Pada area yang tak terpakai bisa Anda tanami rumput sintetis atau bisa juga sebagai tempat bermain untuk sang buah hati. Meski akan dijadikan area basah, namun perhatikan desainnya agar terkesan lebih unik dan menarik.

5. Ubah Jadi Ruang Kerja

Ubah Jadi Ruang Kerja

Cara yang satu ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang memiliki rutinitas bekerja dari rumah. Agar bisa lebih fokus dan tidak terganggu oleh anak-anak Anda bisa mengubah sisa halaman di rumah menjadi ruang kerja. Untuk mewujudkannya sudah barang tentu jika Anda perlu melakukan sedikit renovasi agar ruangan tersebut menjadi lebih nyaman saat digunakan.
Ruangan untuk kerja tersebut tidak harus luas yang penting mampu menampung kursi, meja kerja dan lemari kecil. Pastikan untuk mendesain ruang kerja senyaman mungkin agar ide-ide dapat mengalir dan Anda bisa semakin produktif. Jika sedang tidak bekerja ruang tersebut juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat bersantai atau bermain. Cukup fungsional bukan?

6. Jadikan Sebagai Tempat Peliharaan

Jadikan Sebagai Tempat Peliharaan

Inspirasi yang satu ini sangat cocok dipilih bagi Anda yang hobi memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Sisa halaman pada hunian Anda juga bisa dimanfaatkan sebagai rumah bagi hewan-hewan kesayangan. Jadi hewan-hewan kesayangan Anda tetap memiliki tempat untuk berlari ataupun bermain, sehingga tidak mudah stres.
Agar tampilannya terkesan lebih menarik, rumah bagi hewan kesayangan dengan memanfaatkan halaman sisa di rumah juga bisa dipadukan dengan taman mini yang unik dan estetik. Selain itu Anda juga bisa memelihara burung agar rumah terkesan lebih asri.

7. Manfaatkan Sebagai Gudang

Manfaatkan Sebagai Gudang

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan halaman sisa di rumah adalah dengan menjadikannya sebagai gudang penyimpanan. Meski demikian sangat disayangkan jika barang-barang yang tidak terpakai tersebut malah teronggok di gudang dan bisa rusak kapan saja.
Tak hanya itu saja, bahkan gudang juga bisa jadi sarang untuk tikus dan kecoa yang bisa membawa penyakit bagi pemilik rumah. Jadi ada baiknya jika barang-barang yang sudah tidak terpakai tersebut Anda jual saja. Bila enggan menjualnya juga bisa sumbangkan pada orang yang membutuhkan selama barang masih berfungsi dengan baik, bagus dan layak dipakai.

8. Buat Beberapa Tempat Berteduh

Buat Beberapa Tempat Berteduh

Cara memanfaatkan lahan sisa di rumah selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menambahkan beberapa tempat berteduh. Sinar matahari dapat dengan mudah membuat Anda kepanasan dan hal ini tidak baik untuk kulit. Membuat tempat untuk berteduh juga bisa menjadi salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan halaman sisa di rumah.
Kali ini ada bisa menggunakan payung untuk luar ruangan demi menciptakan keteguhan agar terhindar dari paparan sinar matahari. Jika Anda memiliki sisa halaman yang cukup luas, ada baiknya untuk mempertimbangkan DIY dengan beberapa tiang kayu tipis dan kain luar ruangan untuk membuat tenda yang memukau.

9. Tambahkan Lampu Kelap-kelip

Tambahkan Lampu Kelap-kelip

Belakangan ini lampu LED kelap-kelip terbilang sedang cukup populer. Menggunakan lampu LED kelap-kelip juga merupakan salah satu cara murah yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat halaman rumah menjadi lebih unik dan menarik. Tak hanya itu saja, ruangan tersebut juga akan terasa lebih nyaman. Tampilan ini mampu meniru tampilan lilin api sungguhan.
Nah bagi kamu yang memiliki halaman luar yang tertutup, scone dan lampu gantung luar ruangan mampu menciptakan cahaya di sekitar menjadi lebih unik dan terlihat hangat. Selain itu Anda juga bisa menggunakan lentera kertas agar terkesan lebih menarik. Namun penggunaan lentera kertas tidak disarankan saat musim hujan, sebab tidak tahan air.
Itu dia beberapa cara memanfaatkan halaman rumah agar terkesan lebih nyaman, unik dan menarik. Selain itu Anda juga bisa menambahkan berbagai dekorasi tambahan jika menginginkan bagian luar ruangan terasa lebih nyaman untuk bersantai. Bagian halaman rumah bisa menarik perhatian jika memiliki tampilan yang simpel dan nyaman.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.