Tips Memilih Jenis Jendela yang Ideal untuk Rumah Anda

Rumah anda pastinya saat ini memiliki jendela, ada rumah yang memiliki jendela di setiap ruangan dan ada juga yang hanya tersedia di beberapa ruangan tertentu saja. -megabaja.co.id

Tahukah Anda seberapa penting sebuah rumah memiliki jendela?
Kita akan mencari tahu melalui beberapa pembahasan berikut ini!

Pengertian Jendela Rumah

Sebelum kita membahas pentingnya sebuah jendela rumah, kita akan mengulas kembali apa pengertian jendela rumah. Sederhananya, jendela rumah bisa Anda artikan sebagai sebuah lubang yang memiliki penutupnya.
Lubang tersebut biasanya terpasang di dalam dinding rumah maupun bangunan yang lainnya dan setiap rumah biasanya memiliki bentuk jendela yang berbeda-beda, misalnya saja sebuah jendela rumah dengan bentuk segitiga, persegi panjang dan lain sebagainya.

Bentuk jendela tersebut dipilih karena selera dan pilihan pemilik rumah tersebut, bukan standar dari sebuah jendela. Karena bentuk jendela tidak akan mempengaruhi fungsi dari jendela itu sendiri, hanya dapat berpengaruh pada estetik atau tidaknya sebuah jendela.

Akan tetapi sekarang ini, memang bentuk jendela beragam bentuk dan dibuat dengan menggunakan material yang berkualitas. Kenapa? Karena masyarakat sekarang sudah sangat mengerti kelebihan manfaat jendela dan nilai estetik menyesuaikan dengan bentuk jendelanya.
Apapun bentuknya, fungsi jendela masih sama. Jadi jangan takut untuk bereksperimen dengan bentuk-bentuk jendela rumah saat ini.

Fungsi Jendela Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Sekarang, apa sebenarnya fungsi dari jendela rumah? Mungkin itu sekarang pertanyaan yang muncul di benak Anda. Pada dasarnya, fungsi jendela itu sebagai salah satu fasilitas masuknya sinar matahari setiap ruangan di rumah Anda.
Apa manfaat dari cahaya yang masuk melalui jendela rumah? Manfaatnya cahaya masuk ke dalam rumah adalah bisa membunuh kuman dan bakteri. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti pengganti pencahayaan dari lampu listrik, sehingga bisa lebih menghemat listrik.

Jendela rumah juga memiliki fungsi lainnya seperti untuk dekorasi rumah maupun pemanis rumah. Coba Anda bayangkan bagaimana jadinya jika rumah mewah tidak memiliki jendela? Tentu tidak estetik bukan? Maka dari itu jaman sekarang ada banyak model jendela rumah yang bisa menjadi pilihan Anda.

Manfaat Lain Jendela Rumah untuk Manusia

Jendela ke arah luar
Jendela ke arah luar

Apakah jendela rumah hanya memiliki manfaat untuk rumahnya saja? Tidak adakah manfaat untuk manusia? Tentu tidak, bagi manusia adanya jendela rumah akan sangat membantu dalam mengatur sirkulasi udara di dalam rumah.
Sehingga rumah tetap dalam keadaan tidak pengap, lembab dan bau apek dikarenakan udara yang ada di dalam rumah tukar dengan udara yang baru dari luar. Sehingga udara di dalam rumah lebih segar dan lebih menyehatkan untuk tubuh manusia.
Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya untuk manusia adalah bisa melihat kondisi luar rumah dikarenakan kondisi luar rumah bisa untuk relaksasi mata maupun pikiran, sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan damai, karena seolah-olah menyatu dengan alam.
Manfaat lainnya dari jendela rumah adalah bisa menjadi pintu keluar darurat, saat terjadi musibah seperti banjir, kebakaran ataupun musibah lainnya. Bisa dibilang fungsi dari jendela bisa digunakan untuk hal-hal darurat semacam itu.
Tips Memilih Jenis Jendela untuk Rumah Anda
Sekarang sudah tahukan manfaat dan fungsi dari jendela rumah untuk manusia? Akan tetapi, untuk bisa merasakan manfaat seperti itu. Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan, agar adanya jendela rumah bisa menjadikan rumah Anda lebih sehat dan menawan lagi.

Maka dari itu, kami memberikan beberapa tips sederhana memilih jenis jendela yang ideal untuk rumah Anda. Kira-kira apa saja tipsnya? Kita akan cari hal itu melalui pembahasan berikut ini:

1. Cek Terlebih Dahulu Arah Matahari Terbit dan Tenggelam

Cek Terlebih Dahulu Arah Matahari Terbit dan Tenggelam

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memilih jendela, cek terlebih dahulu arah matahari tenggelam maupun terbit. Lokasi maupun area tertentu yang menghadap matahari secara langsung, tidak perlu memasang jendela rumah dengan ukuran yang terlalu besar.
Cukup memasang jendela rumah dengan ukuran yang kecil saja, karena fokus utamanya adanya sinar matahari yang masuk, jika terlalu besar maka akan terlalu banyak sinar matahari sehingga nanti pada siang hari akan terasa panas dan terlalu terang.
Gunakan Jendela yang Konsepnya Sama dengan Desain Rumah
Agar rumah lebih indah dan menawan, kami sarankan Anda untuk menggunakan konsep jendela yang senada dengan desain rumah. Agar lebih bisa dipahami, contohnya misalnya konsep utama dari rumah Anda adalah bertemakan industrial, maka pilihlah jendela dengan kusen yang gelap atau kusen jendela rumah yang menggunakan baja.
Jadi jangan gunakan jendela tradisional dengan dua daun pintu kayu, hal itu dikarenakan akan tampak sangat kontras nantinya. Sebaliknya, konsep rumah dengan gaya arsitektur industrial yang terkesan lebih klasik, bagian jendelanya juga jangan yang terlalu tinggi.

2. Gunakan Jenis Kaca Sesuai dengan Kebutuhan

Gunakan Jenis Kaca Sesuai dengan Kebutuhan

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan jenis kaca yang digunakan. Jika Anda ingin memiliki pandangan yang lebih leluasa dari kedua sisi, maka Anda bisa menggunakan kaca bening biasa. Ketebalan kaca yang bisa Anda gunakan memiliki 5-12 mm, akan tetapi jika Anda ingin aktivitas di dalam rumah tidak terlihat, bisa menggunakan kaca cermin.
Kaca cermin, tidak hanya menjaga privasi. Jenis kaca ini juga bisa memiliki tampilan yang menawan, maka dari itu jangan sampai salah memilih jenis kaca untuk kebutuhan jendela rumah Anda.

3. Desain Bingkai Jendela Rumah juga Perlu Diperhatikan

Desain Bingkai Jendela Rumah juga Perlu Diperhatikan

Ini juga sangat penting yaitu desain bingkai jendela rumah yang akan Anda gunakan. Jika keseluruhan fasad rumah Anda berwarna putih, maka Anda bisa menggunakan bingkai jendela yang berwarna.
Hal ini penting untuk meminimalisir kesan monoton pada fasad secara keseluruhan.

4. Perhatikan Arah Bukaan Jendela Rumah

Perhatikan Arah Bukaan Jendela Rumah

Tips berikutnya adalah memperhatikan bukaan jendela rumah, jika arah depan memiliki lahan yang terbatas, kami sarankan Anda untuk menggunakan jendela rumah yang digeser agar lebih menghemat ruangan.
Nah jendela geser memiliki dua jenis yaitu jendela geser dengan arah geser dari kanan ke kiri dan ada yang dari atas ke bawah. Jenis apapun itu, Anda bisa menyesuaikan dengan konsep interior rumah Anda.

5. Aspek Keamanan

Aspek Keamanan

Tips terakhir adalah aspek keamanan, kami sarankan Anda tidak menggunakan jendela yang terlalu besar, terlebih jika rumah Anda berbatasan dengan jalan raya. Jendela yang terlalu besar akan lebih beresiko dimasuki maling dan oknum yang tidak bertanggung jawab lainnya.
Jika Anda tetap ingin menggunakan jendela dengan ukuran yang besar, usahakan untuk menambahkan pengaman seperti pagar jendela sebagai perlindungan atau Anda juga bisa memasang teralis di balik kaca jendela, sehingga maling tidak mudah melewatinya.
Bagaimana, apakah Anda sudah terbayang jendela yang seperti apa yang Anda butuhkan? Selain bisa memenuhi keinginan Anda, usahakan untuk memperhatikan aspek keamanan juga.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.