8 Tips Simpel Menata Kitchen Set, Dapur Jadi Super Nyaman

Memiliki dapur nyaman dengan tampilan menawan tentu menjadi keinginan bagi sebagian besar orang. Terlebih lagi bagi Anda yang hobi memasak dan suka masakan rumahan. Tentu Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu di dapur bukan? Jadi ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan saat mendesain interior ruangan. Satunya adalah penataan kitchen set. – megabaja.co.id

Ternyata penataan kitchen set yang tepat tidak hanya berpengaruh terhadap interior dapur saja, namun juga akan menunjang aktivitas Anda saat memasak.

Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki dapur dengan ukuran terbatas. Jadi penting bagi Anda untuk menata peralatan dapur sesuai dengan urutan dan tata letak yang benar agar workflow di dapur dapat berjalan lancar.

Lantas bagaimana sih cara menata kitchen set yang baik dan benar? Furniture seperti apa yang sebaiknya dipakai? Serta model dan warna apa yang tepat digunakan? Ini dia beberapa ulasan mengenai tips simpel menata kitchen set agar dapur menjadi super nyaman.

  1. Pertimbangkan Ukuran Kitchen Set

Demi menciptakan dapur yang nyaman namun tetap menawan hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan adalah ukuran kitchen set yang dipilih. Pastikan untuk selalu menyesuaikan ukuran kitchen set dengan ukuran dapur. Jika Anda memiliki dapur dengan ukuran yang terbatas pastikan untuk memilih kitchen set yang tidak terlalu besar namun tetap fungsional.

Penting bagi Anda untuk memaksimalkan fungsi dinding saat membuat kabinet penyimpanan dan sebagainya. Namun jika memiliki ukuran dapur yang luas, Anda akan lebih leluasa saat memilih ukuran kitchen set. Masih demikian perlu diingat jika ukuran kitchen set tersebut harus proporsional dengan ukuran furniture dan perabotan lain.

  1. Atur Ulang Urutan Kitchen Set yang Sesuai dan Efektif

Agar workflow saat di dapur berjalan lancar, pastikan Anda menata kitchen set sesuai dengan urutannya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda saat memasak. Tak hanya itu saja penting juga bagi Anda untuk menyimpan dan menata peralatan memasak sesuai dengan jenisnya. Pastikan pula jika area penyimpanan juga berada di area penyajian dan meja makan.

Dengan untuk berbagai peralatan memasak Anda bisa meletakkannya di area yang berdekatan dengan kompor. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda saat memasak. Jika menata kitchen set dengan benar sesuai urutannya, maka Anda akan lebih mudah saat menggunakan peralatan masak atau peralatan makan. Jadi Anda tidak perlu bolak-balik di dapur.

Urutan kitchen set yang benar tentu akan memudahkan Anda saat Mengerjakan sesuatu di dapur. Sehingga Anda tidak perlu bolak-balik di dapur yang terbilang tidak efektif untuk dilakukan. Tak hanya memudahkan saja, kitchen set yang ditata sesuai dengan urutannya juga akan lebih memudahkan Anda saat membutuhkan berbagai peralatan yang akan digunakan.

  1. Pertimbangkan Material dan Warna Kitchen Set

Selain beberapa poin di atas hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat menata kitchen set adalah pemilihan material dan warnanya. Pastikan untuk memilih material kitchen set yang tahan lama bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Adapun beberapa material yang bisa Anda pilih untuk kitchen set antara lain stainless steel dan kayu solid atau hardwood.

Tak hanya soal pemilihan material saja Anda juga perlu memperhatikan warna kitchen set. Pastikan memilih warna kitchen set yang menyatu dan sesuai dengan konsep interior ruangan. Selain itu Anda juga perlu memilih warna yang mampu menaikkan mood saat memasak. Misalnya penerapan warna terang seperti putih.

Mengapa demikian? Sebab penggunaan kitchen set berwarna terang seperti putih akan membuat dapur terlihat lebih bersih. Namun jika Anda ingin menggunakan warna gelap pastikan untuk menggunakan dan mengaplikasikannya pada bagian kitchen set tertentu saja.

  1. Penataan Kitchen Set Sesuai Intensitas Penggunaan

Tak hanya  mengelompokkan sesuai jenisnya saja, Anda juga perlu mengelompokkan perabotan dan peralatan sesuai dengan intensitas pemakaiannya. Anda bisa memanfaatkan kabinet atau ruang tertentu sebagai tempat penyimpanan. Misalnya saja kabinet di dekat kompor untuk menyimpan berbagai peralatan dan perkakas dapur yang sering digunakan saat memasak.

Lalu bagaimana untuk berbagai peralatan dapur yang jarang digunakan? Untuk berbagai peralatan dapur yang jarang digunakan Anda bisa menyimpannya di area terpisah agar workflow di dapur tidak terganggu. Misalnya menyimpan berbagai peralatan yang jarang digunakan pada kabinet paling atas kitchen set.

  1. Manfaatkan Dinding untuk Tempat Penyimpanan

Demi menciptakan kesan nyaman pada kitchen set, penting juga bagi Anda untuk tidak menumpuk barang-barang terlalu banyak. Apabila peralatan dapur cukup banyak dan kitchen set Anda minimalis, manfaatkan dinding kosong di dapur. Agar bisa memaksimalkan fungsi dinding untuk tempat penyimpanan gantung.

Jika ada beberapa space dinding kosong di dapur, Anda juga bisa membuat rak vertikal gantung tambahan sebagai tempat penyimpanan. Jadi semua perlengkapan memasak, bumbu dapur, stok makanan dan alat lainnya akan tersimpan rapi. Selain itu Anda juga bisa membuat rak tanpa penutup atau penutup transparan untuk menciptakan kesan yang lebih luas pada dapur.

  1. Manfaatkan Ruang Bagian Bawah Wastafel

Biasanya bagian bawah bak cuci piring atau wastafel dibiarkan kosong begitu saja. Hal ini tentu sangat disayangkan. Sebab dengan desain yang sesuai Anda bisa mengubah ruang kosong tersebut menjadi tempat penyimpanan serbaguna. Contohnya tempat untuk menyimpan cairan, pembersih lantai, sikat, stok sabun cuci piring, spons cuci piring, dan panci berukuran besar.

Tak hanya itu saja, bahkan Anda juga bisa memanfaatkan ruang tersebut untuk menyimpan tempat sampah. Jika tempat sampah disimpan di ruangan tersebut maka akan terhindar dari lalat dan bau tidak sedap di dapur. Meski demikian pastikan Anda juga membuang sampah secara rutin agar tidak menimbulkan bau tak sedap..

  1. Pastikan Kitchen Set Selalu Rapi dan Bersih

Selain beberapa poin di atas hal penting yang perlu Anda lakukan agar dapur tetap nyaman dan menarik adalah memperhatikan kebersihan dan kerapian kitchen set. Pastikan untuk selalu menata perabotan dan peralatan dapur dengan rapi.

Jangan lupa untuk mengembalikan lagi barang-barang yang sudah dipakai ke tempat semula. Pastikan juga untuk selalu membersihkan kitchen set dan dapur setelah memasak. Keadaan kitchen set yang bersih dan rapi tentu akan membuat dapur terkesan lebih nyaman dan menarik.

  1. Perbanyak Laci

Selain beberapa poin di atas, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah memperbanyak laci kitchen set. Konsepnya hampir sama dengan pull out swivel yang akan memudahkan Anda saat mengambil barang.

Jika menggunakan rak biasanya Anda akan meletakkan barang yang jarang dipakai pada sisi dalam. Bahkan kadang Anda juga lupa jika memiliki perabotan tersebut karena tak pernah terlihat. Jika menggunakan laci maka semua sudut akan mudah diakses.

Itu dia beberapa tips menata kitchen set agar dapur menjadi super nyaman dan menawan. Meski sudah ada banyak sekali cara menata kitchen set, namun penting juga untuk memilih kitchen set dengan desain terbaik. Pilihlah kitchen set yang sesuai dengan kebutuhan dan desain interior rumah. Jangan lupa menerapkan beberapa hal diatasi agar dapur tetap rapi dan menarik.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.