Inspirasi Desain Dapur Terbuka dan Kelebihannya, Masak Jadi Makin Leluasa

Bagi sebagian orang memasak merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Bahkan ternyata hobi memasak juga bisa dijadikan sebagai cara kreatif mengelola stres sekaligus menghasilkan hidangan yang lezat. Dapur yang bagus tentu akan menunjang kenyamanan saat memasak dan beraktivitas saat berada di dalamnya. – megabaja.co.id

Kreatifitas memang tidak ada matinya. hal yang menarik bagi saya adalah dapur yang multifungsi yang dapat di padukan atau menajdikan dapur terbuka.

Apakah Anda termasuk orang yang menyukai rumah terang? Jika Iya maka dapur dengan konsep terbuka merupakan pilihan tepat bagi Anda. Desain semacam ini akan membuat dapur Anda mendapatkan pencahayaan dan sirkulasi udara yang optimal. Tapi lagi desain dapur terbuka juga mampu memberikan sesuatu yang berbeda dari sisi fungsi dan juga tampilan.

Inspirasi Desain Dapur Terbuka

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika desain dapur terbuka merupakan salah satu kriteria model dapur sehat. Biasanya konsep dapur yang satu ini diprioritaskan bagi rumah minimalis untuk memaksimalkan sirkulasi udara dalam ruangan. Nah ini dia beberapa inspirasi desain dapur terbuka yang bisa Anda tiru.

  1. Dapur Semi Terbuka

Inspirasi desain pertama yang bisa Anda dipilih adalah dapur semi terbuka. Desain ini memungkinkan Anda untuk bisa menyesuaikan kondisi dapur dengan kebutuhan. Dapur semi terbuka fokus pada pintu geser kaca  berbingkai aluminium. Jika cuaca hujan Anda bisa membuatnya tertutup dan saat cuaca cerah Anda bisa membukanya secara maksimal.

  1. Dapur Sederhana Tanpa Kitchen Set

Ingin membuat dapur dengan maksimal namun anggaran cukup terbatas? Tak perlu merasa khawatir sebab Anda juga bisa menerapkan konsep dapur terbuka. Dapur sederhana tanpa kitchen set merupakan pilihan yang tepat untuk Anda tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Sebagai pengganti kitchen set Anda bisa menambahkan tirai penutup bagian bawah meja dapur. Jangan lupakan rak kayu tempel dan tempat gantungan besi pada backspace dinding dapur Anda untuk meletakkan berbagai peralatan dapur. Sama seperti poin sebelumnya kehadiran pintu geser kaca juga ikut memaksimalkan pencahayaan dapur Anda.

  1. Desain Dapur Terbuka Modern

Apa Anda suka dengan konsep rumah mewah? Jika Iya tak ada salahnya menerapkan desain dapur terbuka modern pada hunian Anda. Padukan antara konsep dapur modern dan dapur terbuka agar menghasilkan desain yang mewah dan elegan.

 Tak hanya itu, penerapan skylight juga akan membuat dapur terkesan lebih unik dan terang maksimal. Gunakan juga kitchen set berwarna putih glossy agar tampilan terkesan lebih mewah.

  1. Dapur Terbuka dengan Mini Bar

Dapur mini bar sangat cocok dipilih bagi Anda yang memiliki ukuran dapur terbatas. Tak perlu merasa khawatir, Anda bisa menggunakan mini bar sebagai pengganti meja makan. Ukuran yang compact akan membuat dapur terkesan lebih luas. Selain itu Anda juga bisa menambahkan kursi kayu minimalis dengan tinggi yang sudah disesuaikan.

  1. Taman Kecil yang Natural

Bagi Anda yang suka dengan nuansa asri, taman kecil terbuka yang dipadukan dengan area dapur sangat cocok untuk dipilih. Paduan antara keduanya akan membuat area memasak jadi lebih menyenangkan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan kitchen set berbahan kayu  agar lebih menekankan kesan natural.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan batu bata ekspos untuk memperkuat kesan alaminya. Meskipun bersatu dengan taman, namun pastikan jika area taman  tersebut merupakan taman kering yang dilengkapi dengan atap transparan. Jika memiliki anggaran lebih Anda bisa memodifikasi bagian atapnya agar bisa dibuka dan ditutup.

  1. Dapur Terbuka dengan Vertical Garden

Ingin bagian dapur terkesan lebih asli dari desain sebelumnya? Terapkan saja vertical garden pada dapur terbuka di hunian Anda. Jika Anda memiliki luas dapur yang cukup besar, agar lebih maksimal buatlah vertikal garden berbentuk U atau L agar terkesan lebih luas. Selain itu gunakan lantai yang bertekstur agar tidak licin ketika terciprat air hujan.

  1. Dapur yang Menyatu dengan Ruang Makan

Sering kali ruang makan menyatu dengan area dapur agar Anda tidak perlu susah payah bolak-balik saat menyajikan makanan. Anda bisa menggunakan tirai bambu sebagai batasan antara area terbuka di rumah  dengan dapur. Saat cuaca cerah Anda bisa menggulungnya dan membuka kembali saat hujan turun.

Kelebihan Desain Dapur Terbuka

Setelah mengetahui beberapa inspirasi desain dapur terbuka, tak ada salahnya Anda juga tahu apa saja manfaat dari konsep tersebut. Meski tidak semua orang berpikir sama, namun ternyata konsep dapur terbuka memiliki banyak manfaat. Ini dia beberapa kelebihan jika menggunakan desain dapur terbuka.

  1. Memasak Jadi Lebih Leluasa

Percaya atau tidak dapur terbuka akan membuat Anda lebih leluasa dan merasa lega saat berada di dapur. Pemandangan juga tidak akan terhalang oleh tembok dan lemari gerabah. Bahkan Anda juga akan lebih mudah mencari kebutuhan apa pun yang berkaitan dengan dapur. Hal ini tentu akan membuat aktivitas memasak menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Dapur Jadi Lebih Terang

Saat siang hari desain dapur terbuka akan lebih terang karena ada banyak sinar matahari alami yang masuk ke area dapur. Mengingat tidak ada dinding yang membatasi antara ruang dapur dan ruang makan tentu akan membuat suasana menjadi lebih nyaman dan menyegarkan.

  1. Membantu Meningkatkan Mood Saat Memasak

Anda sering bad mood saat beraktivitas di dapur? Mungkin karena suasananya yang sumpek. Selain beberapa poin di atas, ternyata dapur terbuka juga akan membantu meningkatkan mood Anda saat memasak. Perasaan malas tersebut akan hilang secara perlahan. Terlebih lagi hadirnya sebuah taman yang menambah pemandangan.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan taman terbuka di belakang rumah untuk menumbuhkan berbagai jenis tanaman. Meski demikian penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan open kitchen outdoor. Sebab jika ada sisa makanan atau sampah yang tertinggal siap-siap dapur terbuka Anda akan kedatangan serangga maupun binatang pengerat.

  1. Model Dapur Bisa Didesain Unik

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan jika memilih konsep dapur terbuka adalah lebih leluasa saat mendesain ruangan di dalamnya. Anda juga bisa memilih furnitur apa saja yang akan diletakkan di dapur tanpa terbatasi oleh tempat. Selain itu Anda bisa memandangi seluruh interior baik di area dapur maupun di area makan dengan lebih atraktif.

  1. Bebas Berkreasi dengan Dekorasi

Tanpa disadari ternyata konsep desain dapur terbuka juga akan membuat Anda berimajinasi dan bereksperimen mengenai interior yang akan digunakan sebagai pelengkap. Anda bisa lebih kreatif dengan mengganti berbagai dekorasi yang ada. Hal ini juga akan ikut memberikan mood bagus saat memasak.

Nah di atas merupakan beberapa inspirasi desain dapur terbuka yang bisa  dipilih diterapkan pada rumah idaman Anda. Selain memiliki beberapa inspirasi desain yang unik, ternyata konsep dapur terbuka juga memiliki banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan. Jadi konsep desain dapur terbuka Mana nih yang akan Anda coba kali ini?

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.