8 Warna Cat Pagar yang Direkomendasikan Oleh Para Ahli

Biasanya orang selalu fokus dengan model pagar ataupun jenis material yang digunakan untuk membuatnya akan tetapi seringkali mereka lupa dengan pentingnya memilih warna cat yang sesuai untuk pagar tersebut. -megabaja.co.id

Terlebih jika pagar rumah Anda sudah cukup lama dan warnanya mulai usang atau bahkan mulai timbul karat. Hal tersebut akan sangat mengganggu keindahan rumah karena cat pagar yang sudah mulai usang terkesan bahwa rumah tersebut tidak dirawat dengan baik.

Dalam memilih warna cat untuk pagar rumah, tidak boleh dilakukan asal-asalan karena cat pagar yang tidak selaras dengan desain rumah akan membuat tampilan rumah jadi tidak sedap dipandang mata. Berikut ini adalah 8 warna cat pagar yang direkomendasikan oleh para ahli.

1. Cat Pagar Warna Abu-abu Untuk Tampilan Minimalis

Cat Pagar Warna Abu-abu Untuk Tampilan Minimalis

Jika Anda memiliki rumah bergaya minimalis yang ingin semakin terlihat menarik maka tidak ada salahnya mencoba mengaplikasikan cat warna abu-abu pada bagian pagarnya. Warna abu-abu adalah jenis warna netral yang cocok dikombinasikan dengan berbagai macam warna lain.
Jika pagar rumah diberi cat warna abu-abu maka bagian temboknya bisa dipadukan dengan warna kuning, pink, merah, hijau atau navy. Perpaduan warna cat yang tepat bisa memunculkan citra bagus untuk sebuah hunian. Namun hal sebaliknya juga berlaku karena pemilihan warna yang tidak tepat justru akan membuat hunian Anda tampak kacau.

2. Cat Pagar Warna Hitam Untuk Kesan Mewah dan Elegan

Cat Pagar Warna Hitam Untuk Kesan Mewah dan Elegan

Pagar warna hitam merupakan pilihan yang tepat dengan desain mewah dan elegan. Bahkan yang tak kalah menarik adalah warna hitam cocok diaplikasikan untuk berbagai bahan pagar mulai dari besi tempa, baja ringan, dan lainnya.
Kelebihan dari cat pagar warna hitam adalah tidak mudah kotor serta cara perawatannya mudah. Namun jika rumah Anda tidak terlalu besar sebaiknya hindari pemilihan warna hitam karena bisa membuat rumah semakin terkesan sempit.

3. Cat Pagar Warna Putih Untuk Kesan Rumah yang Bersih

Cat Pagar Warna Putih Untuk Kesan Rumah yang Bersih

Jika hunian Anda tidak terlalu luas sangat direkomendasikan untuk memilih pagar dengan cat warna putih karena warna yang satu ini memiliki efek psikologis sehingga bisa membuat sebuah ruangan atau bangunan menjadi terkesan lebih luas dari aslinya.
Satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian saat Anda memilih warna putih sebagai cat pagarnya yaitu harus melakukan bersih-bersih secara rutin agar tidak ada kotoran atau debu yang menempel.
Saat ada kotoran pada permukaan pagar akan tampak sangat jelas jika tidak segera dibersihkan. Hal itu bisa meninggalkan kesan buruk bahwa pemilik rumah tidak pandai merawat rumah atau jorok.

4. Cat pagar Kombinasi Warna Hitam dan Emas

Cat pagar Kombinasi Warna Hitam dan Emas

Untuk Anda yang ingin memiliki tampilan rumah dengan kesan klasik dan mewah maka bisa memilih cat pagar kombinasi antara warna hitam dan warna emas. Kedua warna ini jika disatukan untuk membuat hunian mewah Anda semakin terlihat mempesona.
Kombinasi warna hitam dan emas sangat cocok untuk pagar yang terbuat dari besi tempa berukir. Mungkin Anda sering melihat cat pagar kombinasi warna hitam dan emas pada rumah-rumah bergaya Eropa.

5. Cat Pagar Warna Broken White Untuk Kesan Unik

Cat Pagar Warna Broken White Untuk Kesan Unik

Warna putih banyak dipilih untuk dekorasi ruang baik interior maupun eksterior karena memang sifatnya yang universal sehingga cocok diaplikasikan pada bagian manapun. Kendati demikian tidak sedikit juga orang yang beranggapan bahwa warna putih terkesan terlalu mencolok sehingga ada alternatif warna lain yang hampir sama dengan warna ini namun lebih kalem yaitu broken white.

Perbedaan warna putih dengan broken white yang paling kentara adalah broken white tidak memantulkan warna yang terlalu tajam dan terkesan lebih soft. Namun yang perlu Anda ingat adalah warna ini tidak bisa asal dikombinasikan dengan warna lain karena akan bertabrakan.
Warna-warna yang cocok dengan broken white antara lain adalah warna biru navy, warna ungu, warna merah marun, warna merah muda, dan warna emas. Tapi jika Anda ingin menggabungkan broken white dengan warna-warna tersebut jangan terlalu berlebihan karena warna broken white mudah sekali tertutup oleh warna lain.

6. Cat Pagar Warna Silver Untuk Kesan Futuristik

Cat Pagar Warna Silver Untuk Kesan Futuristik

Jika pagar rumah Anda terbuat dari besi maka akan sangat cocok di cat menggunakan warna silver. Warna silver ini selain mampu melindungi dari karat dan korosi tentu saja bisa membuat tampak lebih menarik.
Cat pagar warna silver sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki hunian dengan gaya modern minimalis. Warna silver pada pagar mampu meninggalkan kesan futuristik pada hunian Anda. Jika pagar rumah Anda di cat warna silver makan untuk menyelaraskannya warna tembok bisa dicat menggunakan warna putih, warna hijau, warna biru ataupun warna ungu.

7. Cat Pagar Warna Hijau yang Menyegarkan Mata

Cat Pagar Warna Hijau yang Menyegarkan Mata

Jika Anda ingin memiliki rumah dengan tampilan yang mampu menyegarkan mata maka bisa mengaplikasikan cat warna hijau pada bagian pagar rumah. Hijau merupakan warna yang memiliki banyak filosofi positif karena dipercaya mampu melambangkan sebuah pertumbuhan, kemakmuran hingga bisa memberikan rasa tenang. Supaya tidak terkesan monoton Anda bisa memadukan pagar warna hijau dengan beberapa tanaman hias di sekitarnya.

8. Cat Pagar Warna Krem yang Tampak Lembut

Cat Pagar Warna Krem yang Tampak Lembut

Cat pagar warna krem mampu menghadirkan kesan rumah ya lembut dan menawan. Warna krem bisa diaplikasikan pada berbagai bahan material pagar seperti pagar yang berbahan kayu, pagar berbahan besi hollow, atau pagar yang berbahan baja ringan. Cat pagar warna krem juga sangat cocok untuk rumah dengan desain rustic.

Tips Dalam Mengecat Pagar Rumah

Tips Dalam Mengecat Pagar Rumah

Perhitungkan warna-warna di atas untuk dijadikan warna pagar rumah Anda, jangan lupa juga pilih cat yang benar-benar cocok untuk diaplikasikan pada area outdoor. Hal ini disebabkan karena pagar merupakan bagian rumah yang letaknya berada di luar ruangan sehingga terkena paparan sinar matahari secara langsung lalu berganti juga dengan guyuran derasnya air hujan secara bergantian dan terus-menerus.

1. Cat Berbahan Dasar Oil Base

Perubahan cuaca yang cukup ekstrim bisa membuat lapisan cat mudah rusak yang ditandai dengan warnanya yang mulai memudar, mengelupas hingga tampak kotor karena munculnya korosi. Untuk mengantisipasi hal tersebut Pilihlah cat yang oil base karena jenis cat ini sangat cocok di aplikasikan untuk area outdoor.
Warna Cat Sesuai Dengan Keseluruhan Rumah
Yang tidak boleh dilupakan saat memilih warna cat pagar yaitu menyesuaikannya dengan warna rumah Anda secara keseluruhan. Misalnya saat tembok rumah Anda memiliki warna yang cerah pilih juga warna-warna cerah untuk pagarnya. Cat pagar yang dipadukan dengan warna satu tone dengan warna rumah akan membuat hunian Anda menjadi harmonis.

2. Memberi Lapisan Anti Karat

Untuk pagar rumah yang terbuat dari bahan besi sebaiknya sebelum melakukan pengecatan Anda aplikasikan dulu cat anti karat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya karat di kemudian hari. Namun sebelum itu tentu saja Anda harus membersihkan dulu pagar dan lapisan anti karat bisa menempel dengan sempurna.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.