Ini Dia 6 Tren Warna Rumah Terbaru 2023, Simak Lengkap Dengan Cara Mengecat Rumah Sendiri

Tren warna rumah selalu memiliki tempat tersendiri bagi sebagian orang. Karena cat rumah merupakan salah satu elemen yang mudah untuk dimodifikasi dibandingkan dengan elemen-elemen rumah lainnya. Dengan mengganti warna cat rumah, secara praktis kamu sudah mendapatkan suasana yang baru seolah-olah baru saja pindah ke tempat lain. -MegaBaja.co.id

Salah satu yang menjadikan sebuah rumah menarik adalah dari pemilihan warnanya yang tepat. Menurut seorang pakar warna dan seniman asal Inggris, Annie Sloan berpendapat bahwa 2023 akan menjadi surga bagi tren warna baru yang lebih menyala dan berani.

Sudah menjadi hal yang lumrah untuk mengganti warna cat rumah beberapa tahun sekali, khususnya pada momen-momen tertentu seperti hari raya, tahun baru dan acara-acara besar lainnya. Nah, mumpung kita baru saja memasuki tahun 2023, ada baiknya untuk melihat-lihat beberapa rekomendasi warna yang akan populer untuk satu tahun ke depan.

Apa sajakah itu?

Mari kita ulas di bawah ini.

Tren Warna yang Akan Populer di Tahun 2023

1. Earth Tone yang Masih Konsisten

Walaupun tren warna-warna terang dan berani mulai bermunulan, akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa warna-warna bernuansa bumi ini masih menduduki peringkat pertama. Nuansa cokelat yang lebih tua, dipadukan dengan dekorasi berwarna keemasan akan menciptakan harmonisasi warna yang menenangkan.

Earth Tone yang Masih Konsisten

Warna-warna dengan tone ini juga memiliki ragam variasi yang banyak, dan semuanya memiliki kesan natural sehingga akan cocok dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Mungkin kamu bisa memilih warna cokelat tua, cream, beige, dan sejenisnya.

2. Hijau dan Segar

Dengan semakin padatnya aktivitas manusia pada zaman sekarang, maka rumah harus menjadi tempat yang paling nyaman untuk beristirahat. Dengan membawa nuansa alam yang segar, kamu akan mendapatkan pemandangan alami yang menenangkan meskipun hanya di dalam ruangan saja.

Hijau dan Segar

Warna hijau yang akan populer pada tahun ini adalah hijau alami yang terinspirasi dari warna alam. Namun tentu saja kamu tetap bisa memodifikasi tampilan warna dinding sesuai dengan selera. Bisa dimulai dengan menciptakan color blok di kedua sisi dinding ruangan, atau memilih dekorasi senada dengan warna utama ruangannya.

3. Bermain dengan Warna Warm and Cool

Nuansa warna hangat dan dingin memang sangat bertolak belakang, tapi pernahkah kamu berpikir bahwa menggabungkan kedua tone warna ini justru akan menciptakan kesan yang unik?

Contoh-contoh warna hangat yang bisa kamu jadikan pilihan di antaranya adalah warna kuning, cokelat, cream, dan juga beige. Sementara warna dingin yang cocok dipadukan yaitu warna-warna seperti pirus, biru, tosca dan sejenisnya.

Jika kamu tidak cukup berani untuk menggabungkan kedua warna tersebut sebagai warna cat dinding, maka kamu bisa mengkombinasikan kedua warna tadi dengan dekorasi lain. Seperti pada perabotan, kusen, lemari dan sebagainya.

Bermain dengan Warna Warm and Cool

4. Warna Bold di-mix dengan Furniture Ngejreng

Yang berperan penting dalam menunjang penampilan rumah bukan hanya terletak pada warna dindingnya. Warna furniture dan segala dekorasi yang terdapat di dalamnya pun memiliki peran.

Pemilihan warna bold ataupun doff sebagai warna dinding ruangan akan menjadi sempurna saat disandingkan dengan furniture berwarna ngejreng. Seperti warna oranye, merah marun, pink dan lain-lain.

Warna Bold di-mix dengan Furniture Ngejreng

Kedua warna tersebut dapat dinetralkan dengan mencampurkan padanan warna natural seperti aksen kayu. Dengan begitu, komposisi warnanya akan terlihat lebih seimbang dan enak dilihat.

5. Pemilihan light color Untuk Area Dapur

Selanjutnya adalah warna terang, biasanya didominasi dengan warna putih atau cokelat muda. Memakai warna-warna tersebut di area dapur kini menjadi tren baru yang wajib kamu coba. Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya, memberikan warna terang di area dapur akan membuat dapur terlihat lebih luas dan bersih.

Pemilihan light color Untuk Area Dapur

6. Kombinasi Warna Lembut dan Bold

Bukan hanya berani dan netral, tren warna yang lembut dan bold juga menyusul sebagai tren warna yang kemungkinan hadir pada tahun 2023.

Kombinasi warna-warna seperti abu-abu dengan shade yang lebih kalem dan lembut, dengan warna bold yang tegas akan menciptakan kesan bersahaja dan elegan. Ditambah dengan paduan warna furniture dan dekorasi lainnya, kamu akan dengan mudah memiliki tampilan rumah yang membuat relaks.

Kombinasi Warna Lembut dan Bold

Nah, itu tadi beberapa inspirasi tren warna yang kemungkinan masuk pada list warna populer di tahun 2023. Jika kamu tertarik untuk mengganti suasana rumah dengan cat baru, maka kamu bisa mencari jasa tukang cat yang andal. Namun, mengecat rumah tanpa bantuan jasa tukang juga bukanlah sesuatu yang mustahil.

Eits! Sebelum mulai mengaplikasikan cat pada dinding rumahmu, pastikan kamu mengetahui bagaimana cara mengecat rumah yang baik dan benar.

Di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara mengecat rumah yang benar.

Cara Mengecat Rumah yang Baik dan Benar

1. Siapkan Peralatan

Yang paling utama dalam melakukan pengecatan tentu adalah menyiapkan peralatannya. Dengan menggunakan peralatan yang lengkap, kegiatan mengecat rumah akan menjadi lebih mudah. Adapun alat-alat yang harus kamu siapkan yaitu mulai dari catnya sendiri, lalu bak cat, kuas atau roll cat, amplas, tangga, lakban, dan koran untuk menutupi area yang tidak dicat agar tetap bersih.

Siapkan Peralatan

Setelah semua peralatannya siap, maka kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Bersihkan Area Dinding yang Akan Dicat

Walaupun dinding rumah tidak selalu kotor, akan selalu ada debu-debu yang menempel. Debu-debu ini nantinya bisa mempengaruhi tekstur cat baru. Maka alangkah baiknya untuk membersihkan dinding dengan lap dan pastikan sampai bersih. Jika terdapat cat lama yang mengelupas, kamu bisa membersihkannya dengan cara diamplas sampai permukaannya mulus. Hal itu wajib dilakukan agar cat yang mengelupas tadi tidak mempengaruhi kualitas cat baru yang akan dipasang.

3. Tutup Area Yang Tidak Dicat

Gunakan koran dan lakban untuk menutup area dinding yang tidak dicat. Selain itu, letakkan juga di atas lantai untuk menghindari tetesan-tetesan cat yang mungkin saja jatuh saat kamu sedang mengecat. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pekerjaan tambahan saat aktivitas mengecat sudah selesai.

Untuk area sudut seperti kusen, gagang pintu, sudut-sudut saklar lampu dan lain-lain, kamu bisa tutup dengan lakban supaya nantinya tidak terkena cat dan tetap bersih. Pastikan untuk melepas lakban dan koran pada saat cat sudah mengering supaya cat yang baru tidak ikut terangkat, ya.

Pada proses ini kamu juga bisa membenahi bagian tembok yang rusak dengan melapisinya menggunakan compound.

4. Aduk Cat Sebelum Mulai

Cat yang baru biasanya akan lebih kental dan menggumpal, maka dari itu jangan lupa untuk mengaduk cat terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan mengecat. Kamu bisa mengaduknya menggunakan kayu atau sebagainya, lakukan selama kurang lebih 3 menit.

Untuk menjaga kualitas cat, ada baiknya untuk tidak mencampur cat dengan bahan lain seperti air. Hal itu bisa menyebabkan komposisi cat menjadi tidak baik dan akan merusak keawetan cat itu sendiri.

5. Dimulai Dengan Warna Dasar

Saat kamu mulai mengecat dinding lama, maka sebaiknya kamu mengamplas terlebih dahulu area dinding yang akan dicat. Apalagi jika warna sebelumnya adalah warna yang terang. Hal ini dilakukan agar warna baru bisa terlihat lebih kuat dan tidak tersamarkan oleh warna sebelumnya.

Dimulai dengan warna dasar

Namun jika kamu tidak memiliki banyak waktu, maka aplikasikan warna dasar terlebih dahulu, yaitu warna putih. Setelah itu kamu baru bisa mengaplikasikan warna baru. Dengan begini, warna baru akan terlihat lebih menyala. Jangan lupa untuk melakukan hal ini di waktu yang sama, setidaknya beberapa saat setelah lapisan cat pertama kering.

Untuk hasil yang lebih sempurna, disarankan untuk mengecat dengan teknik menyilang. Yaitu jika lapisan pertama dilakukan dengan cara vertikal, maka lapisan kedua dilakukan dengan cara horizontal dan sebaliknya. Hal ini akan membuat warna dinding lebih merata dan cat tersebar dengan menyeluruh.

Itulah cara mengecat dinding rumah yang baik dan benar. Sekarang segera ambil peralatan dan mulai beraksi!

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.