Ketahui Perbedaan Finishing Cat Dapur dan Tips Memilih dengan Tepat
Ketahui Perbedaan Finishing Cat Dapur dan Tips Memilih dengan Tepat

Ketahui Perbedaan Finishing Cat Dapur dan Tips Memilih dengan Tepat

Dapur merupakan salah satu bagian dari hunian yang memiliki fungsi krusial bagi penghuninya. Sehingga tak ada salahnya bila banyak yang berusaha menciptakan dapur pribadinya dengan sebaik mungkin. Nah, salah satu bagian dapur yang mempunyai peran mencolok adalah pada dindingnya. Oleh sebab itu, pemilihan warna cat dapur harus dipertimbangkan dengan baik. -MegaBaja.co.id

Nah, sebelum memilih warna cat untuk dapur, Anda perlu menentukan jenis cat dulu yang hendak digunakan. Secara umum, terdapat dua jenis cat yang dijual di pasaran, yaitu cat berbasis minyak dan cat berbasis air. Kedua jenis cat tersebut merupakan jenis cat yang biasanya digunakan pada sebuah rumah.

Untuk jenis cat yang berbasis minyak ini, bisa dianggap sebagai pilihan yang terbaik karena daya tahannya mumpuni. Akan tetapi, cat ini mengandung senyawa organik yang mudah menguap (VOC) ketika cat sudah dalam kondisi kering. Nah, karena kandungan VOC tersebut membuat cat berbasis minyak sudah tidak lagi tersedia di banyak negara dan pasaran.

Meskipun demikian, kini Anda tidak perlu lagi khawatir karena sudah tersedia solusi untuk masalah tersebut. Nah, jenis cat berbasis air atau cat lateks generasi saat ini sudah dirancang agar memiliki ketahanan yang lama seperti cat yang berbasis minyak. Selain itu, jenis cat lateks ini juga tidak mengandung VOC serta metode pembersihannya juga lebih mudah.

Bukan hanya itu, kini Anda bisa memilih tampilan finishing seperti apa yang Anda inginkan lho! Untuk saat ini, sebagian besar produsen cat ini menawarkan lima sentuhan atau finishing yang berbeda, yakni high-gloss, semi-gloss, egg shell, flat, dan satin. Lantas, apakah perbedaan dari masing-masing finishing tersebut?

Perbedaan Masing-Masing Finishing Cat Dapur

1. Cat High-gloss

Cat High-gloss
Cat High-gloss

Tipe finishing cat high-gloss merupakan yang paling tahan lama serta sangat mudah untuk dibersihkan setelah mengering. Hal ini karena permukaan hasil pengecatannya yang keras sangat tahan terhadap kotoran atau noda. Namun, sisi negatif dari tipe high-gloss ini adalah kilapnya yang tinggi dapat menunjukkan kekurangan pada permukaan dinding yang tidak rata.

Selain itu, kilaunya juga dapat memudar dari waktu ke waktu. Nah, tipe cat high-gloss ini biasanya sering digunakan pada material kayu dan trim, daerah backsplash, dan lemari atau kabinet dapur. Dengan demikian, tipe cat high-gloss ini akan lebih cocok bila diaplikasikan pada furnitur dapur.

2. Cat Semi-gloss

Tipe cat semi-gloss ini tidak cukup tahan lama seperti cat high-gloss. Akan tetapi, cat ini masih menjadi salah satu pilihan yang sangat populer untuk dinding dapur Anda. Cat semi-gloss ini juga mudah dibersihkan dan tidak terlalu menunjukkan permukaan yang kurang rata pada dinding dapur. Selain itu, cat semi-gloss tidak mudah kehilangan kilaunya dari waktu ke waktu.

3. Cat Eggshell

Cat Eggshell
Cat Eggshell

Tipe finishing cat eggshell ini memiliki tampilan yang mirip dengan cangkang telur seperti pada namanya. Selain itu, tipe cat ini sangat mirip dengan tipe cat satin sehingga banyak orang yang kesulitan untuk membedakan antara keduanya. Nah, tipe cat eggshell bisa menjadi salah satu pilihan juga untuk cat dinding dapur Anda.

4. Cat Flat

Tipe cat flat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda apabila memiliki permukaan dinding yang tidak rata. Akan tetapi, tipe cat ini mudah meninggalkan bekas noda atau kotoran yang menempel pada dinding sehingga kurang cocok bila diaplikasikan pada dapur. Selain itu, permukaan cat ini juga mudah rusak apabila Anda membersihkannya menggunakan air.

5. Cat Satin

Tipe finishing dari cat satin memiliki tampilan yang lebih lembut dan tidak mengkilap. Selain itu, cat ini juga relatif tahan lama dan mudah dibersihkan bila terkena noda. Namun, salah satu kelemahannya, yakni pelapisnya yang sangat halus membuat kurang tahan dengan kelembaban. Jadi, hindari menggunakan cat satin di area berkelembaban tinggi, seperti backsplash misalnya.

Sudah paham kan Anda dengan berbagai finishing atau sentuhan akhir dari masing-masing tipe cat di atas? Nah, setelah mengetahui tipe-tipe finishing dari jenis cat berbasis air atau cat lateks tersebut, kini Anda bisa mengetahui bagaimana tips memilih cat yang tepat untuk dapur. Langsung saja, simak baik-baik uraiannya di bawah ini!

Tips Memilih Cat Dapur

1. Pilih Cat yang Berkualitas

Pilih Cat yang Berkualitas
Pilih Cat yang Berkualitas

Pastinya, memilih cat yang berkualitas dengan yang murah tanpa kualitas akan memberikan hasil akhir yang sangat berbeda. Apalagi dapur merupakan bagian rumah yang rentan kotor dan terkena noda, sehingga cat yang digunakan juga harus berkualitas. Nah, pilihlah cat yang anti noda dan tahan kelembaban supaya cat dapur Anda tidak cepat rusak dan tahan lama.

2. Tentukan Warna Cat

Tentukan Warna Cat
Tentukan Warna Cat

Anda perlu menentukan warna cat yang seperti apa untuk dinding dapur Anda. Apakah nantinya akan dikombinasikan dengan warna lainnya atau hanya ingin menggunakan satu warna saja pada dapur? Nah, apabila Anda ingin mengkombinasikan warna catnya, maka pastikan untuk memilih warna cat yang serasi agar tidak menghasilkan kesan yang norak.

3. Pahami Apa yang Ingin Anda Capai

Nah, warna dikenal dapat membangkitkan suatu perasaan pada pemandanganya. Apabila Anda ingin perasaan yang semangat dan menyenangkan, maka pilihlah warna-warna yang cerah seperti kuning dan krem. Namun, bila Anda ingin nuansa yang terasa lebih natural dan segar, maka coba pilih warna cat hijau untuk dinding dapur Anda.

4. Uji Warna Cat

Sebelum cat diaplikasikan ke seluruh dinding, ada baiknya untuk melakukan uji coba cat tersebut. Lihatlah bagaimana reaksi cat terhadap cahaya lampu dapur Anda, serta bagaimana tampilannya terhadap lantai, lemari, atau furniture lainnya. Jangan sampai sudah diaplikasikan ke seluruh dinding, akan tetapi hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi atau keinginan Anda.

5. Gunakan Perabot Dapur sebagai Pertimbangan

Gunakan Perabot Dapur sebagai Pertimbangan
Gunakan Perabot Dapur sebagai Pertimbangan

Coba manfaatkan berbagai perabot dapur Anda, seperti lemari, kabinet, backsplash, meja, kursi, dan elemen lainnya untuk pertimbangan memilih warna cat. Cara ini bisa Anda lakukan agar memperoleh warna cat yang pas dan serasi dengan ruang dapur Anda. Sehingga hasil akhir yang didapatkan dari pengaplikasian cat tersebut benar-benar optimal.

6. Sinkronkan Cat dengan Warna Bagian Lainnya

Sinkronkan Cat dengan Warna Bagian Lainnya
Sinkronkan Cat dengan Warna Bagian Lainnya

Nah, jangan lupa pula untuk memilih warna cat dapur yang bisa diselaraskan dengan warna cat yang Anda gunakan di bagian rumah lainnya. Cobalah untuk mensinkronkan pemilihan warna cat dapur Anda dengan warna cat di ruang lainnya. Jangan sampai cat yang Anda pilih malah sangat kontras dengan ruangan lainnya yang akan membuat tampilan rumah tidak estetik.

Memilih cat untuk dapur memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mengingat, dapur merupakan salah satu bagian rumah yang menjadi tempat dengan banyak aktivitas di dalamnya. Nah, karena dapur bisa memerlukan finishing yang berbeda, maka jangan kaget bila Anda perlu membeli cat lebih dari satu bahan ya!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.