9 Tips Mencegah Kebakaran Rumah
9 Tips Mencegah Kebakaran Rumah

9 Tips Mencegah Kebakaran Rumah

Kebakaran rumah merupakan musibah yang bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Supaya hal ini tidak menimpa Anda maka harus berhati-hati karena kebakaran bisa membuat Anda mengalami kerugian yang sangat besar dan bahkan dalam kondisi tertentu bisa menghilangkan nyawa penghuninya. -MegaBaja.co.id

Maka tak heran jika kebakaran rumah menjadi hal yang paling ditakutkan oleh banyak orang. Meskipun Anda sudah merasa sangat berhati-hati dalam penggunaan alat yang menghasilkan api namun bukan berarti itu akan membuat Anda aman dari kebakaran rumah. Sebuah rumah bisa habis terbakar karena hal-hal sepele seperti merokok di dalam ruangan ataupun penyalahgunaan alat-alat elektronik.

Berikut ini adalah tips mencegah kebakaran rumah yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan tersebut.

Berhati-hati Saat Merokok

Berhati-hati Saat Merokok
Berhati-hati Saat Merokok

Untuk Anda yang memiliki kebiasaan merokok sebaiknya harus berhati-hati saat hendak menghisap rokok di dalam rumah. Setelah selesai merokok Anda harus memastikan bahwa abu rokok sudah benar-benar padam dan tidak ada percikan api sedikit pun yang masih menyala.

Abu rokok yang tidak dipadamkan dengan benar bisa menyebabkan nyala api selama beberapa jam. Tentu saja hal tersebut bisa memicu kebakaran saat api bersentuhan dengan benda-benda yang mudah terbakar seperti furniture.

Walaupun terlihat sepele akan tetapi api yang dianggap kecil ini memiliki dampak yang sangat besar Jika Anda merokok di dalam rumah. Selain itu hindari membuang puntung rokok secara sembarangan karena dapat memicu terjadinya percikan api yang akhirnya bisa membuat rumah Anda kebakaran.

Cara terbaik untuk menghindari kebakaran yang disebabkan oleh rokok yaitu dengan tidak merokok di dalam rumah. Anda bisa menyuruh pasangan ataupun tamu yang seorang perokok untuk melakukan aktivitasnya di luar rumah. Walaupun sudah di luar rumah pastikan puntung rokok dan abunya tidak bertebaran kemana-mana

Menjauhkan Pemantik Api dengan Barang yang Mudah Terbakar

Menjauhkan Pemantik Api dengan Barang yang Mudah Terbakar
Menjauhkan Pemantik Api dengan Barang yang Mudah Terbakar

Salah satu cara termudah untuk menghindarkan kebakaran rumah adalah dengan menjauhkan pematik api dengan barang-barang yang mudah sekali terbakar. Terutama jika di dalam rumah tersebut dihuni oleh anak-anak yang rasa ingin tahunya masih sangat tinggi, sebaiknya simpan pemantik api dari jangkauan anak-anak.

Saat terjadi pemadaman listrik dan mengharuskan Anda untuk menggunakan lilin sebagai penerangan sebaiknya hindari meletakkan lilin di dekat barang-barang yang mudah sekali terbakar seperti tirai, kasur ataupun lemari. Selalu awasi penggunaan api di dalam rumah dan jangan sampai api tersebut menyala di dekat barang-barang yang mudah terbakar untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Matikan Sumber Api Saat Meninggalkan Rumah

Matikan Sumber Api Saat Meninggalkan Rumah
Matikan Sumber Api Saat Meninggalkan Rumah

Bagi Anda yang memiliki memori yang lemah atau pelupa harus lebih ekstra hati-hati saat menyalakan kompor atau alat elektronik yang bisa meningkatkan potensi kebakaran. Sebelum meninggalkan rumah pastikan Anda telah mematikan microwave, tv, oven, hair dryer, serta mencabut sumber listrik supaya tidak ada alat elektronik yang tersambung ke listrik.

Sebelum pergi, pastikan juga kompor yang ada di dapur tidak dalam keadaan menyala dan jika perlu Anda melakukan pengecekan ulang atau meminta anggota keluarga lain untuk ikut memastikannya. Hal ini disebabkan karena tidak sedikit kebakaran rumah terjadi yang bersumber dari kompor.

Memeriksa Kabel Listrik Secara Berkala

Memeriksa Kabel Listrik Secara Berkala
Memeriksa Kabel Listrik Secara Berkala

Meskipun terlihat aman akan tetapi Anda tetap harus memeriksa kabel listrik secara berkala untuk memastikan bahwa keadaannya dalam kondisi bagus dan tidak ada yang terkelupas ataupun konslet. Saat melakukan pemeriksaan perhatikan bagian kabel atau komponen elektronik mana yang tidak berfungsi dengan semestinya dan memiliki potensi terbakar.

Tidak sedikit kabel yang usianya sudah cukup lama mengalami pengelupasan ataupun kerusakan karena sudah rapuh ataupun digigit tikus. Jika hal ini Anda temukan maka sebaiknya segera ganti kabel tersebut dengan yang baru supaya tidak terjadi konsleting dan akhirnya menyebabkan kebakaran rumah. Karena tidak semua orang bisa melakukan pemeriksaan kabel listrik sebaiknya Anda menggunakan jasa profesional yang memang ahli di bidang ini.

Tidak Membakar Sampah di Sekitar Rumah

Tidak Membakar Sampah di Sekitar Rumah
Tidak Membakar Sampah di Sekitar Rumah

Beberapa orang memiliki kebiasaan membakar sampah di pekarangan rumah. Memang tujuannya adalah agar sampah tidak menyebar dan lingkungan menjadi lebih bersih akan tetapi tahukah Anda bahwa kegiatan ini sangat berbahaya karena sisa pembakaran sampah bisa menyebar kemana-mana dan akhirnya menyambar benda-benda yang mudah terbakar.

Oleh sebab itu Anda hanya disarankan untuk mengolah sampah organik yang berasal dari dedaunan kering ataupun sisa-sisa makanan menjadi pupuk kompos dan tidak diperkenankan membakar sampah kering. Sampah kering tersebut sebaiknya dibuang ke tempat yang sudah disediakan tanpa harus membakarnya terlebih dulu.

  • Menggunakan Alat-Alat Elektronik Secara Bijak

Alat-alat elektronik yang berfungsi memudahkan untuk pekerjaan rumah Anda biasanya telah didesain dengan kapasitas tertentu dan tidak diperbolehkan membebani alat elektronik tersebut di luar kapasitasnya.

Misalnya saat cuaca panas dan Anda ingin menggunakan kipas angin untuk mendapat kesegaran sebaiknya segera matikan kipas setelah tidak diperlukan. Kipas yang dibiarkan nyala secara terus-menerus tanpa jeda biasanya akan membuat komponen mesin penggerak menjadi panas dan akhirnya rusak. Dalam kondisi tertentu tidak sedikit juga yang berakhir pada korsleting dan kebakaran.

Memasang Alat Pendeteksi Asap

Memasang Alat Pendeteksi Asap
Memasang Alat Pendeteksi Asap

Alat pendeteksi asap atau smoke detector saat ini sudah banyak digunakan di rumah-rumah ataupun apartemen. Tidak seperti zaman dulu yang hanya bisa ditemukan pada gedung-gedung ataupun kantor. Biasanya Anda bisa memasang smoke detector di langit-langit ataupun plafon rumah.

Smoke detector bekerja menggunakan sensor yang akan mengeluarkan peringatan jika menemukan adanya asap dengan intensitas tinggi karena hal itu menandakan adanya sumber api yang tidak wajar. Setelah mengeluarkan peringatan biasanya alat secara otomatis akan memancarkan air supaya api di sekitarnya padam.

Siapkan Alat Pemadam Api

Siapkan Alat Pemadam Api
Siapkan Alat Pemadam Api

Selain alat pendeteksi asap, Anda juga harus menyediakan alat pemadam api agar saat terjadi kebakaran Anda bisa segera memadamkannya sebelum api merambat ke mana-mana.

Kini sudah banyak tersedia tabung pemadaman kebakaran dengan ukuran portable yang bisa Anda dapatkan di toko terdekat ataupun di toko online dengan harga yang bervariatif. Setelah memiliki alat pemadam api sebaiknya periksa kondisinya secara berkala untuk memastikan kualitasnya masih baik.

Memiliki Jalur Evakuasi yang Jelas

Memiliki Jalur Evakuasi yang Jelas
Memiliki Jalur Evakuasi yang Jelas

Meskipun tidak ada satupun orang yang ingin rumahnya kebakaran akan tetapi musibah ini tidak bisa dihindari. Untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan Anda bisa meminimalisirnya dengan membuat jalur evakuasi yang jelas.

Saat kebakaran dan api sudah terlalu besar dan Anda sudah tidak mampu memadamkannya sebaiknya segera selamatkan diri Anda dan keluarga menggunakan jalur evakuasi. Caranya adalah dengan memasang tangga atau tali di dekat jendela terutama untuk ruangan yang ada di lantai atas supaya Anda dan keluarga bisa segera keluar saat terjadi kebakaran.

Komunikasikan hal ini pada anggota keluarga lain supaya mereka bisa menyelamatkan diri ketika kebakaran terjadi meskipun Anda sedang tidak berada di rumah. Anda juga bisa melakukan simulasi penyelamatan diri bersama dengan keluarga untuk memastikan  keluarga sudah hafal jalur evakuasinya.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.