Sebelum Membuat Dapur Minimalis, Yuk Perhatikan Hal-Hal Penting Ini!
Sebelum Membuat Dapur Minimalis, Yuk Perhatikan Hal-Hal Penting Ini!

Sebelum Membuat Dapur Minimalis, Yuk Perhatikan Hal-Hal Penting Ini!

Salah satu bagian terpenting yang wajib ada pada sebuah rumah ialah dapur. Dalam mendesain dapur ini hendaknya mengutamakan fungsi serta higienitasnya. Nah, salah satu desain dapur yang tengah digandrungi masyarakat saat ini adalah desain minimalis. Namun, ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan sebelum membuat dapur rumah Anda. -MegaBaja.co.id

Sebetulnya, dalam mendesain interior dapur minimalis bisa jadi menyulitkan apabila Anda tidak tahu desain dapur yang seharusnya. Nah, beberapa faktor berikut perlu Anda perhatikan saat menata dapur minimalis rumah Anda agar maksimal. Langsung saja, mari simak ulasannya di bawah ini!

Perhatikan Hal-Hal Penting Ini, Sebelum Membuat Dapur Minimalis

1. Cari Inspirasi Mengenai Desain Dapur Minimalis

Cari Inspirasi Mengenai Desain Dapur Minimalis
Cari Inspirasi Mengenai Desain Dapur Minimalis

Nah, langkah awal dalam mendesain dapur minimalis adalah dengan mencari inspirasi mengenai desain dapur minimalis yang Anda sukai. Anda bisa menemukan berbagai inspirasi tersebut melalui media sosial ataupun internet. Kemudian, buatlah sketsa atau gambaran serta budget yang Anda miliki untuk menciptakan dapur minimalis Anda.

2. Pencahayaan Ruang Dapur

Pencahayaan Ruang Dapur
Pencahayaan Ruang Dapur

Kondisi ruang dapur yang sempurna salah satunya bisa diraih melalui pencahayaan yang baik. Di sini, Anda tidak perlu memaksakan untuk memasang chandelier yang mahal di dapur Anda. Cukup Anda pasang lampu gantung di langit-langit yang sederhana. Dengan begitu, pekerjaan masak-memasak Anda di rumah tidak akan terganggu dengan pencahayaanya.

3. Pilih furniture yang sesuai untuk desain dapur kecilmu

Pilih furniture yang sesuai untuk desain dapur kecilmu
Pilih furniture yang sesuai untuk desain dapur kecilmu

Menggunakan furnitur yang sesuai ruang dapur merupakan salah satu langkah memberi kesan minimalis pada desain. Anda bisa menggunakan furnitur yang pas, seperti kursi dan meja makan yang ukurannya tidak terlalu besar. Sehingga, bisa membantu desain dapur minimalis Anda tidak terlihat terlalu ramai dengan keterbatasan ruang dapur.

Selain itu, menggunakan perabotan dan kitchen set yang berbahan stainless steel juga salah satu opsi terbaik. Sebab, stainless steel bersifat netral dan tahan lama sehingga membuat perabotan tetap awet meski sering dipakai. Penggunaan marmer atau granit pada table top dapur juga populer pada desain dapur minimalis.

4. Buat Kabinet Hingga Menyatu dengan Plafon

Buat Kabinet Hingga Menyatu dengan Plafon
Buat Kabinet Hingga Menyatu dengan Plafon

Keberadaan kabinet juga merupakan salah satu elemen penting yang harus ada pada dapur minimalis Anda. Sebab, kabinet berfungsi sebagai rak penyimpanan utama yang bisa mengorganisir dengan rapi dan tertata berbagai peralatan dapur Anda. Makin besar kabinet maka semakin besar pula ruang penyimpanan yang bisa Anda gunakan.

Nah, untuk menghindari ruangan menjadi kotor dan kabinet tidak higienis akibat debu dan kotoran, manfaatkanlah ruang vertikal dapur Anda. Usahakan kabinet dapur Anda mencapai langit-langit atau plafon dapur. Dengan begitu, tidak akan ada debu maupun kotoran di atas kabinet Anda.

5. Gunakan Perpaduan Warna yang Pas

Gunakan Perpaduan Warna yang Pas
Gunakan Perpaduan Warna yang Pas

Pemilihan warna yang tepat adalah salah satu elemen esensial dalam menciptakan desain dapur minimalis. Di sini, Anda bisa memilih warna-warna cerah, bold, ataupun memilih palet warna netral yang selaras dengan furnitur yang akan Anda gunakan. Penggunaan warna yang pas ini akan menghidupkan nilai estetika dari dapur minimalis Anda.

Nah, untuk tambahan jika ruang dapur minimalis Anda sempit dan terbatas, maka sebaiknya menggunakan perpaduan warna yang cerah ya! Seperti halnya, warna putih akan menciptakan ilusi optikal yang membuat ruangan tampak lebih luas. Coba padupadankan warna dinding ruangan dengan warna yang kontras terhadap warna furnitur dapur.

Selain itu, apabila Anda tidak ingin menggunakan cat untuk dinding dapur, Anda juga bisa mengaplikasikan wallpaper dinding sebagai alternatifnya. Namun perlu diingat, jangan mengaplikasikan wallpaper pada bagian dekat kompor atau tempat mencuci piring ya! Sebab, wallpaper tidak akan tahan terhadap panas dan cipratan air sehingga membuatnya rusak.

6. Gunakan Ruang Penyimpanan yang Multifungsi

Menggunakan ruang penyimpanan yang multifungsi untuk dapur minimalis bisa membuat ruang dapur menjadi lebih tertata. Penggunaan ruang penyimpanan yang multifungsi juga akan bermanfaat untuk dapur minimalis dengan kapasitas ruang yang terbatas. Sehingga akan  membuatnya terlihat lebih lapang dan lega.

Anda bisa menggunakan ruang penyimpanan yang muat untuk berbagai barang sekaligus. Mulai dari menyimpan peralatan makan seperti gelas dan piring, alat masak, dan yang lainnya. Sehingga Anda tidak perlu menginstal satu per satu lemari kecil yang justru malah akan mempersempit dapur Anda.

7. Jangan Mengoleksi Terlalu Banyak Furnitur Dapur

Jangan Mengoleksi Terlalu Banyak Furnitur Dapur
Jangan Mengoleksi Terlalu Banyak Furnitur Dapur

Seperti yang diketahui kalau desain minimalis adalah menerapkan prinsip yang sederhana. Kesederhanaan ini akan membuat dapur minimalis Anda menjadi semakin baik. Selain itu, Anda juga harus memahami perbedaan antara peralatan dapur yang esensial dengan yang tidak terlalu berguna untuk ditambahkan.

Seperti halnya apabila Anda memiliki penggiling dan penumbuk makanan seperti pengupas sayur, maka penghancur bawang putih tidak dibutuhkan. Sebab, Anda bisa menggunakan pengupas sayur tersebut. Selain itu, Anda tidak memerlukan alat pengupas buah yang eksklusif apabila sudah menggunakan pisau sebagai alat pemotong dan pengupas buah.

Nah, daripada Anda membeli banyak peralatan untuk dapur minimalis namun ujung-ujungnya hanya dibiarkan saja diam di dalam lemari. Alangkah baiknya Anda membeli alat dapur minimalis yang sederhana namun tetap fungsional bisa dipakai banyak hal. Sehingga, tidak menimbun berbagai peralatan dapur yang tidak dibutuhkan.

8. Berikan dekorasi penghias ruangan dapur minimalis

Berikan dekorasi penghias ruangan dapur minimalis
Berikan dekorasi penghias ruangan dapur minimalis

Memang, dapur menjadi salah satu tempat yang mudah kotor dan bukan ruangan dalam rumah yang layak untuk digunakan bersantai di dalamnya. Namun, demi menciptakan suasana yang lebih hidup di dalam dapur Anda bisa menambahkan dekorasi penghias sebagai alternatifnya. Sehingga, suasana dapur menjadi lebih hidup dan tidak terlalu kaku.

Di sini, Anda tidak perlu menambahkan terlalu banyak dekorasi untuk dapur Anda. Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi yang mampu menghidupkan suasana dapur. Seperti halnya, menaruh vas dengan seikat bunga hidup, toples-toples antik dengan motif cantik, ataupun koleksi gelas kaca juga bisa Anda tambahkan.

9. Buat Sirkulasi Udara yang Baik

Buat Sirkulasi Udara yang Baik
Buat Sirkulasi Udara yang Baik

Memiliki sirkulasi udara yang baik menjadi salah satu ciri-ciri rumah yang sehat bagi penghuninya. Ketika Anda ingin membangun sebuah dapur minimalis, sirkulasi udara juga wajib Anda perhatikan lho! Sebab, kondisi udara yang selalu segar akan membantu menjaga peralatan memasak dan peralatan makan tetap steril dan terjaga higienitasnya.

Selain itu, jangan lupakan pula keberadaan jendela pada ruang dapur minimalis rumah Anda. Tentunya, dengan keberadaan jendela yang cukup maka sirkulasi udara akan berjalan dengan baik. Tak hanya itu, cahaya matahari pun yang masuk juga akan semakin banyak sehingga ruang dapur dapat memperoleh pencahayaan alami dengan baik.

10. Letakkan Tempat Mencuci Minimalis

Letakkan Tempat Mencuci Minimalis
Letakkan Tempat Mencuci Minimalis

Meletakkan tempat mencuci dengan gaya minimalis merupakan salah satu tips untuk menghias dapur minimalis secara efektif dan fungsional lho! Gantilah tempat mencuci dengan desain wastafel yang terbuat dari stainless steel agar tampilannya lebih modern lagi. Kemudian, padukan dengan area meja wastafel yang terbuat dari granit atau marmer agar lebih estetik.

Dengan mengetahui apa saja yang harus Anda perhatikan untuk dapur minimalis, maka Anda tidak perlu bingung bagaimana caranya mendapatkan dapur impian Anda. Dengan begitu, Anda menjadi sudah siap untuk membangun dapur minimalis ala diri Anda sendiri, bukan? Selamat mencoba!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.