Fungsi Mengecat Ruang Tamu dan Rekomendasi Warna Catnya yang Tepat
Fungsi Mengecat Ruang Tamu dan Rekomendasi Warna Catnya yang Tepat

Fungsi Mengecat Ruang Tamu dan Rekomendasi Warna Catnya yang Tepat

Seperti jenis ruang lainnya yang ada di dalam rumah, ruang tamu juga termasuk salah satu ruangan terpenting yang wajib ada dalam sebuah hunian. Selain itu, ruang tamu bisa menjadi cerminan dari pemilik rumah karena menjadi ruang yang pertama kali dikunjungi oleh orang lain. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan ruangan ini terutama pemilihan warna cat. -MegaBaja.co.id

Nah, ruang tamu yang sempit atau tidak memiliki tampilan yang menarik bisa Anda akali dengan cara mengecat ruang tamu tersebut. Tentunya, dengan pemilihan warna cat yang tepat maka berbagai permasalahan pada ruang tamu Anda dapat teratasi sebagaimana mestinya. Sehingga saat pertama kali dilihat, sudah bisa memberikan kesan yang positif bagi penghuninya.

Pastinya, proses pengecatan memerlukan persiapan dan pertimbangan yang matang sehingga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Tujuannya, supaya hasil yang diperoleh lebih maksimal dan dapat meningkatkan mood positif bagi si pemilik rumah. Nah, selain mempercantik ruangan, mengecat ruang tamu juga memiliki fungsi tersendiri, diantaranya yaitu:

Fungsi Mengecat Ruang Tamu

1. Cerminan Karakter Pemilik Rumah

Pilihan sebuah warna cat merupakan suatu preferensi pribadi bagi pemilik rumah tersebut. Seperti halnya, bagi yang suka dengan warna-warna netral mereka biasanya tidak akan memilih warna cat yang terang dan juga mencolok. Sedangkan, bagi mereka yang cenderung menyukai warna-warna yang mencolok biasanya akan memilih warna cat yang terang.

Nah, dari pemilihan warna cat pada ruang tamunya, tamu yang datang bisa mengetahui karakter si pemilik rumah tersebut. Sehingga tamu bisa menyesuaikan diri dengan pemilik rumahnya. Contohnya, apabila Anda memilih warna cat yang terang dan mencolok, tamu bisa menilai kalau kepribadian Anda adalah orang yang ceria.

2. Menambah Nilai Estetika

Warna cat dinding pada sebuah hunian menjadi salah satu daya tarik utama pada saat seseorang memasuki sebuah ruang. Nah, pemilihan warna yang luwes dapat berfungsi untuk menghilangkan suasana yang kusam dan memberikan kesan yang terawat pada ruangan tersebut. Dengan demikian, cat dapat memberi nilai tambah estetika pada sebuah hunian.

3. Manipulasi Ruangan

Tahukah Anda kalau sebuah warna dapat memanipulasi ruang atau menciptakan ilusi pada ruangan? Nah, seperti halnya dengan cat warna putih yang dapat memberikan kesan luas dan lapang pada sebuah ruang. Jadi, apabila ruang tamu Anda cukup sempit, cobalah untuk mengecatnya dengan warna putih agar memberikan kesan yang lebih luas.

4. Mempengaruhi Kondisi Psikologis

Tak hanya manipulasi ruang, warna juga memiliki efek psikologis lho! Nah, setiap warna akan memiliki efek-efek tertentu mulai dari efek positif hingga efek negatif. Suatu warna-warna tertentu juga bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan mood pemandangan. Oleh sebab itu, warna yang berbeda akan memberikan pengaruh psikologis yang berbeda pula.

Nah, setelah Anda mengetahui fungsi dari sebuah warna, kini Anda bisa mengetahui rekomendasi warna apa saja yang cocok diaplikasikan pada ruang tamu. Lantas, apa sajakah opsi dari warna-warnanya? Berikut rekomendasi pilihan warna cat yang cocok untuk ruang tamu!

Rekomendasi Warna Cat untuk Ruang Tamu

1. Cat Warna Putih

Cat Warna Putih
Cat Warna Putih

Cat putih sendiri menjadi pilihan yang paling umum digunakan pada sebuah hunian, termasuk salah satunya pada ruang tamu. Bahkan, berbagai gaya desain rumah pun selalu menyertakan warna cat putih pada huniannya. Warna putih ini juga mudah dikombinasikan dengan warna lainnya dan selalu berhasil memberi kesan yang luas dan lega pada sebuah ruang.

Selain itu, ruangan yang memiliki warna cat dinding putih juga akan terlihat lebih terang dan terkesan bersih. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang menyukai jenis warna yang terang namun tidak mencolok. Selain itu, cat putih ini juga bisa dipadukan dengan perabotan model apapun asalkan disesuaikan dengan ukuran luas ruangannya.

2. Cat Warna Biru

Cat Warna Biru
Cat Warna Biru

Cat warna biru identik dengan nuansa yang berbau alami, seperti langit dan lautan. Nah, cat biru ini dapat memberikan nuansa yang segar pada ruang tamu karena dapat menciptakan kesan yang sejuk dan menenangkan. Selain itu, warna cat biru ini juga dapat dipadukan dengan perabot atau dekorasi berwarna netral supaya tidak tampak berlebihan dan ramai.

3. Cat Warna Tosca

Cat Warna Tosca
Cat Warna Tosca

Warna tosca juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin suasana yang berbeda dengan warna cat umum yang lainnya. Nuansa yang dapat diberikan oleh warna tosca ini pada ruang tamu ialah kesan yang hangat dan juga menenangkan. Nah, untuk memberikan kesan yang menarik pada ruang tamu, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan warna coklat muda.

4. Cat Warna Cream

Cat Warna Cream
Cat Warna Cream

Selain cat warna putih, cat warna cream ini juga dapat menyulap ruang tamu yang sempit menjadi terkesan lebih lapang. Warna cream ini juga bisa menciptakan nuansa ruang tamu yang hangat dan kalem. Selain itu, warna ini sering dipilih oleh banyak desainer interior untuk membangun sebuah ruangan bergaya retro.

Nah, warnanya yang cenderung lembut ini sangat cocok untuk desain interior retro yang mengandalkan furnitur-furnitur antik. Tal hanya itu, warna ini juga cocok dipadukan dengan dinding kayu atau hiasan yang bertekstur kayu. Sehingga ruang tamu akan terasa lebih nyaman, tenang, dan natural.

5. Cat Warna Abu-Abu

Cat Warna Abu-Abu
Cat Warna Abu-Abu

Untuk desain ruang tamu yang minimalis ataupun modern, warna abu-abu ini menjadi pilihan yang tepat. Jenis warnanya yang termasuk netral ini juga cocok diaplikasikan pada ruang tamu yang sempit untuk memberi kesan sedikit lapang. Nah, Anda juga bisa menambahkan dekorasi berwarna cerah untuk memberikan sentuhan berwarna pada ruang tamu Anda.

6. Cat Warna Kuning

Cat Warna Kuning
Cat Warna Kuning

Cat warna kuning dapat memberikan kesan yang sejuk dan cerah pada ruang tamu. Warna kuning sendiri juga dikenal sebagai warna yang dapat meningkatkan mood ceria pada sebuah ruangan. Nah, tentunya Anda bisa mengkombinasikan warna cat kuning ini dengan furniture berwarna gelap, seperti coklat tua agar menambah kesan estetis pada ruang tamu Anda.

7. Cat Warna Hijau

Cat Warna Hijau
Cat Warna Hijau

Cat warna hijau identik dengan kesan naturalnya, seperti pepohonan ataupun dedaunan. Sehingga sangat pas untuk menghadirkan suasana yang alami dan segar ke dalam sebuah hunian. Selain itu, jika Anda ingin mengkombinasikan cat warna hijau ini, akan sangat pas bila dipadukan dengan warna perabot rumah, seperti coklat, kuning, dan putih.

8. Cat Warna Pastel

Cat Warna Pastel
Cat Warna Pastel

Cat warna pastel ini juga bisa menarik perhatian dan memberikan kesan yang luas pada sebuah ruangan. Selain itu, cat warna ini menjadi pilihan yang cocok bagi Anda yang menginginkan warna terang tanpa membuatnya terlihat terlalu ceria dan ramai. Untuk kesan yang diberikan warna ini juga hampir sama dengan warna cream, yaitu hangat dan lebih kalem.

Nah, ada cukup banyak bukan opsi warna cat yang bisa Anda aplikasikan pada ruang tamu di rumah Anda! Pilihlah warna yang sesuai dengan preferensi Anda agar bisa menciptakan nuansa ruang tamu yang menyenangkan. Selamat mencoba!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.