Tips Membuat Rumah Ideal Di Lahan Yang Sempit
Tips Membuat Rumah Ideal Di Lahan Yang Sempit

Tips Membuat Rumah Ideal Di Lahan Yang Sempit

Membangun rumah di lahan sempit tentu memerlukan perencanaan yang matang. Ukuran lahan yang terbatas akan membuat Anda harus berpikir kreatif untuk membangunnya. Namun meskipun demikian, tidak perlu khawatir karena berikut terdapat beberapa tips membuat rumah ideal di lahan yang sempit yang bisa diaplikasikan. -MegaBaja.co.id

Tips Membuat Rumah Ideal Di Lahan Yang Sempit

1. Gunakan Konsep Split Level

Gunakan Konsep Split Level
Gunakan Konsep Split Level

Konsep split level merupakan sebuah istilah dalam dunia arsitektur yang digunakan pada bangunan di bagian tertentu dan memiliki ketinggian lantai separuh antara lantai dan langit-langit. Konsep ini juga bisa digunakan untuk membangun rumah pada lahan yang terbatas agar terlihat lebih luas sehingga nyaman untuk ditempati.

Konsep ini apabila diterapkan maka bisa mengatasi jumlah permintaan ruang yang setara dengan 3 lantai. Namun dimanipulasikan seolah terlihat seperti banyak lantai. Ini akan membuat interior rumah terlihat jauh lebih luas.

2. Desain Langit-Langit Yang Tinggi

Desain Langit-Langit Yang Tinggi
Desain Langit-Langit Yang Tinggi

Selain menggunakan konsep split level, mendesain langit-langit yang tinggi juga akan memberikan kesan yang lebih luas dan lapang pada rumah dengan lahan sempit. Rumah dengan langit-langit yang tinggi akan memiliki sirkulasi yang baik karena udara bisa berputar lebih maksimal sehingga  membuat rumah juga menjadi lebih sehat.

Sebaiknya hindari untuk membangun rumah di lahan yang sempit dengan langit-langit yang rendah serta menambahkan banyak ornamen di langit-langit tersebut. Hal tersebut akan membuat ruangan terasa penuh dan tidak nyaman.

3. Terapkan Konsep Rumah Terbuka

Terapkan Konsep Rumah Terbuka
Terapkan Konsep Rumah Terbuka

Open floor plan atau rumah dengan konsep terbuka ialah desain rumah yang menggabungkan ruangan tanpa sekat atau pembatas. Konsep ini bisa diterapkan untuk membangun rumah di lahan yang terbatas.

Penerapan konsep ini akan membuat ruangan di dalam rumah tampak jauh lebih luas karena tidak menggunakan penyekat atau pembatas antar ruang. Ini akan membuat Anda dan keluarga menjadi lebih nyaman menempatinya.

4. Pilihlah Warna Yang Cerah

Pilihlah Warna yang Cerah
Pilihlah Warna yang Cerah

Agar bisa memberikan kesan rumah luas dan lapang, maka bisa dengan menggunakan warna cat yang cerah. Pemberian warna cat akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dari membangun rumah.

Sebaiknya hindari penggunaan warna gelap karena akan memberikan kesan ruang yang sempit. Warna putih bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan pada rumah dengan ukuran yang mungil. Selain membuat rumah terlihat lebih lapang, warna putih juga akan memberikan kesan yang bersih dan minimalis.

5. Manfaatkan Setiap Sudut Rumah

Manfaatkan Setiap Sudut Rumah
Manfaatkan Setiap Sudut Rumah

Lahan yang sempit membuat seseorang harus lebih kreatif dalam memikirkan konsep rumah agar tetap nyaman untuk ditinggali. Salah satunya yaitu memanfaatkan setiap sudut di rumah. Anda bisa memanfaatkan sudut-sudut yang ada di rumah untuk menyimpan berbagai barang maupun hiasan. Contohnya rak buku, lemari, hingga tanaman hias.

Adanya furniture maupun tanaman yang diletakkan pada sudut ruangan akan membuat tampilan rumah menjadi lebih cantik. Rumah juga tidak akan terlihat sempit karena sudah diletakkan pada posisi yang tepat.

6. Gunakan Compact Furniture

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, furniture juga akan membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik dan cantik. Namun, Anda tetap harus memilih furnitur dengan tepat agar tidak mempersempit ruangan di dalam rumah.

Selain memilih warna yang cerah, Anda juga bisa memilih opsi compact, yaitu furnitur yang ramping namun fungsional. Furnitur ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk rumah di lahan sempit karena memberikan kemudahan dalam beraktivitas dan membuat ruangan terlihat lebih lapang.

7. Fokus Pada Satu Hal

Apabila Anda ingin memiliki ruangan favorit selain kamar tidur, maka tentukan ruangan yang ingin tampil lebih menonjol. Mulai dari luas ruangan hingga desainnya. Di ruangan favorit tersebut, Anda bisa memberikan luas yang lebih dibandingkan dengan ruangan lain dan membuatnya menjadi tempat yang lebih nyaman.

Secara tidak langsung, Anda sedang menciptakan ruangan rumah yang minimalis dengan menyisakan beberapa titik lapang. Ini akan membuat rumah kecil terasa jauh lebih lebar. Fokus pada detail dan hal yang benar-benar diperlukan saja di ruangan lain.

8. Permainan Cahaya Untuk Memberikan Kesan Luas

Permainan Cahaya Untuk Memberikan Kesan Luas
Permainan Cahaya Untuk Memberikan Kesan Luas

Meskipun berada di lahan yang sempit dan terbatas, namun Anda tetap bisa membuat jendela besar terutama di bagian depan rumah, kamar, maupun area favorit agar cahaya bisa masuk. Cahaya yang masuk ini akan memberikan kesan lapang menyatu.

Banyaknya cahaya tentu akan membuat Anda merasa rileks dan nyaman. Untuk itulah maka perlu memanfaatkan area di depan jendela sebagai ruang hijau. Anda juga bisa memanfaatkan skylight agar bisa memperoleh cahaya dari atas ruangan. ruangan akan terasa lebih terang tanpa tambahan lampu di siang hari, nyaman, dan terkesan mewah.

Jika sudah memanfaatkan cahaya alami, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan permainan cahaya lampu. Anda bisa memilih opsi lampu dinding maupun lampu lantai di teras atau ruang tamu. Ini akan memberikan kesan rumah menjadi lebih mewah.

9. Buatlah Area Hijau

Buatlah Area Hijau
Buatlah Area Hijau

Sebelumnya sudah disinggung bahwa untuk menciptakan kesan lapang pada rumah di lahan sempit, maka perlu disediakan area hijau. Meskipun hanya berukuran terbatas, taman petak dengan pinggiran batang pohon dan rumput serta lampu taman akan membuat suasana rumah terasa sejuk.

Anda juga bisa berkreasi dengan konsep taman tanpa menggunakan rumput. Sisakan sebagian halaman luar atau rumah untuk diisi batu putih kecil dengan jumlah yang banyak. Kemudian susun pot bunga dan tanaman favorit di atas lahan tersebut. susun dengan sedemikian rupa agar tetap terlihat estetik dan menarik.

Apabila sudah tidak memiliki lahan lagi, maka bisa menggunakan konsep vertical garden atau taman yang memanjang ke atas. Konsep ini memanfaatkan lahan dinding kosong sehingga tidak akan memakan banyak space.

10. Manfaatkan Jendela

Manfaatkan Jendela
Manfaatkan Jendela

Karena rumah berdiri di lahan yang sempit, maka Anda perlu menghindari hal-hal yang bersifat rumit. contohnya desain bangunan dengan atap zig zag atau rumah dengan garasi yang memiliki akses ke ruang bawah tanah.

Mulailah untuk memikirkan hal yang simple namun detail sehingga bisa membuat ruangan di dalam rumah yang kecil terasa lebih luas. Bangunan dengan bentuk kotak merupakan desain yang paling sederhana dan terjangkau. Anda bisa memanfaatkan lahan untuk banyak ruangan dan fungsi dengan mudah apabila menerapkan desain ini.

Meskipun terlihat sederhana, namun Anda perlu memastikan bahwa bangunan tersebut memiliki unsur alam yang menonjol. Contohnya memiliki kerangka kayu untuk jendela rumah yang dibuat lebar atau pintu rumah yang terbuat dari kayu. Berikan akses cahaya masuk yang mudah dengan memanfaatkan jendela. Dengan begitu rumah juga akan lebih sehat karena sirkulasinya lancar.

Meskipun memiliki lahan yang terbatas, namun tetap bisa menciptakan bangunan rumah yang nyaman dan memberikan kesan lapang. Pemanfaatan jendela sebagai tempat masuknya cahaya, penggunaan warna-warna cerah, serta fokus pada satu hal saja. Jangan lupa untuk memberikan area hijau agar rumah tetap terlihat sejuk dan sehat.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.