Halaman Rumah Sempit_ Siasati dengan Tips Berikut Agar Tampak Luas!
Halaman Rumah Sempit_ Siasati dengan Tips Berikut Agar Tampak Luas!

Halaman Rumah Sempit? Siasati dengan Tips Berikut Agar Tampak Luas!

Halaman rumah yang luas dan penuh dengan tanaman pastinya menjadi dambaan bagi setiap orang. Selain bisa membuat kesan rumah yang lebih indah dan asri, halaman ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat kala beraktivitas. Namun, bagaimana bila halaman yang ada di rumah Anda memiliki lahan yang sempit dan tidak begitu luas? -MegaBaja.co.id

Mempunyai halaman rumah yang sempit bukan berarti Anda harus membiarkannya begitu saja. Nah, salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyiasatinya agar halaman tersebut terlihat luas dan indah. Menaruh terlalu banyak bunga juga tidak disarankan karena dapat membuat halaman rumah nampak penuh dan sesak.

Nah, dengan melakukan penataan yang baik tentunya halaman rumah Anda akan berubah menjadi lebih menarik lagi ketika dipandang. Lantas, bagaimanakah tips yang bisa Anda lakukan? Untuk lebih lengkapnya, mari simak baik-baik beberapa tipsnya di bawah ini!

Tips Siasati Halaman Sempit Tampak Luas

1. Lakukan Penataan Halaman

Lakukan Penataan Halaman
Lakukan Penataan Halaman

Apabila Anda memiliki halaman rumah yang sempit, Anda bisa membiarkannya menjadi ruang terbuka supaya halaman bisa terlihat lebih luas lagi. Namun, bila cara tersebut kurang Anda sukai karena akan mengekspos rumah Anda, maka ada cara lain yang lebih efektif. Nah, Anda bisa melakukan penataan halaman memakai perabotan dengan posisi yang pas.

Tentunya, Anda harus memutuskan akan Anda jadikan apa halaman tersebut. Apabila ingin membuatnya menjadi sekedar tempat duduk santai, Anda bisa menggunakan kursi dan meja. Kemudian, Anda bisa menambahkan batu dan bunga secukupnya di sekitarnya. Dengan begitu, halaman Anda akan menjadi tempat yang nyaman untuk duduk santai.

2. Tambahkan Jalur Setapak Kecil

Tambahkan Jalur Setapak Kecil
Tambahkan Jalur Setapak Kecil

Nah, berikutnya Anda bisa menambahkan jalur setapak kecil pada halaman Anda. Jalur setapak ini bisa Anda tambahkan dengan berbagai bentuk dan jenis material yang Anda inginkan. Selain itu, cara ini juga menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan penampilan halaman rumah Anda dan juga untuk menjaga rumput-rumput hijau di halaman tersebut agar tidak diinjak-injak.

3. Tambahkan Hiasan Ergonomis

Apabila Anda ingin menambahkan tempat duduk pada teras tanpa mengeluarkan banyak budget, carilah furnitur yang siap rakit di toko furniture rumah. Sebab, perabotan jenis ini lebih murah dibandingkan dengan furniture yang dijual pada toko-toko besar lainnya. Nah, Anda dapat memanfaatkan furnitur siap rakit tersebut dengan berbagai gaya dan bentuk yang diinginkan.

Selain itu, perabotan yang siap rakit ini umumnya lebih ringan dan mudah untuk dipindahkan. Tak hanya itu saja, perabotan ini juga lebih mudah untuk dipasang sendiri tanpa memerlukan tenaga ahli untuk memasangnya. Sehingga Anda dapat mengaturnya sedemikian rupa tanpa kesulitan.

4. Tambahkan Lampu pada Halaman

Tambahkan Lampu pada Halaman
Tambahkan Lampu pada Halaman

Tips berikutnya Anda bisa menambahkan lampu taman atau memasang perlengkapan pencahayaan pada halaman rumah Anda. Nah, alternatifnya pilihlah lampu dengan jenis CFL atau lampu LED. Sebab, lampu tersebut lebih ramah lingkungan dan bisa mengurangi tagihan listrik Anda. Selain itu, lampu jenis ini menggunakan energi rata-rata yang lebih sedikit.

5. Beri Bunga Secukupnya

Beri Bunga Secukupnya
Beri Bunga Secukupnya

Selain menambahkan lampu pada halaman, Anda juga bisa menanam bunga-bunga untuk menghias halaman rumah Anda. Anda bisa menanam berbagai jenis bunga sesuai dengan bunga kesukaan Anda. Cara ini dapat membantu halaman rumah Anda terlihat lebih alami lho! Namun, jangan beri bunga terlalu banyak karena bisa membuat halaman nampak sesak.

6. Manfaatkan Dinding

Manfaatkan Dinding
Manfaatkan Dinding

Apabila halaman kecil rumah Anda sudah penuh dan sesak dengan pot tanaman atau terlalu banyak bunga, maka Anda bisa memanfaatkan sisi dinding rumah. Cobalah untuk meletakkan beberapa bunga tersebut ke dalam pot. Kemudian, tempel atau gantungkan pot-pot tersebut pada dinding rumah Anda.

Nah, cara yang satu ini tidak hanya akan membuat teras Anda berbaur ke dalam lanskap halaman, tetapi juga akan membebaskan space di halaman rumah Anda. Selain itu, konsep tanaman vertikal ini sangat populer di daerah perkotaan yang memiliki halaman sempit. Sehingga, luas halaman yang sebelumnya sempit akan nampak lebih luas dari sebelumnya.

7. Beri Jenis Tanaman Tertentu

Beri Jenis Tanaman Tertentu
Beri Jenis Tanaman Tertentu

Untuk menghemat space halaman, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menanam tanaman obat-obatan, bunga merambat, tanaman bumbu, dan sayuran. Selain mampu menciptakan suasana hijau pada halaman rumah, jenis tanaman-tanaman tersebut juga bisa membuat halaman Anda tampak luas. Mengingat, jenis tanaman ini tidak membutuhkan space yang lebar.

8. Manfaatkan Halaman Samping Rumah

Manfaatkan Halaman Samping Rumah
Manfaatkan Halaman Samping Rumah

Terkadang, bagian halaman samping yang ada di sisi rumah kerap diabaikan atau hanya dipakai  untuk tempat pembuangan sampah atau meletakkan barang tak terpakai. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan menanam berbagai tumbuhan di bagian halaman samping rumah agar lebih asri. Atau, bisa tambahkan meja kafe yang ramping untuk tempat minum dan bersantai.

9. Manfaatkan Halaman Menjadi Area Destinasi

Manfaatkan Halaman Menjadi Area Destinasi
Manfaatkan Halaman Menjadi Area Destinasi

Halaman rumah yang sempit dapat terasa lebih besar apabila Anda bisa mengubahnya menjadi suatu ruangan yang hendak dituju saat pulang beraktivitas. Cobalah untuk menambahkan halaman dengan peralatan memanggang atau perapian dan sofa yang nyaman untuk area membaca Anda. Dengan begitu, halaman rumah akan lebih multifungsi lagi dan menarik.

10. Manfaatkan Pergola

Manfaatkan Pergola
Manfaatkan Pergola

Memanfaatkan pergola di halaman sempit rumah juga termasuk cara favorit sebagian orang untuk mengubah suasana halaman menjadi tampak luas. Selain itu, pergola bisa Anda gunakan untuk membingkai view halaman, membuat taman vertikal, ataupun tempat menggantung ayunan. Nah, pergola ini bisa memberikan ilusi halaman memiliki lebih banyak space.

11. Pilih Jenis Pepohonan yang Tepat

Pilih Jenis Pepohonan yang Tepat
Pilih Jenis Pepohonan yang Tepat

Bila Anda ingin menanam pohon ke halaman sempit rumah Anda, maka pilihlah jenis pohon yang tepat. Sebab, pemilihan jenis pohon yang tidak tepat justru akan memakan banyak space di halaman sempit rumah Anda. Maka dari itu, pilihlah jenis pohon yang pertumbuhannya menjulang tinggi ke atas bukan melebar ke samping sehingga tidak memakan space halaman.

12. Buat Halaman Jadi Ruang Bertingkat

Untuk menyiasati halaman yang sempit, Anda bisa membuat halaman tersebut menjadi ruang bertingkat. Tentunya, cara yang satu ini dapat membantu membuat halaman rumah terlihat lebih luas dan lega. Coba jadikan lantai teratas sebagai tempat untuk makan, sedangkan lantai yang lebih rendah bisa Anda taruh kursi untuk tempat mengobrol atau bersantai.

13. Ganti Pagar dengan Pohon atau Tanaman

Pagar Tanaman
Pagar Tanaman

Posisi rumah yang bersebelahan dengan rumah tetangga dapat membuat Anda merasa perlu untuk memasang pagar demi menjaga privasi, bukan? Namun, Anda bisa melupakan pagar karena halaman sempit Anda akan terlihat lebih luas tanpa harus menutupnya dengan pagar lho! Nah, Anda bisa menggunakan pohon dan tanaman sebagai pembatas halaman Anda.

Nah, cukup mudah bukan tips-tips di atas untuk Anda coba praktekkan?! Dengan melakukan perencanaan dan desain yang tepat pada halaman, maka halaman yang sempit pun dapat berubah menjadi tampak lebih luas dan lega. Cara ini juga bisa mengganti suasana halaman menjadi lebih baru dan fresh.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.