Yuk, Intip Inspirasi Desain Taman Untuk Mengisi Kekosongan Halaman Rumah!
Yuk, Intip Inspirasi Desain Taman Untuk Mengisi Kekosongan Halaman Rumah!

Yuk, Intip Inspirasi Desain Taman Untuk Mengisi Kekosongan Halaman Rumah!

Tak sedikit orang yang mendambakan halaman rumahnya untuk dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan melepas penat aktivitasnya. Terlebih, bila suasananya yang damai dan tenang sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan menghabiskan waktu bersama keluarga Anda. Akan tetapi, hal ini tidak akan terwujud bila halaman rumah Anda kosong begitu saja. -MegaBaja.co.id

Nah, Anda bisa memanfaatkan halaman tersebut untuk membangun taman di halaman rumah Anda. Namun, bila bingung desain macam apa yang bisa Anda terapkan untuk halaman di rumah Anda, maka ikuti saja beberapa inspirasi berikut. Langsung saja, mari simak uraiannya di bawah ini ya!

Inspirasi Desain Halaman Rumah

1. Mini Zen Garden

Mini Zen Garden
Mini Zen Garden

Jika halaman belakang rumah Anda tidak terlalu luas, maka Anda bisa memilih mini zen garden ini. Sebab, zen garden tidak membutuhkan space yang luas sehingga cocok diterapkan pada halaman belakang rumah yang sempit. Nah, Anda dapat menambahkan berbagai komponennya, mulai dari batu, pasir, beragam tanaman Jepang, bahkan lentera.

Nah, zen garden ini merupakan konsep desain taman yang berasal dari Jepang lho! Akan tetapi, saat ini telah banyak diterapkan di Indonesia karena banyak yang menyukai desain zen garden ini. Konsepnya yang menonjolkan warna hijau dan nuansa alami dari taman tersebut bisa menyajikan suasana yang sejuk bahkan diklaim dapat menghilangkan stres.

2. Desain Tradisional Nusantara

Desain Tradisional Nusantara
Desain Tradisional Nusantara

Nah, desain tradisional ini erat kaitannya dengan nilai budaya nusantara, seperti halnya suasana di pedesaan. Konsep dari desain yang sederhana nan tradisional ini dapat tercipta hanya dengan unsur-unsur yang sederhana. Seperti adanya kursi dan meja kayu, patung ala-ala Bali, serta beragam jenis tanaman khas nusantara yang tersebar di seluruh Indonesia.

3. Desain Mediterania

Desain Mediterania
Desain Mediterania

Nah, konsep desain halaman rumah yang sederhana ini sering kali dijumpai pada rumah-rumah di Indonesia karena memang cocok dengan iklim tropis. Selain itu, untuk membangun taman yang satu ini tidaklah rumit. Sehingga mudah dikerjakan dan tidak memakan banyak waktu, serta tidak memerlukan budget yang besar.

Desain taman mediterania ini memiliki ciri khas utamanya yang berupa rumput St. Augustine. Atau, biasa dikenal dengan sebutan rumput kerbau dan biasa dibarengi dengan beragam bebatuan di sekitar media tanamnya. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa menaruh tanaman-tanaman khas tropis lainnya, seperti Agave, Bonsai, Yucca Nolina, dan lain sebagainya.

Nah, pada taman mediterania ini Anda juga dapat menambahkan berbagai ornamen penghias taman, seperti kursi, patung, dan lentera. Agar mendapatkan suasana yang lebih hidup, Anda bisa membuat kolam ikan pada taman ini. Walaupun cukup sederhana, akan tetapi taman ini mampu menciptakan halaman rumah minimalis Anda menjadi lebih asri.

4. Desain Tropis

Desain Tropis
Desain Tropis

Seperti yang Anda ketahui, konsep desain halaman rumah minimalis yang satu ini sesuai dengan iklim di Indonesia yaitu iklim tropis. Adanya perpaduan antara ornamen kayu dengan berbagai tanaman tropis khas Indonesia semakin menambah kesan tropisnya yang kental. Sehingga nuansa sejuk nan alaminya akan sangat didapatkan.

Bukan hanya itu saja, konsep taman tropis juga mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan pengeluaran yang besar untuk membuatnya. Selain itu, desain taman ini juga mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan penghuninya. Untuk keperluan perawatannya juga cukup mudah dilakukan.

5. Desain Taman Mewah

Desain Taman Mewah
Desain Taman Mewah

Desain taman yang mewah pada halaman rumah minimalis bukan berarti tidak mungkin untuk diciptakan. Sebab, konsep taman mewah ini tetap dapat menyatu dengan eksterior maupun  interior rumah Anda. Apabila dilakukan penataan taman dengan baik dan tepat, maka dapat menciptakan halaman yang terasa lebih luas dan lega.

Namun, tetap saja kembali pada konsep ramah lingkungan menyesuaikan dengan desain minimalis rumah Anda. Nah, akan lebih baik lagi bila Anda juga turut menambahkan berbagai jenis tanaman, bunga, dan rerumputan pada halaman tersebut. Tidak hanya akan menambah kesan yang mewah, namun halaman Anda juga akan terkesan lebih asri dan estetik.

6. Desain Halaman Klasik

Desain Halaman Klasik
Desain Halaman Klasik

Nah, untuk konsep desain halaman klasik ini biasanya akan didominasi dengan ornamen-ornamen atau interior dari bahan dasarnya yang berupa kayu. Biasanya, untuk lebih menonjolkan kesan klasik lagi, terdapat sebuah dak kayu seperti panggung. Selain itu, dekorasi dari kayu tersebut biasanya memiliki ukiran yang berbentuk kontak.

Meskipun desain klasik ini memiliki ciri khas yang sangat kental, namun untuk membuatnya tentu akan membutuhkan budget yang tidak sedikit. Selain itu, waktu pengerjaannya juga akan lebih lama karena proses pembuatannya yang tidak mudah. Untuk perawatannya sendiri juga membutuhkan banyak tenaga dan biaya.

7. Desain Taman Bermain Anak

Desain Taman Bermain Anak
Desain Taman Bermain Anak

Konsep desain yang satu ini sangat cocok bagi yang memiliki anak kecil di rumah. Selain itu, desain ini juga cocok diterapkan jika Anda memiliki lahan yang luas untuk area bermain anak. Nah, halaman rumah Anda bisa disulap menjadi taman bermain yang menyenangkan bagi anak dan keluarga Anda. Coba untuk menambahkan ayunan dan seluncuran agar lebih asyik.

Nah, seperti yang Anda tahu kalau anak-anak cenderung lebih aktif dan suka berlarian kesana kemari. Oleh sebab itu, Anda bisa menyisakan space kosong yang sedikit luas dan beri rerumputan supaya lebih aman untuk bermain. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan kursi dan meja yang bisa Anda gunakan untuk mengawasi aktivitas anak-anak Anda.

8. Desain Modern Minimalis

Lakukan Penataan Halaman
Desain

Sama dengan namanya, konsep desain halaman yang satu ini tidak begitu membutuhkan banyak ornamen dalam pembuatannya. Di sini, Anda cukup memberikan meja dan beberapa kursi dengan tambahan bantal, serta pepohonan kecil di sekitarnya. Sehingga halaman rumah minimalis Anda akan terlihat lebih elegan dan sesuai dengan konsep rumah yang minimalis.

9. Desain Taman dengan Gazebo

Desain Taman dengan Gazebo
Desain Taman dengan Gazebo

Nah, untuk desain halaman yang satu bisa sangat bermanfaat bagi penghuninya. Hal ini lantaran gazebo dapat menjadi tempat untuk bersantai ataupun untuk melakukan aktivitas sehari-hari Anda sembari menikmati taman. Apabila Anda ingin suasana untuk mengobrol yang lebih segar, maka penempatan gazebo di halaman rumah Anda cocok untuk dibangun.

Selain itu, tidak perlu memberikan dekorasi yang terlalu banyak pada gazebo. Cukup Anda tempatkan meja dan sofa yang sekiranya dapat digunakan dengan nyaman di dalam gazebo. Jangan lupa tambahkan pula lampu taman dan berbagai tanaman atau bunga di sekitaran gazebo agar terlihat lebih asri.

10. Desain Modern Bohemian

Desain Modern Bohemian
Desain Modern Bohemian

Nah, apabila Anda ingin sentuhan konsep desain yang lebih ceria, maka desain halaman yang satu ini cocok untuk Anda pilih. Terapkan konsep ini dengan pilihan ornamen yang minimalis dan terlihat santai untuk menyesuaikannya dengan konsep desain halaman. Seperti halnya dak kayu dan juga tapak batu, serta rerumputan dan beberapa tanaman hias.

Nah, sangat menarik bukan beberapa inspirasi desain untuk halaman rumah minimalis Anda di atas?! Tentunya, Anda bisa memilih konsep desain mana yang ingin Anda terapkan sesuai dengan selera atau impian Anda. Sehingga rumah makin terasa menyenangkan dan tetap terjaga keasriannya. Selamat mencoba!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.