✔ Ini Dia 10 Inspirasi Cat Interior Rumah Kekinian Beserta Tips Mix and Matchnya!

Bagi sebagian orang, memilih warna cat untuk rumah adalah kegiatan yang meyenangkan namun juga penuh perhitungan. Memoles dinding rumah memang mudah, akan tetapi menerapkan nyawa ke dalamnya adalah hal yang perlu disiasati. -MegaBaja.co.id

Selain untuk menutup lapisan dinding rumah, cat juga berperan penting untuk membangun suasana rumah sesuai dengan karakter penghuninya.

Saat ini tren warna rumah sangatlah beragam, mulai dari warna earth tone, color block, warna netral dan lain sebagainya. Warna-warna tersebut dipilih bukan tanpa alasan, beberapa di antaranya dipilih karena mampu memberikan ilusi optic pada sebuah ruangan, atau untuk memberikan kesan yang lebih kuat. Misalnya penggunaan warna putih dan warna cerah lainnya untuk ruangan sempit agar terlihat lebih luas dan lain-lain.

Nah, kali ini kami akan menyarankan beberapa warna simple yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk warna cat rumah. Apa sajakah itu?

Mari simak sampai selesai.

Inspirasi Warna Cat Interior Rumah Kekinian

1. Warna Beige

Warna sepanjang masa, itulah julukan yang cocok untuk warna beige. Warna dengan nuansa bumi atau kecokelatan ini menjadi yang paling populer dari kebanyakan warna lainnya. Selain memberikan tone yang tenang dan hangat, warna beige juga cocok diselaraskan dengan warna-warna lain karena termasuk pada jajaran warna yang netral.

Warna Beige

Kebanyakan orang yang terlalu bosan dengan warna monoton pasti akan beralih pada warna ini. Jika kamu ingin menciptakan suasana yang sejuk pada rumahmu, pastikan untuk memasukkan warna beige pada list!

2. Off-White, Unik dan Berkarakter

Pernah mendengar warna ini? Yap! Pada dasarnya, off-white merupakan turunan dari warna putih namun dengan karakter yang lebih unik. Alih-alih memilih warna cat yang putih bersih, kamu bisa memilih warna ini untuk pengalaman baru.

Off-White, Unik dan Berkarakter

Karakternya menimbulkan sedikit gradasi keabuan sehingga terlihat berbeda dari warna putih pada kebanyakan. Warna ini berperan banyak dalam memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan. Cocok untuk hunian sederhana dan pastinya akan menimbulkan kesan yang elegan.

3. Mint ­dan Hijau Pastel, Gradasi yang Apik

Pemilihan dua warna pada satu ruangan bukanlah hal yang tidak mungkin. Apalagi jika kamu memilih dua warna ini, hijau dan mint. Pilih nuansa pastel pada kedua warna tadi, yang akan memberikan kesan ruangan yang lebih segar namun tetap nyaman dipandang mata.

Warna Hijau Pastel

Jangan sampai salah pilih, karena sedikit perbedaan tone warna akan membuat tampilannya kurang memukau. Warna hijau pastel dan mint merupakan paduan yang cocok dan tepat untuk dipilih, akan tetapi memilih satu di antara keduanya pun bukan masalah.

4. Ungu Tua si Elegan

Jika kamu ingin menambahkan kesan glamour dan mendalam pada rumahmu, maka warna ungu dengan shade yang tua akan membuatnya menjadi sebuah kenyataan. Warna ungu tua melambangkan keanggunan dan kemewahan, selain itu juga menciptakan suasana yang dalam dan ketenangan dalam sekali tatapan mata.

Ungu Tua si Elegan

Dengan menggunakan warna ungu tua sebagai warna cat rumah, maka kamu harus pintar-pintar untuk mengkombinasikan warna lain pada ruangan tersebut. Hal itu karena warna ungu tua tidak bisa sembarangan dipadukan dengan warna lain atau keharmonisannya akan berkurang.

Untuk menyeimbangkan suasana, kamu bisa memadukan warna putih, hitam atau silver untuk dipilih sebagai warna pada dekorasi-dekorasi yang melengkapi ruangan.

5. Warna Putih Andalan

Putih adalah warna yang sangat dasar, walaupun terkesan membosankan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa warna ini masih menjadi primadona di tengah warna-warna cantik lainnya.

Orang yang memilih warna ini biasanya memiliki karakter yang bersih dan tidak suka neko-neko. Menerapkan cat putih bersih pada dinding ruangan juga akan membantu memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

Warna Putih Andalan

Pemilihan warna pada furniture dan dekorasi bagi ruangan berwarna putih pun bisa bervariasi. Jika ingin suasana yang kuat, kamu bisa menggunakan warna-warna gelap seperti hitam, cokelat, biru dan lain-lain. Sedangkan kamu bisa memilih warna-warna netral seperti cream, cokelat muda dan silver untuk menciptakan suasana yang lebih lembut dan hangat.

6. Abu-Abu Doff

Banyak varian warna pada warna abu-abu, mulai dari abu muda, abu tua hingga level warna abu yang pekat. Banyak yang memilih warna ini untuk rumah minimalis karena warnanya yang simple dan netral. Beberapa warna lain seperti hitam, cokelat, putih hingga silver bisa menjadi pasangan yang pas untuk warna ini.

Abu-Abu Doff

7. Merah

Siapa yang sangka jika pemilihan warna yang ‘ngejreng’ ini mampu membuat rumahmu tampak lebih berkarakter?

Walaupun terkesan berani, warna merah tetap bisa dijadikan pilihan untuk memoles dinding rumahmu. Apalagi jika kamu adalah orang yang menyukai hal-hal yang penuh energi dan ingin memberikan suasana yang lebih hidup untuk rumahmu.

Merah

Saat ini banyak gradasi warna merah yang bisa kamu pilih, mulai dari merah bata hingga merah hati. Dengan menggunakan warna ini, pastikan kamu juga sudah siap untuk memilih furniture dan dekorasi rumah yang sesuai. Jangan sampai pemilihan warna yang salah pada ornament-ornament kecil menjadikan penampilan ruangan kurang maksimal.

8. Bermain-main Dengan Tone Hijau

Siapa yang bilang kalau rumah warna hijau tidak menarik?

Kamu bisa pastikan bahwa hal itu adalah salah besar. Ya! Dengan beberapa pilihan tone warna hijau yang lebih beragam, kamu bisa membuat ruangan menjadi lebih segar dan berbeda.

Banyak sekali varian warna hijau yang saat ini tersedia di pasaran, mulai dari hijau olive, moss, army, sage dan sebagainya. Selain cantik, warna hijau dipercaya dapat memberikan fokus yang lebih pada penghuni ruangan, makanya banyak desainer terkenal menyarankan warna hijau untuk ruang tidur atau ruang belajar.

9. Warna Biru Carchoal

Biru charcoal menjadi salah satu warna yang paling banyak diminati saat ini. Mengingat rumah-rumah minimalis sekarang tidak hanya menggunakan warna yang monotone, melainkan lebih berani bermain dengan warna-warna lain.

Warna Biru Carchoal, sumber : homeworlddesign.com

Dengan warna ini, kamu bisa mendapatkan suasana ruangan yang lebih tenang. Dipadukan dengan warna-warna alam seperti hijau atau biru muda pun tidak masalah. Biru charcoal menjadi pilihan yang menyegarkan di tengah tren warna-warna pastel yang juga tak kalah cantik.

10. Warna Mushroom yang Unik

Kembali pada kumpulan warna-warna dasar dan netral, kali ini kamu bisa mempertimbangkan warna mushroom untuk dijadikan pilihan.

Memiliki warna dasar cokelat dengan sentuhan keabu-abuan, yang akan menyulap rumahmu menjadi lebih simple dan elegan. Para pencinta desain minimalis pasti akan sangat menyukai tipe warna seperti ini karena sangat menunjang gaya huniannya. Warna yang netral dan hangat ini bisa dipadukan dengan warna apa saja, namun akan lebih serasi jika warna cokelat dan putih yang dijadikan pasangannya.

Warna Mushroom yang Unik, Sumber : Pinterest

Nah, setelah melihat rekomendasi warna-warna cat rumah terbaru. Saatnnya kamu menerapkan langsung di rumah masing-masing. Tapi, sebelum lanjut, ada baiknya kamu mengetahui cara untuk memilih warna cat dan bagaimana pengaplikasiannya yang tepat pada setiap ruangan. Berikut ini akan dibahas beberapa tips memilih warna cat yang benar.

Tips Mix and Match Warna Cat Interior Rumah

1. Pilih Sesuai Selera

Pertama-tama, kamu harus memastikan warna favorit. Walaupun ada banyak saran di luaran sana, namun tetap saja seleramu lah yang paling utama. Pastikan untuk memilih warna sesuai selera, karena secantik apapun warnanya jika kamu tidak menyukainya tetap saja tidak menghasilkan kepuasan.

2. Padukan Warna Berdasarkan Palette-nya

Padukan Warna Berdasarkan Palette-nya

Palette warna merupakan panduan mix and match warna secara tidak langsung. Dengan berpegangan pada prinsip ini, maka kamu akan mendapatkan paduan warna yang cantik dan selaras. Misalnya pada warna hijau, sebaiknya dipadukan dengan warna mint, sage, army atau kuning. Hal ini dapat diterapkan saat kamu akan membuat beberapa ruangan memiliki warna yang berbeda pada dindingnya.

3. Gunakan Rumus Vertikal Untuk Shade Warna

Jika kamu kebingungan untuk menentukan paduan warna yang harmonis untuk ruanganmu, maka ingatlah rumus vertikal ini. Yaitu dengan cara memilih warna paling gelap untuk bagian bawah seperti lantai, dan warna yang lebih terang untuk bagian atas (dinding dan langit-langit)

4. Pakai Aturan 60 – 30 – 10

60 – 30 – 10 merupakan rasio dalam membagi komponen-komponen warna. Cara pengaplikasiannya yaitu dimulai dari main color atau warna utama dengan rasio 60% pada dinding, warna kombinasi sebanyak 30% pada furniture dan warna lain sebagai aksen dituangkan sebanyak 10% untuk dekorasi rumah.

Dengan aturan ini, kamu akan mendapatkan paduan warna yang harmonis dan pas.

5. Bermain Dengan Warna Warm dan Cool

Permainan warna hangat dan dingin bisa kamu terapkan untuk mendapatkan suasana yang baru. Memadukan warna yang memberikan kesan hangat seperti beige, cream dan kuning dengan warna dingin seperti abu-abu dan biru membuat ruangan menjadi lebih dinamis.

Dengan rumus ini, kamu akan mendapatkan ruangan dengan warna yang kontras namun selaras.

6. Patuhi Rule of Three

Terakhir dan paling penting, jangan sampai kamu mengabaikan aturan ini. Walaupun padu-padan warna menjadi ajang yang menyenangkan dan menantang, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak warna pada satu ruangan.

Patuhi Rule of Three

Maksimal tiga warna sudah cukup untuk membuat harmoni yang apik, namun tetap ingat untuk memilih warna-warna yang senada dan cocok.

Memilih warna untuk rumah memang menyenangkan, tetapi jangan sampai kamu mengabaikan tips-tips dan rekomendasi warna-warna di atas. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.