Intip Ide Desain Lantai Rumah yang Keren untuk Hunian Anda
Intip Ide Desain Lantai Rumah yang Keren untuk Hunian Anda

Intip Ide Desain Lantai Rumah yang Keren untuk Hunian Anda

Salah satu bagian terakhir yang diselesaikan pada saat mendirikan sebuah rumah adalah lantai. Walaupun demikian, pemilihan desain lantai ini tentunya tidak boleh diremehkan begitu saja. Sebab, pemilihan teksturnya, material, motif, hingga harganya juga harus disesuaikan dengan luas ruang dan fungsi dari tiap-tiap ruangan tersebut. -MegaBaja.co.id

Tentunya, ada beragam jenis desain lantai dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Sebab, setiap jenis desain lantai ini memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Namun, yang pasti Anda menginginkan desain lantai yang tepat, sesuai selera, dan awet. Nah, bagi Anda yang tengah mencari ide desain lantai rumah Anda, mari simak saja uraian berikut ini!

Ide Desain Lantai Rumah untuk Hunian

1. Ide Desain Lantai Slate

Ide Desain Lantai Slate
Ide Desain Lantai Slate

Apabila Anda menginginkan sebuah ide desain lantai yang nampak lebih tegas namun tetap menawan, maka Anda perlu memilih ide yang satu ini. Desain lantai slate ini umumnya akan menggunakan batu alam sebagai material lantainya. Selain itu, tipe batu alam yang akan digunakan juga yang memiliki tekstur kasar dan kuat.

Nah, Anda bisa memilih ide desain lantai slate ini dengan pilihan warna yang cenderung gelap, seperti abu-abu supaya menampilkan ruangan yang megah dan elegan. Desain lantai slate juga sangat cocok bila digunakan untuk lantai dapur. Apalagi bila dipadukan dengan jenis backsplash yang tepat di dapur, maka akan menghadirkan kesempurnaan desain pada dapur Anda.

2. Ide Desain Lantai Keramik

Lantai Keramik
Lantai Keramik

Salah satu desain lantai rumah yang sering ditemui adalah lantai keramik. Alasannya sendiri adalah karena memiliki banyak motif yang menarik dan indah. Selain itu, lantai keramik ini juga cocok digunakan pada seluruh ruang di rumah termasuk kamar mandi. Nah, untuk keramik kamar mandi juga sangat beragam motif, warna, dan teksturnya.

3. Ide Desain Lantai Karpet

Ide Desain Lantai Karpet
Ide Desain Lantai Karpet

Nah, apabila berbicara soal material lantai yang hangat, maka lantai karpet ini solusinya. Desain dari lantai karpet ini juga memiliki variasi motif dan warna yang sangat beragam. Sehingga sangat mudah untuk dipadu-padankan dengan gaya interior rumah Anda. Bahkan, jika Anda tepat dalam memilih desain lantai karpet ini bisa membuat ruangan nampak lebih luas.

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan desain lantai karpet ini pada area yang basah, seperti di depan kamar mandi atau toilet. Sebab, karpet sangat mudah menyerap air sehingga bisa membuatnya lembab dan berjamur. Selain itu, karpet sebaiknya juga tidak digunakan dalam kamar anak karena debu dan kotorannya yang bersarang mudah terhirup.

4. Ide Desain Lantai Batu Alam

Ide Desain Lantai Batu Alam
Ide Desain Lantai Batu Alam

Nah salah satu ide desain lantai hunian yang telah teruji akan keawetannya adalah desain lantai batu alam. Desain lantai dari batu alam ini seringnya diterapkan pada rumah yang bergaya kontemporer. Tentunya, ada beragam jenis batu alam yang bisa digunakan sesuai dengan fungsi ruang berdasarkan tekstur dan karakteristiknya.

Meskipun desain lantai batu alam ini dapat memberikan tampilan yang anti mainstream, akan tetapi untuk harganya sendiri sangatlah mahal. Sebab, proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan butuh dikerjakan oleh tenaga ahlinya. Namun, bila Anda memang ingin menonjolkan kesan natural interior Anda, maka desain lantai batu alam ini sangat cocok.

5. Ide Desain Lantai Marmer

Lantai Marmer
Lantai Marmer

Walaupun marmer memiliki harga yang relatif lebih mahal, akan tetapi desain lantai marmer memang paling bagus untuk segala kebutuhan rumah. Tidak hanya sebagai lantai saja, marmer juga sering dijadikan sebagai pemanis yang mewah dalam interior hunian lho! Nah, kelebihan dari lantai marmer karena motif dan warnanya yang beragam dan khas.

Selain itu, lantai marmer juga sangat kuat dalam menahan beban berat dan tahan gores. Bahkan, lantai marmer juga tahan terhadap api lho! Namun, perlu diingat untuk menghindari pemasangan lantai marmer untuk outdoor karena mudah berjamur akibat hujan yang membuatnya sering lembab.

6. Ide Desain Lantai Tegel

Ide Desain Lantai Tegel
Ide Desain Lantai Tegel

Nah, apabila Anda adalah seorang penggemar rumah yang bergaya klasik, maka Anda pasti akan suka dengan ide desain lantai tegel ini. Selain itu, desain lantai tegel ini juga kerap menyajikan corak etnik yang beragam. Sehingga lebih mudah menemukan desain yang pas dengan selera atau keinginan Anda.

Desain lantai tegel ini juga dapat menampilkan keteduhan dengan permukaannya yang sejuk ketika dipijak. Sehingga sangat cocok bila diaplikasikan pada ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Untuk segi perawatannya pun cukup mudah dilakukan, yakni Anda hanya perlu mengepelnya dan hindari terkena cairan asam karena akan sulit dibersihkan nantinya.

7. Ide Desain Lantai Granit

Lantai Granit
Lantai Granit

Nah, salah ide desain lantai yang juga sangat populer adalah desain lantai granit. Sebab, tampilan lantai granit ini bisa tampak serupa dengan lantai marmer karena memang mengkilap dan mewah. Selain itu, granit juga memiliki tekstur yang lebih padat daripada lantai marmer sehingga cocok untuk area yang sering terkena banyak air, seperti kamar mandi atau toilet.

8. Ide Desain Lantai Travertine

Ide Desain Lantai Travertine
Ide Desain Lantai Travertine

Untuk tipe ruangan yang bergaya rustic sangat cocok bila dikombinasikan dengan desain lantai travertine ini. Jenis lantai ini juga memiliki warna-warna pasir dengan tekstur yang pecah-pecah sehingga sangat pas disandingkan dengan gaya rustic rumah Anda. Akan tetapi, lantai travertine cenderung berpori, sehingga Anda harus sering membersihkannya dari kotoran yang menempel.

9. Ide Desain Lantai PVC

Lantai Vinyl
Lantai Vinyl

Desain lantai PVC ini juga kerap disebut dengan lantai vinyl di pasaran. Lantai ini sendiri terbuat dari campuran stone salt, kapur, dan juga batu gamping. Selain itu, jenis ini juga memiliki desain atau pola yang cukup beragam sehingga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan gaya berbeda pada interior hunian Anda.

Nah, kelebihan dari lantai PVC atau vinyl ini adalah mudah dalam pengaplikasiannya, harganya yang relatif lebih murah, serta tahan terhadap air lho! Selain itu, lantai PVC juga dapat meredam getaran sehingga tidak mudah menimbulkan suara pada saat dipijak. Untuk perihal keawetannya, lantai ini sangatlah awet karena memiliki ketahanan yang kuat.

10. Ide Desain Lantai Beton

Ide Desain Lantai Beton
Ide Desain Lantai Beton

Apabila Anda menginginkan desain lantai yang kokoh dan juga tegas, maka desain lantai beton cocok untuk menjadi alternatif Anda. Selain itu, desain lantai beton ini juga sangat cocok bila diaplikasikan pada rumah-rumah yang bergaya kontemporer minimalis. Menariknya lagi Anda juga bisa memilih hasil akhir matte atau glossy sesuai kesan yang ingin Anda tonjolkan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menuangkan kreativitas Anda dengan memilih sendiri campuran warna serta corak yang diinginkan pada desain lantai beton ini. Lantai beton ini tentunya sangat kokoh sehingga sangat awet, bahkan bisa bertahan hingga bertahun-tahun lho! Selain itu, lantai beton juga termasuk mudah dalam perawatannya dan tidak terlalu ribet.

Nah, sekarang Anda sudah tidak bingung lagi kan ingin memilih desain lantai yang mana? Pilihlah desain yang sesuai dengan jenis ruangan Anda agar tidak salah pilih dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi Anda. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan perihal perawatannya.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.