Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Lantai Rumah yang Patut Diketahui Sebelum Membelinya!
Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Lantai Rumah yang Patut Diketahui Sebelum Membelinya!

Yuk, Ketahui Jenis-Jenis Lantai Rumah yang Patut Diketahui Sebelum Membelinya!

Seperti yang Anda tahu lantai merupakan permukaan yang paling bawah dari sebuah rumah. Lantai juga menjadi salah satu material yang penting di dalam pembuatan rumah sehingga patut diperhatikan. Tentunya, tidak hanya satu jenis saja, akan tetapi ada berbagai jenis lantai rumah yang bisa Anda gunakan untuk memperindah hunian Anda. -MegaBaja.co.id

Dengan demikian pada saat Anda membangun rumah, selain memperhatikan strukturnya Anda juga perlu memperhatikan pemilihan jenis lantainya. Nah, Anda bisa menyesuaikannya dengan jenis lantai yang Anda inginkan. Atau, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan konsep desain dari rumah Anda lho!

Tentunya, dengan memilih jenis lantai yang tepat sesuai desain rumah akan menciptakan kolaborasi yang indah pada interior hunian Anda. Sebab, masih banyak yang belum tahu akan jenis-jenis lantai rumah, sehingga asal menggunakannya tanpa mencocokkan dengan desain rumahnya. Nah, berikut jenis-jenis lantai yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

Jenis-Jenis Lantai Rumah

1. Lantai Ubin

Lantai Ubin
Lantai Ubin

Jenis lantai ubin ini merupakan salah satu jenis lantai yang masih kerap digunakan hingga saat ini. Terlebih pada bangunan-bangunan dengan konsep vintage pada desainnya. Lantai ubin ini juga masih sering digunakan pada bangunan-bangunan zaman dahulu. Nah, pada zaman dahulu lantai ubin terbuat dari semen dan pasir serta hanya memiliki satu warna saja, yakni abu-abu.

Namun, saat ini lantai ubin sudah memiliki banyak ragam pilihan warna lho! Bahkan, lantai ubin ini juga bisa dikombinasikan dengan lantai keramik. Biasanya, kesan vintage dari jenis lantai yang satu ini juga sangat digemari orang-orang di luar negeri karena memiliki ciri khas tersendiri. Nah, bagi Anda yang ingin rumah bergaya vintage, maka lantai ubin opsi terbaik untuk dipilih.

2. Lantai Keramik

Lantai Keramik
Lantai Keramik

Nah, untuk jenis lantai yang satu ini adalah yang paling mudah dijumpai. Hal ini lantaran lantai keramik memang sangat banyak penggunanya. Bahkan, lantai keramik ini tidak hanya digunakan pada rumah saja, tetapi juga berbagai macam bangunan lainnya lho! Salah satu alasannya karena lantai keramik memiliki harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik pula.

Selain itu, lantai keramik juga memiliki berbagai macam pola, corak, dan warnanya yang sangat bervariasi. Sehingga hal tersebut menjadi daya tarik bagi banyak orang mengapa jenis lantai yang satu ini sangat diminati. Lantai keramik ini juga termasuk mudah perihal perawatannya. Maka dari itu, banyak yang makin suka dengan jenis lantai satu ini.

3. Lantai Marmer

Lantai Marmer
Lantai Marmer

Jenis lantai marmer dikenal sebagai salah satu jenis lantai yang paling mewah. Sebab, pada saat lantai ini diaplikasikan pada hunian, maka interiornya mampu memancarkan kesan glamornya. Sehingga tak heran jika jenis lantai yang satu ini kerap kali digunakan pada bangunan-bangunan mewah, seperti halnya pada villa dan hotel-hotel bintang lima.

Nah, bagi mereka yang memang ingin menonjolkan kesan glamour pada huniannya, pastinya rela merogoh kocek yang dalam untuk mewujudkan keinginannya. Memang, lantai marmer ini dikenal sangat mewah, namun harganya juga sangatlah mahal. Selain itu, marmer sendiri juga terdapat banyak jenis-jenisnya yang tersebar di seluruh dunia.

Menariknya lagi kalau marmer ini tidak hanya dapat digunakan untuk bagian lantai saja lho! Akan tetapi, marmer juga bisa digunakan pada berbagai area di rumah Anda. Seperti halnya pada dinding, meja dapur, kamar mandi, wastafel, dan furnitur-furnitur lainnya. Oleh sebab itu, tak heran makin banyak yang menginginkan lantai marmer ini untuk keindahan huniannya.

4. Lantai Granit

Lantai Granit
Lantai Granit

Nah, jenis lantai granit yang satu ini juga dikenal hampir serupa dengan lantai marmer. Lantai granit sendiri juga terdapat beragam jenisnya, sehingga menjadi alternatif banyak orang selain menggunakan marmer. Jenis lantai yang satu ini juga dikenal memiliki harga yang terbilang cukup mahal, namun dari segi kualitasnya juga sangatlah bagus lho!

Hal ini sama seperti marmer karena granit berasal dari batuan alami yang tercipta di bawah tekanan ekstrim selama ratusan tahun lamanya. Sehingga tidak mengherankan jika jenis lantai granit juga memiliki harga yang mahal. Nah, granit juga tidak hanya bisa digunakan pada lantai, tetapi juga bisa diaplikasikan pada dinding, perabot dapur, dan furniture hunian lainnya.

5. Lantai Vinyl

Lantai Vinyl
Lantai Vinyl

Nah, jika Anda memiliki kecenderungan cepat bosan terhadap suatu hal, maka jenis lantai yang satu ini cocok sekali untuk menjadi solusinya. Hal ini lantaran lantai vinyl cukup mudah dalam pemasangannya dan dapat Anda lakukan sendiri. Mirip seperti wall sticker yang di bawahnya terdapat lem atau perekat yang berfungsi untuk ditempelkan pada lantai rumah Anda.

Karena mudah dipasang dan dilepas, tentunya Anda jadi bisa gonta-ganti motifnya pada saat Anda merasa bosan. Selain itu, lantai vinyl ini juga sangatlah mudah dalam hal perawatannya sama seperti pada lantai keramik. Jenis lantai yang satu ini juga tahan terhadap air, sehingga membuatnya dapat bertahan terhadap kelembaban dan membuatnya tetap awet.

6. Lantai Kayu

Lantai Kayu
Lantai Kayu

Nah, jenis lantai kayu ini juga bisa menjadi salah satu opsi untuk digunakan pada hunian. Selain itu, lantai kayu ini juga memiliki beragam jenisnya dan harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi. Bagi Anda yang menyukai suasana rumah yang natural, maka lantai kayu ini bisa menjadi pilihan yang cocok bagi Anda.

Tentunya, lantai kayu ini juga sangat nyaman pada saat dipijak, sehingga Anda bisa tidak usah menggunakan sandal saat berada di dalam rumah Anda. Nah, agar lantai kayu ini bisa semakin awet dan tahan lama, maka rutinlah melakukan pengecatan ulang atau recoating. Jangan lupa pilihlah bahan coating yang bagus agar lantai semakin awet dan tidak cepat lapuk.

7. Lantai Teraso

Lantai Teraso
Lantai Teraso

Nah, jenis lantai teraso ini juga terbuat dari campuran semen dan pasir, seperti pada jenis lantai ubin. Namun, di bagian atas dari lantai ini dilapisi lagi dengan bahan keras dan dikombinasikan dengan beberapa campuran antara kulit kerang laut dengan pecahan marmer. Hal inilah yang membuat lantai teraso memiliki berbagai corak dan tekstur yang bervariasi.

Untuk ukuran dari lantai teraso yang dijual di pasaran umumnya memiliki ukuran 20 cm x 20 cm dan 30 cm x30 cm. Nah, sifat dari lantai teraso ini hampir sama dengan lantai ubin, akan tetapi lantai teraso ini mudah berlumut bila sering terkena air. Oleh sebab itu, harus rajin dilakukan pemolesan ulang dan rutin dibersihkan supaya lantai tetap tahan lama dan awet.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan untuk menggunakan jenis material lantai mana yang ingin Anda gunakan?! Tentunya, berbagai jenis material lantai seperti di atas dapat disesuaikan dengan desain interior hunian Anda. Tujuannya, supaya interior pada hunian Anda menjadi makin menarik dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.