Kenali Jenis-Jenis Kanopi Populer Untuk Rumah Minimalis

Kanopi merupakan sebuah elemen tambahan dalam bangunan, baik itu rumah, perkantoran, mall, toko dan sebagainya. Biasanya digunakan sebagai pelindung dari paparan hujan dan sinar matahari. Maka ada banyak jenis-jenis kanopi sesuai dengan fungsi dan pemasangannya. Seperti contohnya tenda kanopi yang sering digunakan untuk acara di luar ruangan. Ada juga kanopi fleksibel yang bisa ditarik dan dipasang sesuai kebutuhan. Hingga kanopi yang berfungsi sebagai garasi portable atau biasa juga dikenal dengan istilah car port. -MegaBaja.co.id

Menurut Wikipedia, kanopi adalah atap tambahan yang dibuat terpisah dari atap utama sebuah bangunan.

Menyesuaikan dengan fungsinya sebagai pelindung, penting bagi kamu untuk memilih kanopi seperti apa yang cocok untuk melindungi rumahmu. Di dalam artikel ini, kamu akan mengetahui banyak hal tentang kanopi. Apa saja?

  1. Mengenal jenis kanopi paling popular
  2. Mengetahui harga kanopi di pasaran
  3. Tips memasang kanopi
  4. Contoh kanopi pada rumah minimalis masa kini

Jenis-Jenis Kanopi

Sesuai dengan penjelasan di atas, bahwa kanopi berfungsi sebagai pelindung. Tentunya bahan dan jenis kanopi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing. Misalnya dengan memperhitungkan di mana kamu tinggal, iklim atau cuaca di tempat tinggal dan lain-lain.

Untuk saat ini terdapat beragam jenis kanopi yang beredar di pasaran. Masing-masing tentunya memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Mari kita bahas lebih lanjut.

Kanopi Baja Ringan

Yang pertama ada kanopi dengan jenis bahan baja ringan. Baja ringan tentunya sudah dikenal memiliki ketahanan yang tidak perlu diragukan lagi. Beberapa keunggulan dari kanopi dengan jenis ini yaitu penggunaan dana yang tidak terlalu mahal dan proses pemasangan yang cukup mudah.

Tidak seperti kanopi dengan bahan besi, kanopi baja ringan cukup mudah dipasang karena hanya perlu dirakit mengggunakan baut khusus. Sedangkan kanopi besi biasanya harus dilakukan pemasangan dengan cara pengelasan.

Selain itu, bobot dari baja ringan ini pun tidak seberat besi. Umumnya pemasangan kanopi dengan bahan baja ringan hanya perlu dilakukan oleh 2 hingga 3 pekerja saja. Maka sudah jelas, kamu bisa mengirit dana dari harga baja ringan yang terjangkau dan juga ongkos tukang yang tidak terlalu banyak.

Kanopi Fiber

Selanjutnya adalah kanopi berbahan fiber. Fiber adalah sebuah material berupa serat kaca dan resin atau plastik yang telah diolah bersama bahan-bahan kimia sehingga menjadi lembaran atap. Atap fiber biasanya dikenal dengan keberagaman warnanya yang menarik dan cukup kekinian.

Atap ini memiliki dua tipe, yaitu bergelombang dan datar. Keduanya memiliki keunikan tersendiri. Atap bergelombang biasanya lebih sering digunakan sebagai atap teras, kanopi sampai atap skylight. Sementara atap fiber yang datar biasanya lebih sering digunakan pada jenis bangunan-bangunan kontemporer dan minimalis.

Ada beberapa keunggulan atap dengan berbahan fiber, yaitu salah satunya adalah bobotnya yang terbilang ringan. Namun walaupun berbobot ringan, atap jenis ini tetap berkualitas dan kokoh. Hanya saja perlu kehati-hatian dalam memasang atap ini, terlebih pada tipe yang bergelombang. Kamu harus berhati-hati untuk memaku atap fiber agar tidak terjadi kebocoran. Selain itu, salah satu kekurangan atap fiber ini adalah warnanya yang cepat pudar. Jadi pemilihan jenis atap harus tetap diperhitungkan kembali pada kebutuhan dan kondisi kamu ya.

Kanopi Atap UPVC MegaShield

Kanopi uPVC MegaShield adalah salah satu yang tengah popular akhir-akhir ini. Atap ini terbuat dari bahan dasar uPVC (Unplasticied Ply Vinyl Chloride). Karakteristik dari atap ini yaitu ringan dan kokoh. Kanopi MegaShield ini biasanya digunakan untuk kanopi halaman rumah. Bentuknya bergelombang dan berongga. Kanopi jenis MegaShield ini bahkan memiliki perlindungan dari sinar UV sehingga diklaim bisa tahan lebih lama dengan warna yang tidak mudah pudar. Selain itu, kanopi atau atap MegaShield ini biasanya juga diminati karena tidak membuat ruangan di bawahnya menjadi panas seperti halnya atap seng.

sumber : pinterest

Selain itu, atap MegaShield disebut-sebut memiliki kemampuan untuk menyerap suara bising saat hujan dengan bentuknya yang berongga.

Sementara, setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk kanopi MegaShield ini kekurangannya hanya dari segi harga yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan bahan kanopi yang lain dengan karakteristik yang mirip. Ditambah dengan pilihan variasi warna yang tidak terlalu banyak. Namun, jika melihat dari sisi kelebihannya, apakah kamu masih tertarik dengan kanopi MegaShield ini?

Kanopi Kaca

Kanopi kaca sudah banyak digunakan pada saat ini. Orang-orang yang memilih kanopi dengan bahan kaca biasanya menginginkan penampilan yang berbeda. Dengan bahan kaca yang tebal, kanopi jenis ini diunggulkan karena ketahanannya yang kuat. Tidak akan pecah saat tidak sengaja terinjak.

Selain itu, atap kaca akan memberikan visualisasi yang lebih cerah terhadap ruangan di bawahnya. Penambahan nilai estetika juga menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang memilih kanopi dengan jenis ini.

Bahan yang dipakai pun tidak sembarangan, agar kaca bisa tahan terhadap cuaca panas, digunakan kaca berbahan tempered. Kaca tempered diproses dengan beberapa tahapan, dimulai dari bahan kaca polos, lalu dipanaskan dengan suhu sekitar 700 derajat Celsius kemudian didinginkan dengan proses cepat. Dengan begitu, ketahanan kaca tempered berbeda dengan kaca polos biasa.

Namun, kekurangan dari kanopi dengan bahan kaca ini adalah diperlukannya ketelitian dalam memilih ketebalan kaca. Salah dalam memilih kualitas kaca tentunya dapat memberikan efek yang membahayakan di kemudian hari. selain itu, kanopi dengan bahan ini juga terkenal dengan harganya yang tidak murah.

Kanopi Polycarbonate

Selanjutnya ada kanopi berbahan polycarbonate. Memiliki bahan dasar yang hampir mirip dengan fiber, atap kanopi jenis ini juga merupakan salah satu yang paling populer dan paling banyak digunakan. Terbuat dari bahan polimer yang berkualitas menjadikan kanopi dengan jenis ini memiliki kualitas yang baik.

Polycarbonate biasanya memiliki tampilan yang bening atau transparan, sehingga tak jarang juga digunakan untuk partisi tambahan di atap rumah seperti pada pengaplikasian sky light. Gunanya yaitu untuk menambah sorotan cahaya pada bagian dalam ruangan.

Kelebihannya antara lain bobotnya ringan dan mudah dipasanga, pun tergolong bahan yang awet dan anti pecah.

Harga Kanopi di Pasaran

Selanjutnya, setelah mengetahui jenis-jenis kanopi dan berbagai keunggulannya, penting juga bagi kamu untuk mengetahui berapa kisaran harganya. Harga untuk setiap atap kanopi sangatlah beragam. Bisa berbeda-beda di setiap daerah. Maka dari itu, dalam artikel ini kamu hanya bisa melihat harga rata-rata saja, selebihnya bisa kamu sesuaikan dengan harga pasaran di tempat tinggalmu ya.

Penggunaan KanopiKisaran HargaUkuran
Kanopi Baja RinganRp. 150.000 – Rp. 400.000m2
Kanopi PolycarbonateRp. 300.000 – Rp. 350.000m2
Kanopi MegaShieldRp. 400.000 – Rp. 550.000m2
Kanopi Kaca Tempered dan LaminatedRp. 1.350.000 – Rp. 2.200.000m2
Tabel Perkiraan Harga Jenis-jenis Kanopi di Indonesia

Harga di atas merupakan harga pada tahun 2022, dan bukan merupakan patokan. Untuk mengetahui harga yang lebih akurat silakan bertanya langsung pada penjual bahan atap kanopi terdekat. Selain itu, biaya yang disebutkan di atas belum termasuk kepada biaya lain. Seperti biaya untuk setiap ukuran yang berbeda dan biaya pemasangan.

Tips Memasang Kanopi

Setelah mengetahui lebih jelas tentang atap kanopi, berikut beberapa tips untuk memasang kanopi :

  • Mengukur luas lahan yang akan dipakai
  • Memilih rangka atap yang sesuai (besi, stainless steel atau baja ringan)
  • Menghitung anggaran biaya
  • Memilih model kanopi yang sesuai
  • Mencari jasa pemasangan kanopi yang professional

Di bawah ini, ada beberapa contoh model kanopi terbaru yang mungkin bisa kamu jadikan referensi :

sumber : pinterest
sumber : pinterest
sumber : pinterest

Nah, sudah menemukan yang sesuai?

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.