Hal Yang Harus Dihindari Saat Memilih Cat Exterior Rumah, Baca Sampai Habis

Selain memiliki rumah yang aman dan nyaman, kita juga harus memperhatikan keindahan tampilan luar rumah agar terlihat lebih menarik. Beberapa orang seringkali mengabaikan hal ini. Tak banyak yang sadar kalau hanya dengan memilih warna yang tepat, akan membuat rumahmu menjadi terlihat lebih bagus bahkan lebih mewah. -MegaBaja.co.id

Walaupun pepatah mengatakan jangan menilai buku hanya dari sampulnya, tetapi sampul yang bagus tentunya akan menarik lebih banyak peminat dan lebih banyak mendapat perhatian.

Nah, bagi kamu yang sudah berniat untuk mengganti suasana exterior rumah atau bahkan baru memulai memoles rumah baru, simak penjelasan-penjelasan di bawah ini agar tak menyesal di kemudian hari, ya.

Memilih Kualitas Terbaik

Sebelum beranjak ke tips-tips untuk pemilihan warna, beberapa ahli menyarankan agar memilih cat dengan kualitas yang bagus. Terlebih untuk kebutuhan luar ruangan atau exterior rumah. Karena cat yang akan digunakan nantinya tentu harus ‘bekerja’ lebih keras. Mulai dari terkena paparan sinar matahari, hujan dan lain-lain. Maka, pemilihan kualitas yang bagus sangat diperlukan agar ketahanan dan keawetannya bisa terjamin.

Lalu, apa saja kriteria cat yang bagus itu?

Salah satu yang dapat menjadi tolak ukur adalah dari harga cat tersebut. Usahakan untuk membeli cat dengan harga yang masuk akal, tidak terlalu murah dan tentunya tidak terlalu mahal, cukup disesuaikan dengan budget kita. Namun, apabila harga cat terlalu murah, dikhawatirkan cat tersebut tidak murni alias cat oplosan yang nantinya akan menimbulkan banyak masalah setelah diaplikasikan selama beberapa waktu.

Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan ketahanan cat terhadap air kepada sales penjual cat. Tujuannya adalah agar kita bisa menilai yang mana yang cocok untuk memoles dinding luar rumah kita. Cat yang tidak tahan air tentunya akan mudah mengelupas dan menjadikan warna rumah kita tidak menarik lagi.

Memperhatikan Warna Rumah Tetangga

Setelah menentukan cat yang berkualitas, tahap selanjutnya adalah memperhatikan warna rumah di sekitar tempat tinggalmu. Terdengar sepele, ya? Eits, jangan salah, keseragaman warna rumah kita dengan rumah di sekitar juga akan memberikan efek keindahan. Hal ini yang mungkin saja tak disadari oleh kebanyakan orang.

Dengan memperhatikan warna rumah tetangga di sekitar, kita bisa menentukan warna apa yang cocok. Entah itu memilih warna yang selaras, kontras atau berkombinasi. Akan tetapi hindari memilih warna yang sama persis dengan rumah di sekitar. Walaupun mencontek, kita harus tetap memiliki keunikan tersendiri, ‘kan?

Nah, kalau kebetulan di sekitar rumah tempat tinggalmu adalah lahan bebas seperti pohon-pohon, taman dan lain-lain, maka pilihlah warna yang juga akan membuat kombinasi pemandangannya terlihat manis. Sesuaikan dengan selera masing-masing, ya!

Cocokkan Dengan Gaya Arsitektur Rumahmu

Selain memperhatikan warna rumah di sekitar, tidak lantas membuat kamu lupa akan jati diri rumahmu sendiri. Beberapa orang pasti memiliki gaya arsitektur terendiri dalam membangun sebuah rumah. Mulai dari tropis, klasik, minimalis, modern, skandinavia, bohemian dan masih banyak lagi. Menyelaraskan warna cat rumah dengan gaya arsitektur tentunya menjadi poin yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Contohnya jika kamu memilih gaya minimalis untuk rumahmu, maka sebaiknya gunakan warna-warna basic dan bernuansa lembut seperti hitam, putih, cream, silver, lavender atau dusty blue. Hindari memakai warna-warna yang terlalu cerah. Sedangkan untuk gaya rumah skandinavia dan bohemian, biasanya lebih popular dengan dua tone warna saja seperti putih dan cokelat.

Sampai sini sudah terbayang belum warna apa yang cocok dengan gaya arsitektur rumahmu?

Kalau belum, mari kita lanjut ke poin berikutnya.

Jangan Ikut-ikutan Tren

Walaupun tren-tren tentang rumah saat ini memang terus saja bertambah dan bergerak dengan cepat, pastikan untuk tidak memilih warna cat exterior rumahmu hanya berdasarkan ikut-ikutan tren. Karena banyaknya tren yang muncul, sehingga gaya rumah cepat sekali berubah-ubah. Seperti misalnya beberapa waktu lalu, warna-warna shabby seperti pink, ungu dan lain-lain sangat banyak diminati, namun sekarang kebanyakan orang memilih warna putih dan cream sebagai warna dinding rumah bagian luarnya.

Nah, agar tidak selalu mengganti cat rumah setiap adanya pergantian tren, maka pastikan untuk memilih warna cat exterior rumah yang netral. Pastikan untuk selalu menyesuaikannya dengan selera sendiri. Sehingga warna rumahmu akan cocok untuk di segala tren.

Sesuaikan Dengan Warna Atap

Selain dinding, atap rumah juga biasanya memiliki warna yang bervariasi, ada hitam, cokelat, merah, bahkan biru dan hijau. Ada baiknya, sebelum memutuskan warna pada bagian dinding, kamu juga harus memperhatikan warna yang selaras dengan atap rumah agar terlihat lebih rapi dan sedap dilihat. Misalnya jika atap rumahmu berwarna hijau, pilihlah warna cat dinding yang lebih lembut seperti cream, putih tulang dan sejenisnya.

Beberapa saran yang harus kamu pertimbangkan di antaranya, jika kamu adalah seseorang yang tidak suka bertele-tele dalam memilih warna rumah, sebaiknya pastikan warna genteng rumahmu memiliki tone yang netral. Sehingga saat akan mengubah warna cat dinding bagian luar, kamu tidak perlu repot-repot untuk menyelaraskannya lagi.

Perhatikan Kombinasi Two-Tone

Tidak harus satu warna saja, kombinasi dua warna dengan pilihan satu warna gelap dan satu warna yang lebih terang akan membuat tampilan rumahmu lebih manis. Jika kamu menyukai kesan bersih, maka warna putih pastinya cocok untuk menjadi sentuhan utama pada dinding rumah, akan tetapi tambahkanlah sentuhan warna lain yang serasi agar rumahmu memiliki nuansa tersendiri.

Contohnya, jika kamu memilih warna putih sebagai warna keseluruhan exterior rumah, maka untuk kusen jendela dan dekorasi teras, kamu bisa memilih warna selaras yang akan menambahkan harmoni. Seperti biru muda, silver, cokelat, hijau tosca dan warna-warna lembut lainnya.

Atau jika dirasa kurang maksimal, kamu bahkan bisa memilih tiga paduan warna. Tentunya dengan kaidah warna yang serasi agar rumahmu tetap terlihat rapi walau dengan perpaduan warna yang beragam.

Pemilihan Warna Kontras

Jika sebelumnya kamu disarankan untuk memilih dua sampai tiga warna yang serasi, maka tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba perpaduan warna yang kontras. Seperti pembahasan di atas tentang rumah tetangga dan lingkungan sekitar, pemilihan warna yang kontras ini juga bisa disesuaikan dengan keadaan di sekitar rumah kita. Misalkan kita berada di lingkungan rumah yang masih asri dengan banyak pepohonan, maka nuanasa rumah berwarna senada tentu akan menciptakan seni yang memukau.

Dengan tema kontras, ditambah suasana rumah yang asri, warna kuning pastel akan terlihat sangat cocok jika dipadukan dengan warna midnight blue atau mungkin putih.

Nah, itulah beberapa tips mengkombinasikan warna cat untuk exterior rumahmu. Walaupun terlihat sederhana, namun memilih cat exterior rumah tanpa mempertimbangkan hal-hal di atas bisa membuat kamu menyesal di kemudian hari. Pastikan untuk memilih kualitas cat terbaik untuk tempat tinggalmmu, dan pilih warna yang akan membuatmu betah memandanginya walaupun seharian penuh.

Selamat mencoba!

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.