Jangan Sembarangan Memilih Warna Cat Kamar Anak, Ikuti Tips Ini Agar Tidak Menyesal

Menentukan warna cat dinding rumah bisa menjadi sebuah hal yang rumit, terlebih untuk warna cat dinding di kamar anak-anak. Hobi, jenis kelamin, ketertarikan, menjadi hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan warna. Namun bukan hanya itu, menentukan warna yang atraktif bagi anak-anak juga sangat penting agar mereka tidak mudah bosan dengan tampilan kamarnya sehari-hari. –MegaBaja.co.id

Temuan dari penelitian di Universitas California bahwa anak-anak sangat sensitif terhadap lingkungannya, memilih warna yang ringan akan menjadi respons positif bagi mereka, sementara warna-warna yang terlalu gelap akan memberikan efek yang sebaliknya.

Selain itu, banyak studi yang membuktikan bahwa sebuah warna bisa menstimulasi keadaan emosi seseorang. Anak-anak akan tumbuh di kamarnya dalam waktu yang lama, maka pastikan untuk memilih warna yang sesuai dengan karakterisktik pemilik kamar itu sendiri.

Di dalam artikel ini, kamu akan mengetahui beberapa hal tentang langkah-langkah dalam memilih warna kamar yang cocok untuk anak-anak.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Warna Cat Kamar Anak-anak

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan untuk selalu mengajak sang anak berdiskusi tentang warna kamar yang ia inginkan. Biasanya beberapa anak memang tidak memiliki kosakata sebanyak orang dewasa sehingga ia tidak akan bisa leluasa mengemukakan pendapatnya. Maka peran kamu sebagai orang tua adalah untuk mengetahui ke arah mana ketertarikan si anak.

Ada anak yang senang dengan warna-warna yang ceria sehingga membuat mereka lebih bersemangat, namun ada juga yang lebih menyukai suasana yang tenang setelah seharian menjalani hari yang panjang di sekolah. Memilih warna cat dinding kamar anak tentunya harus disesuaikan dengan kondisi si pemiliknya.

Langkah selanjutnya, ajak anak untuk memilih warna bersama-sama. Keikutsertaannya dalam memilih warna kamarnya sendiri bisa jadi menimbulkan perasaan yang erat terhadap kamar mereka, karena terdapat sentuhan ide miliknya sendiri di sana. Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan, terlebih untuk anak-anak remaja, mereka bisa dengan mudah menentukan gaya kamar yang diseusaikan dengan kepribadian dan kesenangannya masing-masing.

Jika anak kamu termasuk anak yang mudah bosan dan terlalu bingung untuk menentukan warna kesukaannya, maka memasang wallpaper bisa menjadi alternatif lain. Saat ini, berbagai macam jenis wallpaper sudah banyak tersedia di pasaran, mulai dari motif sederhana hingga karakter kesukaan anak-anak. Dengan tekhnik bongkar-pasang yang lebih mudah, wallpaper bisa jadi pilihan yang menarik untuk berganti-ganti suasana kamar.

Nah, setelah memahami langkah-langkah di atas, sekarang waktunya untuk memilih beberapa rekomendasi warna yang sering disarankan oleh para ahli.

Sage Green

Sage green atau warna hijau keabuan saat ini sangat popular, karakter warnanya yang cantik, lembut dan menenangkan menjadikannya banyak dipilih orang-orang. Warnanya yang tidak terlalu kuat namun tidak juga terlalu pudar sangat cocok untuk dipakai di kamar anak-anak. Dengan memakai warna ini kita bisa mengembangkannya ke dalam tema hutan atau pepohonan. Namun, jika anak kamu memilih suasana yang tenang, satu polesan warna hijau sage ini pun sudah sangat cukup.

Terlebih, warna ini adalah warna netral sehingga bisa digunakan untuk kamar anak-anak di segala usia, dari balita hingga remaja. Warna hijau juga biasanya dipakai di beberapa lembaga pendidikan seperti sekolah, dengan mkasud memberikan suasana belajar yang lebih tenang. Maka tidak ada salahnya jika membawa suasana tersebut ke dalam tempat istirahat anak sehari-hari.

Royal Blue

Royal blue adalah salah satu jenis warna biru yang pekat, mirip dengan warna air laut yang dalam. Warna biru banyak disukai orang-orang, apalagi warna ini cukup netral untuk disandingkan dengan warna-warna lainnya. Jika anak kamu menyukai tema kamar yang tenang dan hangat, warna royal blue akan sangat cocok saat dikombinasikan dengan warna-warna cerah lainnya seperti kuning, biru muda, dan merah.

Warna biru sudah terbukti banyak disarankan sebagai pilihan warna yang menenangkan, namun perlu diperhatikan untuk pemilihan kombinasi warnanya seperti saran di atas. Karena jika warna biru terlalu mendominasi, dapat menimbulkan kesan yang monoton dan membosankan.

Mist Gray

Mist gray atau warna abu-abu muda menjadi pilihan selanjutnya. Warna ini menjadi alternatif yang pas jika kamu bingung untuk memilih di antara warna yang netral atau kontras. Jika warna putih terlalu membosankan, maka abu-abu muda adalah jawabannya.

Memiliki tone yang mirip dengan warna putih, sehingga warna mist gray ini bisa kamu padukan dengan berbagai warna. Mulai dari kombinasi, senada atau bahkan kontras karena warna abu-abu muda adalah warna yang sangat netral. Warna abu-abu tua bisa menjadi pilihan kedua untuk menambahkan saturasi pada dinding kamar, atau bisa dengan warna cerah lain untuk memberi konsep kontras yang menarik.

Bold Orange

Warna oranye yang lebih kental akan menambah aksen ceria namun tidak terlalu berlebihan. Kebanyakan dari orang tua kebingungan, takut salah memilih warna yang terlalu ramai sehingga tidak cocok untuk jangka waktu lama. Namun warna bold orange bisa menjadi solusi, sentuhan warna ceria namun dengan tone yang lebih gelap ini sangatlah bagus untuk dicoba.

Anak-anak yang menyukai warna ini cenderung memiliki karakter yang ekstrovert, aktif dan percaya diri, namun tetap pastikan untuk mengkombinasikannya dengan warna-warna lain agar tidak menimbulkan efek stimulasi yang belrebihan.

Yellow Sunny

Jika kamu termasuk orang yang berani dengan warna-warna terang, maka cobalah untuk memilih warna ini. Fakta menyebutkan kalau warna kuning bisa membantu anak-anak untuk mendapatkan lebih banyak fokus dan daya ingat yang lebih bagus. Akan tetapi, warna-warna yang terlalu cerah seperti ini sebaiknya dihindari jika kamu memiliki anak yang terlalu aktif atau sulit tidur, karena efek dari warna ini bisa jadi memperburuk keadaan tersebut.

Ungu Lilac

Warna ungu banyak dipilih oleh orang tua yang memiliki anak perempuan. Selain pink atau merah muda, warna ungu biasanya dijadikan pilihan kedua yang dianggap cocok untuk menggambarkan kelembutan dan kreativitas.

Beberapa warna lain akan cocok dikombinasikan dengan warna ini, selain memilih warna dasar, warna kombinasi juga tidak bisa disepelekan begitu saja.

Memberi kesan ketenangan dan elegan, warna ini ternyata tidak terlalu disarankan bagi mereka yang memiliki sensitifitas yang tinggi. Maka sentuhan warna lain akan sangat membantu, di antaranya dengan warna oranye, hijau muda, atau tone warna ungu yang lebih tua.

Beige

Berikutnya adalah warna beige atau cokelat pucat.

Warna ini masuk ke dalam jajaran warna-warna netral, dengan memoles kamar anak menggunakan warna beige, akan memberikan suasana tenang dan ramah lingkungan. Beige biasanya selalu dipilih untuk dijadikan sebagai warna dasar, maka dari itu warna beige tidak bisa berdiri sendiri karena terlalu monoton dan bisa membuat ruangan terkesan sempit. Memilih warna lain yang lebih gelap atau lebih terang bisa menjadi solusi, seperti cokelat tua, kuning, hijau, hitam dan lain-lain.

Nah, setelah membaca artikel di atas sudahkah kamu menentukan warna apa yang cocok untuk warna cat kamar anak-anak di rumah?

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.