Ingin Menyulap Rumah Menjadi Lebih Luas? Simak Tips Penting Berikut

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin ke sini, ukuran rumah di kota-kota besar maupun kota kecil semakin mengerucut saja. Hal ini tentu berkaitan dengan semakin banyaknya permintaan pasar untuk tempat tinggal sementara lahan yang tersedia terlalu mahal dan sedikit.

Namun jangan berkecil hati, walaupun memiliki rumah yang mungil, ada beberapa cara mudah dan murah yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan nuansa rumah yang lebih luas.

Dimulai dari pemilihan warna, tata letak furnitur, penempatan kaca atau cermin, dan beberapa tips pencahayaan bisa menyelamatkan kamu dari keadaan rumah yang sempit. -MegaBaja.co.id

Bagaimana pun, rumah adalah tempat terbaik untuk pulang. Maka dari itu mari kita upayakan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini, awas jangan sampai terlewat.

Tips Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas

  1. Pintar-pintar Memilih Warna

Pada dasarnya rumah yang kecil memang akan tetap terasa kecil kecuali jika kita memutuskan untuk memugarnya dan membuat perluasan sendiri. Namun sekarang ilmu sudah semakin maju, para ahli memaparkan bahwa hanya dengan mengganti beberapa warna di sudut rumah akan membuat ruangannya terasa lebih luas. Yup! Inilah yang dinamakan dengan ilusi optik.

Salah satu yang bisa mengubahnya adalah dimulai dengan memilih warna cat dinding. Dengan warna yang cerah dan bersih otomatis akan memberikan kesan ruangan yang lebih terbuka dan luas. Hindari pemilihan warna yang gelap terutama hitam, navy dan sejenisnya. Karena warna-warna seperti ini cukup menyerap cahaya dan menjadikan ruangan di rumahmu terlihat sempit.

Nah, kira-kira warna apa nih yang terlintas di pikiran kamu saat ini? Putih? Krem? Oh tentu bukan hanya itu. Jika takut merasa bosan dengan pilihan warna tadi, kamu bisa memilih beberapa warna ini sebagai alternatif lain, yaitu :

Contoh Warna Cat Rumah Agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

  • Pink Pastel
  • Hijau Tosca
  • Biru Muda
  • Silver
  • Hijau Mint
  • Peach
  • Biru Laut

Dan pilihan warna terang lainnya, agar lebih puas, kamu juga bisa meminta saran pada sales penjual cat tempat kamu membeli cat ya.

Perhatikan Tata Letak Furniturmu

Jika warna sudah sesuai, maka tugas selanjutnya adalah mengatur kembali letak furnitur yang ada di rumahmu. Jika kamu memiliki rumah yang tidak terlalu luas, maka hindari memilih perabotan yang memiliki ukuran-ukuran yang besar. Konsep rumah minimalis dengan perabotan secukupnya namun fungsional tentunya akan lebih cocok dengan kondisi rumahmu.

Bukan berarti rumah yang seperti ini tidak bisa memiliki sofa dan meja tamu, ya. Akan tetapi harus diperhatikan model dan ukurannya. Selain itu, peletakannya pun tidak bisa sembarangan yang nantinya bisa membuat kesan rumah terasa penuh.

Tips pertama, tempatkan furnitur di satu titik saja yang akan memungkinkan fokus orang yang melihatnya hanya tertuju ke satu arah. Hindari meletakkan furnitur di beberapa sudut ruangan karena hal ini akan membuat ruang gerakmu terbatas. Kedua, pilih furnitur yang multifungsi, seperti sofa yang bisa diregangkan menjadi kasur untuk bersantai. Meja makan yang bisa dilipat, kasur dengan laci penyimpanan di bawahnya, dan sejenisnya. Zaman sekarang, tekhnologi sudah canggih dan memudahkan kita untuk memiliki furnitur-furnitur yang multifungsi seperti di atas. Terakhir, pilih ukuran-ukuran yang tidak terlalu tinggi dan lebar. Pilih sofa dengan kaki yang pendek dan pastikan sandarannya tidak terlalu tinggi. Begitu pun dengan pemilihan meja kompor yang bisa disesuaikan agar tidak terlalu tinggi supaya menyediakan banyak ruang di atasnya.

Meletakkan Cermin di Tempat yang Tepat

Jika kamu bertanya-tanya tips yang lebih murah dan sederhana untuk membuat rumah terasa lebih luas, jawabannya adalah dengan meletakkan cermin di tempat yang tepat. Ya! Cermin yang diletakkan di ruangan rumahmu akan memberikan kesan yang sangat bagus. Apalagi jika diletakkan menghadap ke arah luar rumah, maka otomatis pemandangan di luar akan terpantul melalui cermin dan kamu akan merasakan perbedaannya sendiri.

Cermin digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah. Dengan fungsi tambahannya sebagai alat untuk membuat rumah terlihat lebih luas dengan pantulan cahayanya di siang atau pun malam hari.

Pencahayaan yang Cukup

Hindari bergelap-gelapan. Pastikan untuk membangun ataupun memilih rumah dengan jendela yang cukup sehingga cahaya dari luar ruangan bisa masuk ke dalam rumah dan membuat rumah terasa luas. Rumah yang gelap akan memberikan kesan sumpek dan sempit. Maka dari itu entah siang ataupun malam, pastikan untuk selalu memberikan pencahayaan yang memadai ya.

Selain jendela, kamu juga bisa menggunakan alternatif lain. Contohnya seperti membuat pencahayaan alami di langit-langit dengan menggunakan atap kaca atau familiar dengan istilah sky light. Hal ini dapat membantu kamu untuk menciptakan suasana rumah yang lebih besar.

Perhatikan Jarak Lantai ke Langit-langit Rumah dan Dekorasinya

Selayaknya seorang wanita yang memakai sepatu dengan hak tinggi, rumah pun memiliki konsep yang hampir mirip. Di mana, jarak antara lantai rumah dengan langit-langit rupanya bisa memberikan kesan rumah yanglebih tinggi dan sempurna. Maka pastikan untuk memilih atau membuat rumah dengan atap yang tidak terlalu rendah.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih tirai. Tirai dengan bahan yang terlalu tebal dan terkesan berat hanya akan menambah fokus yang tidak berarti, maka sebaiknya pilihlah tirai dengan bahan yang halus dan ringan saja ya.

Dekorasi Dinding

Luas dinding yang terbatas akan semakin terlihat sempit jika kamu terlalu banyak menempelkan hiasan-hiasan di sana. Bingkai foto berukuran kecil, lukisan-lukisan, dan lain sebagainya hanya akan membuat kesan yang berantakan. Jika kamu ingin mempercantik dinding, maka pilihlah salah satu hiasan dengan ukuran yang agak besar dan diletakkan hanya di satu sudut dinding saja. Tapi, jika kamu lebih menyukai hiasan berupa bingkai foto yang kecil, tentu boleh juga. Dengan catatan dekorasi tersebut hanya diletakkan di satu bagian dinding saja sama halnya seperti tips sebelumnya di atas.

Jangan Biarkan Rumah Berantakan

Buku berserakan, majalah-majalah, remote TV, remote AC dan sebagainya terkadang menjadi salah satu pencetus munculnya rasa pengap di dalam rumah. Tips selanjutnya yaitu usahakan untuk selalu mengorganisir setiap barang-barang kecil seperti yang telah disebutkan di atas.

Bisa dimulai dengan menyediakan rak untuk menyimpan buku. Agar tidak memakan tempat, kamu bisa memilih rak yang bergaya minimalis agar kesan rumah yang ingin dibuat luas tidak terganggu. Selain berguna sebagai penyimpanan buku, sebaiknya pilihlah rak yang serbaguna, yang juga bisa dipakai sebagai tempat untuk menyimpan hal-hal lain seperti remote tv.

Nah, untuk berbagai remote juga penting agar dikondisikan. Kamu bisa membeli tempat penyimpanan remote yang banyak dijual di e-commerce. Tujuannya tentu supaya barang-barang yang berukuran kecil seperti itu dapat lebih tertata dengan baik dan tidak mengganggu pemandangan.

Bagaimana? Tertarik untuk menyulap rumahmu agar terlihat lebih luas? Yuk buktikan sendiri tips-tips mengubah ruangan sempit menjadi terlihat lebih luas di atas!

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.