Tips Menata Kamar Tidur Minimalis Agar Terlihat Lebih Luas dan Lega

Seiring berjalannya waktu, konsep ruangan minimalis mulai banyak dipilih oleh kebanyakan orang. Pasalnya, ukuran ruangan minimalis yang kecil nantinya tidak akan memakan banyak lahan. Hal ini tentunya akan sangat cocok jika Anda punya tanah sempit. Anda tetap bisa memiliki hunian impian meski dengan lahan yang tidak begitu luas. Beberapa ruangan bisa dibuat dengan ukuran minimalis dan lebih kecil. Termasuk juga kamar tidur. – megabaja.co.id

Seberapapun ukuran dari kamar tidur tentunya tidak akan jadi masalah apabila Anda menatanya dengan tepat.

Meskipun banyak yang beranggapan jika kamar minimalis  terkesan sumpek dan sempit, sehingga ada beberapa orang yang tidak betah berlama-lama disana, ternyata ada berbagai macam solusi dan cara yang bisa diaplikasikan agar ruangan kamar yang sempit bisa terlihat lebih luas dan lapang. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini. 

Pakai Tipe Ranjang Pendek

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memanipulasi agar kamar tidur minimalis menjadi terlihat lapang dan luas adalah dengan menggunakan ranjang pendek. Pasalnya semakin tinggi ranjang akan membuat kamar terlihat semakin penuh. 

Bahkan apabila Anda tidak memiliki ranjang, kasur bisa diletakkan di atas lantai tanpa memakai ranjang. Tujuannya adalah agar bisa tercipta kesan luas.

Untuk menciptakan ruang yang lebih luas, geserlah semua perabot yang ada di dalam kamar ke bagian pinggir atau tepi. Cara ini akan membuat bagian tengah dari ruangan kamar jadi kosong. Secara otomatis kamar tidur akan terkesan lebih luas dan Anda bisa leluasa untuk beraktivitas.

Jangan Terlalu Banyak Barang

Tips menata kamar supaya terlihat luas lainnya adalah jangan menaruh semua barang di ruangan kamar. Mulailah dengan memisahkan barang yang masih digunakan dengan yang tidak, agar ruangan bisa lebih lega. Langkah ini memang butuh cukup banyak energi dan waktu.

Selain itu sebaiknya prioritaskan barang sesuai dengan kebutuhan. Jika memang nantinya Anda akan membutuhkan beberapa barang berukuran besar tidak masalah, Anda bisa menggunakan barang multifungsi tempat penyimpanan ganda seperti dipan sekaligus laci. 

Hindari Perabotan Besar

Sebenarnya boleh-boleh saja Anda menempatkan perabot seperti lemari dan meja belajar di ruang kamar tidur minimalis. Tapi kamar minimalis cocok dengan perabotan multifungsi dan berdimensi kecil. Karena semakin kecil dimensi barang maka kamar minimalis akan punya cukup space kosong. 

Gunakan Sprei dengan Motif Polos

Perlu Anda ketahui, pemakaian sprei juga tidak luput untuk diperhatikan ya. Sebaiknya pilihlah jenis sprei polos untuk kasur Anda. Jika ingin sprei bermotif maka bisa memilih motif yang sederhana saja, agar kamar tidak terlihat ramai dan sempit. Motif sederhana juga berlaku untuk perabotan dan hiasan kamar lainnya ya. 

Tips Menciptakan Kamar Tidur agar terlihat lebih luas

Memaksimalkan Ruang Kosong pada Dinding

Tidak semua barang yang dimiliki harus diletakkan pada lantai. Jika memang dirasa memungkinkan, beberapa barang bisa Anda tempatkan di rak dinding. Anda juga bisa menambahkan gantungan baju atau yang lainnya.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah jangan menggantung barang berlebihan pada bagian dinding yang masih kosong. Pasalnya hal ini justru akan menjadikan suasana ruangan kamar terlihat semakin sempit dan sumpek. 

Pilih Kamar Jendela ke Luar

Tips berikut ini sangat cocok untuk anak kos. Sebab biasanya kamar kos memiliki luas yang terbatas. Jadi satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memilih kost berjendela keluar. Selain berfungsi sebagai ventilasi udara, jendela jenis ini juga cukup ampuh menjadikan kamar terlihat lebih luas meskipun aslinya mungil. 

Usahakan untuk Tidak Menggantung Baju pada Bagian Belakang Pintu

Disadari ataupun tidak, salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah menggantung baju pada bagian belakang pintu. Padahal kebiasaan ini akan membuat ruangan terasa semakin sempit, bahkan bisa menciptakan suasana panas. Cara yang bisa dilakukan agar kamar tidur minimalis terlihat selalu rapi dan lega adalah dengan menaruh pakaian kotor pada keranjang cucian.

Jika memang tidak ingin dicuci atau akan digunakan kembali sebaiknya taruh pakaian tersebut ke dalam lemari. Kemudian beri pembatas antara baju yang masih bersih dengan baju yang sudah dipakai. Sebaiknya tambahkan kamper agar lemari tidak bau karena baju yang sudah dipakai tadi.

Pakai Cat Berwarna Netral yang Memberikan Kesan Hangat

Tidak hanya akan menjadikan kamar terlihat lebih luas saja, cat warna netral juga mampu memberikan kesan hangat. Beberapa rekomendasi cat warna netral yang bisa dipilih adalah putih, abu-abu muda maupun biru muda.

Tambahkan Cermin Besar

Seperti yang sudah Anda ketahui dimana cermin bisa menciptakan ilusi ruangan menjadi terlihat lebih luas. Hal ini tentunya juga berlaku sama pada kamar tidur minimalis. Agar tidak memakan tempat, Anda bisa menempatkan satu cermin besar di salah satu sisi kamar. 

Pasangkan cermin tembok yang menghadap ke arah pintu maupun jendela kamar. Meskipun hanya ada satu cermin, ini akan sangat efektif untuk menciptakan ilusi mata agar kamar terlihat lebih luas. 

Kamar Wajib untuk Rutin Dibersihkan Setiap Hari

Kamar akan terlihat luas ketika selalu dalam keadaan rapi dan bersih. Jadi akan percuma sekali jika Anda sudah melakukan beberapa tips di atas tapi tidak rajin membersihkannya. Kamar yang jarang dibersihkan cenderung kotor dan banyak barang berserakan, ini akan terkesan sumpek dan sempit.

Oleh sebab itu buatlah jadwal untuk membersihkan kamar secara rutin. Sesuaikan saja dengan waktu yang Anda miliki. Sebaiknya berikan kompensasi apabila Anda tidak melakukannya. Dengan begitu semangat bersih-bersih kamar tidur akan semakin tinggi. Selain itu Anda perlu menyadari bahwa semua benda punya tempat atau rumahnya sendiri.

Maksud dari hal ini adalah jangan lupa kembalikan barang ke “rumahnya” setelah digunakan. Tujuannya agar tidak berserakan dan membuat ruangan terkesan sempit. 

Pastikan juga kabel-kabel di dalam kamar dalam keadaan rapi. Meskipun sering dianggap sepele, namun jika tidak ditata dengan benar akan membuat kamar terlihat berantakan dan kotor. 

pencahayaan penting dalam membuat kamar tidur kita nyaman

Pengaturan Cahaya

Faktor penting lain yang perlu untuk diperhatikan adalah pencahayaan. Pasalnya cahaya akan memberikan ilusi seolah terlihat semakin luas. Jika kamar memiliki pencahayaan yang redup maka akan semakin terlihat sempit. Begitu sebaliknya, semakin terang cahayanya, maka kamar terlihat semakin luas. 

Jadi sebaiknya Anda mengatur pencahayaan kamar secara maksimal. Pencahayaan yang maksimal bisa dengan mudah dibuat dari pemilihan maupun peletakan lampu secara tepat. Apabila nantinya pada kamar ada jendela, maka  Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka tirai supaya cahaya matahari bisa masuk hingga ke semua sudut ruangan kamar. 

Seberapapun ukuran dari kamar tidur tentunya tidak akan jadi masalah apabila Anda menatanya dengan tepat. Bahkan kamar tidur minimalis bisa disulap menjadi terlihat luas dengan beberapa tips di atas. Dengan penataan yang benar maka banyak space yang bisa digunakan, jadi akan ada banyak sisa ruang. Selamat mencoba ya!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.