Mau Mempercantik Halaman Rumah? Intip Beberapa Ide dan Tips-Tipsnya Di Sini

Zaman sekarang, tidak di kota besar maupun kota kecil, tren rumah minimalis semakin marak saja. Dibarengi dengan berbondong-bondognya para pengembang memasarkan rumah dengan tipe-tipe yang sederhana mulai dari tipe 36 – 100 meter persegi. Bagai kacang goreng, rumah-rumah tersebut pun banyak dicari oleh kaum millennial yang menginginkan kehidupan praktis juga sederhana. -MegaBaja.co.id

Biasanya, rumah-rumah dengan tipe di atas juga memiliki halaman yang terbatas. Lalu, bagaimana caranya supaya rumah yang sederhana ini tetap terlihat menawan?

Mempercantik halaman rumah menjadi sesuatu yang gampang-gampang susah. Karena terletak di muka bangunan, maka penataannya pun harus semaksimal mungkin.

Kesalahan-kesalahan kecil dalam menata halaman tentunya bisa mempengaruhi tampilan rumah. Alih-alih menjadi indah, hal itu justru akan membuat rumah tampak berantakan.

Di dalam artikel ini akan tersaji berbagai tips dan inspirasi untuk kamu dalam hal menata halaman rumah. Apa sajakah itu? Yuk simak lebih lanjut.

Ide Untuk Konsep Halaman Rumah

Hiasi dengan Tanaman dan Bebatuan

Dalam menata halaman rumah tidak boleh dilakukan tanpa perencanaan. Sebelum menentukan objek apa yang akan kamu gunakan dalam memperindah halaman, pastikan kamu mengenali dulu seperti apa karakteristik halaman rumah itu sendiri.

Apakah lahannya cukup luas?

Apakah aliran air bisa masuk dengan mudah? Dalam hal ini kita bisa asumsikan aliran air berasal dari air hujan ya.

Terakhir, apakah area tersebut mendapatkan cukup sinar matahari?

Jika jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut adalah : Ya. Maka, halaman dengan tanaman hijau akan menjadi hal yang sempurna. Namun, jika jawabannya adalah : Tidak. Maka, hindari menghias halaman dengan tanaman hijau karena hal itu hanya akan membuang-buang waktu saja. Kenapa begitu? Alasannya cukup sederhana, yaitu karena tanaman hijau akan membutuhkan asupan air dan cahaya matahari yang memadai agar tetap bertahan hidup.

Jika halaman rumahmu tidak mendapatkan pasokan air dan cahaya yang cukup, kamu bisa mengganti tanaman hijau dengan bebatuan.

Banyak batu-batu cantik yang akan cocok untuk menghiasi bagian depan rumahmu. Seperti batu split, batu coral dan lain-lain. Nah, jika tetap ingin menambahkan nuansa hijau, pilihlah tanaman yang mampu bertahan dalam kondisi kering dan gersang. Seperti halnya kaktus, lidah buaya, bunga bougenvil dan sejenisnya.

Dijadikan Tempat Bersantai

Kalau kamu adalah orang yang tidak memiliki banyak waktu luang, mengurus tanaman mungkin akan sedikit merepotkan. Namun jangan risau, walaupun tidak bisa mempercantik halaman dengan tanaman, kamu masih bisa memiliki alternatif lain.

Salah satunya adalah dengan menjadikan halaman rumahmu sebagai tempat bersantai.

sumber : pinterest

Kamu bisa menyediakan kursi taman yang sederhana, dilengkapi dengan beberapa pot tanaman. Pilih tanaman yang paling mudah dirawat saja. Untuk mempercantik suasana, kamu juga bisa menambahkan bohlam-bohlam yang sedang ngetren, pilihlah yang berwarna kuning temaram. Selain cantik, bohlam dengan warna temaram akan menambah kesan romantis juga lho.

Kolam Ikan

Terdengar rumit tapi layak untuk dicoba!

Jika kamu bingung untuk mempercantik halaman rumah, cobalah untuk membuat kolam ikan kecil di salah satu sudutnya. Kolam dengan ukuran yang sederhana, dilengkapi air mancur buatan sepertinya akan menambah kesan yang berbeda bukan?

sumber : pinterest

Setelah itu, kamu bisa menambahkan ikan-ikan hias yang berwarna-warni. Untuk pemanis, kamu bisa menggelar rumput sintetis di sekitarnya agar kesan alami makin kental terasa. Dengan pemanfaatan lahan yang terbatas, kolam ikan sederhana ini akan membuat rumahmu semakin indah dan menawan.

Menciptakan Pagar Tumbuhan

Solusi lain yang bisa kamu gunakan saat mempunyai halaman yang tidak terlalu luas adalah dengan membuat pagar tumbuhan. Selain alami, pagar tumbuhan juga tentunya akan banyak menghemat ruang. Salah satunya yaitu dengan mengusung konsep vertical garden.

Selain irit tempat, rumahmu juga akan otomatis terlihat lebih segar.  Tanaman-tanaman tersebut biasanya akan ditempelkan pada bagian dinding depan rumah atau pagar. Sedangkan jenis tanaman yang biasa dipakai adalah tanaman hidroponik, atau bisa juga dengan tanaman sintetis.

Taman ala Jepang

Jika kamu merasa bosan dengan konsep yang begitu-begitu saja, mungkin kamu perlu sentuhan khusus. Alih-alih liburan ke Jepang yang akan menghabiskan banyak modal, kamu kini hanya perlu membawa suasana itu ke halaman rumahmu.

Taman ala Jepang identik dengan tiga elemen yaitu air, tumbuhan dan batu. Saat kamu mengkombinasikan ketiga hal ini dengan tepat, maka suasana baru akan terasa. Jangan lupa juga untuk menambahkan nuansa jepang seperti lentera, lampu-lampu redup dan ornament-ornamen sejenisnya.

Nah, sudah cukup bukan inspirasinya? Sekarang mari kita beranjak ke tips menata halaman rumah agar tetap fresh dan nyaman.

Tips Mempercantik Halaman Rumah

Menentukan Karakter Halaman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebelum memutuskan untuk menghias atau menata halaman rumah, kamu harus tahu dulu seperti apa karakter halaman rumahmu. Apakah tandus, atau subur? Memilki pencahayaan yang cukup atau tidak? Luas atau sempit? Dan sebagainya.

Jika sudah menentukan hal tersebut, maka akan mudah bagi kamu untuk menentukan tema seperti apa yang cocok. Untuk tipe halaman yang minim air dan pencahayaan, hindari menghiasinya dengan tanaman-tanaman hijau ya. Lebih baik ditata dengan bebatuan dan tanaman-tanaman pilihan, atau bisa juga dibuat sebagai kolam ikan sederhana saja.

Memilih Jenis Tanaman yang Tepat

Jenis tanaman sangatlah banyak. Maka dari itu kamu harus mengetahui jenis tanaman apa yang akan kamu gunakan sebagai hiasan di halaman rumah.

Apakah tanaman berdaun seperti janda bolong dan kuping gajah? Atau tanaman berbunga seperti bougenvil, rose dan lain-lain? atau bahkan tanaman herbal dan sayur-sayuran hidroponik?

Semua tanaman tentunya bisa kamu letakkan di halaman rumah. Namun untuk menghemat waktu dan tenaga, pilihlah tanaman yang tidak sulit untuk dirawat. Contohnya ada lidah mertua, sirih gading, lidah buaya, bunga lili dan masih banyak lagi.

Memilih Material yang Tepat

Karena merupakan muka dari sebuah hunian, kerapian halaman depan haruslah dijaga setiap saat. Akan tetapi bukan hanya itu, menjaga kerapian halaman depan harus diawali dengan pemilihan material yang tepat.

Pada pembuatan taman, kolam ikan, vertical garden dan sebagainya, tenu harus diperhatikan juga dalam memilih bahannya. Seperti contohnya dalam pembuatan taman, desainer interior terkemuka dari Amerika, Julie Farris menyarankan material batu seperti batu kapur, baja, kerikil dan kayu kotak sebagai bahan-bahan yang akan cocok untuk menata halaman depan rumahmu.

Tetap Minimalis dan Sederhana

Untuk halaman depan rumah yang tidak terlalu luas, kamu harus memperhatikan beberapa aspek seperti warna dan penataan tanaman. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesederhanaan dan konsep minimalis yang selaras dengan rumahmu.

Menjaga halaman depan agar tetap luas, bebas dan sejuk kini menjadi PR tersendiri. Caranya bisa kamu mulai dengan menggunakan warna netral seperti konsep minimalis pada umumnya. Pastikan juga untuk mengkombinasikan bentuk tanaman agar tidak terlihat penuh atau sesak.

sumber : pinterest

Jika memilih satu pohon berukuran sedang untuk diletakkan di halaman, maka hiasilah sekitar halaman dengan batu-batu kecil serta lampu-lampu agar halaman tetap terlihat luas.

Kira-kira begitulah tips dan inspirasi mempercantik halaman depan rumahmu. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya di rumah?

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.