Cek Ide Dekorasi Kamar Anak, Dijamin Bikin Betah

Kamar tidur mungkin menjadi salah satu ruangan yang dihindari oleh anak-anak, karena di usianya mereka akan lebih tertarik dengan kegiatan bermain di luar rumah. Akan tetapi, istirahat adalah kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari bukan? Maka dari itu, penting bagi kamu sebagai orang tua untuk membuat kamar tidur anak-anak menjadi lebih menarik. -MegaBaja.co.id

Kenyamanan dan suasana kamar anak memiliki sedikit banyak peran terhadap perkembangan anak, baik dari psikis mau pun fisiologis. Dengan kamar yang nyaman, anak akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik tentunya.

Tidak perlu dekorasi mewah dan berlebihan, kamar anak hanya perlu ditata sesuai dengan kepribadian dan karakter anak itu sendiri. Sebagai orang tua, kamu harus mengetahui apa yang disukai oleh anak-anak. Seperti karakter kartun atau super hero, warna kesukaan dan lain-lain.

Untuk menemukan beberapa ide dan inspirasi, yuk simak dulu artikel mengenai ide dekorasi kamar anak di bawah ini.

Inspirasi Tema Dekorasi Kamar Anak

Kamar Anak Tema Bohemian

Bohemian merupakan sebuah tren gaya hidup dengan kesan vintage dan ethic pad aera tahun 1960-an. Terkesan jadul ya? Eits, jangan salah.

Menata kamar anak dengan tema vintage seperti ini pun tidak kalah menarik. Kamu bisa menyulap kamar anak dengan nuansa kecokelatan. Biasanya dilengkapi dengan dekorasi-dekorasi kayu dan anyaman-anyaman. Salah satunya adalah gorden mekrame yang bisa ditata di ranjang tidur atau bahkan dijadikan hiasan di dinding kamar. Coba yuk!

Kamar dengan Bunk Bed

Bunk Bed adalah sebutan untuk jenis kasur atau tempat tidur yang ringkas dan mudah digunakan. Jika anak kamu memiliki ukuran kamar yang tidak terlalu luas, maka bunk bed merupakan solusi yang tepat.

Desain kasur yang ringkas dan multifungsi ini tentunya akan menghemat banyak ruang dan menyisakan ruang gerak yang lebih luas. Terlebih untuk anak-anak, mereka biasanya akan menyukai tampilan kamar yang nyentrik, bunk bed akan dengan cepat menarik perhatian mereka karena memiliki bentuk yang tidak umum.

Sisanya, kamu bisa mengkombinasikan dekorasi bunk bed ini dengan tema-tema lain. Seperti tema warna gelap, cerah, atau dekorasi tiga dimensi yang disukai anak-anak.

Camping Room

Anak-anak biasanya tidak terlalu menyukai kamar tidur karena akan membatasi ruang geraknya. Akan tetapi, jika kamu menghadirkan suasana outdoor ke dalamnya, bisa jadi akan menambah ketertarikan anak-anak pada ruang tidur itu sendiri.

Dengan tema camping, waktu istirahat anak-anak menjadi lebih menarik. Kamu bisa mengubah kasur anak-anak dengan menambahkan tenda, lalu mendekorasi langit-langit dengan taburan bintang-bintang. Menyenangkan bukan?

Princess Room

Jika camping room pada umumnya akan lebih disukai oleh anak laki-laki, maka mengubah kamar menjadi kamar ‘tuan putri’ mungkin akan cocok untuk anak perempuan.

Kamar bernuansa mewah akan cocok dengan kepribadian putrimu yang anggun. Dibubuhi dekorasi-dekorasi lain seperti lampu tidur bergaya Victoria, hingga ranjang dengan ornament-ornamen khas istana. Jangan lupa juga untuk memberikan sentuhan anggun di dinding, seperti warna yang elegan atau dekorasi lain seperti lukisan dan sebagainya.

Kamar Anak Tema Minimalis

Walaupun sebagian besar anak biasanya memiliki gaya yang ekspresif dan penuh warna, namun ada juga yang lebih menyukai gaya minimalis dan sederhana. Maka tidak ada salahnya untuk memilih inspirasi kamar anak dengan tema minimalis seperti ini.

Warna cat kamar yang tenang, dikombinasikan dengan furniture-furniture sederhana yang fungsional sudah mencakup kriteria kamar yang minimalis.

Kamu bisa memilih tipe ranjang kasur yang multifungsi dengan laci penyimpanan di bawahnya. Selain itu, kamu juga bisa memasangkan beberapa dekorasi dinding yang sederhana untuk menambah kesan manis di dalam ruangan.

Kamar Tema Barbie

Siapa yang tidak kenal dengan Barbie?

Karakter yang satu ini cukup banyak digemari oleh anak-anak, terutama perempuan. Mewujudkan impian mereka untuk menjadi karakter Barbie salah satunya bisa dengan menyulap kamarnya sesuai tema dari karakter yang mereka sukai.

Salah satunya adalah dengan mengecat dinding kamar anak dengan warna pink, biru dan warna pastel yang identic dengan barbie. Setelah itu, lengkapi dengan furniture kamar yang juga bernuansa sama. Dan voila! Kamar anak sudah siap dengan nuansa yang cantik.

Kamar Berwarna-warni

Setelah bingung menentukan warna apa yang akan diaplikasikan di kamar anak, dan tidak menemukan yang cocok? Barangkali memadukan beberapa warna bisa jadi jawaban yang tepat.

Kamar anak dengan tema warna yang beragam bisa menjadi solusi. Beberapa anak memang tidak terlalu spesifik pada satu jenis warna saja. Menggabungkan beberapa warna akan membuat kamar anak-anak menjadi lebih ceria. Misalnya dengan menggabungkan warna Pelangi, warna-warna pastel, atau bahkan memadukan warna-warna kontras seperti biru dan kuning, merah dan hijau, dan lain-lain.

Nah setelah membaca beberapa inspirasi kamar tidur anak, kamu juga perlu mengetahui bagaimana tips menata kamar tidur anak agar nyaman dan menyenangkan.

Tips Menata Kamar Tidur Anak

Menyimpan Barang-Barang di Tempat Terjangkau

Jika kamu membiarkan anak-anak untuk tidur sendiri, maka kamu juga harus memastikan bahwa mereka berada dalam kondisi aman dan nyaman. Salah satunya adalah dengan cara menyimpan segala hal penting di tempat yang mudah dijangkau.

Misalnya, mainan, buku, dan lain sebagainya. Namun kamu juga perlu memperhatikan untuk menjaga barang berbahaya untuk tetap berada di jarak aman. Seperti kabel listrik, colokan dan lain sebagainya yang membahayakan.

Menyediakan Art Space

Ap aitu art space?

Art space adalah sebuah tempat yang bisa digunakan anak-anak untuk menumpahkan kreativitasnya. Bisa berupa dinding kosong, sudut ruangan atau semacamnya. Kamu bisa merelakan satu sisi dinding di kamar anakmu untuk dijadikan sebagai tempat untuk anak-anak berkreasi. Atau jika tidak memungkinkan, kamu bisa membekali mereka dengan papan tulis dan kapur atau spidol.

Tentunya menjadi hal yang bagus jika anak-anak merasa nyaman dan senang dengan kamar tidurnya bukan?

Papan Magnet

Anak-anak pada umumnya adalah seorang kolektor. Ia akan senang mengoleksi barang-barang yang menarik, mulai dari kartu, gambar dan sticker. Agar hal ini tidak membuat kamarnya berantakan, maka penting bagi kamu untuk menyediakan tempat untuk hasil koleksi tersebut.

Contohnya bisa dengan menempelkannya di dinding, atau menyediakan papan magnet agar mereka bisa menempelkannya di sana.

Rak Buku

Suka ataupun tidak, buku akan selalu menjadi teman bagi anak-anak. Ajarkan anak untuk menyukai buku dengan cara menyimpan beberapa buku kesukaannya di area tidur.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan rapi, yaitu dengan turut menyediakan rak buku yang unik dan menarik. Anak adalah makhluk visual, saat matanya menangkap hal yang menurutnya unik, makai akan segera tertarik dan mulai mencobanya.

Menambahkan Wallpaper 3D

Kembali pada fakta bahwa anak adalah makhluk visual, wallpaper 3D akan menjadi salah satu elemen kamar yang mengagumkan bagi mereka. Ilusi-ilusi optic yang dihasilkan dari hiasan dinding ini akan membuat anak-anak menyukai kamar tidurnya.

sumber : pinterest

Kamu bisa memilih berbagai tema yang mungkin akan disukai oleh anak-anak.

Nah, itulah berbagai ide inspirasi kamar anak beserta tips penataannya yang unik dan menarik. Siap untuk mempraktekkannya di rumah bersama si kecil?

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.