Kenali Keunggulan dan Kekurangan Rumah Minimalis Sebelum Terlambat

Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer sekaligus sekunder bagi seseorang. Fungsi rumah sebagai tempat berteduh dan istirahat adalah kebutuhan primer. Akan tetapi segala hal di luar itu seperti gaya arsitektur rumah, desain interior dan sebagainya merupakan kebutuhan sekunder atau bahkan tersier. -MegaBaja.co.id

Saat ini, gaya atau model sebuah rumah menjadi salah satu hal yang diperhitungkan dalam membangun hunian sesuai impian. Model-model rumah selalu memiliki trennya untuk beberapa zaman. Seperti halnya sekarang, gaya rumah minimalis banyak digandrungi dan diidam-idamkan oleh sebagian banyak orang.

Sebenarnya apa sih arti dari rumah minimalis itu? Apakah rumah minimalis harus selalu berukuran kecil dan sempit?

Nah, dalam artikel ini, kamu akan mengetahui makna sebenarnya dari rumah minimalis. Selain itu, dengan membaca artikel ini kamu akan mengetahui lebih banyak tentang keunggulan dan kekurangan dari rumah dengan gaya minimalis.

Apa Itu Rumah Minimalis?

Rumah minimalis bukanlah sekedar rumah yang memiliki ukuran kecil. Walau pun terdapat kata ‘mini’ di dalamnya, bukan berarti rumah minimalis tidak bisa dibangun di lahan yang lebih luas.

Banyak orang yang salah mengartikan gaya minimalis tersebut.

Menurut ilmu arsitektur, rumah minimalis adalah sebuah konsep rumah yang memiliki desain dengan hanya menggunakan kebutuhan mendasar. Umumnya menekankan pada hal-hal yang sifatnya fungsional saja tanpa menghilangkan sisi estetikanya.

Bahkan, perlu kamu ketahui, para arsitek menyebutkan bahwa dalam dunia arsitektur tidak ada istilah bangunan atau rumah minimalis. Konsep rumah seperti ini biasanya disebut dengan istilah aliran arsitektur modern. Karena dengan seiring perkembangan zaman, gaya arsitektur dalam sebuah rumah perlahan menghilangkan beberapa unsur dalam bangunan. Seperti ornament-ornament, dekorasi dan lain-lain sehingga sebuah rumah terlihat lebih simple dan minimalis. Itulah mengapa sebagian orang juga terkadang menyebut rumah minimalis dengan imbuhan modern di belakangnya.

Rumah dengan konsep minimalis juga dinilai dapat menggambarkan karakter pemiliknya. Sesuai dengan gaya minimalis dan sederhana, biasanya orang yang memiliki konsep rumah seperti ini mempunyai karakter yang simple, sederhana dan praktis.

Namun, semakin ke sini, pengertian rumah minimalis semakin bergeser. Orang-orang umumnya mengartikan desain rumah minimalis sebagai rumah dengan bentuk kecil, memiliki sedikit furniture dan dibangun di lahan yang kecil. Walaupun tidak sepenuhnya salah, akan tetapi makna sebenarnya kurang tersampaikan.

Lalu, rumah seperti apa yang biasanya identik dengan desain rumah minimalis?

Ciri-Ciri Rumah Minimalis

  • Bentuk denah sederhana seperti kotak atau persegi panjang
  • Atap datar
  • Jendela horizontal atau berbentuk kotak tanpa ukiran
  • Bentuk fasad sederhana
  • Warna exterior dan enterior tidak terlalu ramai
  • Menggunakan material fabrikasi seperti kaca, alumunium, beton, baja dll
  • Memiliki sedikit furniture di dalamnya

Setelah mengetahui dengan jelas apa itu rumah minimalis, kini saatnya kamu mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan memiliki rumah minimalis pada saat ini?

Keuntungan Memiliki Rumah Minimalis

Simple dan Praktis

Konsep rumah minimalis sangat cocok untuk kamu yang tidak tertarik dengan desain rumah yang rumit. Seperti banyaknya ukiran, ornament, dekorasi dan furniture-furniture. Luas bangunan rumah minimalis biasanya tidak sebesar rumah dengan konsep lain seperti rumah klasik yang biasa dibangun dengan megah.

Dengan rumah minimalis, kamu juga tidak direpotkan dengan pemilihan furniture, karena biasanya furniture yang digunakan dalam rumah minimalis juga terbatas.

Tidak Memerlukan Lahan yang Luas

Rumah minimalis biasanya dibangun di atas lahan yang tidak terlalu luas. Adapun jika kamu membutuhkan lebih banyak ruang di dalam rumah, biasanya akan memperluas bangunan dengan cara menambah lantai ke atas.

Mudah Dirawat

Tidak seperti rumah klasik yang biasanya memiliki ukuran yang besar, rumah minimalis akan lebih mudah dirawat. Memiliki ruangan yang sedikit tentunya akan memudahkan kamu dalam membersihkannya. Selain hemat waktu juga bisa hemat tenaga. Apalagi bagi kamu yang tidak memiliki waktu luang yang banyak.

Selain itu, rumah minimalis biasanya tata letak furniture yang terorganisir. Hal ini juga akan memudahkan kamu karena akan banyak ruang yang mudah untuk dijangkau.

Mengasah Kreativitas

Demi membuat rumah minimalis terlihat menarik dan tidak monoton, maka mau tidak mau kamu harus terus mengembangkan kreativitas. Mulai dari mendekor ruangan, membeli furniture yang multifungsi untuk menghemat ruangan, dan mencari ide untuk membuat rumah minimalis agar terlihat lebih nyaman.

Akan tetapi, bagi kamu yang memang sudah tertarik dalam hal dekorasi rumah pastinya tidak akan menjadikan hal ini sebagai beban. Mendekorasi rumah tentunya akan menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anggota keluarga lainnya.

Suasana yang Tenang

Berbeda dari rumah biasa, rumah minimalis biasanya memiliki ciri khas berupa pemilihan warna yang tenang dan lembut. Saat kamu memasuki sebuah bangunan atau rumah minimalis, biasanya suasana hangat dan tenang akan langsung terasa.

Mata kita akan lebih dimanjakan dengan warna-warnanya yang teduh. Umumnya kamu bisa memakai warna-warna dengan nada bumi atau (earth tone), atau warna-warna Netra seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Ajang Investasi

Mudah untuk dibeli dan mudah juga untuk dijual.

Saat ini marak sekali orang yang menyukai rumah dengan gaya minimalis. Jika kamu sudah memilikinya, maka rawatlah dengan baik agar suatu saat menjadi nilai tambah tersendiri.

Pasalnya, gaya rumah yang sederhana dan masuk ke selera banyak orang ini pasti akan banyak diminati. Dengan begitu, rumah dengan gaya minimalis ini juga cukup menjanjikan untuk dijadikan sebagai ajang investasi.

Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik

Rumah minimalis biasanya dirancang dengan segala konsep yang modern. Contohnya dengan mengatur arah cahaya, dan sirkulasi udara di dalam rumah.

Dengan penggunaan furniture dan dekorasi rumah yang secukupnya, tentu akan memberikan ruang gerak yang lebih banyak. Walaupun begitu, fungsi-fungsi utama dari sebuah furniture tetap dinomorsatukan. Seperti pemasangan jendela berukuran besar untuk menambah cahaya, atau pemasangan sky light dengan fungsi serupa.

Nah, setelah mengetahui beberapa keunggulannya. Mari kita simak juga beberapa kekurangan dari rumah minimalis.

Kekurangan Rumah Minimalis

Monoton

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu harus pintar-pintar mendekorasi rumah minimalis agar, tetap terlihat menarik. Pasalnya, bagi sebagian orang, rumah minimalis juga dinilai sebagai rumah yang monoton atau hambar.

Harus lebih Kreatif

Jika kamu bukan orang yang memiliki banyak ide-ide kreatif, memiliki rumah minimalis akan memberikanmu beberapa PR yang mungkin dianggap sulit. Memilih furniture terbatas dan fungsional tentunnya bukan hal yang mudah. Dalam hal ini kamu dituntut untuk teliti dan mempunyai kreativitas yang lebih.

Tidak Cocok Untuk Keluarga Besar

Rumah minimalis walaupun tidak selalu berukuran kecil tapi tetap tidak relevan dengan keluarga besar. Karena semakin banyak anggota keluarga di dalam rumah, semakin banyak juga kebutuhan-kebutuhannya. Dengan begitu, furniture dan segala hal fungsional di dalam rumah pun akan bertambah. Hal ini tentu berseberangan dengan konsep rumah minimalis modern yang telah disebutkan di atas.

Kalau rumahmu termasuk ke dalam gaya rumah minimalis atau bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan, ya.

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.