Penjelasan lengkap Plat Laser Cutting

Kegunaan Dari Plat laser Cutting dan berbagai macam inspirasi mengenai motif dan jenis dari Plat Laser Cutting Itu Sendiri

Laser cutting merupakan proses pemotongan bahan baku menggunakan mesin laser cutting dalam dunia industri. Plat laser cutting merupakan material metal maupun non metal yang dipotong menggunakan teknik laser cutting menjadi bentuk yang diinginkan.

Laser Cutting untuk Berbagai Kebutuhan Industri

Laser cutting pertama kali digunakan pada tahun 1965 untuk mengebor lubang di sebongkah berlian dan terus mengalami perkembangan hingga saat ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan industri. Teknik memotong menggunakan mesin laser cutting ini bisa dipergunakan untuk memotong benda metal ataupun non metal.

Contoh benda-benda non metal yang dipotong menggunakan laser cutting antara lain seperti kayu, akrilik, leather, plastik, mdf, polyester, gabus dan cardboard. Sedangkan untuk jenis benda metal yang banyak digunakan untuk dijadikan plat yaitu stainless steel, carbon steel, tembaga, kuningan, aluminium dan lain sebagainya.

Pemotongan menggunakan laser mampu menghasilkan hasil potongan berkualitas tinggi dan akurat secara dimensi. Cara kerja mesin later laser cutting yaitu mengarahkan output sinar laser melalui nozzle ke plat logam maupun nonlogam.

Untuk mengarahkan sinar laser agar hasilnya tepat mesin laser cutting menggunakan computer numerical control atau CNC. Sinar laser akan fokus mengarah ke material, lalu perpaduan panas dan tekanan akan membuat material meleleh, terbakar, tertiup angin ataupun menguap sehingga mampu menghasilkan potongan plat laser cutting yang halus dan rapi.

A. Proses Pemotongan Pada Plat Laser Cutting

  1. Sinar laser merupakan kolom yang memiliki intensitas cahaya sangat tinggi dan jenis gelombangnya tunggal (satu warna).
  2. Sinar laser akan melewati lubang nozzle sebelum menyentuh plat dalam bentuk gas terkompresi nitrogen dan oksigen.
  3. Dalam proses ini sinar laser harus akurat sehingga bentuk titik fokus memiliki bentuk bulat sempurna, konsisten dan terpusat pada nozzle. Sinar laser yang terfokus bisa menghasilkan berkas besar ke satu titik sehingga kepadatan panas di titik itu menjadi sangat ekstrem.
  4. Kepadatan daya yang sangat tinggi bisa menghasilkan pemanasan secara cepat, peleburan dan juga penguapan sebagian maupun seluruh material yang dilaser.
  5. Saat memotong material berupa aluminium atau baja maka sinar laser hanya akan melelehkan material, lalu nitrogen dengan tekanan tinggi dimanfaatkan sebagai peniup logam cair agar keluar dari garitan.
  6. Pada laser cutter CNC bagian kepala pemotong laser digerakkan ke atas plat logam mengikuti desain yang diinginkan sehingga bagian tersebut dapat keluar dari plat.
  7. Sistem kontrol digunakan agar jarak antara ujung nozzle dengan bagian plat yang dipotong akurat. Anda tidak boleh mengabaikan jarak ini karena bisa menjadi penentu titik fokus relatif terhadap bagian permukaan plat yang akan dipotong.

B. Standar Pemotongan Plat Laser Cutting

Kualitas pada plat laser cutting sangat dipengaruhi oleh titik fokus yang tepat. Selain titik fokus ada banyak sekali parameter yang mampu mempengaruhi kualitas hasil potongan plat namun jika semua tahapan dijalankan secara benar pemotongan menggunakan laser cutting mampu menghasilkan plat yang stabil dan akurat.

Kualitas mesin pemotong juga sangat mempengaruhi hasil plat yang dipotong. Berikut ini adalah standar pemotongan plat laser cutting yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin menggunakan plat laser cutting untuk kebutuhan hunian atau properti Anda.

  1. Bagian Tepi Tegak Lurus

Jika Anda menggunakan plat logam dengan ketebalan di atas 10 mm maka memperhatikan bagian ujung merupakan cara tercepat untuk menentukan kualitas hasil pemotongan laser. Sinar laser akan menyimpang saat jauh dari titik fokus dan lebar pemotongan arahnya bisa ke atas maupun bawah sesuai dengan fokusnya. Hasil tepian yang semakin vertikal maka menunjukkan semakin bagus pula kualitas pemotongan plat tersebut.

  1. Deformasi

Apabila proses pemotongan menyebabkan panas terlalu cepat bisa menyebabkan plat berubah bentuk. Panas tersebut bisa membuat garis luar dan sambungan yang ukurannya hanya beberapa mm menjadi berubah. Untuk mengurangi panas dan deformasi maka saat proses pemotongan Anda harus mengontrol daya laser supaya hasilnya sesuai.

  1. Korosi dan Depresi

Korosi dan depresi sangat mempengaruhi plat laser cutting karena bisa merusak penampilan. Sebisa mungkin hindari untuk memilih plat yang memiliki tampilan buruk dan mengalami kegagalan saat proses pemotongan.

  1. Tingkat Kekasaran

Tingkat kekasaran sebuah plat laser cutting bisa dilihat dari kedalaman garis saat pemotongan. Semakin halus garisnya maka hasil potongannya pun semakin baik.   kebanyakan plat laser cutting berkualitas buruk memiliki garis yang cukup tegas dan kasar.

  1. Lebar Sayatan

Lebar sayatan seharusnya tidak mempengaruhi kualitas potongan plat. Lebar sayatan saat proses pemotongan hanya akan berdampak jika garis luar yang sangat presisi tercipta di dalam komponen. Hal ini disebabkan karena lebar pemotongan plat menentukan bagian internal minimal dari garis besar.

Saat ketebalan plat semakin tinggi maka lebar pemotongannya juga akan besar. Oleh sebab itu agar hasilnya presisi dan bebas dari sayatan maka benda kerja haruslah konstan pada area pemrosesan pemotong laser.

Untuk Pemesanan Plat Laser Cutting Bisa di Outlet Mega Baja Terdekat

C. Keunggulan Plat Laser Cutting

Plat laser cutting saat ini banyak sekali digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari gedung-gedung perkantoran, hotel, restoran, pusat perbelanjaan, masjid, toko, bandara hingga hunian pribadi. Tentu saja pemilihan plat laser cutting untuk berbagai kebutuhan tersebut bukan tanpa alasan akan tetapi banyak keunggulan yang dimiliki plat yang satu ini dibandingkan material lainnya.

Berikut ini adalah kelebihan plat laser cutting untuk dijadikan pagar rumah ataupun properti.

  1. Memiliki Sifat yang Kuat

Karakteristik utama plat laser cutting yaitu kuat karena terbuat dari besi baik itu carbon steel, stainless steel maupun mild steel yang pada dasarnya memang sangat cocok untuk ditempatkan pada area outdoor. Jadi pagar yang terbuat dari plat laser cutting akan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dan dibandingkan bahan material lain seperti kayu maupun besi tanpa finishing.

  1. Bebas Karat

Plat laser cutting yang terbuat dari bahan material logam akan di finishing menggunakan powder coating sehingga membuatnya lebih awet karena bebas dari pengkaratan. Inilah alasan lain mengapa plat laser cutting bisa tetap awet walau ditempatkan pada area outdoor.

  1. Desain Bisa Custom

Plat laser cutting dibuat menggunakan mesin laser fiber dan teknik cutting sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin pagar dengan desain unik dan menarik.

  1. Pagar dengan Desain Minimalis

Bagi Anda yang suka dengan desain rumah minimalis maka sangat direkomendasikan menggunakan plat laser cutting karena sangat sesuai. Pagar dibuat dari besi hollow dan plat sehingga tampak lebih simple tapi tetap mampu meninggalkan kesan elegan.

D. Bahan-bahan yang digunakan untuk plat laser cutting

Bagi Anda yang menginginkan rumah dengan tampilan cantik namun tidak ingin terlalu repot mungkin bisa memilih menggunakan ornamen bermotif dari plat laser.

Ornamen pada sebuah rumah seperti plafon, railing tangga, partisi, pagar, plafon dan lainnya bisa didesain supaya membuat rumah tampak lebih cantik. Ornamen dari plat laser cutting bisa dipasang pada bagian interior maupun eksterior rumah. Tentu saja Anda bisa memilih bahan dan juga desain sendiri yang sesuai dengan keinginan.

Berikut ini adalah beberapa jenis material yang sering digunakan dalam pembuatan plat laser cutting.

  1. Besi

Besi yang dibuat plat laser cutting biasanya memiliki ketebalan sekitar 0,8 mm sampai dengan 22 mm. Besi banyak dipilih untuk membuat plat laser cutting karena bisa diwarnai dengan berbagai macam jenis warna yang sesuai dengan selera Anda. Biasanya jenis cat yang digunakan supaya besi menjadi lebih awet yaitu cat duco atau cat powder coating.

  1. Aluminum

Aluminium merupakan bahan material yang memiliki karakteristik ringan dan susah ditembus oleh sinar laser jika dibandingkan dengan material besi. Itulah sebabnya untuk pembuatan plat laser cutting berbahan dasar aluminium maka biasanya menggunakan aluminium dengan ketebalan 0,8 mm sampai dengan 6 mm saja.

  1. Stainless steel

Bahan material ketiga yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan plat laser yaitu stainless steel. Stainless steel jauh lebih mahal dibanding bahan material lain karena sifatnya yang lebih kuat dan sangat tahan terhadap karat. Disamping itu stainless itu juga mampu menampilkan warna asli metalnya yang berkilau. Stainless steel bisa dibuat dengan mesin laser menjadi sebuah plat indah yang presisi dengan ketebalan mencapai 12 mm.

  1. Akrilik

Plat akrilik biasanya digunakan untuk papan nama ataupun media promosi. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar namun plat akrilik tidak bisa dipotong secara manual menggunakan pisau atau gergaji akan tetapi harus menggunakan mesin laser cutting. Material akrilik yang biasanya digunakan dalam pembuatan plat memiliki ketebalan antara 2 mm sampai dengan 40 mm.

  1. MDF

Plat MDF yang dipotong menggunakan mesin laser akan memiliki tampilan yang halus dan tidak ada sisa serpihan. Ketebalan MDF yang biasanya dipotong menggunakan mesin laser yaitu 2 mm sampai dengan 25 mm.

E. Kegunaan Plat Laser Cutting

Ada beberapa jenis barang yang biasanya terbuat dari plat laser cutting. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  1. Body Kendaraan

Tahukah Anda bahwa rangka sebuah kendaraan bisa dibuat dari plat baja yang diproses menggunakan mesin laser cutting?. Pemanfaatan plat laser untuk pembuatan body kendaraan dilakukan oleh pabrik-pabrik besar produsen mobil.

  1. Filing Cabinet atau Lemari

Filing cabinet bisa dibuat dari berbagai macam jenis material mulai dari plastik, kayu, MDF hingga metal yang diproses menggunakan mesin laser cutting. Karena dipotong menggunakan mesin laser tentu saja hasil lemari juga sangat halus dan rapi.

  1. Sign Board

Proses pembuatan plat menggunakan laser cutting tidak hanya diperuntukkan bagi benda-benda metal saja namun juga benda non metal seperti akrilik dan MDF. Kedua bahan ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan reklame atau sign board. Bahan baku tersebut dipotong mengikuti bentuk yang diinginkan menggunakan mesin laser cutting.

  1. Hiasan Dinding

Mungkin belum banyak orang tahu bahwa plat laser bisa dibuat menjadi hiasan dinding yang cantik dan indah. Bahannya pun bisa sangat beragam mulai dari MDF, akrilik hingga leather. Anda bisa menghiasi hunian ataupun bangunan menggunakan produk yang terbuat dari plat laser cutting.

Karena hiasan dinding biasanya dipasang agar rumah tampak lebih indah dan menarik maka proses pengerjaannya pun harus rapi dan presisi. Hal ini tentu sangat mungkin terjadi jika Anda memilih metode laser cutting dalam proses pembuatannya.

Selain rumah hunian tidak sedikit juga tempat usaha seperti hotel, restoran, ataupun cafe yang membuat logo dan nama mereka dari plat laser cutting lalu ditempelkan begitu saja pada dinding ruangan. Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk menunjang tema interior dan untuk memaksimalkan tampilan hiasan dinding biasanya hiasan dinding dipadukan dengan lighting.

Untuk hiasan dinding yang dipasang secara outdoor biasanya menggunakan plat laser cutting yang terbuat dari bahan stainless steel maupun plat mild. Sedangkan untuk instalasi hiasan dinding pada area indoor bisa menggunakan bahan material MDF yang dikombinasikan dengan material akrilik berwarna.

  1. Artwork

Artwork memiliki fungsi yang hampir sama dengan hiasan dinding yaitu untuk menambah nilai estetika sebuah ruangan. Dalam metode laser cutting bisa membuat karya seni dari sebuah plat menjadi bentuk motif yang diinginkan.

Seni instalasi merupakan karya seni yang melalui tahapan penyusunan, merakit hingga memasangkan media seni baik tiga dimensi maupun dua dimensi sehingga membentuk sebuah kesatuan realitas dan juga makna baru.

Plat laser cutting untuk bahan karya seni biasanya terbuat dari material stainless steel, aluminium, kuningan, tembaga, akrilik, MDF dan juga PVC yang diproses dengan teknik finishing menggunakan coating cat. Ketebalan plat untuk karya seni biasanya sekitar 1 mm sampai dengan 12 mm tergantung permintaan.

  1. Partisi ruangan

Plat laser cutting sangat banyak dimanfaatkan untuk pembuatan partisi ruangan. Partisi ini bisa digunakan untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang tengah ataupun ruang makan dengan ruang keluarga dan lain sebagainya. Alasannya adalah karena plat laser bisa dibuat dengan pola rumit sekalipun namun pengerjaannya relatif lebih cepat.

Di samping fungsinya yang berguna untuk memberikan privasi pada ruangan lain partisi juga dimanfaatkan untuk menambah nilai keindahan sebuah ruangan sehingga akan lebih baik jika memiliki desain yang cantik. Elemen dekoratif ini bisa terbuat dari stainless steel, plat besi, tembaga, MDF, kuningan, PVC dan plywood.

  1. Kanopi

Kanopi adalah atap tambahan yang berada di luar rumah seperti balkon rumah teras ataupun carport yang biasanya menghiasi rumah-rumah modern. Fungsi kanopi ini dan terjadi untuk melindungi bagian depan rumah dari sinar matahari dan air hujan. Namun fungsi lainnya yaitu untuk mempercantik tampilan rumah.

Tidak hanya rumah tapi banyak juga bangunan lain yang memanfaatkan plat laser cutting untuk kanopi seperti ruko, hotel, gedung-gedung pemerintahan, kantor dan lain sebagainya. Bahan material yang dipakai untuk pembuatan kanopi antara lain stainless steel, aluminium, besi, kuningan, dan zincalume yang dilapisi dengan coating cat.

Untuk ukuran ketebalan bahan material pembuatan kanopi biasanya antara 1 mm sampai dengan 12 mm tergantung permintaan dari Anda.

  1. Railing

Railing merupakan konstruksi besi yang berfungsi sebagai pegangan sekaligus pagar tangga pada ruangan bertingkat. Selain fungsi utamanya tersebut railing juga sering dimanfaatkan sebagai dekorasi supaya ruangan tampak lebih indah.

  1. Plafon

Plat laser cutting akhir-akhir ini sering dijadikan bahan untuk pembuatan plafon atau langit-langit. Plafon sendiri memiliki fungsi untuk meningkatkan keamanan, kenyamanan dan keindahan sebuah ruangan. Material yang digunakan untuk pembuatan plafon seperti PVC yang melalui proses finishing menggunakan coating cat.

  1. Papan Penanda

Papan Penanda atau sign berguna sebagai penentu arah dan keberadaan sebuah tempat. Walaupun bukan menjadi pusat perhatian secara langsung namun papan penanda memiliki fungsi yang begitu berarti karena sebagai sumber informasi untuk orang yang sedang mencari sebuah lokasi. Tentu saja sign bisa dibuat dari plat laser cutting berbahan aluminium kuningan, atau stainless steel yang dilapisi dengan coating cat.

  1. Fasad

Fasad adalah bagian penting dalam sebuah karya arsitektur karena fasad merupakan bagian yang pertama kali dilihat, diapresiasi dan dinilai oleh publik. Oleh sebab itu fasad harus dibuat seindah mungkin yang salah satunya bisa dengan melakukan pemasangan plat laser cutting. Desainnya bisa sangat beragam sesuai dengan selera Anda.

  1. Pagar Rumah

Pagar adalah elemen yang sangat penting untuk sebuah hunian. Selain sebagai pelindung dari tindak kejahatan, pagar juga sering dijadikan ornamen untuk mempercantik hunian atau properti. Pagar yang terbuat dari plat laser cutting banyak dipilih karena sangat kokoh dan tampilannya indah.

Pagar yang terbuat dari plat laser cutting harus dilapisi menggunakan powder coating supaya bebas dari karat dan aman untuk pemakaian area outdoor. Pentingnya pemberian lapisan cat pada pagar untuk mengatasi perubahan cuaca ekstrem dari hujan ke panas atau sebaliknya.

Salah satu jenis material yang paling cocok digunakan untuk plat laser cutting yaitu mild steel yang ketebalannya sekitar 2 mm. Mild steell umumnya digunakan untuk bahan baku pembuatan pagar dan juga pintu gerbang. Karakternya yang kuat dan kokoh membuat bahan material yang satu ini banyak digunakan.

F. Cara Menentukan Motif pada Plat Laser Cutting

Ada Banyak Pilihan Motif Plat Laser Cutting yang bisa Sobat Pilih

Menentukan motif pada plat laser cutting untuk dijadikan pagar sangatlah penting karena bisa mempengaruhi nilai estetika, efisiensi dan perakitannya. Motif yang tepat akan membuat tampilan plat menjadi matching dengan tema rumah atau gedung yang akan dilakukan pemasangan.

Selain itu tingkat kerumitan motif juga sangat berpengaruh pada biaya yang harus Anda keluarkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan motif pada plat laser cutting.

  1. Menentukan Desain

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam membuat plat  laser cutting yaitu menentukan desain yang mampu merepresentasikan ciri khas bisnis/diri Anda atau motif khusus yang ingin Anda tampilkan. Dengan menentukan desain sejak awal maka akan mempermudah proses pembuatan plat sekaligus untuk perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Dengan mengetahui estimasi biaya maka Anda bisa memutuskan apakah tetap menggunakan desain tersebut atau memilih desain lain yang lebih sesuai dengan budget yang dimiliki. Hal ini disebabkan karena selain bahan, tingkat kerumitan desain juga bisa mempengaruhi harga sebuah plat laser. Semakin rumit dan kompleks desain yang Anda minta maka biayanya akan semakin mahal.

  1. Memilih Kombinasi Warna

Setelah menentukan desain, Anda juga harus memutuskan akan menggunakan jenis warna apa. Pentingnya melakukan pewarnaan pada plat laser cutting bisa membuatnya menjadi lebih tahan lama saat terpapar suhu ekstrim serta menghindarkan plat dari korosi.

  1. Bahan Material yang Digunakan

Anda harus menyesuaikan desain dengan material yang akan digunakan. Beberapa jenis material memiliki karakteristik getas sehingga mudah sekali patah ataupun rusak saat proses cutting sehingga untuk desain yang sulit dan cukup rumit maka sebaiknya memilih bahan material yang tidak mudah retak seperti stainless steel atau mild steel.

G. Contoh Motif Plat Laser Cutting

Ada banyak sekali motif plat laser cutting yang bisa Anda pilih dan bahkan bisa Anda desain sendiri. Namun bagi Anda yang masih bingung dan bertanya-tanya ingin menggunakan motif apa berikut ini adalah beberapa referensi motif yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

  1. Motif Batang Daun
Plat Laser Cutting Motif Batang Daun
Plat Laser Cutting Motif Batang Daun

Plat laser cutting dengan motif batang daun sangat cocok dijadikan pagar rumah ataupun villa. Motif batang daun dengan ciri khas berkelok selain mampu menampilkan kesan alami juga sangat cocok untuk desain rumah minimalis karena motifnya cukup simple.

  1. Motif Daun
Plat Laser Cutting Motif Daun
Plat Laser Cutting Motif Daun

Kalo ini pembahasan Plat laser cutting dengan motif daun terkesan lebih segar dan alami sehingga lebih cocok untuk rumah atau properti yang ingin menonjolkan kesan natural.

  1. Motif Batik
Plat Laser Cutting Motif Batik
Plat Laser Cutting Motif Batik

Batik merupakan karya seni bernilai tinggi yang sudah diakui oleh dunia internasional. Oleh sebab itu mengaplikasikan motif batik pada plat laser cutting tentu merupakan pilihan yang tepat karena bisa membuat rumah ataupun bangunan menjadi tampak lebih elegan. Teknik pemotongan menggunakan laser cutting pada sebuah plat memiliki tingkat akurasi tinggi sehingga membuatnya tampak rapi dan menarik.

  1. Motif Sulur
Plat Laser Cutting Motif Sulur
Plat Laser Cutting Motif Sulur

Pagar rumah dengan plat laser bisa didesain model sulur. Motif sulur pada plat tidak dibuat full namun menyisakan sebagian permukaan nya sehingga tampilannya lebih unik. Karena cukup tertutup maka cocok untuk Anda yang ingin terjaga privasinya.

  1. Motif Abstrak
Plat Laser Cutting Motif Abstrak
Plat Laser Cutting Motif Abstrak

Teknik laser cutting memungkinkan Anda untuk memiliki model pagar dari plat dalam berbagai motif tak terkecuali adalah motif abstrak. Pola ukiran berbentuk abstrak tetap mampu terlihat eksotik. Terlebih jika dipadukan dengan cat yang sesuai seperti warna hitam atau warna putih.

  1. Motif Minimalis
Plat Laser Cutting Motif Minimalis
Plat Laser Cutting Motif Minimalis

Memang plat laser cutting memiliki harga jauh lebih mahal daripada pagar jenis lain. Oleh sebab itu untuk Anda yang terkendala masalah biaya namun ingin memiliki pagar dari plat laser maka bisa memilih motif pagar dengan cutting minimalis. Motif ukiran dari laser cutting bisa dibuat di bagian tengahnya saja sedangkan dua sisi lainnya memiliki bentuk seperti pagar pada umumnya yaitu jeruji vertikal. Meskipun sederhana akan tetapi motif laser cutting pada bagian tengah justru bisa menjadi focal point yang mampu memikat mata.

  1. Motif mozaik
Plat Laser Cutting Motif mozaik
Plat Laser Cutting Motif mozaik

Pagar dengan motif mozaik selalu bisa menghadirkan kesan mewah. Pagar dari plat laser cutting dengan motif mozaik sangat cocok diaplikasikan untuk pagar yang tinggi seperti pada rumah-rumah di perkotaan.

  1. Motif Geometric
Plat Laser Cutting Motif Geometric
Plat Laser Cutting Motif Geometric

Plat laser cutting motif geometric mampu menonjolkan kesan artistik namun tidak berlebihan. Pagar jenis ini sangat cocok untuk Anda yang tidak terlalu terganggu dengan masalah privasi karena tampilannya yang transparan dan full pola. Kelebihan dari motif geometric adalah sirkulasi udara bisa sangat lancar karena permukaan pagar yang penuh lubang.

  1. Motif The Fraction
Plat Laser Cutting Motif The Fraction
Plat Laser Cutting Motif The Fraction

Motif berikutnya yaitu the fraction. Tampilannya seperti pecahan kaca yang menempel pada sebuah plat besi. Bagian frame dari jenis pagar ini berbentuk swing seperti pintu koboi. Tampilannya yang elegan semakin terlihat mewah jika dipadukan dengan warna khaki, stone ataupun gold. Motif ini banyak dipakai oleh rumah-rumah mewah di kawasan Turki dan Mesir.

  1. Motif Sarang Lebah
Plat Laser Cutting Motif Sarang Lebah
Plat Laser Cutting Motif Sarang Lebah

Yang terakhir adalah pagar laser cutting dengan motif sarang lebah. Motif ini memiliki kesan unik dan menarik serta bisa semakin menonjolkan kesan minimalis pada hunian Anda. Karena motifnya cukup rapat maka plat laser cutting motif ini sangat cocok bagi Anda yang rumah atau bangunnya tidak ingin tampak jelas dari bagian luar rumah.

H. Material untuk membuat  pagar plat laser cutting

Ada dua jenis material utama dalam pembuatan pagar  laser cutting yaitu ferro dan non fero dengan ketebalan rata-rata sekitar 0,8 mm sampai dengan 1,2 mm.

  1. Stainless Steel

Keindahan rumah bisa ditunjang dengan dekorasi dan desain yang menawan. Salah satu fungsi pagar yaitu untuk memperindah sebuah rumah selain untuk keamanan. Namun selain keindahan ada satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian yaitu ketahanannya terhadap korosi mengingat peletakannya yang ada di luar ruangan.

Stainless steel adalah salah satu bahan plat laser cutting yang paling banyak digunakan karena beberapa kelebihan yang dimilikinya seperti sangat kuat terhadap karat, cara perawatannya mudah dan mampu meninggalkan kesan mewah.

Stainless steel terbuat dari campuran baja yang sangat kuat sehingga bisa bertahan sampai puluhan tahun walau terkena hujan dan paparan sinar matahari secara terus menerus.

Selain itu stainless steel memiliki lapisan oksida krom sebanyak 10% sehingga sehingga tidak mudah mengalami karatan karena lapisan ini bisa menghambat udara masuk ke pori-pori plat. Karena tampilannya pun sudah bagus Anda tidak perlu lagi menambahkan proses finishing menggunakan cat atau sejenisnya pada plat laser cutting.

Satu-satunya kekurangan yang dimiliki oleh bahan yang satu ini yaitu harganya relatif lebih mahal. Hal tersebut karena sifatnya yang anti karat dan anti korosi sehingga lebih awet dibanding besi atau jenis material lain.

  1. Mild Steel

Mild steel adalah besi karbon dengan kandungan karbon di bawah 2% dan sering digunakan untuk bahan dasar pagar atau gerbang karena memiliki karakteristik kuat menyerupai besi, awet, perawatan murah dan mudah dibentuk. Sedangkan kelemahan dari mild steel sendiri yaitu tidak tahan terhadap karat. Untuk mensiasati hal ini Anda bisa memberikan lapisan coating anti karat supaya lebih awet.

  1. Aluminum Composite Panel

Plat laser cutting bisa dibuat dari material aluminium composite panel. Aluminium composite panel adalah bahan yang terbuat dari kombinasi komposit dan aluminium. Plat ACP memiliki karakteristik kuat, kaku namun relatif ringan.

ACP sering dimanfaatkan untuk menutup dinding rumah, pagar dan juga pintu sebuah rumah atau gedung yang memiliki konsep minimalis. Bahan ini bisa diukir dengan berbagai motif menggunakan teknik laser cutting.

ACP biasanya tersedia dalam berbagai pilihan warna mulai dari merah, orange, abu-abu, hijau, putih dan banyak lagi pilihan warna lain sehingga membuatnya tampak lebih berwarna. Sifatnya yang sangat tahan terhadap garam, asam, korosi dan paparan sinar UV membuat plat dari bahan ACP mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. ACP juga mudah dikombinasikan dengan jenis logam lain.

I. Cara Memilih Plat Laser Cutting Untuk Pagar

Setelah mengetahui tiga jenis bahan material yang sering digunakan dalam pembuatan plat laser untuk pagar, berikut ini adalah cara memilih bahan yang tepat untuk rumah anda.

  1. Sesuaikan dengan Desain Bangunan

Untuk Anda yang memiliki hunian atau bangunan yang bernuansa alam maka pemilihan pagar dari plat laser cutting bisa dalam motif kayu, daun ataupun bambu. Hal tersebut akan semakin menambah keindahan bangunan baik dilihat dari dalam maupun dari luar.

  1. Menyesuaikan Selera

Setiap orang tentu memiliki selera sendiri-sendiri walaupun rumah Anda memiliki desain mewah dan megah akan tetapi tidak ada salahnya menggunakan pagar plat laser cutting dengan desain minimalis. Keindahan bangunan justru akan semakin maksimal dengan adanya motif pada pagar rumah Anda.

  1. Menyesuaikan Budget

Untuk Anda yang memiliki uang lebih maka bisa memilih motif ataupun bahan material plat secara bebas karena tidak ada kendala dari segi biaya. Akan tetapi untuk Anda yang memiliki keterbatasan dana maka bisa menggunakan bahan material yang jauh lebih murah dan memilih motif ukir yang tidak terlalu rumit.

J. Cara Merawat Plat Laser Cutting

Karena kebanyakan pagar plat laser cutting terbuat dari bahan stainless, aluminium ataupun perpaduan antara besi hollow dan MDF maka Anda harus merawatnya dengan baik supaya mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tampilannya selalu tampak seperti baru.

  1. Membersihkan Secara Berkala

Debu dan kotoran jika tidak dibersihkan lama-lama akan merusak permukaan plat laser cutting. Oleh sebab itu lakukan pembersihan secara berkala minimal dua minggu sekali. Caranya yaitu dengan mengelapnya menggunakan kain kering yang bersih dan sikat gigi berbulu lembut untuk membersihkan kotoran yang ada di sela-sela plat.

Supaya tidak terlewat Anda bisa menyusun jadwal secara khusus untuk membersihkan plat laser cutting bersamaan dengan jadwal membersihkan taman, halaman ataupun teras rumah. Perawatan secara berkala tentu membuat Anda lebih ringan membersihkannya dari debu dan kotoran karena debu dan kotoran tidak sampai menumpuk.

  1. Membersihkan dengan Air Sabun

Plat yang terbuat dari material logam biasanya rawan sekali mengalami karatan. Oleh sebab itu saat muncul karat segera bersihkan menggunakan campuran air hangat dan sabun lalu gosok bagian yang berkarat secara perlahan menggunakan spons atau kain yang lembut. Untuk bagian yang sulit dibersihkan Anda bisa menggunakan sikat pembersih.

Saat menyikat permukaan pelat sebaiknya lakukan dengan hati-hati agar tidak muncul goresan karena jika sampai muncul goresan Anda harus melakukan pengecatan ulang jika tidak ingin plat tersebut menjadi berkarat.

  1. Menjaga Jarak Pagar

Plat  laser cutting yang difungsikan sebagai pagar rumah jaraknya tidak boleh terlalu dekat dengan tanaman. Hal ini karena tanaman yang terlalu dekat lama-lama akan merambat atau bersentuhan saat tanaman tersebut mulai besar. Hal itu akan membuat plat yang terbuat dari besi ataupun stainless steel menjadi kotor.

Kotoran tersebut lama-lama bisa membuat plat menjadi keropos dan akhirnya hancur. Jika secara tidak sengaja tumbuh hama ataupun tanaman di sekitar pagar maka segera bersihkan.

  1. Melakukan Pengecatan Ulang

Plat laser cutting yang dijadikan pagar rumah tentu akan terpapar sinar matahari dan hujan terus-menerus. Hal ini berpotensi bisa merusak pagar karena lapisan bagian atas plat terkikis. Oleh karena itu untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh perubahan cuaca yang ekstrim Anda harus melakukan pengecatan ulang secara berkala yaitu setiap satu atau dua tahun sekali.

Sedangkan untuk plat laser cutting yang dijadikan ornamen untuk bagian interior rumah maka pengecatan ulang bisa dilakukan agak lebih lama atau saat dirasa warnanya sudah mulai memudar. Hal ini disebabkan karena posisi plat yang berada di dalam ruangan tidak terpengaruh oleh paparan sinar matahari ataupun air hujan sehingga lebih awet dan tahan lama.

  1. Segera Membersihkan Kotoran yang Tampak

Saat Anda melihat kotoran ataupun karat menempel pada plat laser cutting maka jangan menunda-nunda untuk langsung membersihkannya. Dengan membersihkan secara langsung maka kotoran tidak sampai merusak plat.

Untuk karat yang menempel pada plat berbahan stainless atau aluminium Anda bisa mengatasinya dengan cara digosok menggunakan amplas. Setelah karatnya bersih jangan lupa oleskan cat anti karat agar karat tidak semakin melebar.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.