Tips Membuat Dapur Sempit jadi Luas dan Ideal

Tren rumah pada saat ini rupanya sangat beragam. Terlebih dengan harga property dan tanah yang semakin menanjak, mau tidak mau orang-orang akan membeli rumah atau lahan dengan terbatas. Apalagi bagi masyarakat menengah di kota. Dengan begitu, rumah-rumah yang dimiliki pun biasanya hanya memiliki ukuran luas yang sederhana saja. -MegaBaja.co.id

Umumnya, rumah-rumah tersebut hanya memiliki halaman depan, ruang tamu, ruang keluarga, kamar mandi dua atau tiga kamar tidur dan dapur. Dengan pemanfaatan lahan yang maksimal, bukan tidak mungkin beberapa ruangan di rumah tersebut akan terasa lebih sempit. Tapi jangan sedih, saat ini banyak sekali ide-ide kreatif yang bisa membantu kamu menyulap ruangan sempit itu menjadi lebih luas.

Berawal dari dapur yang nyaman dan bersih, akan tercipta makanan yang lezat dan bergizi.

Nah, kali ini kami akan membahas salah satu dari ruangan tersebut yaitu dapur.

Peran Dapur di Dalam Rumah

Seperti yang sudah diketahui, dapur tentunya berfungsi sebagai tempat untuk melakukan segala hal yang berhubungan dengan makanan. Demi menciptakan makanan yang lezat bagi keluarga, maka kamu membutuhkan suasana dapur yang nyaman dan bersih.

Dapur adalah salah satu bagian rumah yang harus ada, walau hanya sebagian kecil saja dari rumah tersebut. Begitulah pentingnya peran dapur. Di dalam dapur, banyak barang-barang penting sebagai alat untuk memasak, dan biasanya tidak sedikit. Maka dari itu butuh penataan yang teliti, selain agar terlihat rapi, juga agar tidak menghalangi ruang gerak kamu saat sedang berkutat di area memasak.

Sebelum mengetahui tips mengatur dapur sempit, mari kita simak dahulu apa saja kriteria dapur ideal menurut ilmu arsitektur.

Kriteria Dapur Ideal

Ketinggian

Ketinggian yang dimaksud di sini adalah meliputi meja dapur, tempat cuci piring, dan meja kompor. untuk bagian-bagian ini, standar ketinggian yang ideal adalah 85-90 cm atau sejajar dengan pinggul. Hal ini bertujuan agar posisi tangan saat bekerja tidak terlalu tinggi atau pun terlalu rendah yang bia menyebabkan tangan cepat lelah. Ukuran tersebut juga biasanya disesuaikan dengan tinggi rata-rata penghuni rumah. Untuk orang Indonesia, umumnya memiliki tingga mulai dari 150 – 175 cm.

Lebar

Selain menentukan tingginya, jangan lupa untuk mengukur lebar yang ideal. Biasanya akan diperlukan lebar sekitar 60 cm untuk permukaan meja yang kita gunakan di dapur. Dengan ukuran tersebut, kamu bisa dengan leluasa melakukan kegiatan seperti memasak dan memotong sayuran. Hal ini juga sesuai dengan ukuran standar yang pas untuk pemasangan sink dan kompor yang akan digunakan.

Jarak Kabinet

Jika kamu memutuskan untuk memasang cabinet atau rak dinding, maka salah satu yang menjadi kriteria ideal adalah mengukur jaraknya.

Jarak antara meja dengan bagian bawah rak dinding tersebut haruslah pas. Para ahli menyarankan jarak 50-60 cm. Ini adalah jarak yang pas, karena jika terlalu tinggi, maka kamu harus menaikkan tangan tinggi-tinggi untuk meraih barang yang ada di dalam cabinet. Sedangkan jika terlalu rendah, akan mengganggu aktifitas yang kamu lakukan, seperti kepala yang terbentur dengan bagian rak atau bahkan pandangan yang terganggu akibat posisi rak yang terlalu rendah.

Ketinggian Kabinet

Selanjutnya adalah ketinggian cabinet, atau jarak bagian bawah cabinet dengan lantai.

Jarak yang disarankan yaitu sekitar 2,4 – 2,5 m dari lantai. Mengapa begitu?

Hal ini karena rata-rata tinggi plafond atau langit-langit rumah di Indonesia berkisar 3 meter. Dengan jarak tersebut, kamu akan mendapatkan posisi yang pas untuk mengambil maupun menyimpan barang-barang ke dalam cabinet.

Untuk pemasangannya, kamu bisa memasang cabinet berjarak dengan langit-langit sehingga bagian kosong di atasnya bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang. Namun, ada juga yang memilih untuk menempelkan bagian atas cabinet dengan langit-langit agar tidak ada ruangan yang tersisa sehingga tidak menjadi sarang debu dan kotoran.

Area kerja

Terakhir yaitu area kerja. Area kerja adalah area yang akan kamu gunakan selama beraktifas di dapur, bisa dihitung dari dinding ke meja dapur, atau dari meja sisi satu dengan sisi lainnya.

Jarak yang ideal yaitu minimal 90 cm, ukuran ini dianggap pas untuk ukuran membungkuk, melangkah dan berjongkok bagi orang dewasa saat memasak di area dapur.

Nah, setelah mengetahui kriteria ideal sebuah dapur, sudahkah dapurmu termasuk ke dalam kriteria dapur ideal?

Jika belum, lanjut simak tips berikut.

Tips Menyulap Dapur Lebih Luas

Menggunakan Kitchen Set / Rak

Tips yang pertama yaitu dengan menggunakan kitchet set atau rak cabinet. Dengan adanya kitchen set, kamu bisa menata barang-barang yang ada di dapur dengan rapi. Sehingga meminimalisir penumpukkan barang di sembarang tempat.

Namun jika tidak memungkinkan untuk penggunaan kitchen set, maka kamu bisa memanfaatkan ruang dinding yang kosong seperti gambar di bawah ini.

memanfaatkan dinding dapur

Menyimpan barang secara vertikal dipercaya bisa membuat ruangan terlihat lebih efisien. Seperti menggantung alat masak dan sebagainya. Kamu hanya perlu membeli gantungan yang cantik, agar tampilan gantungan di dapur terlihat lebih estetis dan rapi.

Memakai Rak Piring di Atas Bak Cuci

Jika kamu kebingungan menaruh piring basah sementara tempat di meja dapur sudah terbatas, maka jawabannya adalah dengan menyimpan rak piring di atas bak cuci.

sumber : pinterest

Saat ini banyak inovasi baru yang mendukung gaya rumah minimalis, contohnya perkakas dapur multifungsi dan irit tempat seperti ini. Sekarang kamu bisa mengeringkan piring tanpa harus memakan tempat yang berlebihan.

Menata Semua Hal dengan Rapi

Salah satu kunci agar suatu ruangan dapat terlihat lebih luas adalah dengan penataan.

Ya! Tatalah semua hal di dalam dapurmu agar tidak memakan terlalu banyak ruang.

Contohnya alat masak seperti wajan, panci dan sebagainya bisa ditata di dalam rak cabinet atau digantung di salah satu sudut dinding yang kosong. Sementara untuk bumbu-bumbu dapur bisa kamu susun ke dalam wadah, dikelompokkan sesuai kebutuhan lalu ditata di atas rak. Rak bumbu bisa juga diletakkan di dinding supaya bisa tetap membuat meja dapur menjadi lebih luas.

Memainkan Warna Dinding dan Dekorasi

Setelah melakukan tips-tips di atas, hal selanjutnya adalah dengan memainkan warna dinding, dekorasi maupun perkakas dapurmu.

Pastikan untuk memilih warna yang netral, seperti hitam, putih, cream, cokelat dan sejenisnya. Seperti halnya telah kamu ketahui bahwa ilusi optik dari pemilihan warna cat dinding dapat memberikan efek ruangan yang lebih luas.

pemilihan warna yang netral

Alih-alih memilih dua atau tiga warna yang terlalu ramai, lebih baik kamu mengkombinasikan dua warna netral. Jika memungkinkan, beli perkakas dengan warna yang selaras agar terkesan rapi dan sederhana.

Memberikan Penerangan dan Sirkulasi Udara yang Maksimal

Terakhir, pilihlah penerangan yang maksimal untuk area dapurmu. Pencahayaan yang sempurna akan membuat dapurmu terasa lebih luas bahkan lebih bersih. Begitupun dengan sirkulasi udaranya. Jangan sampai membiarkan dapurmu dalam keadaan sempit dan pengap. Dapur yang sehat minimal memiliki sirkulasi udara yang baik.

mengatur cahaya dan sirkulasi udara

Adapun pencahayaan yang bisa kamu gunakan adalah lampu, atau dengan cahaya alami dari matahari. Caranya bisa dengan mengaplikasikan atap sky light di bagian dapur.

Itulah tips-tips membuat dapur menjadi ideal dan luas yang bisa segera kamu praktekkan. Semoga bermanfaat ya.

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.