Sedang Mencari Jasa Kontraktor? Simak Tips Ini Agar Tidak Salah Pilih

Mempersiapkan hunian yang nyaman tentu memerlukan usaha yang lebih. Bagaimana caranya menciptakan rumah yang aman, tentu menjadi salah satu poin utama. -MegaBaja.co.id

Pengerjaan pembangunan untuk rumah dan sebagainya, bukanlah sesuatu yang mudah. Selain selektif, kita juga harus memikirkan hal-hal mendasar dan detail yang diperlakukan selama pembangunan berlangsung hingga selesai.

Dalam membangun rumah, ada beberapa alternatif yang bisa kamu jadikan pilihan. Apakah membangun dengan menggunakan jasa kontraktor atau pemborong?

Lalu, apa perbedaan jasa kontraktor dan pemborong?

Perbedaan Jasa Kontraktor dan Pemborong

Jasa kontraktor adalah penyedia jasa dengan lisensi dan berbadan hukum. Mereka juga biasanya mengkoordinasikan bagian-bagian lain sebagai rekan kerja sama. Seperti arsitek, dan sebagainya. Hal ini juga lah yang menyebabkan harga jasa kontraktor dan jasa pemborong memiliki sedikit perbedaan. Dengan menggunakan jasa kontraktor, biasanya kamu harus menyiapkan dana yang lebih besar.

Secara umum, kedua jasa tersebut memiliki tugas yang hampir sama. Selain untuk pembangunan rumah tempat tinggal, jasa kontraktor apalagi yang sudah berlisensi, juga biasa mengerjakan proyek-proyek lain. seperti pembuatan jalan tol, mall, bandara, pelabuhan dan fasilitas-fasilitas umum lain.

Sedangkan pemborong biasanya sebuah usaha yang dikelola oleh seorang individual saja, biasanya tidak berlisensi. Pemborong pun biasanya tidak menekankan kontrak pembangunan dengan cara hitam di atas putih. Ikatan kontrak antara pemilik proyek dan pemborong biasanya hanya dilakukan secara lisan saja.

Nah dalam artikel kali ini, mari kita bahas salah satu di antaranya yaitu mengenai jasa kontraktor, khususnya jasa kontraktor rumah.

Membangun Rumah Dengan Jasa Kontraktor

Sebuah bangunan jika tidak dibangun dengan kehati-hatian dan ketelitian, dikhawatirkan akan rusak sebelum waktunya. Misalnya dengan pengaplikasian bahan yang kurang tepat, penyusunan struktur bangunan yang keliru, dan lain-lain. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan bangunan menjadi tidak berkualitas dan bisa saja membahayakan bagi penghuninya.

Untuk menghindari hal tersebut, penting bagi kamu agar memilih jasa kontraktor atau tukang yang kompeten dan tepat. Jika rumahmu dibangun oleh orang yang berpengalaman, hasilnya pun pasti akan memuaskan.

Sayangnya, agak sulit menentukan mana jasa kontraktor yang bagus. Biasanya orang akan bertanya pada kerabat, mencari referensi jasa kontraktor berdasarkan pengalaman-pengalaman mereka dalam membangun rumah. Namun, selain itu ada beberapa poin yang harus kamu perhitungkan dalam mencari jasa kontraktor yang berkualitas.

Apa saja?

Tips Memilih Jasa Kontraktor Berkualitas

Memiliki Legalitas

Saat kamu memilih untuk memakai jasa kontraktor professional, maka izin dan legalitasnya tentu harus dibuktikan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menanyakan status hukum dan izin resmi kantor dengan jelas. Jasa kontraktor yang memiliki legalitas hukum akan lebih mudah dilacak kualitas dan hasil pekerjaan yang telah dikerjakan sebelumnya.

Selain itu, mereka yang telah memiliki legalitas yang sah biasanya akan lebih bertanggung jawab. Legalitas hukum juga akan meningkatkan kepercayaan kita sebagai pemakai jasa kontraktor tersebut. Karena mereka umumnya memiliki situs bisnis tersendiri yang mudah dicari melalui internet. Dengan begitu, kamu bisa menggali informasi yang kamu butuhkan tentang bagaimana jasa kontraktor tersebut memberikan pelayanannya.

Keuntungan lain saat memilih jasa kontraktor yang memiliki legalitas adalah garansi. Garansi menjadi tawaran yang menarik. Dengan adanya garansi, penyedia jasa akan sepenuhnya bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diingankan dengan rumahmu di masa depan.

Ketahui Mitra Kerja Kontraktor

Kontraktor biasanya tidak bekerja sendiri. Jika kita menyerahkan semua pembangunan rumah pada jasa kontraktor, maka semua bagian rumah akan dipercayakan kepada mereka. Seperti pembuatan desain rumah, interior, exterior dan lain-lain.

Semua pekerjaan itu tentunya harus selesai dengan hasil yang baik. Maka penting bagi kamu untuk mengetahui siapa saja yang akan bekerja dengan kontraktor yang kamu perkerjakan.

Agar bisa mewujudkan rumah sesuai impian, pastikan untuk mengetahui siapa saja tim yang bekerja dalam mempersiapkan pembangunan rumahmu.

Mengetahui ‘style’ Kontraktor

Walaupun para perusahaan kontraktor akan menyanggupi permintaan dari konsumennya, namun tetap saja, sebagai konsumen kita pun harus mengukur dan menyesuaikan beberapa faktor.

Ada kontraktor yang berfokus di pembuatan bangunan klasik, minimalis, kontemporer dan lain-lain. Jika kamu hendak membangun hunian minimalis, pastikan jasa kontraktor beserta timnya mampu untuk menyanggupi permintaan kamu. Sehingga apa yang kamu gambarkan bisa terealisasi dengan nyata.

Karena terkadang, ada juga dari jasa kontraktor yang asal menyanggupi permintaan konsumen tanpa mengukur kemampuannya sendiri. Tips satu ini hanya untuk berjaga-jaga saja, karena tentunya jasa kontraktor yang terpercaya akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk clientnya.

Berpengalaman dengan Hasil Kerja Yang Bagus

Seperti yang telah diutarakan di poin pertama, jika kamu memilih jasa kontraktor yang berlisensi, tentunya mudah untuk kamu melacak hasil pekerjaan mereka sebelumnya.

Salah satu dari beberapa faktor untuk menilai kemampuan mereka adalah dengan cara melihat portofolio bangunan atau rumah yang telah mereka kerjakan.

Jasa kontraktor professional biasanya akan memiliki riwayat berupa dokumentasi dari proyek sebelumnya. Maka kamu bisa melihat sendiri, dan menilai seberapa bagus kualitasnya. Dan dari portofolio itu juga kamu bisa menilai seberapa jauh pengalaman perusahaan kontraktor tersebut dalam membuat sebuah bangunan.

Memiliki Perhitungan Biaya yang Jelas dan Transparan

Sebelum menjatuhkan pilihan pada sebuah perusahaan kontraktor, ada baiknya kamu sedikit mewawancarai mereka terkait kejelasan biaya yang dibutuhkan.

Tanyakan detail biaya apa saja yang harus kamu keluarkan dan berapa besaran biayanya. Banyak kasus para pemiliki proyek bangunan tegriur dengan harga miring yang ditawarkan. Padahal, setiap pekerjaan pasti akan menghasilkan sesuatu sesuai dengan harganya. Jika kamu mendapatkan tawaran harga yang murah dengan kualitas luar biasa, tentunya lebih baik berhati-hati.

Temukan jasa kontraktor yang menawarkan harga yang masuk akal, yang sesuai dengan standar kualitas hasil pekerjaannya. Jika mereka menawarkan harga tinggi namun dengan spesifikasi pengalaman dan hasil kerja yang baik, maka itu adalah hal yang wajar. Namun jika hasil pekerjaan tidak sesuai dengan harganya, kamu boleh mengurungkan niat memakai jasa mereka dan mencari kembali jasa kontraktor yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Jangan lupa juga untuk mendiskusikan RAB (Rencana Anggaran Biaya) rumahmu dengan kontraktor, supaya menghindari adanya biaya tak terduga di tengah-tengah proses pembangunan.jasa kontraktor yang professional juga biasanya akan membantu kamu untuk menghemat biaya seefeisien mungkin.

Cek Standar Keselamatan Kerja

Hal selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah bagaimana perusahaan kontraktor tersebut mengutamakan keselamatan bagi para pekerjanya.

Mungkin terdengar sepele, akan tetapi hal ini cukup penting untuk ke depannya. Kamu perlu mempertanyakan bagaimana kebijakan perusahaan untuk mengatur SOP keselamatan bagi para pekerjanya. Perusahaan kontraktor yang professional tentunya akan menomorsatukan hal ini. Karena bagaimana pun, pekerja adalah pionir paling depan untuk kelancaran proyeknya.

Selain mempertanyakan langsung tentang kebijakan ini, kamu juga bisas memerhatikan hal-hal lain. Yaitu bisa dilihat dari bagaimana perusahaan menyediakan fasilitas kerja, waktu istirahat, makanan yang layak dan tempat istirahat yang cukup untuk para pekerjanya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan dalam memilih kontraktor yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.