Tips Memilih Kursi Tamu yang Nyaman dan Estetik

"Kenyamanan dan Keindahan Berpadu: Panduan Praktis Memilih Kursi Tamu yang Nyaman dan Estetik"

Memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan hati adalah impian setiap orang. Selain bagus dan enak dipandang, rumah juga harus memberikan kenyamanan bagi setiap penghuninya. Selain itu, rumah yang kita miliki sudah seharusnya ramah untuk siapa pun yang datang berkunjung atau bertamu. Karena jika tamu senang, tuan rumah tenang. -MegaBaja.co.id

Menyenangkan hati para tamu tentunya akan dimulai dari ruang tamu yang rapi dan juga bersih, agar tamu-tamu yang berkunjung merasa diterima dan dihargai oleh tuan rumahnya. Nah, sebenarnya, apa sih fungsi dari ruang tamu itu sendiri? Yuk simak terlebih dahulu!

Pengertian dan Fungsi Ruang Tamu

Ruang tamu memiliki fungsi yang amat penting dalam suatu rumah. Ruang tamu merupakan jendela pertama yang merepresentasikan karakteristik si pemilik rumah. Ruang tamu dibuat untuk menerima tamu yang datang berkunjung, sekaligus menjadi batasan bagi ruangan publik dan private di rumah tersebut. Umumnya ruang tamu menjadi ruangan pertama saat memasuki rumah dan ruangan yang paling dekat dengan pintu utama.

Pengertian dan Fungsi Ruang Tamu

Kendati tamu hanya singgah untuk sementara, kita sebagai pemilik rumah harus tetap memerhatikan kenyamanan tamu selama berada di rumah kita. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjamu dengan sungguh-sungguh, memperhatikan desain interior ruang tamu agar terlihat trendi tetapi tetap memberikan kesan kekeluargaan, memperhatikan barang-barang yang digunakan, serta jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan pemilihan kursi tamu yang tepat.

Cara Memilih Kursi Tamu

Biasanya tamu yang datang berkunjung akan melalui perjalanan panjang yang melelahkan, sehingga mereka akan memerlukan tempat beristirahat walaupun hanya di kursi tamu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memerhatikan pemilihan kursi tamu agar bisa maksimal dalam pemanfaatannya.

Tapi, apa kursi yang kita pakai sudah tepat? Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kursi tamu. Yuk, simak bersama!

Mengetahui Ukuran Kursi

Kursi ruang tamu tentu tidak bisa asal pilih, sebelum membeli kita harus memperhatikan ukuran dan layout penempatan kursi. Semakin besar ruangan, maka akan semakin mempermudah kita dalam pemilihan kursi yang sesuai dengan keinginan.

Namun bagi Anda yang memiliki ruangan yang terbatas, jangan khawatir! Desain yang minimalis akan sangat cocok diterapkan untuk tipe ruangan yang tidak terlalu luas. Tapi jangan lupa untuk selalu memperhatikan desain yang simple dan menarik ya.

Pilih Desain Yang Selaras Dengan Tema Ruang Tamu

Agar tetap tampil estetik, kursi yang dipilih tentu harus menyesuaikan tema dan interior yang telah dipilih. Mengingat kebiasaan kita yang sering kali memadupadankan konsep yang terkandung malah terkesan memaksakan. Akan lebih baik jika menggunakan satu tema untuk semua interior.

Pilih Desain Yang Selaras Dengan Tema Ruang Tamu

Apabila sedari awal sudah menggunakan tema minimalis, maka akan lebih cocok menggunakan jenis kursi yang berbentuk simple, berwarna netral dan multifungsi. Barang-barang yang digunakan pada konsep minimalis juga cenderung lebih tahan lama, timeless, dan memanfaatkan segala ruang yang ada. Pun bila sudah memutuskan menggunakan tema klasik, kita harus menggunakan jenis kursi yang bergaya klasik pula.

Jangan Asal Pilih Warna!

Untuk menampilkan kesan ruang tamu yang hangat dan estetik, kita tidak boleh asal pilih warna loh. Kombinasi warna yang kurang tepat bisa merusak seluruh tampilan ruang tamu. Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan warna kursi dengan konsep ruang tamu yang kita inginkan.

Anda bisa memadukan warna kesukaan Anda dengan warna-warna netral, seperti kuning dan abu-abu, pink dan cream, hijau dan coklat, serta kombinasi warna lain. Pilih warna sesuai dengan kesan yang ingin Anda tampilkan. Warna-warna cerah akan menampilkan kesan ceria, sedangkan warna-warna netral akan menampilkan kesan yang lebih kalem.

Selain itu, corak dan motif yang dipilih juga bisa membuat suasana ruang tamu menjadi lebih menarik. Jadi, jangan lupa untuk senantiasa memperhatikan warna dan motif dalam pemilihan kursi tamu ya.

Material Yang Berkualitas

Pilihlah material yang berkualitas agar kursi bisa bertahan lama. Beberapa material yang paling sering digunakan sebagai bahan baku kursi tamu ialah kayu, rotan dan logam. Anda bisa menyesuaikannya dengan keserasian antara desain interior ruang tamu Anda.

Kursi yang berbahan kayu akan menambahkan kesan hangat pada desain yang minimalis dan kesan mewah untuk desain klasik. Kursi rotan akan cenderung lebih fleksibel jika dipadupadankan dengan segala konsep. Sedangkan untuk kursi logam akan lebih terlihat cantik dan menarik apabila menggunakan konsep Industrial.

Untuk pemilihan bantalan kursi sendiri, sebaiknya menggunakan bantalan yang bisa diganti. Agar jika suatu saat Anda bosan, Anda hanya perlu mengganti bantal tanpa harus membeli kursi baru.

Selalu Memperhatikan Kenyamanan

Selain memperhatikan dari segi estetika, kenyamanan harus dijadikan prioritas utama. Terlebih jika kursi yang Anda pilih nantinya akan sering digunakan untuk kumpul keluarga atau segala aktivitas yang memerlukan duduk dalam jangka waktu lama. Jangan biarkan desain interior yang cantik tidak sejalan dengan tingkat kenyamanannya.

Pemilihan kursi yang memiliki penyanggah lengan bisa menambah kenyamanan ruang tamu Anda. Selain itu, perhatikan tinggi dan lebar kursi agar bisa cocok untuk siapa pun. Tak lupa pilihlah bantalan kursi yang empuk dan nyaman untuk diduduki. 

Untuk mengetahui seberapa nyaman kursi Anda, cobalah untuk duduk di kursi tersebut selama beberapa menit. Jika Anda tidak merasakan pegal dan nyeri saat duduk, maka kursi tersebut bisa dikatakan nyaman.

Perhatikan Budget dan Anggaran!

Setelah mendapatkan desain kursi yang cocok dengan gaya dan interior rumah agar senantiasa serasi. Jangan lupa untuk memperhitungkan budget Anda. Sebelum membeli barang apa pun, hal pertama yang harus kita perhatikan baik-baik adalah kondisi kantong, termasuk memilih kursi tamu. Jangan sampai sesuatu yang kita pikir akan memperindah malah berujung mempersulit diri sendiri. 

Anda bisa memulai dengan meriset harga pasar terlebih dahulu. Dimulai dengan membandingkan harga kursi dari satu toko ke toko yang lain, dan jangan lupa untuk membandingkan pada toko online terpercaya. Setelah itu, pilih toko furniture yang terjamin kredibilitasnya. Hal ini, perlu dilakukan agar Anda mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang ramah dikantong.

Perhatikan Cara Perawatannya

Sebelum benar-benar membeli kursi yang sudah dibidik, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara perawatannya. Agar kursi yang Anda beli selalu terlihat baru dan tahan lama. Untuk mengetahuinya Anda bisa bertanya langsung kepada penjual ataupun pada orang-orang yang ahli. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi terkait di google.

Seperti pada kursi kayu, khususnya kayu jati, bisa dirawat dengan tidak menduduki lengan kursi, menjaga agar kursi kayu tidak terkena goresan dan bersihkan secara rutin dengan lap basah. Jangan lupa untuk melakukan perawatan pada kursi tamu secara rutin dan berkala.

Perhatikan Cara Perawatannya

Jadi itulah beberapa tips memilih kursi tamu yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan aspek estetika dan kenyamanan pengguna agar ruang tamu Anda menjadi lebih berkesan. Selain itu, perlu diingat bahwa setiap perabotan pasti membutuhkan perawatan agar tetap awet dan tahan lama.

Just an ordinary people.