Tips Menciptakan Halaman Rumah Nyaman dan Menyenangkan Untuk Menghabiskan Waktu
Tips Menciptakan Halaman Rumah Nyaman dan Menyenangkan Untuk Menghabiskan Waktu

Tips Menciptakan Halaman Rumah Nyaman dan Menyenangkan Untuk Menghabiskan Waktu

Bosan berada di dalam rumah terus-menerus tanpa tahu harus melakukan apa lagi di rumah? Ingin keluar, tetapi juga bingung mau pergi ke mana karena tak tahu tujuannya? Nah, salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar rumah tetap menyenangkan untuk menghabiskan waktu adalah berada di halaman rumah yang menyejukkan dan menenangkan. -MegaBaja.co.id

Anda bisa menghabiskan waktu di rumah dengan berada di halaman depan maupun halaman belakang yang ada di rumah Anda. Ciptakanlah sendiri dunia Anda di rumah dengan membuat halaman rumah Anda menarik perhatian dan nyaman untuk ditempati. Sehingga Anda tetap bisa menikmati alam luar yang menyenangkan meskipun tanpa harus keluar kemana-mana.

Lantas, kira-kira apa sajakah yang harus Anda lakukan untuk membuat halaman rumah Anda terlihat lebih menyenangkan dan cocok jadi tempat relaksasi Anda? Nah, untuk mengetahuinya, mari simak uraian berikut ini. Langsung saja, simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

Tips Menciptakan Halaman Rumah yang Nyaman dan Menyenangkan

Berikut adalah tips mencuptakan halaman rumah yang nyaman dan menyenangkan.

1. Ciptakan Zona yang Berbeda pada Halaman

Manfaatkan Halaman Menjadi Area Destinasi
Ciptakan Zona yang Berbeda pada Halaman

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menentukan zona yang berbeda-beda pada halaman rumah. Terlebih bila Anda memiliki banyak ruang di halaman rumah Anda, maka cobalah manfaatkan untuk membuat zona yang berbeda di halaman tersebut. Coba buatlah daftar mengenai apa saja yang Anda inginkan dan butuhkan untuk halaman Anda.

Seperti halnya apakah Anda akan membutuhkan dapur kecil luar ruangan atau zona lounge di halaman rumah Anda untuk berpesta kecil-kecilan. Nah, cara ini bisa Anda capai dengan menggabungkan tanaman, semak, serta furnitur-furnitur yang Anda butuhkan. Atau, Anda bisa memanfaatkan zona-zona tersebut sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

2. Buatlah Tempat Teduh Estetik di Halaman Rumah

Buatlah Tempat Teduh Estetik di Halaman Rumah
Buatlah Tempat Teduh Estetik di Halaman Rumah

Seperti yang Anda ketahui kalau sinar matahari dapat dengan mudah membuat Anda kepanasan sehingga tidak betah berada di luar ruangan. Selain itu, sinar matahari juga mengandung sinar UV yang mana tidak baik bagi kesehatan kulit. Maka dari itu, Anda bisa tambahkan tempat teduh untuk menciptakan keteduhan di halaman rumah Anda.

Nah, apabila Anda memiliki ruang luar yang cukup luas, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat tempat teduh kreasi Anda sendiri lho! Dengan membuatnya sendiri tentunya akan membuat Anda lebih puas dengan hasil kerja ini yang bisa Anda gunakan, bukan? Atau, Anda juga bisa membuat tenda yang mana bisa digunakan untuk rekreasi sendiri di rumah.

3. Buat Kebun Hidroponik

Buat Kebun Hidroponik
Buat Kebun Hidroponik

Tips yang berikutnya, Anda bisa membuat kebun hidroponik di halaman rumah Anda lho! Terlebih bila Anda memang suka atau hobi untuk berkebun. Sehingga cara yang satu ini bisa Anda terapkan untuk menghabiskan waktu dengan tetap produktif, bukan?! Selain itu, pembuatannya juga tidak memakan banyak biaya, tenaga, dan waktu.

Nah, Anda bisa memanfaatkan kebun hidroponik ini untuk menanam berbagai tanaman rempah segar, buah-buahan, ataupun sayuran. Mengingat, bila menanamnya sendiri Anda jadi lebih tahu dengan kualitas kesegarannya karena tidak menggunakan pupuk anorganik ataupun bahan kimia lainnya. Sehingga lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi, bukan?!

4. Manfaatkan Barang-Barang Serbaguna

Manfaatkan Barang-Barang Serbaguna
Manfaatkan Barang-Barang Serbaguna

Nah, untuk menciptakan suasana baru di halaman rumah yang menyenangkan, tentu tidak harus mengeluarkan banyak budget. Namun, Anda bisa memanfaatkan berbagai barang serbaguna yang ada di rumah Anda. Seperti halnya menggunakan bantal duduk yang bisa menjadi alternatif alas duduk, sehingga Anda tidak harus menggunakan kursi untuk bersantai.

Cara ini sangat simple bila memang sudah tidak ada kursi di rumah Anda yang bisa Anda gunakan untuk alas duduk di halaman rumah. Tentunya, Anda akan menyukai bagaimana bantal tersebut akan memberi rasa nyaman dan mudah dipindah-pindahkan. Namun, bila memiliki budget lebih, Anda bisa membeli kursi taman yang sesuai dengan keinginan hati Anda.

5. Tambahkan Partisi Portable untuk Privasi

Tambahkan Partisi Portable untuk Privasi
Tambahkan Partisi Portable untuk Privasi

Ada kalanya Anda akan menikmati kebersamaan dengan tetangga di sebelah rumah Anda. Entah itu sekedar berbagi cerita, bersenda gurau, ataupun melakukan hal-hal lainnya untuk menghabiskan waktu bersama. Namun, sesekali pastinya Anda ingin memiliki privasi sendiri untuk menghabiskan waktu di halaman rumah Anda.

Lalu, bagaimana cara untuk mengakalinya? Salah satu solusinya adalah dengan menambahkan partisi portable di halaman rumah Anda. Partisi ini tidak hanya akan memberi ruang privasi untuk Anda, tetapi juga dapat menambahkan sentuhan dekoratif pada halaman rumah. Sehingga waktu me time Anda tidak akan terganggu oleh orang lain.

6. Tambahkan Lampu atau Pencahayaan di Halaman Rumah

Tambahkan Lampu pada Halaman
Tambahkan Lampu pada Halaman

Nah, tips yang selanjutnya Anda bisa menambahkan lampu untuk pencahayaan di halaman rumah Anda pada malam hari. Mengingat, Anda bisa saja ingin menghabiskan waktu luang Anda di luar rumah entah itu siang hari ataupun malam hari. Oleh sebab itu, Anda pastinya akan membutuhkan penerangan pada halaman rumah Anda.

Tentunya, ada banyak pilihan pencahayaan yang bisa Anda gunakan pada lampu halaman rumah Anda. Akan tetapi, bila Anda memilih untuk menggunakan lentera pada saat musim hujan, maka tidak disarankan karena tidak tahan air. Meskipun memang lebih estetik, namun Anda bisa menggunakannya apabila Anda memang sangat ingin memilihnya.

7.  Beri Tambahan Lubang Api pada Halaman Rumah

Beri Tambahan Lubang Api pada Halaman Rumah
Beri Tambahan Lubang Api pada Halaman Rumah

Nah, cara yang satu ini sangat cocok diterapkan pada halaman rumah bila Anda memang suka dengan suasana api unggun saat berada di luar ruangan. Cara ini sangat pas untuk mempertahankan suasana yang good vibes pada saat matahari telah terbenam. Maka dari itu, jangan lupa untuk menambahkan lubang perapian ini agar tidak merusak rumput halaman.

Untuk jenis perapiannya, Anda bisa memilih tenaga gas yang lebih simple karena cukup dengan menekan tombol api bisa menyala. Namun, bagi Anda yang ingin merasakan suasana khas perapian pedesaan, maka pilihlah pembakaran kayu yang bisa mengeluarkan bau kayu tersebut. Tentunya, kedua jenis pilihan ini sangat cocok untuk dipadukan dengan area luar ruangan.

8. Buatlah Tenda di Halaman Rumah

Buatlah Tenda di Halaman Rumah
Buatlah Tenda di Halaman Rumah

Nah, tips yang terakhir bila memang diperlukan, Anda bisa menambahkan tenda di halaman rumah Anda. Tentunya, Anda bisa memilih beragam tipe tenda yang Anda inginkan. Selain itu, tenda tidak hanya bisa Anda pakai untuk berteduh saja. Namun, bisa Anda gunakan untuk rekreasi di halaman rumah.

Tak hanya itu saja, adanya tenda ini juga bisa Anda manfaatkan untuk kegiatan pesta kecil-kecilan Anda dengan anggota keluarga ataupun dengan teman Anda. Tambahkan pula alat pemanggang disini, sehingga suasana piknik kecil Anda akan lebih menyenangkan lagi. Sebab, akan lebih terasa seperti benar-benar sedang pergi berlibur atau piknik.

Bagaimana, sangat menarik bukan untuk Anda coba terapkan pada halaman rumah Anda?! Jangan sampai Anda biarkan halaman rumah Anda kosong begitu saja tanpa ada sesuatu yang membuatnya menarik! Nah, tips-tips di atas bisa menjadi referensi bagi Anda untuk membuat halaman rumah menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk menghabiskan waktu.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.