Yuk Intip 14 Inspirasi Desain Jendela Rumah yang Kekinian, Pastikan Kamu Gak Ketinggalan Zaman!

Siapa yang tak ingin memiliki rumah dengan jendela yang cantik? Selain estetis, jendela juga menjadi salah satu bagian dalam rumah yang memiliki banyak fungsi. Di antaranya adalah sebagai sirkulator udara, juga sebagai sumber pencahayaan alami. Banyak juga yang menggunakan desain jendela untuk menunjang gaya rumah yang dimiliki. -MegaBaja.co.id

Ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan saat memilih desain jendela, yaitu ukuran rumah, penempatannya, sampai kepada hal yang detail seperti warna dan bahan kusennya.

Semua hal di atas tentunya harus dipertimbangkan secara matang agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Untuk membantumu menentukan jenis atau desain jendela yang diinginkan, di bawah ini akan kami hadirkan inspirasi desain jendela yang cocok untuk berbagai gaya arsitektur rumah.

Tentunya, selain terlihat apik dilihat, desain jendela berikut ini  juga berguna sesuai fungsi utamanya yaitu tempat sirkulasi udara dan sumber cahaya. Penasaran? Simak terus ya.

Inspirasi Desain Jendela Rumah Kekinian

1. Awning Window

Mengedepankan fungsi dibandingkan hanya sekedar estetikanya saja, model jendela seperti ini cocok sekali untuk rumah sederhana dan minimalis. Jendela awning dibuat dengan kemampuan untuk membiarkan air hujan meluncur pada permukaan jendela. Hal tersebut dikarenakan bagian depannya yang memiliki desain khusus sehingga dapat menahan air hujan agar tidak masuk ke dalam ruangan, meskipun jendelanya terbuka.

Awning Window

Engsel jendela jenis awning window ini biasanya terdapat di bagian atas, sehingga kamu perlu mendorong bagian bawah jendela ke arah depan untuk membukanya.

2. Accent Window

Sesuai namanya, adanya jendela ini hanya sebagai pelengkap atau aksen dalam desain rumah. Kenapa? Karena jenis jendela ini tidak dapat dibuka, sehingga fungsi utamanya lebih kepada sumber pencahyaan daripada sebagai ventilasi udara.

Accent Window

Namun, dengan menambahkan accent window pada rumah, kamu bisa berkreasi dengan bentuk jendela tersebut. Dengan begitu, tampilan rumah akan lebih cantik dan unik.

3. Garden Window

Selanjutnya adalah tipe jendela taman atau garden window. Dinamakan begitu karena bentuknya yang unik. Garden window memiliki desain kotak dan sedikit menjorok keluar, sedangkan bagian dalamnya terdapat space kosong yang berfungsi sebagai rak.

Biasanya orang akan meletakkan beberapa pot kecil berisi tanaman hias di space kosong tersebut. Maka jenis jendela seperti ini dikenal dengan nama jendela taman. Ukurannya tidak terlalu besar, dan akan lebih cocok jika kamu memasang jendela ini di bagian dapur, ruang makan atau kamar mandi sehingga menciptakan suasana yang lebih segar.

Garden Window

4. Bow Window

Tipe yang satu ini sebaiknya dipasang pada rumah-rumah gaya tertentu. Khususnya gaya rumah klasik dan memiliki ukuran yang besar. Karena bow window dirancang dengan menggabungkan setidaknya empat casement window lalu dibentuk melengkung. Ruangan kosong yang diciptakan oleh lengkungan itu bisa kamu hiasi dengan berbagai dekorasi. Atau jika memungkinkan bisa kamu sulap menjadi tempat bersantai dengan meletakkan beberapa bantal empuk dan selimut yang hangat.

Bow Window

5. Wall Window

Kalau yang satu ini cocok sekali dipasangkan pada rumah yang berada di lingkungan asri atau gedung tinggi dengan pemandangan kota. Sesuai namanya, wall window atau biasa juga dikenal dengan sebutan picture window berperan sebagai dinding akan tetapi dilapisi dengan kaca pada seluruh permukaannya. Jenis seperti ini biasanya lebih mengutamakan fungsi jendela sebagai sumber pencahayaan alami.

Wall Window

Akan tetapi, pemilihan jenis kaca dan tempat pemasangannya harus dijadikan pertimbangkan. Dengan menggunakan wall window, ada beberapa hal yang perlu kamu pikirkan yaitu terkait privasi dan panas matahari yang bisa masuk terlalu banyak.

6. Skylight Window

Hampir mirip dengan wall window, bedanya jendela jenis satu ini dipasang di bagian atap rumah sehingga kita bisa melihat langit dari dalam ruangan. Jika kamu memiliki rumah mungil dan bermasalah dengan penerangannya, maka skylight window adalah solusi yang tepat. Selain estetis, jenis jendela skylight juga menjadi jendela yang fungsional.

Skylight Window

Dengan desainnya, kamu bisa memasang jendela ini di tempat yang membutuhkan penerangan lebih, atau di tempat pribadi seperti ruang kerja atau kamar tidur.

7. Standart Window

Yang satu ini mungkin sudah sering kamu lihat di sekitar. Standart window adalah istilah untuk jendela yang memiliki engsel di bagian sampingnya. Dengan engsel yang diletakkan di samping, jendela ini bisa dibuka selebar mungkin dan tentunya akan memberikan sirkulasi udara yang baik. Jenis ini merupakan jendela yang paling umum dan banyak ditemukan di berbagai tempat.

Standar Window

8. Jalousie Window

Jika rumahmu sering mendapatkan spotlight berupa terik matahari, maka jendela tipe ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Didesain dengan lapisan-lapisan kaca yang bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan, sehingga lebih efisien.

Sumber : modernize.com

Saat matahari terlalu terik, maka kamu bisa menutup jendela dan melakukan hal sebaliknya saat cuaca sedang sejuk dan berangin.

9. Sliding Window

Tidak memiliki ruang lebih untuk membuka dan menutup jendela? Sliding window atau jendela geser adalah jawabannya. Kamu bisa memilih arah gesernya, biasanya tersedia secara horizontal maupun vertikal. Walaupun kebanyakan dari sliding window memiliki desain yang sederhana, tapi tak kalah membuat tampilan rumah menjadi keren.

Sliding Window

10. Round Window

Jika sedari tadi kamu hanya menemukan jendela berbentuk kotak atau persegi, maka sekarang saatnya bereksplorasi.

decoist

Jendela berbentuk bulat tentu bukanlah ide yang buruk. Jendela model ini memang memilki bentuk bulat secara keseluruhan, akan tetapi tingkap jendela diberi rangka kotak agar memudahkan kegiatan kamu untuk membuka-tutup jendela tersebut.

11. Frosted Window

Bentuk jendela bukan menjadi satu-satunya hal yang perlu kamu pertimbangkan. Memilih jenis kaca untuk jendela juga merupakan hal yang penting. Jika kamu adalah orang yang tidak suka mengekspos kegiatan di dalam rumah, maka frosted window bisa kamu pilih untuk dipasang di rumah.

sumber : applyityourself.co.uk

Desain yang satu ini merupakan desain jendela dengan kaca yang buram atau semi transparan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus, pencahayaan yang tetap masuk ke dalam rumah dan privasi yang tetap terjaga.

12. Classic Eropa

Jendela seperti ini banyak ditemukan pada rumah-rumah klasik di Eropa, akan tetapi saat ini sudah banyak gaya rumah yang sama di Indonesia.

Classic Eropa

Jika pada umumnya jendela berbentuk kotak atau persegi tanpa tambahan apa-apa, maka classic Eropa memilki jendela kecil tambahan berbentuk setengah lingkaran di atasnya. Biasanya selain menggunakan kaca yang bening, bagian setengah lingkaran tersebut juga dipasang dengan kaca buram dan bermotif.

13. Double Hung

Selanjutnya adalah gaya jendela yang populer di luar negeri khususnya Amerika. Namun dengan menjamurnya tren rumah-rumah gaya luar negeri di Indonesia, memungkinkan kamu untuk memasang jendela jenis ini di rumah pribadimu.

sumber : solacewindows.com

Terkenal dengan desain yang unik dan simple, double hung memiliki dua buah kaca jendela yang diletakkan pada satu bingkai. Hal ini menarik karena selain fungsional, tampilannya pun cantik dan cocok untuk memperindah tampilan rumah.

14. Corner Window

Berada di sudut rumah, gaya jendela ini tentunya akan menarik perhatian. Walaupun kebanyakan hanya dipasang sebagai bentuk estetika saja, namun jendela yang diletakkan pada sudut rumah ini juga bisa menjadi sumber pencahayaan yang baik. Kamu juga bisa menggunakan jendela jenis ini jika rumahmu memiliki pemandangan yang apik sehingga bisa dijadikan tempat untuk bersantai.

Corner Window

Nah, apapun bentuk dan gaya jendelanya, pastikan agar kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan rumahmu. Selain itu, gaya jendela juga harus sesuai dengan tampilan rumah agar terlihat serasi.

Jadi, desain jendela yang mana yang kamu suka?

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.