Tips Membuat Dapur Modern yang Mewah
Tips Membuat Dapur Modern yang Mewah

Yuk, Ikuti Tips-Tips Berikut untuk Membuat Dapur Modern yang Mewah!

Pastinya, pada saat Anda melihat rumah-rumah orang kaya baik secara langsung maupun dengan media digital, Anda akan sering menjumpai dapurnya yang mewah. Tentunya, hal ini sangat wajar karena dapur menjadi bagian rumah yang pembuatannya membutuhkan banyak biaya. Terlebih lagi bila desain dapur yang dipilih adalah desain modern dan mewah. -MegaBaja.co.id

Untuk membuat dapur modern yang mewah tentunya tidak bisa sembarangan dilakukan. Seluruh material dan penataannya haruslah disusun dengan proporsional agar hasilnya maksimal. Namun, bila Anda ingin menatanya sendiri karena untuk menghemat biaya, mari simaklah baik-baik tips-tips untuk membuat dapur modern yang mewah berikut!

Tips Membuat Dapur Modern yang Mewah

1. Tentukan Susunan Tata Ruang Dapur

Tentukan Susunan Tata Ruang Dapur
Tentukan Susunan Tata Ruang Dapur

Nah, sebelum Anda membuat dapur modern yang mewah, tentukanlah terlebih dahulu susunan tata ruangnya akan seperti apa nantinya. Hal ini sangat penting dilakukan agar kondisi dapur Anda dapat digunakan dengan nyaman dan efisien. Ada beberapa tipe susunan tata ruang dapur yang kerap digunakan, di antaranya adalah bentuk huruf L, I, G, serta U.

2. Tentukan Penggunaan Bahan Dasar Kabinet Dapur

Tentukan Penggunaan Bahan Dasar Kabinet Dapur
Tentukan Penggunaan Bahan Dasar Kabinet Dapur

Pada tipe dapur modern yang mewah ada 2 jenis bahan yang paling sering digunakan untuk kabinet-kabinetnya, yaitu particle board dan kayu solid. Nah, untuk bahan kayu ini tentunya kekuatan dan ketahanannya sudah tidak perlu Anda ragukan. Akan tetapi, harga yang ditawarkan dari bahan kayu solid ini pastinya akan lebih mahal.

Sedangkan untuk bahan particle board memiliki harga yang relatif lebih murah daripada bahan kayu solid tersebut. selain itu, pilihan finishing dan warnanya pun sangat beragam bila dibandingkan dengan bahan kayu solid. Namun, tentu saja untuk masalah kekuatan dan ketahanannya bila dibandingkan dengan kayu solid masih berada di bawahnya.

3. Pilih Cat Warna Kayu untuk Perabot

Pilih Cat Warna Kayu untuk Perabot
Pilih Cat Warna Kayu untuk Perabot

Nah, cat warna kayu merupakan warna yang paling sering diaplikasikan pada dapur modern yang mewah. Sebab, warna ini dapat memberikan kesan yang hangat, mewah, dan elegan. Selain itu, pilihan cat warna kayu yang bisa diaplikasikan pada dapur juga sangat bervariasi. Seperti halnya dark oak, white pine, mocha, dan masih banyak yang lainnya.

4. Gunakan Desain Meja Island

Gunakan Desain Meja Island
Gunakan Desain Meja Island

Nah, jangan Anda lupakan komponen yang satu ini jika ingin membuat dapur modern yang mewah. Sebab, keberadaan meja island ini selain menjadikan kesan mewah pada dapur juga dapat difungsikan untuk tempat makan hingga bar lho! Selain itu, dengan adanya meja island ini Anda akan mendapatkan lebih banyak space untuk tempat penyimpanan alat dapur Anda.

5. Pilihlah Bahan Dasar untuk Countertop

Pilihlah Bahan Dasar untuk Countertop
Pilihlah Bahan Dasar untuk Countertop

Sama halnya seperti kabinet, countertop atau meja dapur juga memiliki berbagai pilihan material yang dapat digunakan sebagai bahan dasarnya. Mulai dari material kayu, solid surface, keramik, marmer, dan granit. Nah, untuk membuat dapur modern yang mewah bahan-bahan seperti granit, solid surface, serta marmer adalah pilihan yang tepat.

6. Manfaatkan Backsplash pada Dinding Dapur

Manfaatkan Backsplash pada Dinding Dapur
Manfaatkan Backsplash pada Dinding Dapur

Sampai saat ini, nyatanya masih banyak ruang dapur yang belum menggunakan material yang satu ini. Tak hanya untuk menambah estetika saja, namun backsplash juga berfungsi untuk menjaga dinding dapur tetap bersih lho! Terutama dari kotoran atau noda-noda yang timbul saat Anda memasak di dapur.

Nah, Anda bisa memilih warna backsplash yang senada dengan countertop Anda. Tujuannya, agar tercipta keharmonisan dan keselarasan pada ruang dapur Anda. Akan tetapi, pemilihannya juga dapat Anda buat berbeda sesuai dengan kreativitas dan keinginan Anda sendiri.

7. Tambahkan Cooker Hood pada Dapur

Tambahkan Cooker Hood pada Dapur
Tambahkan Cooker Hood pada Dapur

Nah, cooker hood ini sering digunakan pada dapur-dapur modern yang mewah lho! Hal ini karena cooker hood dapat menjaga dapur tetap bersih dan tidak bau setelah memasak. Sistem penyedotan asap dari cooker hood ini membuat kualitas udara di dapur Anda akan terjaga dan tetap segar. Selain itu, kabinet dapur pun tidak akan kotor atau menghitam akibat asap kompor.

8. Gantilah Pelapis Lemari atau Kabinet Dapur

Gantilah Pelapis Lemari atau Kabinet Dapur
Gantilah Pelapis Lemari atau Kabinet Dapur

Nah, dengan mengganti lemari atau kabinet dapur dengan yang baru bisa mengubah tampilan dapur Anda lho! Apabila pelapis lemari atau kabinet dapur Anda sudah mulai usang dan berbahan HPL (High Pressure Laminate), tentunya Anda bisa mengganti warna pelapis dengan yang baru. Sehingga akan menciptakan visual dapur yang lebih segar dan tidak membosankan.

9. Gunakan Warna Cat Dinding yang Cerah

Gunakan Warna Cat Dinding yang Cerah
Gunakan Warna Cat Dinding yang Cerah

Apabila saat ini dinding dapur Anda berwarna gelap, maka sebaiknya Anda mengubah warna dinding dapur Anda dengan warna cat yang lebih cerah. Sehingga akan membuat kesan pada ruang dapur menjadi lebih lega dan luas.  Nah, warna-warna yang sedang trend akhir-akhir ini di antaranya, yaitu krem, kuning pastel, hijau sage, coklat muda, dan putih.

10. Mengganti Pintu Lemari atau Kabinet Dapur

Mengganti Pintu Lemari atau Kabinet Dapur
Mengganti Pintu Lemari atau Kabinet Dapur

Jika memang pintu kabinet atau lemari dapur Anda memang sudah sangat usang, maka sudah waktunya untuk menggantinya dengan yang baru. Nah, Anda dapat memilih tampilan baru dengan desain yang lebih ramping dan kekinian. Atau, Anda bisa memilih pintu dengan kaca agar perabotan dapur Anda terekspos sehingga menawarkan pandangan yang baru.

11. Ubah Pencahayaan di Ruang Dapur

Ubah Pencahayaan di Ruang Dapur
Ubah Pencahayaan di Ruang Dapur

Tahukah Anda kalau sistem pencahayaan yang tepat merupakan salah satu kunci dari tampilan dapur modern yang mewah dan terkesan berkelas. Nah, penggunaan lampu lilin atau lampu berlian merupakan aksen yang tepat untuk membuat tampilan dapur Anda menjadi lebih mewah. Selain itu, keberadaan lampu-lampu tersebut dapat mencerahkan suasana dapur.

Nah, apabila Anda memiliki budget yang cukup, belilah chandelier yang baru untuk ruang dapur Anda. Akan tetapi, bila budget Anda terbatas, cobalah membelinya di tempat barang bekas sebagai alternatifnya. Namun, pastikan pula kalau lampu bekas tersebut masih layak untuk digunakan. Selain itu, pastikan pula tidak berpotensi membahayakan para penghuninya.

12. Lakukan Pengecatan Ulang Perobatan Stainless Steel

Lakukan Pengecatan Ulang Perobatan Stainless Steel
Lakukan Pengecatan Ulang Perobatan Stainless Steel

Nah, apabila Anda menggunakan perabotan dapur yang terbuat dari stainless steel maka Anda dapat melakukan pengecatan ulang pada perabot. Sehingga tampilannya akan semakin berkilau lagi. Tentunya, hal ini secara otomatis akan mendongkrak kesan yang mewah pada dapur Anda. Jika telah selesai dipoles hingga kinclong, pajanglah dengan rapi dan tertata.

13. Sembunyikan Peralatan Kecil

Sembunyikan Peralatan Kecil
Sembunyikan Peralatan Kecil

Terkadang perintilan-perintilan kecil yang ada di dapur justru dapat mengurangi estika. Seperti halnya blender, lap, sendok, garpu, dan perabot dapur lainnya bisa Anda sembunyikan atau taruh di lemari dapur agar lebih tertata. Sebab, peralatan kecil ini dapat membuat dapur Anda terlihat berantakan dan kurang enak dipandang.

Memiliki dapur modern yang mewah memang dapat menciptakan kepuasan tersendiri bagi penghuninya. Namun, penataan segala perabotannya juga tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Nah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk menciptakan ruang dapur modern yang mewah sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.