Tips Mengubah Dapur Kecil Anda Menjadi Ala Dapur Chef
Tips Mengubah Dapur Kecil Anda Menjadi Ala Dapur Chef

Tips Mengubah Dapur Kecil Anda Menjadi Ala Dapur Chef

Saat Nya Sobat menjadi Chef yang profesional dengan cara hanya merubah sebagagian kecil dapur Sobat

Mempunyai dapur seperti dapur ala-ala chef tentunya menjadi impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang hobi masak. Bahkan, saat ini banyak yang membagikan kegiatan memasaknya melalui media sosial, bukan?! Entah itu untuk berbagi resep masakan, menunjukkan hobinya, keterampilannya, ataupun sekedar untuk bersenang-senang. -MegaBaja.co.id

Namun, bagaimana bila Anda hanya memiliki luas dapur yang kecil di rumah Anda? Apakah tetap bisa didesain ala-ala dapur chef? Nah, tentunya dapur kecil Anda tetap bisa didesain agar berubah menjadi seperti dapur-dapur ala chef lho!

Di sini, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal mengenai bagaimana tata ruang dapur sangat krusial dalam mobilisasi Anda ketika memasak. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan dapur kecil Anda yang ala chef tersebut dengan optimal. Lantas, seperti apakah cara yang bisa Anda coba? Nah, untuk lebih jelasnya mari simak ulasannya di bawah ini!

Tips Membuat Dapur Kecil Ala Dapur Chef

1. Pilih Jenis Penataan Model Dapur yang Tepat

Pilih Jenis Penataan Model Dapur yang Tepat
Pilih Jenis Penataan Model Dapur yang Tepat

Dalam mendesain dapur yang kecil, mulailah dengan menentukan penataan dan dekorasi yang pas. Nah, Anda bisa memilih model dapur letter L sebagai alternatifnya. Model letter L ini terdiri dari dua buah counter yang nantinya disusun seperti sudut siku-siku pada salah satu sudut dapur.

Desain ini lebih memudahkan mobilisasi Anda serta bisa digunakan lebih dari satu orang pada saat memasak. Selain itu, desain dapur leter L ini memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk aktivitas memasak agar lebih maksimal dan menyenangkan. Nah, rancangan desain yang tepat bila ingin menerapkan desain dapur kecil berbentuk huruf L ini, yaitu:

  • Untuk bagian sisi kanan dapur, letakkan sink beserta mesin pencuci piring sebagai area Clean-up Station dapur Anda.
  • Untuk bagian sisi kiri dapur, bisa digunakan sebagai penempatan kompor, oven ataupun microwave agar membuat zona memasak Anda semakin mirip ala dapur chef.
  • Untuk meja konter atau kitchen island, dapat digunakan untuk tempat minuman lengkap dengan peralatannya sehingga membuat dapur Anda bisa digunakan untuk jamuan makan casual ala dapur chef.

2. Tetapkan Prioritas Peralatan Dapur yang Diperlukan

Tetapkan Prioritas Peralatan Dapur yang Diperlukan
Tetapkan Prioritas Peralatan Dapur yang Diperlukan
  • Membuat prioritas peralatan dapur sangat penting untuk dilakukan terlepas untuk kebutuhan dapur besar ataupun dapur kecil. Pastinya ada beberapa peralatan memasak yang wajib digunakan dan ada pula yang hanya digunakan sesekali saja. Nah, untuk dapur kecil Anda, mulailah dengan mengorganisasi peralatan memasak dengan tepat.
  • Penting juga untuk mengetahui berbagai macam jenis dan fungsinya agar bisa diletakkan dalam satu set alat dapur. Sehingga, dapur kecil Anda akan tersusun dengan rapi dan bersih. Mengingat, dapur yang sudah sempit bila kotor dan acak-acakan akan membuat orang yang memandangnya menjadi tidak berselera.

3. Ciptakan Keserasian Ruang Dapur dengan Perabotnya

Ciptakan Keserasian Ruang Dapur dengan Perabotnya
Ciptakan Keserasian Ruang Dapur dengan Perabotnya

Banyaknya tumpukan barang di dapur bisa membuat dapur yang kecil terlihat penuh dan sesak. Nah, untuk mengatasi permasalahan dapur Anda yang kecil ini adalah memberikan warna cat dinding dengan warna putih. Sebab, warna putih bisa memberi kesan yang luas pada ruangan. Selain itu, rapikan dan singkirkan perabot dapur yang memang sudah tidak diperlukan.

4. Gunakan Furniture yang Sesuai dengan Desain Dapur

Gunakan Furniture yang Sesuai dengan Desain Dapur
Gunakan Furniture yang Sesuai dengan Desain Dapur

Nah, untuk menonjolkan kesan minimalis seperti pada dapur ala chef gunakanlah furniture yang pas dengan ruangan. Seperti halnya kursi dan meja makan yang terbuat dari bahan ringan dan ramping agar tidak memenuhi ruang dapur. Dengan begitu, bisa membantu desain dapur kecil Anda supaya tak terlihat terlalu ramai dengan terbatasnya ruangan.

Ada baiknya bila Anda memilih perabotan dapur dan kitchen set yang berbahan stainless steel. Hal ini dikarenakan stainless steel memiliki sifat yang netral dan awet. Selain itu, penggunaan table top dapur yang berbahan marmer atau granit juga sangat populer. Tentunya, penggunaan bahan-bahan tersebut akan menambah kesan mewah nan elegan pada dapur rumah Anda.

5. Manfaatkan Rak Terbuka untuk Dapur Kecil Anda

Manfaatkan Rak Terbuka untuk Dapur Kecil Anda
Manfaatkan Rak Terbuka untuk Dapur Kecil Anda

Pada saat mendesain dapur kecil Anda bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka untuk menyimpan berbagai peralatan dapur Anda. Selain itu, rak terbuka ini bisa memberi ilusi ruangan agar tampak lebih luas sekaligus mempercantik dapur Anda. Sebaiknya hindari model rak besar yang tertutup karena akan memberi terkesan yang berat dan sesak.

6. Gunakan Perabotan Dapur yang Mengkilap

Gunakan Perabotan Dapur yang Mengkilap
Gunakan Perabotan Dapur yang Mengkilap

Tak hanya perabotan seperti kaca saja, namun furniture yang mengkilat seperti halnya keramik dan backsplash bisa memberikan kesan elegan di dapur Anda. Nah, Anda juga bisa menambah peralatan elektronik berbahan stainless steel agar terlihat profesional ala chef. Selain itu, penggunaan kabinet dengan rangka stainless steel juga bisa membuat dapur menjadi lebih rapi.

7. Posisikan Pencahayaan dengan Tepat

Posisikan Pencahayaan dengan Tepat
Posisikan Pencahayaan dengan Tepat

Kesuksesan dalam menciptakan desain dapur kecil ala chef juga terletak pada penempatan cahaya di ruang dapur. Seperti yang Anda tahu kalau dapur ala chef biasanya mengadopsi konsep minimalis yang modern, sehingga penempatan pencahayaannya harus dilakukan dengan tepat. Nah, Anda tak perlu memaksakan memasang chandelier karena dapur yang kecil.

Di sini, Anda hanya butuh lampu-lampu gantung yang sederhana dan ukurannya tidak terlalu besar. Selain itu, pilihlah lampu dengan watt yang cukup terang agar aktivitas memasak Anda di dapur tidak terganggu dan menyenangkan. Nah, supaya dapur lebih estetik lagi, Anda bisa menambahkan pula lampu untuk kabinet-kabinet dapur Anda.

8. Up to Date dengan Tren Furnitur Kekinian

Up to Date dengan Tren Furnitur Kekinian
Up to Date dengan Tren Furnitur Kekinian

Sudah bukan menjadi rahasia umum bila furniture atau perabot dapur sangat cepat mengalami perubahan. Nah, secara tak langsung hal ini akan berpengaruh terhadap desain dapur kecil Anda. Seperti halnya dengan para chef yang selalu update sehingga Anda juga harus mengikuti perubahan atau update mengenai peralatan dapur Anda.

Tentunya, hal ini bukan berarti Anda harus sering menghabiskan uang. Namun, cobalah Anda akali dengan membuat jadwal untuk berapa bulan atau tahun sekali untuk memperbarui furnitur dapur Anda. Dengan begitu, tampilan dapur kecil Anda akan selalu terlihat dapur ala chef yang Anda dambakan.

9. Tambahkan Aksen Hijau di Dapur

Tambahkan Aksen Hijau di Dapur
Tambahkan Aksen Hijau di Dapur

Menambahkan aksen hijau atau tanaman kecil di dalam dapur dapat Anda lakukan untuk memberikan suasana alami dalam dapur. Selain itu, adanya aksen hijau ini juga bisa membuat dapur kecil Anda terlihat lebih segar. Tentunya, Anda tidak perlu meletakkan banyak tanaman kecil di dapur supaya tidak terlalu memakan tempat.

Nah, Anda bisa membuat kitchen plants di dapur dengan tanaman herbal, seperti oregano, lavender, parsley, dan sejenisnya. Taruhlah di dekat jendela dapur supaya tanaman mendapatkan sinar matahari untuk berfotosintesis. Cukup siram tanaman tersebut selama seminggu sekali saja.

Cara-cara di atas cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Meskipun ruang dapur Anda kecil, namun dengan melakukan penataan yang tepat akan membuatnya berubah menjadi dapur ala chef yang sesuai dengan keinginan Anda. Selamat mencoba!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.