Ruang Tamu Sempit? Ini Dia Tips Membuatnya Tampak Luas!

Tentunya, tidak semua orang selalu memiliki rumah yang luas dan besar. Nah, bila Anda adalah salah satunya yang memiliki ruang tamu tidak terlalu luas, maka jangan berkecil hati terlebih dahulu. Sebab, ruang tamu Anda pun juga dapat disulap sedemikian rupa agar tampak luas dan nyaman untuk digunakan. – Megabaja.co.id

Memang tidak ada yang bisa menyangkal kalau ruang tamu menjadi salah satu unsur terpenting dari sebuah hunian. Sebab, di ruang tamu ini Anda akan pertama kali menginjakkan kaki Anda ke dalam rumah Anda. Begitu pula dengan saudara, teman, kolega, ataupun orang lain yang hendak berkunjung ke rumah Anda.

Namun, dengan terbatasnya luas dari ruang tamu Anda, tentunya Anda juga dituntut untuk menemukan cara menata ruang tamu tersebut agar terlihat lebih luas. Pastinya, Anda tidak ingin bukan kalau tamu Anda mendapat impresi yang tidak menyenangkan saat masuk ke ruang tamu rumah Anda. Maka dari itu, Anda harus bisa mengakalinya dengan baik.

Lantas, bagaimana cara untuk membuat ruang tamu yang sempit agar tampak lebih luas lagi? Nah, Anda tak perlu lagi risau karena tentu saja ada jalan keluarnya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak tips-tipsnya di bawah ini!

1. Coba Manfaatkan Cahaya Alami dari Luar

Cahaya Alami dari Luar

Nah, letak ruang tamu yang kebanyakan berada di area depan rumah, pastinya akan memiliki jendela yang mengarah keluar rumah. Coba bukalah jendela-jendela tersebut, sehingga cahaya alami dari luar bisa masuk dan memberikan rasa segar pada ruangan. Tak hanya itu, membuka jendela rumah juga bisa menyulap ruang tamu kecil Anda menjadi terasa lebih lega dan terang. 

Selain itu, membuka jendela juga bagus untuk menjaga sirkulasi udara di ruang tamu. Sehingga, ruangan tersebut akan terasa sejuk dan memiliki kualitas udara yang tidak pengap. Nah, hal ini juga sama seperti pada perumahan kecil yang memaksimalkan penggunaan jendela kaca serta High Ceiling untuk membuat ruang tamu terkesan lebih luas.

2. Simpan Barang-Barang yang Tidak Perlu

Barang yang Tidak Perlu

Apabila Anda memiliki berbagai macam barang yang berada di dalam ruang tamu, maka sebaiknya mulailah untuk menyortir barang-barang yang dianggap tidak perlu. Coba pilih barang-barang tersebut berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selain itu, Anda juga bisa menyortirnya berdasarkan visual pada ruang tamu hunian Anda.

Nah, Anda bisa meletakkan beberapa majalah Anda sebagai penunjang estetika atau untuk sekedar bahan membaca tamu. Sementara itu, sisa barang-barang lainnya seperti berkas-berkas tak terpakai atau majalah lama bisa Anda simpan di dalam gudang atau di ruang penyimpanan rumah Anda.

Nah, apabila masih terdapat barang-barang tersisa yang sudah tidak layak pakai, Anda bisa menjualnya ataupun mendaur ulang barang tersebut. Dengan begitu, ruang tamu Anda tidak akan penuh dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Sehingga, suasana ruang tamu Anda akan terasa lebih lega.

3. Gunakan Warna Netral pada Ruang Tamu

Warna Netral

Nah, salah satu ide untuk mengakali ruang tamu yang sempit adalah dengan menggunakan warna netral pada ruang tamu Anda. Anda bisa mengaplikasikannya pada area dinding, lantai, plafon, serta furnitur-furnitur di dalamnya. Selain itu, warna-warna lembut juga bisa membantu memberikan penerangan bagi ruang tamu sempit Anda.

Penggunaan warna putih termasuk salah satu pilihan yang tepat bagi ruang tamu sempit Anda. Lantaran warna putih ini dapat menyebarkan cahaya ke seluruh ruangan dengan merata. Selain itu, warna putih juga bisa memberikan kesan optik pada ruangan sehingga tampak lebih luas. Nah, warna putih juga sangat umum digunakan pada rumah-rumah minimalis.

4. Manfaatkanlah Area Dinding Ruang Tamu Anda

Area Dinding Ruang Tamu

Apabila furnitur yang Anda miliki sudah banyak memakan tempat dan dirasa sudah tidak ada ruang yang cukup, maka Anda dapat memanfaatkan area dinding ruang tamu. Sebab, dinding ruang tamu juga bisa digunakan untuk meletakkan beberapa barang. Coba pasang rak melayang untuk meletakkan barang-barang yang sebelumnya Anda letakkan di atas meja Anda.

Nah, dengan berpindahnya barang-barang tersebut ke rak layang Anda dapat menata ulang beberapa barang dan furniture lainnya yang ada di ruang tamu. Anda juga bisa menyesuaikan kembali beberapa penataan furnitur tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memasang lampu dinding untuk sumber cahaya tambahan pada ruang tamu Anda sehingga tampak estetik.

5. Gunakanlah Meja yang Kecil

Meja yang Kecil

Alangkah baiknya bila Anda menggunakan meja berukuran kecil untuk ruang tamu sempit Anda. Sebab, meja kecil akan mudah Anda pindahkan dari satu titik ke titik lainnya karena bobotnya yang lebih enteng. Di sisi lain, meja kecil juga tidak akan terlalu memakan banyak tempat di ruang tamu Anda sehingga Anda bisa manfaatkan bagian lainnya untuk akses jalan.

Namun, sesuaikan juga dengan tingkat aktivitas dan intensitas Anda dalam bertemu tamu Anda. Coba pilihlah meja yang tidak terlalu kecil bila rumah Anda sering kedatangan tamu. Penggunaan meja yang tidak terlalu kecil ini akan berfungsi dengan baik ketika Anda menyuguhkan makanan ataupun minuman untuk tamu Anda.

6. Pilih Sofa dengan Penyimpanan atau Lemari Berukuran Kecil

Penyimpanan atau Lemari Berukuran Kecil

Apabila barang-barang Anda sudah tidak bisa Anda pindahkan lagi dari ruang tamu, lemari kecil atau sofa penyimpanan bisa jadi solusi yang tepat. Nah, saat ini sudah banyak sofa dilengkapi penyimpanan yang bisa Anda pesan untuk ruang tamu berukuran kecil. Selain itu, terdapat meja yang bisa Anda geser, sehingga bisa menyimpan barang-barang dengan mudah.

Namun, apabila Anda kurang tertarik dengan sofa penyimpanan, Anda bisa menggunakan lemari kecil sebagai opsi penyimpanan barang di ruang tamu. Nah, cobalah letakkan lemari kecil Anda di sudut ruang tamu agar tampak lebih serasi dengan furniture lainnya. Penggunaan lemari kecil ini juga bisa mempermudah Anda dalam menyimpan barang-barang Anda di ruang tamu.

7. Letakkan Tanaman Hidup sebagai Dekorasi

Tanaman Hidup sebagai Dekorasi

Guna mempercantik ruang tamu sempit Anda, coba letakkan beberapa jenis tanaman indoor di dalam ruang tamu Anda. Sebab, tanaman-tanaman hidup ini akan memberikan nuansa asri dan nyaman pada ruang tamu Anda. Terlebih, bila konsep ruang tamu terbilang minimalis dan polos. Tentunya, meletakkan beberapa tanaman hias bisa membuat nuansa jadi lebih menyegarkan.

Nah, untuk pemilihan tanamannya tidak perlu jenis tanaman hias yang besar dan mahal. Cukup pilih saja yang sederhana di dalam pot kecil, seperti kaktus, lidah mertua, sirih gading, sukulen, atau yang sejenisnya. Selain itu, pastikan pula untuk memilih ukuran pot yang sesuai dengan ukuran ruang tamu sempit Anda agar tidak memakan banyak ruang.

Nah, sudah siapkah Anda untuk menata ulang ruang tamu sempit Anda agar tampak lebih luas lagi?! Tentunya, ruang tamu yang nyaman saat digunakan akan memberi kesan positif pada orang yang berkunjung ke rumah Anda. Sehingga, Anda pun tidak akan canggung saat melayani tamu Anda di rumah.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.