Mengenal Keunggulan & Kekurangan Penggunaan Atap Kaca
Mengenal Keunggulan & Kekurangan Penggunaan Atap Kaca

10 Inspirasi Desain Pagar Rumah Minimalis, Mana yang Terbaik?

Kehadiran pagar rumah di sebuah hunian terbilang cukup penting karena mampu meningkatkan keamanan rumah. Baik untuk penghuni maupun harta benda di dalamnya. Namun fungsi utama dari pagar rumah sendiri adalah sebagai pembatas antara suatu bangunan dengan bangunan lainnya. MegaBaja.co.id

Selain untuk mempercantik hunian pagar rumah juga digunakan untuk melindungi rumah sekaligus memberikan rasa aman bagi para penghuninya. Tak mengherankan jika pagar rumah juga menjadi salah satu aspek penting yang harus ada saat membangun.

Terlepas dari fungsinya pagar rumah menjadi eksterior yang memiliki nilai seni terhadap desain hunian. Material jenis apa pun juga bisa Anda pilih untuk membuat pagar rumah. Nah berikut inspirasi desain pagar rumah minimalis, mana yang bakal Anda coba?

Inspirasi Desain Pagar Rumah Minimalis

Pagar Rumah Minimalis Berbahan Kayu

Pagar Rumah Minimalis Berbahan Kayu
Pagar Rumah Minimalis Berbahan Kayu

Kayu memang merupakan salah satu material yang cukup bisa diandalkan untuk hampir semua aspek bangunan. Salah satunya adalah sebagai pagar rumah. Pemilihan desain pagar rumah berbahan kayu bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah ketepatan dan keindahan hunian. Tanya itu saja material yang satu ini juga bisa membuat rumah terkesan lebih natural.

Namun untuk membuat pagar rumah dari kayu Anda memerlukan anggaran yang cukup besar karena kayu memiliki harga yang tidak murah. Alternatif lain yang bisa dipilih adalah memilih kayu yang dikombinasikan dengan berbagai material pendukung. Misalnya aluminium atau baja. Pagar rumah yang terbuat dari kayu memang cenderung lebih kuat dan kokoh.

Pagar Rumah Minimalis Bronjong

Pagar Rumah Minimalis Bronjong
Pagar Rumah Minimalis Bronjong

Bronjong merupakan sebuah kerangka besi atau kawat yang dibuat kotak dan diisi dengan batu-batuan atau sejenisnya. Fungsi utamanya adalah untuk menahan longsor. Namun desain yang satu ini sekarang sudah banyak diaplikasikan sebagai pagar rumah minimalis. Selain kokoh dan kuat desain pagar rumah yang satu ini juga cenderung lebih menghemat anggaran.

Pagar Rumah Minimalis Pintu Geser

Pagar Rumah Minimalis Pintu Geser
Pagar Rumah Minimalis Pintu Geser

Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas tapi tetap ingin memasang pagar rumah, pintu geser merupakan solusi tepat yang bisa dipilih. Pasalnya desain semacam ini cenderung lebih mudah dan tidak memakan banyak tempat. Pagar pintu geser biasanya dilengkapi dengan rel yang bisa disesuaikan. Desain ini mempunyai dua tipe yakni manual dan otomatis.

Bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas lupakan untuk memilih desain pintu geser otomatis. Agar tidak repot harus bolak-balik menggeser Anda bisa mengkombinasikannya dengan pintu bukaan. Jadi ketika masuk rumah Anda bisa menggunakan pintu bukaan tunggal tanpa harus kerepotan menggeser seluruh pagar rumah.

Pagar Rumah Minimalis Desain Kontemporer

Pagar Rumah Minimalis Desain Kontemporer
Pagar Rumah Minimalis Desain Kontemporer

Desain kontemporer memang tidak terikat batasan apa pun. Bahkan Anda juga bisa memanfaatkan gaya ini untuk pagar rumah hunian minimalis. Terlebih lagi pagar rumah minimalis berdesain kontemporer belakangan ini sedang menjadi tren. Pagar rumah dengan desain kontemporer memiliki ciri khas penggunaan material alami dengan warna yang natural.

Misalnya penggunaan material kayu yang dikombinasikan dengan besi atau baja. Rancangan desainnya pun terkesan sederhana. Pasalnya sebagian besar desain kontemporer masih mengusung gaya klasik. Tak heran jika belakangan ini Anda sering menemukan perpaduan klasik dan modern dari desain kontemporer.

Pagar Rumah Minimalis Klasik

Pagar Rumah Minimalis Klasik
Pagar Rumah Minimalis Klasik

Jika dulu pagar rumah model klasik terbuat dari logam atau besi baja. Namun saat ini untuk menciptakan pagar rumah minimalis dan modern Anda bisa menggantinya menggunakan material aluminium. Material aluminium cenderung lebih efisien dari segi harga. Meski tingkat kekuatannya tidak sekuat besi namun aluminium juga tak kalah bagus.

Pagar Rumah Minimalis Industrial

Pagar Rumah Minimalis Industrial
Pagar Rumah Minimalis Industrial

Pagar rumah yang dibuat dengan desain industrial memang terbilang cukup sederhana. Pasalnya desain ini hanya berbentuk kotak lurus vertikal dengan kawat. Warna yang digunakan juga cukup netral seperti warna hitam, putih atau abu-abu.

Namun pagar rumah akan terlihat lebih indah jika dikombinasikan dengan tembok semen yang mampu menampilkan karakteristik dari desain industrial itu sendiri. Meski terkesan sangat sederhana namun pagar dengan desain industrial terkesan cukup elegan dan minimalis ketika dipandang.

Pagar Rumah Minimalis Pintu Lipat

Pagar Rumah Minimalis Pintu Lipat
Pagar Rumah Minimalis Pintu Lipat

Menyiasati ukuran rumah yang terbatas Anda bisa memilih ide pagar rumah minimalis pintu lipat. Desain pagar rumah semacam ini akan membuat space garasi jadi lebih luas. Pasalnya pagar rumah pintu lipat bilang cukup pas tidak memakan banyak tempat dan tidak mengganggu jalan depan rumah.

Meskipun secara penggunaan pintu lipat manual membutuhkan tenaga ekstra untuk membuka dan menutupnya namun jauh lebih efisien. Desain pagar rumah semacam ini sangat cocok untuk hunian mungil minimalis. Agar terkesan lebih mewah Anda hanya perlu bermain dengan warna hitam pada bagian pagar rumah dan warna putih untuk bagian tembok.

Pagar Rumah Minimalis Motif Ornamen

Pagar Rumah Minimalis Motif Ornamen
Pagar Rumah Minimalis Motif Ornamen

Untuk menampilkan kesan unik dan artistik saat memasuki rumah Anda juga bisa bermain dengan motif ornamen pada bagian pagar pintu. Material yang bisa Anda gunakan adalah besi baja. Anda hanya perlu membuat desain pintu bukaan ganda untuk bagian pagar utama. Selain itu Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan kayu yang akan memberikan sentuhan hangat.

Pagar Rumah Minimalis Kombinasi Batu Bata

Pagar Rumah Minimalis Kombinasi Batu Bata
Pagar Rumah Minimalis Kombinasi Batu Bata

Batu bata merah merupakan jenis material yang paling banyak dan mudah dicari. Lalu bagaimana jadinya ya jika batu bata dijadikan sebagai pagar rumah? Ternyata batu bata juga bisa dijadikan pagar rumah, Anda hanya perlu membuat gambaran desain pada bagian pagar rumah. Batu bata bisa dijadikan sebagai tembok pagar rumah tanpa harus di semen kembali.

Sebaliknya Anda perlu melakukan pelapisan akhir pada bagian batu bata agar lebih tahan lama dan tidak kasar. Pagar rumah kayu yang dikombinasikan dengan batu bata akan terkesan sangat cocok. Meski terlihat klasik namun pagar rumah dengan desain yang satu ini tidak terbilang mahal. Selain itu hunian Anda juga akan terasa lebih artistik dengan material alami.

Pagar Rumah Minimalis Motif Laser Cut

Pagar Rumah Minimalis Motif Laser Cut
Pagar Rumah Minimalis Motif Laser Cut

Inspirasi desain pagar rumah minimalis selanjutnya yang bisa Anda coba adalah motif laser cut. Penggunaan material aluminium dan besi mampu dijadikan sebagai dekorasi pagar yang berseni nan cantik. Kesan sederhana bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan memilih material model vertikal atau horizontal tanpa dilengkapi dengan dekorasi apa pun.

Namun dengan hadirnya teknik laser cut Anda juga bisa membuat motif pagar rumah menjadi bermotif. Desain yang satu ini terbilang cukup berbeda dari desain yang lainnya. Pagar rumah motif laser cut juga bisa dengan mudah Anda sesuaikan dengan keinginan. Namun sayangnya harga pembuatannya cenderung cukup mahal karena membutuhkan proses yang lebih rumit.

Itu dia beberapa inspirasi desain pagar rumah minimalis yang bisa Anda coba. Setiap desain pagar rumah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Selain itu jangan lupa untuk sesuaikan dengan desain eksterior hunian agar terkesan lebih menyatu.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.