Tampil Beda dengan 8 Desain Jendela Unik untuk Rumah Ini
Tampil Beda dengan 8 Desain Jendela Unik untuk Rumah Ini

Tampil Beda dengan 8 Desain Jendela Unik untuk Rumah Ini

Jendela memang merupakan salah satu bagian yang tidak bisa terpisahkan dari sebuah rumah atau bangunan. Fungsi utama dari jendela sendiri adalah sebagai tempat masuknya cahaya dan sirkulasi udara di dalam hunian. Bahkan terkadang ada jendela yang dibuat dengan desain sedemikian rupa untuk menambah nilai estetika sebuah rumah. -MegaBaja.co.id

Meski terlihat simpel namun jendela mampu memberikan kesan yang berbeda pada sebuah bangunan. Oleh sebab itu tak ada salahnya untuk mencurahkan perhatian ekstra demi menemukan model jendela rumah yang tepat dan sesuai dengan konsep hunian.

Bagi Anda yang bosan dengan model jendela yang biasa saja. Kali ini Anda juga bisa berekspresi dengan membuat jendela rumah konsep modern yang berbeda. Nah berikut merupakan beberapa inspirasi desain jendela yang unik agar tampilan rumah menjadi menarik. Berani coba?

Inilah Kumpulan Desain Jendela Unik untuk Rumah

Desain Jendela Bentuk Bulat

Desain Jendela Bentuk Bulat
Desain Jendela Bentuk Bulat

Jendela tak harus berbentuk persegi kali ini Anda juga bisa mencoba jendela dengan bentuk berbeda, bentuk bulat misalnya. Desain jendela berbentuk bulat memang jarang sekali diaplikasikan pada sebuah bangunan atau rumah. Namun hal ini mampu membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih berbeda dari hunian biasanya.

Jendela dengan bentuk bulat akan terkesan lebih unik dan menarik. Anda bisa mengaplikasikan jendela semacam ini di ruang keluarga, kamar bayi, kamar tidur atau ruang bermain anak. Selain menarik, jendela dengan bentuk bulat akan membuat banyak udara dan cahaya masuk ke dalam ruangan sehingga membuatnya terlihat lebih segar.

Desain Jendela Tinggi

Desain Jendela Tinggi
Desain Jendela Tinggi

Selain jendela dengan bentuk bulat, kali ini Anda juga bisa memilih desain jendela tinggi. Konsep semacam ini mungkin sudah menjadi salah satu desain jendela yang cukup populer dan sudah banyak digunakan. Meski terkesan simpel namun ternyata desain jendela tinggi juga mampu memberikan kesan yang berbeda pada hunian.

Desain jendela tinggi juga lebih sering dipilih karena dianggap mampu memberikan pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup ke dalam ruangan. Terlebih lagi jika jendela menghadap langsung ke area taman rumah. Tanya akan membuat ruangan menjadi lebih segar saja, namun juga mampu memberikan pemandangan yang lebih indah.

Desain Jendela Bifold

Desain Jendela Bifold
Desain Jendela Bifold

Selain beberapa jenis desain jendela di atas, jendela bifold juga bisa Anda pilih untuk memberikan tampilan yang berbeda pada hunian. Jendela semacam ini memang sudah cukup banyak digunakan pada hunian atau bangunan di Indonesia.

Pada umumnya desain jendela bifold terdiri dari beberapa panel jendela. Hal ini memungkinkan agar jendela bisa dibuka dan ditutup dengan cara melipat bagian-bagiannya. Bagaimana apa Anda juga tertarik untuk menggunakan desain yang satu ini?

Desain Jendela Pivot

Jendela Pivot
Jendela Pivot

Sebenarnya apa sih desain jendela pivot itu? Jendela pivot merupakan jendela berputar. Desain jendela yang satu ini dilengkapi dengan engsel pada bagian tengah bingkai jendela. Jika ingin membukanya Anda hanya perlu mendorong salah satu bagian sisi jendela saja.

Tak hanya itu saja, desain jendela semacam ini juga memiliki nilai estetika yang cukup tinggi dan bisa diaplikasikan pada berbagai konsep hunian. Desain jendela semacam ini lebih cocok dipilih bagi Anda yang memiliki cukup ruang. Pasalnya jendela pivot cenderung memakan banyak ruang sehingga memerlukan perencanaan yang matang sebelum mulai memasangnya.

Desain Jendela yang Dipasang di Atap Rumah

Desain Jendela yang Dipasang di Atap Rumah
Desain Jendela yang Dipasang di Atap Rumah

Pemasangan jendela pada hunian tidak terbatas di tempat itu saja. Kali ini Anda juga bisa mencoba memasang jendela di bagian atap rumah untuk memberikan kesan yang berbeda. Tanda disadari desain jendela semacam ini mampu memberikan kesan yang unik dan menarik.

Anda juga tak perlu merasa khawatir sebab jendela yang dipasang pada bagian atap rumah juga tetap memungkinkan cahaya untuk bisa masuk secara maksimal. Selain itu desain jendela semacam ini juga memungkinkan Anda untuk bisa menikmati pemandangan langit yang indah pada pagi ataupun malam hari. Cukup menarik bukan?

Desain Jendela Bentuk Segitiga

Desain Jendela Bentuk Segitiga
Desain Jendela Bentuk Segitiga

Inspirasi jendela unik berikutnya yang bisa Anda coba yaitu desain jendela dengan bentuk segitiga. Baik itu segitiga sama kaki, segitiga siku-siku atau segitiga sama sisi. Selain bentuknya yang unik jendela seperti ini juga mampu memberikan pencahayaan yang maksimal. Tanpa mengurangi fungsi utamanya Anda  juga bisa mendapatkan nilai unik dan estetika.

Desain Jendela Asimetris

Desain Jendela Asimetris
Desain Jendela Asimetris

Kapan unik dan menarik akan semakin terasa ketika mengaplikasikan jenis desain jendela asimetris. Jendela dengan desain yang tampak tidak peraturan ini akan memberikan akses dekoratif dan unik pada hunian di luar aspek fungsional dari jendela itu sendiri.

Meski bentuknya yang tidak biasa namun fungsi dari jendela ini juga mampu memberikan pencahayaan yang maksimal pada hunian rumah. Desain jendela asimetris sangat cocok di aplikasikan pada bagian bawah tangga.

Desain Jendela Lengkung

Desain Jendela Lengkung
Desain Jendela Lengkung

Selain beberapa inspirasi di atas, ide lain yang bisa Anda pilih untuk membuat tampilan beda pada hunian adalah dengan memilih desain jendela lengkung. Model jendela lengkung atau biasa disebut dengan arched window lebih banyak ditemukan pada arsitektur bergaya Eropa klasik dan Maroko.

Meski demikian model jendela semacam ini juga sudah banyak diaplikasikan pada hunian modern. Model jendela lengkung terbilang cukup menarik karena menggabungkan antara bentuk persegi di pada bagian bawah dan bentuk setengah lingkaran pada bagian atasnya. Jendela lengkung mampu membuat hunian terlihat lebih menawan dengan pesonanya sendiri.

Desain Jendela Palladian

Desain Jendela Palladian
Desain Jendela Palladian

Bagi Anda yang suka dengan sentuhan vintage pada hunian, maka desain jendela palladian sangat cocok untuk dipilih. Bentuknya yang unik dan elegan mampu membuat jendela palladian cocok diterapkan pada hunian berkonsep klasik. Ukurannya memang tidak terlalu besar namun mampu menarik perhatian.

Kali ini Anda bisa mengaplikasikan jendela palladian pada bagian ruang tamu atau ruang tengah. Dijamin para tamu akan terpana dengan pesona palladian window yang memesona. Selain itu kehadiran jenis jendela ini juga membuat Anda tak perlu kerepotan menambah elemen dekoratif lainnya. Baik pada bagian ruangan maupun eksterior hunian.

Desain Jendela Glass Block

Desain Jendela Glass Block
Desain Jendela Glass Block

Inspirasi desain jendela terakhir yang bisa Anda coba untuk memberikan tampilan beda pada hunian adalah glass block. Desain jendela yang satu ini lebih cocok dipilih bagi Anda yang tidak ingin terlalu terekspos dari dunia luar. Tak hanya cantik, desain jendela glass block juga mampu menjaga privasi para penghuninya. Khususnya untuk bagian kamar mandi.

Namun Anda juga perlu memperhatikan penataan jendela glass block yang tepat agar tidak kalah cantik dengan tipe jendela sebelumnya. Ruangan yang dilengkapi dengan jendela glass block mampu memberikan kesan yang elegan dan mewah. Jadi jangan ragu untuk menerapkan desain jendela yang satu ini ya.

Itu dia beberapa inspirasi desain jendela rumah yang mampu memberikan kesan berbeda pada hunian. Pastikan untuk memilih desain jendela yang disesuaikan dengan gaya arsitektur hunian Anda agar terlihat lebih mengesankan. Jadi desain jendela mana nih yang kira-kira cocok untuk diaplikasikan pada rumahmu?

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.