Begini Cara Menata Dapur yang Benar, Lengkap Dengan Tips Menjaga Kebersihan Dapur

Dapur merupakan sebuah tempat yang vital di dalam rumah, selain itu, dapur juga banyak melambangkan kebersamaan karena dari sanalah makanan yang lezat dan bergizi untuk seluruh anggota keluarga berasal. Maka tak heran kalau sebagian orang menganggap dapur sebagai jantungnya rumah. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada banyak jenis penataan dapur yang bisa kamu terapkan di rumah? -MegaBaja.co.id

Di dalam artikel ini, kamu akan mengetahui pengertian dapur menurut beberapa sumber, inspirasi dapur modern, hingga tips merawat dapur agar menjadi tempat yang sehat dan nyaman.

Mari simak lebih lanjut pembahasannya di bawah ini ya.

Pengertian Dapur Menurut Berbagai Sumber

Pada dasarnya, dapur diartikan sebagai sebuah tempat atau bagian yang biasanya ada di dalam rumah.

Akan tetapi, beberapa sumber memberikan pengertian dan penjelasan yang berbeda-beda tentang makna dapur yang sebenarnya.

Dalam KBBI, dapur berarti sebuah ruangan tempat memasak.

Sedangkan menurut penulis buku Dasar-dasar Pengolahan Makanan (Food Product Fundamental) Hari Minantyo menjelaskan, bahwa dapur merupakan suatu tempat untuk menyimpan dan menyiapkan bahan makanan sehingga dapat diolah sebagaimana makanan tersebut bias disajikan sesuai dengan standar yang dapat dikonsumsi.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dapur adalah sebuah ruangan atau tempat yang biasa ada di rumah, yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan, melakukan aktivitas memasak, hingga menyiapkan makanan.

Seiring dengan perkembangan zaman, macam-macam dapur pun ikut berkembang.

perkembangan dapur dari masa ke masa

Merunut pada pengertian di atas, maka saat ini sudah umum diterapkan penataan dapur dengan prinsip segitiga. Prinsip segitiga adalah sebuah aturan yang menyebutkan bahwa dapur memiliki tiga fungsi utama yaitu penyimpanan (seperti kulkas, rak dan sebagainya), persiapan dan proses memasak. Dengan mengacu pada prinsip ini, kamu bisa menciptakan sebuah dapur yang ideal.

Antara area penyimpanan, persiapan dan proses memasak seharusnya memiliki jarak yang tidak terlalu berjauhan akan tetapi tidak juga saling menghalangi. Biasanya, ada beberapa bentuk dapur yang banyak diimplementasikan di kehidupan sehari-hari yang mengacu pada prinsip segitiga di atas. Di antaranya :

Bentuk Segaris (Linear)

Dalam hal ini, ketiga fungsi di atas diletakkan di satu area dinding saja atau segaris. Bentuk seperti ini tidak terlalu efektif untuk ruang gerak akan tetapi bermanfaat untuk menghemat ruangan.

Bentuk Berlawanan (Dapur Koridor)

Untuk yang satu ini, ketiga fungsi dibagi di dua sisi dinding atau berlawanan. Sehingga menyisakan sebuah ruang kosong di antara kedua sisi tersebut.

contoh dapur koridor

Bentuk L

Sesuai namanya, bentuk dapur yang satu ini ditata menyerupai huruf L. Yaitu membagi ketiga fungsi di atas pada dua sisi dinding yang berpotongan (posisi sudut ruangan)

Bentuk U

Yang terakhir yaitu bentuk U, artinya ketiga fungsi di atas disebar rata pada setiap dinding dapur sehingga membentuk huruf U.

Nah, itulah beberapa jenis penataan dapur yang mengacu pada prinsip segitiga. Namun terkadang pada beberapa kasus, dapur juga difungsikan sebagai ruang makan. Dengan begitu, kamu harus dapat menyesuaikan antara penataan area penyimpanan, persiapan dan area memasak dengan tempat makan sehingga dapur tidak menjadi sesak dan mempersempit ruang gerak.

Inspirasi Dapur Modern

Setelah mengetahui apa itu dapur menurut beberapa sumber beserta dengan prinsip penataannya, sekarang kamu bisa melihat inspirasi penataan dapur modern yang bisa kamu tiru dan terapkan di hunian pribadi.

Contoh Dapur Modern Bentuk Segaris (linear)

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa tipe dapur dengan penataan segaris ini cocok dimanfaatkan pada ruangan dapur yang sempit. Dengan menata tiga area utama pada garis yang sama, ruangan yang sempit bisa terlihat lebih clean dan simple.

Sink, kompor, dan kulkas sebagai tempat penyimpanan diletakkan pada satu garis yang sama. Tips yang bisa kamu terapkan pada tipe dapur ini adalah dengan meletakkan sink di tengah, yaitu di antara kompor dan kulkas. Sisakan ruang kosong untuk menaruh, mengiris dan menyiapkan bahan makanan.

tipe dapur linear atau segaris

Tipe dapur ini akan lebih ideal jika kamu menggunakan tipe kitchen set cabinet yang terletak di atas dan bawah area memasak seperti ini agar peralatan dapur bisa tertata dengan rapi.

Walaupun menghemat ruangan, tidak dapat dipungkiri bahwa dapur dengan bentuk segaris atau linear ini sedikit mempersempit ruang gerak saat melakukan aktivitas memasak. Maka butuh keterampilan dan harus pintar-pintar memodifikasi area dapur sesuai dengan kenyamanan masing-masing ya.

Contoh Dapur Modern Bentuk U

Untuk dapur dengan luas menengah ke atas, kamu bisa menerapkan tipe dapur bentuk U.

contoh tipe dapur bentuk U

Dengan begitu, dapur akan memiliki banyak ruangan penyimpanan yang lebih luas dan lapang dikarenakan bentuknya yang mengitari area dapur. Jika kamu memiliki lahan dapur yang luas, maka menata dapur seperti ini akan sangat cocok.

Contoh Dapur Modern Tipe L

Banyak rumah mengaplikasikan dapur dengan tipe L ini, hal itu karena dapur dengan penataan seperti ini bisa diterapkan di berbagai tipe lahan. Bentuknya membentuk sudut siku 90 derajat sehingga memungkinkan dapur untuk menyatu dengan ruangan lain seperti ruang makan.

dapur tipe L

Dengan tipe ini, area sirkulasi udara pun akan tercipta lebih maksimal karena ruang gerak yang tersedia lebih luas.

Contoh Dapur Modern Tipe G

Dapur ini memiliki bentuk menyerupai lingkaran, namun pada salah satu sudut dibiarkan terbuka dan nantinya berfungsi sebagai pintu masuk. Maka dari itu bentuknya lebih menyerupai huruf G.

tipe dapur bentuk G

Desainnya terlihat sedikit rumit dan tentunya mmebutuhkan lahan yang cukup luas, namun dengan begitu area yang tersedia juga banyak seperti tempat penyimpanan dan perisapan memasak yang lapang. Bentuk G ini adalah hasil perkembangan dari dapur bentuk U, dengan tambahan meja, mini bar atau pun kabinet di salah satu sisinya. Penambahan ini bisa kamu gunakan sebagai area makan, sink, atau pun tempat kompor.

Akan tetapi, desain dapur seperti ini sangat tidak disarankan untuk lahan dapur yang terbatas karena terlalu banyak sudut mati sehingga bisa menyebabkan dapur terlihat sempit dan kurang nyaman.

Contoh Dapur Tipe Island

Hampir mirip dengan tipe dapur sebelumnya, dapur tipe island juga cocok diterapkan pada luas dapur menengah ke atas. Gaya dapur seperti ini biasanya populer di negara Eropa dan Amerika Serikat. Sesuai namanya yaitu Island yang berarti pulau, bentuk dapur ini memiliki sebuah meja makan yang terpisah dari area segitiga dapur dan terletak di tengah, persis seperti pulau.

dapur tipe island

Penataannya pun beragam, mulai dari menata tiga prinsip utama dapur pada tiga sisi dinding lalu meletakkan meja di area terpisah, atau menatanya pada empat sisi dapur dan meja di area tengah. Meja tersebut bisa kamu gunakan sebagai tempat makan, tempat mempersiapkan bahan makanan atau bisa juga sebagai tempat sink dan kompor.

Bagaimana? Sudah menentukan tipe dapur yang mana yang cocok dengan rumahmu?

Jika sudah, maka tugas selanjutnya adalah mengetahui tips-tips untuk menjaga kebersihan dapur agar terlihat nyaman dan menghasilkan makanan sehat serta bergizi.

Berikut tipsnya :

Tips Menjaga Kebersihan Dapur

  • Jangan menunda untuk membersihkan peralatan dapur setelah memasak. Hal ini menghindari penumpukan alat masak yang kotor di tempat cuci yang bisa menyebabkan lalat atau serangga lain mengerubungi dapurmu.
  • Mengelap atau membersihkan kompor setelah dipakai. Terkadang saat memasak, aka nada saja tumpahan kuah makanan atau bahkan minyak yang jatuh di area kompor, maka segera bersihkan sehingga tidak menjadi kerak yang nantinya akan semakin sulit untuk dihilangkan. Dengan segera membersihkan kompor setelah selesai memasak, dapur akan terlihat bersih dan rapi setiap hari.
  • Rajin membersihkan bak cuci piring. Hal ini juga penting, mengingat segala sisa makanan bisa saja terkumpul di area ini, terlebih pada tempat pembuangan. Maka pastikan untuk selalu membersihkannya setiap selesai dipakai ya.
  • Menyapu dan mengepel lantai dapur.
  • Menata peralatan masak, dan menyimpannya kembali setelah digunakan. Peralatan masak yang disimpan sembarangan, akan membuat penampilan dapurmu acak-acakan dan tentunya tidak nyaman dilihat. Jadi pastikan untuk menyimpannya secara rapi ya.

Nah, itulah pembahasan detail mengenai dapur dan penataannya hingga tips-tips menjaga kebersihan dapur. Jangan lupa untuk dipraktekkan di rumah ya. Semoga bermanfaat.

Ade Widi Rahayu
Just an ordinary people.