Fungsi 10 Bagian Konstruksi Bangunan Yang Perlu Diketahui

Pernahkah Anda melihat bangunan tempat tinggal atau gedung-gedung tinggi? Ada bangunan khusus untuk bangunan satu lantai, serta gedung pencakar langit. Ternyata dalam teknik sipil, setiap konstruksi bangunan memiliki struktur yang berbeda. – MegaBaja.co.id

Proses desain dan konstruksi harus sesuai dengan ilmu konstruksi serta sesuai dengan standar keselamatan dan kesehatan kerja saat ini. Jika konstruksi salah, bangunan dapat dengan mudah runtuh atau rusak, terutama jika terjadi bencana.

Pengertian Konstruksi Bangunan Yang Perlu Diketahui

Pembangunan rumah adalah suatu cara atau teknik untuk mendirikan suatu obyek konstruksi menurut beberapa persyaratan. Kata konstruksi juga dapat diartikan sebagai suatu bangunan atau unit prasarana di suatu wilayah tertentu.

Konstruksi bangunan juga dapat disebut sebagai model, susunan atau tata letak suatu bangunan. Kata bangunan sendiri bukan hanya bentuk bangunannya saja, tetapi bisa juga  disebut sebagai keseluruhan struktur bangunan dalam dunia teknik sipil.

Fungsi Dari Sebuah Konstruksi Bangunan

Bangunan Rumah memiliki fitur pengembangan yang sangat berguna. Struktur bangunan yang diperhitungkan dengan cermat memiliki fungsi sebagai berikut:

• Memperkuat bangunan

• Merancang gedung yang bisa tahan akan bencana alam

• Mendukung keberadaan elemen bangunan lainnya

• Membuat semua struktur bangunan bekerja sama untuk membentuk kesatuan

4 Jenis Konstruksi Bangunan Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Sebagaimana telah diketahui, konstruksi bangunan tidak terbatas pada bangunan tempat tinggal atau rumah saja. Bangunan sendiri dibagi menjadi 4 (empat) jenis menurut tujuan penggunaannya, yaitu:

Konstruksi Teknik

Konstruksi bangunan teknik adalah yang tujuannya untuk membangun ruangan dan prasarana (infrastruktur). Proyek teknik sipil misalnya perbaikan jalan, pekerjaan galian, pembangunan jembatan dan instalasi air (drainase, waduk, dan lainnya).

Konstruksi Gedung

Konstruksi ini adalah penjelasan yang berkaitan dengan proses membangun atau mendirikan suatu bangunan. Secara umum tujuan membangun rumah adalah untuk membangun suatu tempat yang mempunyai fungsi tertentu.

Tetapi hal tersebut tidak dibatasi oleh jumlah orang yang aktif. Misalnya gedung sekolah, perkantoran, museum, pusat perbelanjaan, perpustakaan dan fungsi gedung lainnya yang sangat beragam.

Konstruksi Industri

Konstruksi industri mengacu pada bangunan yang terutama ditujukan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Contoh konstruksi bangunan industri adalah pembangunan kilang minyak, reaktor nuklir, dan lainnya.

Sifat konstruksi industri adalah bahwa prosesnya membutuhkan presisi tinggi dan pengetahuan khusus. Teknologi yang digunakan juga istimewa dan jarang terlihat pada konstruksi lain.

Konstruksi Rumah

Pembangunan rumah tentunya bertujuan untuk mengutamakan kebutuhan khusus rumah. Saat mendesain rumah, jumlah anggota keluarga sasaran dan ruang komunikasi antar keluarga biasanya dipertimbangkan selama pembangunan rumah.

10 Bagian Konstruksi Bangunan Dan Tugasnya

Konstruksi bangunan biasanya merupakan bangunan secara keseluruhan, yang terdiri dari beberapa bagian dan struktur konstruksi. Dalam sebuah bangunan rumah, terdiri dari beberapa bagian yang memiliki tugas masing-masing.

Bagian Pondasi

Dalam setiap pembangunan gedung dan rumah, pondasi merupakan bagian yang menentukan kekuatan suatu bangunan. Pondasi merupakan elemen utama bangunan dan berhubungan langsung dengan tanah.

Peran pondasi adalah untuk menopang seluruh beban bangunan agar tetap kuat. Untuk memiliki fondasi yang baik, bangunan harus dibangun dengan benar, dengan kemiringan yang benar dan terlindung dari risiko keruntuhan.

Bagian Balok Sloof

Bagian konstruksi bangunan ini merupakan balok horizontal pada bagian atas pondasi yang disebut balok sloof. Memiliki balok sloof sama pentingnya dengan pondasi bangunan.

Fungsinya untuk menghubungkan seluruh alas dan setiap kolom menjadi satu sehingga bangunan tetap stabil. Selain itu juga untuk mencegah bagian bangunan agar tidak jatuh akibat perbedaan ketahanan tanah terhadap beban konstruksi.

Bagian Dinding

Dinding atau tembok adalah bagian terbesar dari sebuah bangunan. Tugas bagian ini adalah untuk menutupi rumah dan melindungi penghuninya. Di banyak rumah, dinding  sering digunakan sebagai pembatas ruangan.

Bagian Kolom

Salah satu bagian terpenting konstruksi bangunan adalah kolom yang berbentuk batang dan berdiri di beberapa sisi bangunan. Biasanya jarak antar tiang sekitar 3,5 meter dengan kolom yang dapat dibuat dari  beton, baja dan bekisting balok cincin.

Bagian Ventilasi

Ventilasi merupakan bagian yang sangat penting dalam menjaga sirkulasi udara di dalam rumah. Bagian ini biasanya biasanya berada di atas rumah atau jendela dengan suplay udara yang cukup untuk seluruh area.

Bagian Balok Latei

Balok Latei adalah bagian yang menahan bagian atas struktur rumah. Balok jenis ini biasanya terletak di atas pintu atau jendela. Dengan konstruksi yang kuat, balok  dapat menahan bentuk rangka dengan kuat di bawah pengaruh gempa.

Bagian Lantai

Kenyamanan rumah juga ditentukan oleh berbagai macam material yang dipilih untuk lantai rumah Anda. Untuk memilih jenis lantai, sesuaikan desain dan warna lantai konstruksi bangunan dengan desain rumah.

Bagian Jendela Dan Pintu

Jendela dan pintu merupakan bagian dari rumah yang perlu diperhatikan agar terlihat proporsional. Jangan terlalu pelit saat membuat jendela, karena bagian ini sangat penting untuk sirkulasi udara di dalam rumah.

Sementara itu, pilihlah ukuran pintu rumah yang relatif sesuai dengan fasad rumah. Jika fasad rumah terkesan kecil, pilihlah pintu yang tipis dan tidak terlalu besar.

Bagian Rangka Atap

Sebelum memasang atap pada rumah, terlebih dahulu harus dipasang rangka atap. Kisi-kisi atap menahan atap dengan kuat di tempatnya. Ada berbagai bahan rangka atap yang bisa dipilih, seperti kayu dan baja ringan.

Atap Atap adalah bagian  atas bangunan. Atap  melindungi penghuni  dari panas, hujan, dan angin kencang. Atap juga dapat dibuat dari bahan yang berbeda, seperti beton, tanah liat, seng, dan lain-lain.

Selain itu, ada berbagai jenis atap  yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, misalnya atap bernada, atap piramida, atap datar, dan sebagainya.

3 Tahapan Dalam Membangun Rumah

Membangun rumah membutuhkan paling sedikit 3 (tiga) tahapan utama. Adapun ketiga tahap konstruksi bangunan tersebut adalah meliputi langkap seperti berikut ini.

Tahap Perencanaan

Tahap ini menitikberatkan pada semua yang dibutuhkan hingga bangunan tersebut terwujud. Tahap ini membahas perencanaan proyek, menentukan bahan baku yang dibutuhkan, biaya yang dianggarkan dan menugaskan orang yang bertanggung jawab.

Tahapan Pelaksanaan

Pada tahap pelaksanaan konstruksi, pelaksanaan pembangunan gedung dimulai dengan segala kegiatan sesuai dengan rencana yang dibuat. Saat ini faktor pendukung pada tahap implementasi lebih banyak dibandingkan pada tahap perencanaan.

Misalnya jalur suplai logistik, kerjasama antara kontraktor dan subkontraktor, perizinan dan penanggung jawab, hingga departemen keselamatan kerja. Dimana semua tahao perencanaannya memiliki peran yang cukup penting.

Tahap Pengendalian, Pemeliharaan Dan Persiapan Penggunaan

Tahap terakhir, dipastikan semua pekerjaan konstruksi berjalan sesuai rencana, tenggat waktu dan bangunan aman digunakan. Tahapan ini meliputi pemantauan proses konstruksi, pemeriksaan integritas struktur bangunan.

Penyelidikan kerusakan atau kekurangan yang berkaitan dengan penyelesaian atau perbaikan. Koordinasi yang baik dan standar operasional prosedur (SOP) yang ketat harus diikuti oleh semua pihak yang terlibat dalam fase ini.

Sekian ulasan terkait fungsi 10 bagian konstruksi bangunan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi untuk lebih mengenal konstruksi tersebut dengan lebih baik untuk memudahkan proses pembangunannya.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.