Lakukan Tips Ini Untuk Mengubah Kamar Sempit Jadi Nampak Luas
Lakukan Tips Ini Untuk Mengubah Kamar Sempit Jadi Nampak Luas

Lakukan Tips Ini Untuk Mengubah Kamar Sempit Jadi Nampak Luas

Memiliki kamar tidur dengan ruang yang terbatas bukanlah suatu masalah. Anda bisa mengubah kamar tersebut dengan menatanya sedemikian rupa agar nampak lebih luas dan lega. Tentunya, cara ini cukup mudah kok untuk dilakukan. Di sini, yang Anda butuhkan ialah dengan sedikit kreativitas Anda. -MegaBaja.co.id

Memang, kamar tidur yang sempit identik dengan suasana ruang yang pengap. Namun, jika Anda mengaturnya dengan sebaik mungkin maka Anda juga bisa memiliki kamar dengan suasana yang nyaman lho! Nah, daripada terus-terusan tidak betah di dalam kamar sendiri, mari simak beberapa tips berikut dalam menata kamar sempit agar tampak lebih luas.

Tips Membuat Kamar Sempit Tampak Luas

1. Hindari Menempatkan Banyak Barang dalam Kamar

Hindari Menempatkan Banyak Barang dalam Kamar
Hindari Menempatkan Banyak Barang dalam Kamar

Tips yang pertama ialah hindari untuk menempatkan terlalu banyak barang di dalam kamar tidur Anda. Cobalah memilah perabotan yang sekiranya penting supaya tidak memenuhi kamar Anda. Nah, Anda bisa memilih barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan atau bila perlu Anda bisa meletakkan lemari atau tempat penyimpanan untuk menghemat ruang.

Sortirlah semua barang-barang yang memang sudah dirasa tidak berguna atau bahkan rusak. Kemudian, Anda bisa menyingkirkannya dari dalam kamar agar kamar menjadi lebih lega. Walaupun cara ini bisa memakan banyak waktu, namun hasilnya dapat Anda rasakan nantinya.

2. Maksimalkan Penyimpanan dalam Lemari atau Storage

Maksimalkan Penyimpanan dalam Lemari atau Storage
Maksimalkan Penyimpanan dalam Lemari atau Storage

Tentunya, lemari tidak hanya berfungsi sebagai tempat menyimpan pakaian. Namun, Anda pun bisa menggunakan lemari untuk menyimpan barang-barang kecil Anda. Tujuannya, agar terlihat lebih rapi dan bersih. Selain itu, Anda juga menjadi tidak perlu membersihkan barang-barang kecil Anda terlalu sering karena ada di dalam lemari sehingga aman dari debu.

Namun, bila lemari Anda sudah penuh, Anda bisa menggunakan storage untuk tempat penyimpanannya. Nah, storage tersebut bisa berupa box organizer ataupun barang multifungsi lainnya. Apabila diperlukan, Anda bisa memodifikasi kamar tidur Anda dengan menambahkan lemari Built-in di dalamnya.

3. Hindari Perabotan Berdimensi Besar

Hindari Perabotan Berdimensi Besar
Hindari Perabotan Berdimensi Besar

Sebetulnya, sah-sah saja bila Anda ingin menempatkan lemari ataupun meja belajar di ruang kamar tidur Anda. Akan tetapi, sebagai tips untuk menata kamar yang sempit pilihlah perabotan yang berdimensi kecil atau tidak terlalu besar. Di sini, Anda bisa menerapkan desain kamar tertentu, misalnya menerapkan interior minimalis dalam kamar.

Nah, ciri khas dari desain interior minimalis ini adalah “less is more”.  Atau dengan kata lain, perabotan yang akan Anda gunakan adalah sederhana dan lebih ringkas. Solusi yang satu ini terbilang sangat efektif dalam menghemat keterbatasan ruang pada kamar tidur Anda.

4. Maksimalkan Ruang Kosong Dinding Kamar

Maksimalkan Ruang Kosong Dinding Kamar
Maksimalkan Ruang Kosong Dinding Kamar

Nah, tak semua barang harus Anda letakkan di atas lantai, namun Anda bisa menempatkannya di dinding kosong kamar Anda lho! Anda bisa menggunakan rak-rak dinding dengan berbagai ukuran untuk meletakkan barang-barang Anda. Akan tetapi, jangan terlalu berlebihan karena dapat membuat suasana ruangan menjadi sempit.

5. Manfaatkan Tempat Tidur Bertingkat

Manfaatkan Tempat Tidur Bertingkat
Manfaatkan Tempat Tidur Bertingkat

Memanfaatkan tempat tidur bertingkat juga bisa menjadi opsi untuk menghemat ruang dengan maksimal. Tidak hanya terlihat keren saja, namun tempat tidur bertingkat dapat membuat mobilitas Anda di dalam kamar yang sempit tetap optimal. Pada bagian bawah tempat tidurnya, Anda bisa menempatkan meja belajar untuk menunjang aktivitas ataupun pekerjaan Anda.

6. Gunakan Hidden Storage pada Furnitur Kamar

Gunakan Hidden Storage pada Furnitur Kamar
Gunakan Hidden Storage pada Furnitur Kamar

Nah, salah satu furnitur yang bisa Anda tambahkan hidden storage ini adalah pada tempat tidur Anda. Pada kolong tempat tidur, Anda bisa menambahkan beberapa laci yang berguna sebagai tempat penyimpanan barang Anda. Cara ini tidak hanya akan membuat ruangan lebih tertata rapi, tetapi juga sangat ampuh dalam menata kamar sempit agar nampak luas.

Selain itu, konsep hidden storage ini banyak digandrungi para anak muda karena memang praktis dan tidak memakan banyak space. Selain pada kolong tempat tidur, Anda juga bisa menambahkan hidden storage ini di bawah meja belajar atau meja kerja Anda. Tentunya, hidden storage ini sangat berguna untuk menyimpan barang-barang pribadi pemiliknya.

7. Beri sebuah Cermin Besar dalam Kamar Tidur

Beri sebuah Cermin Besar dalam Kamar Tidur
Beri sebuah Cermin Besar dalam Kamar Tidur

Kemungkinan Anda sudah sering mendengar kalau cermin dapat menciptakan ilusi optik dalam memperluas sebuah ruang. Nah, supaya tidak memakan banyak tempat, Anda tidak perlu menempatkan banyak cermin sekaligus pada dinding kamar Anda. Lantas, bagaimana cara Anda untuk mengakalinya?

Nah, cukup dengan menempatkan sebuah cermin besar yang menghadap ke arah pintu atau jendela kamar Anda. Tentunya, cara satu ini cukup efektif untuk menciptakan ilusi mata pada saat memasuki kamar. Sehingga kamar tidur Anda akan nampak lebih luas lagi.

8. Gunakan Cat Berwarna Netral

Gunakan Cat Berwarna Netral
Gunakan Cat Berwarna Netral

Cara lain untuk membuat kamar sempit menjadi lebih luas, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna yang netral pada dinding kamar Anda. Nah, ada beberapa warna yang bisa menjadi opsi bagi Anda di antaranya, seperti putih, krem, biru muda, abu-abu muda, dan coklat muda. Nah, warna-warna tersebut bisa membuat kamar nampak lebih luas dan nyaman.

9. Tambahkan Karpet dengan Pola dan Warna yang Sesuai

Tambahkan Karpet dengan Pola dan Warna yang Sesuai
Tambahkan Karpet dengan Pola dan Warna yang Sesuai

Menambahkan karpet di dalam kamar juga bisa membuat suasana kamar lebih luas dan nyaman. Cobalah untuk memilih warna netral dengan motif garis yang cukup ampuh membuat tampilan kamar terlihat lebih luas lagi. Apabila Anda penggemar motif-motif etnik, maka pilihlah yang tidak terlalu ramai warnanya sehingga kamar tidur Anda lebih kalem.

10. Jangan Menggantung Baju di Belakang Pintu Kamar

Jangan Menggantung Baju di Belakang Pintu Kamar
Jangan Menggantung Baju di Belakang Pintu Kamar

Tentunya, masih banyak orang yang kerap menggantung baju di belakang pintu kamarnya. Padahal, kebiasaan ini tidak hanya membuat ruang terasa sempit, namun juga membuatnya terasa sumpek. Akan lebih baik kalau segera menaruh baju kotor ke dalam keranjang cucian Anda. Apabila memang ingin digantung, tempatkan dalam lemari dan beri pembatas.

11. Pilih Jendela yang Menghadap ke Luar Ruangan

Pilih Jendela yang Menghadap ke Luar Ruangan
Pilih Jendela yang Menghadap ke Luar Ruangan

Nah, bagi anak kos, beberapa kamar indekos pastinya memiliki keterbatasan ruang. Maka dari itu, pilihlah kamar kos yang memiliki jendela mengarah langsung ke arah luar. Namun, bukan tipe jendela yang menghadap ke arah koridor bangunan.

Tak hanya berfungsi sebagai ventilasi udara, tetapi jendela yang menghadap ke arah luar ruangan juga ampuh membuat kamar kos sempit terlihat lebih luas lho! Selain itu, cahaya dari matahari juga mudah masuk ke dalam kamar kos. Sehingga kamar lebih terang dan tidak sumpek.

12. Bersihkan dan Bereskan Kamar dengan Rutin

Bersihkan dan Bereskan Kamar dengan Rutin
Bersihkan dan Bereskan Kamar dengan Rutin

​​Nah, supaya kamar tidak terasa pengap, Anda juga wajib membersihkan dan membereskan kamar tidur Anda dengan rutin. Dengan begitu, kamar Anda akan menjadi lebih nyaman dan menyegarkan sehingga enak ditempati. Sebab, percumah saja bila kamar luas namun perabotannya berantakan dan juga kotor.

Nah, cukup mudah diterapkan bukan tips-tips di atas?! Sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengakali kamar sempit Anda agar nampak lebih luas. Terapkan saja tips-tips di atas dan pastinya kamar Anda akan berubah menjadi lebih luas dari sebelumnya.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.