Mengenal Keunggulan & Kekurangan Penggunaan Atap Kaca
Mengenal Keunggulan & Kekurangan Penggunaan Atap Kaca

Mengenal Keunggulan & Kekurangan Penggunaan Atap Kaca

Dalam sebuah bangunan rumah, terdapat berbagai bagian penting di dalamnya. Salah satunya yaitu atap yang memiliki bentuk dengan beragam material yang bisa disesuaikan pada bangunan rumah. Atap kaca menjadi salah satu atap yang cukup populer di masa modern ini. -MegaBaja.co.id

Atap kaca biasanya menggunakan kaca laminated yang memiliki tingkat keamanan dan perlindungan tinggi. Kaca ini bisa dibingkai menggunakan kayu, aluminium, dan baja. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Keunggulan Atap Kaca

Penggunaan bahan kaca sebagai atap memiliki kelebihan yang cukup bermanfaat. Berikut beberapa keunggulan dari pemilihan atap kaca, diantaranya:

1. Memberikan Sinar Matahari Yang Cukup

Memberikan Sinar Matahari Yang Cukup
Memberikan Sinar Matahari Yang Cukup

Atap kaca memungkinkan adanya cahaya alami yang cukup di dalam rumah sehingga ruangan terasa lebih hangat dan terbuka. Anda akan lebih kreatif dalam menyesuaikan desain interior untuk mendapatkan tampilan yang unik.

Contohnya mendekorasi ruangan dengan tanaman hijau yang beraneka ragam. Rumah juga akan tampak lebih indah dan asri tentunya.

2. Menurunkan Polusi Udara

Menurunkan Polusi Udara
Menurunkan Polusi Udara

Keunggulan berikutnya yaitu menurunkan polusi udara. Seperti diketahui bahwa kaca memiliki kemampuan untuk meredam suara berdesibel tinggi. Dengan demikian Anda bisa menikmati suasana tenang di dalam rumah dengan penerapan atap ini.

3. Sebagai Ventilasi Udara

Sebagai Ventilasi Udara
Sebagai Ventilasi Udara

Atap yang berbahan dasar kaca sebenarnya memiliki beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. contohnya atap kaca permanen, geser, maupun kanopi. Untuk atap jenis geser bisa sekaligus berfungsi sebagai ventilasi udara sehingga sirkulasi udara di rumah menjadi lebih baik.

4. Memperluas Ruangan

Atap ini juga mampu menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas. Dengan pencahayaan maksimal, membuat ruangan di dalam rumah tampak lebih luas. Ini bisa menjadi solusi terbaik untuk memaksimalkan potensi ruangan bagi rumah dengan luas terbatas.

5. Memberikan Nilai Tambah Dalam Desain Interior & Properti

Memberikan Nilai Tambah Dalam Desain Interior & Properti
Memberikan Nilai Tambah Dalam Desain Interior & Properti

Atap jenis ini seringkali digunakan untuk mendesain rumah minimalis modern. Dengan memasang atap kaca maka akan memberikan kesan yang modern, minimalis, dan mewah. Selain itu, atap ini juga mampu meningkatkan nilai properti rumah Anda.

6. Hemat Energi

Karena mampu memberikan sinar matahari yang cukup terutama di siang hari, sehingga lebih hemat energi. Anda tidak perlu menyalakan lampu di siang hari karena bisa mengandalkan sinar matahari yang masuk.

Kekurangan Atap Kaca

Walaupun atap jenis ini memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan, namun juga terdapat kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan instalasi. Berikut beberapa diantaranya:

1. Konstruksi Rumit

Ketika membangun atap kaca maka membutuhkan perhitungan, material yang tepat, dan membutuhkan waktu yang lama. Apabila terjadi kesalahan maka atap bisa mudah jatuh dan membahayakan keselamatan.

2. Biaya Pemasangan Dan Perawatan Tinggi

Biaya Pemasangan Dan Perawatan Tinggi
Biaya Pemasangan Dan Perawatan Tinggi

Jika dibandingkan dengan material lain seperti batu bata dan genteng, atap kaca memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu, perawatannya pun tidak mudah karena sifat kaca yang transparan sehingga perlu sering dibersihkan dari luar.

Pelapis atap yang kokoh tidak sepenuhnya aman apabila terkena cabang pohon atau bola yang terlempar ke atap. Apabila terdapat retakan atau celah, memungkinkan Anda mengubah seluruh bingkai atapnya.

3. Ruangan Terasa Panas Di Cuaca Panas

Kaca tidak membatasi sinar UV dan panas matahari sehingga suhu kerap tinggi di saat panas matahari sangat menyengat. Namun meskipun demikian, dominasi panas matahari tersebut bisa dikurangi dengan melakukan beberapa langkah yang tepat seperti memperhatikan arah bangunan.

4. Privasi Berkurang

Material kaca memiliki sifat transparan. Hal ini tentu bisa mengurangi privasi pemilik rumah beratap kaca terutama untuk rumah yang berlokasi di pusat kota dan berada di sekitar gedung tinggi. oleh karena itulah, atap kaca ini lebih cocok untuk rumah di kawasan yang sepi.

Jika ingin menggunakan atap kaca di perkotaan, maka pastikan sudut kemiringan atap tetap terjaga. Dengan demikian akan membuat orang asing sulit mengintip bagian dalam rumah.

Spot Terbaik Penggunaan Atap Kaca

Atap kaca biasanya digunakan untuk ruangan yang terasa lembab, gelap, dan bisa menimbulkan pembengkakan anggaran untuk lampu yang menyala hampir 24 jam. Terdapat beberapa spot terbaik penggunaan kaca sebagai atap rumah, diantaranya:

1. Entryway

Entryway ialah ruang transisi yang menjadi persinggahan antara outdoor dan indoor. Dengan meletakkan atap kaca pada entryway, akan memberikan kesan terbuka dan lapang di dalam rumah sehingga tampak lebih indah dipandang.

2. Ruang Keluarga

Selain entryway, ruang keluarga juga bisa menjadi spot terbaik penggunaan atap kaca ini karena mampu memberikan kesan lebih luas. Penggunaan atap kaca akan membuat langit terlihat jelas saat memandang dari sofa. Ini tentu akan menambah kesan estetik dan keindahan desain rumah.

3. Kamar Tidur

Menambahkan atap kaca di kamar tidur akan membuatnya menjadi lebih sempurna. Pastikan untuk memasang di sudut atau spot yang membuat Anda nyaman dan membantu tidur menjadi lebih  nyenyak. Selain itu juga mampu menambah kesan estetik pada area kamar.

4. Kamar Mandi

Atap kaca yang dipasang pada kamar mandi terbukti praktis karena cahaya alami yang berasal dari langit-langit akan membantu mengurangi dan mencegah lembab. Selain itu juga menghindarkan dari jamur dan bau pada kamar mandi.

Cara ini akan membantu untuk menjaga lingkungan lebih sehat bagi keluarga di rumah. Memasang atap kaca di kamar mandi mampu memberikan suasana yang berbeda. Selain kamar mandi yang lebih sehat, juga lebih cerah karena sinar matahari alami yang masuk ke dalam kamar mandi.

Berapa Harga Atap Kaca per Meter Persegi?

Untuk harga material kaca tergantung pada kualitas dan ukuran yang ditawarkan. semakin bagus dan langka, maka harganya pun akan semakin mahal. Harga atap tersebut kisaran Rp 1,4 juta hingga Rp 2,6 juta per meter persegi.

Harga material kaca tersebut juga sangat dipengaruhi oleh struktur penunjang. Seperti rangka kanopi kaca stainless steel hingga kombinasi. Untuk penentuan harga kanopi kaca ini juga berdasarkan ukuran dan kualitas.

Material Terbaik Pengganti Kaca

Apabila harga kaca kurang ramah di dompet, maka tidak perlu khawatir. Anda bisa menggantinya dengan material plastik yang kuat namun tetap ringan. Berikut beberapa material terbaik selain atap kaca, antara lain:

  • Atap uPVC : adalah atap terbaru yang sedang Hits dengan menggunakan teknologi co-extrusion. Solusi praktis untuk masalah korosi dan cuaca extreme di bangunan, gudang dan pabrik anda. Atap uPVC Mega Shield adalah subtitusi terbaik untuk menggantikan produk konvensional seperti asbes, metal, fiber dan lembaran PVC.
  • Akrilik : material ini merupakan plastik yang bentuknya menyerupai kaca. Memiliki sifat yang lentur, tidak mudah pecah, ringan, mudah dipotong, mudah dihaluskan, dan bisa dicat.
  • Polycarbonate : tidak hanya harganya yang terjangkau, material ini juga kuat dan ringan. Bahkan material ini dikenal 200 kali lebih kuat dari kaca dan 30 kali lebih kuat dari akrilik. Selain itu, bisa didaur ulang, mudah dipotong, dan mampu melindungi dari sinar UV.

Penggunaan atap kaca mampu memberikan banyak keunggulan. Seperti memberikan kesan lapang hingga hemat energi. Namun di samping itu, terdapat kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan instalasi untuk atap jenis ini. Pastikan menentukan spot terbaik dan memilih produk yang berkualitas.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.