Pentingnya Memilih Atap Rumah Yang Tepat Dan Tips Memilihnya

Setiap bagian dari bangunan rumah tentu memiliki fungsinya masing-masing. Beberapa bagian tersebut memiliki fungsi yang terbilang sangat vital. Oleh karena itulah pada proses pembuatannya, maka perlu diperhatikan. Ketika terdapat kerusakan maka harus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah pada bagian lainnya. – MegaBaja.co.id

Salah satu yang memiliki fungsi vital ialah atap rumah. Atap pada konstruksi bangunan rumah bisa dianalogikan sebagai helm yang akan melindungi kepala seseorang dari berbagai hal.

Fungsinya yang sangat vital, maka dalam pemilihannya sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut tipsnya yang bisa diterapkan.

Open solution, large windows, wooden. Wooden veranda.

Pentingnya Memilih Atap Rumah Yang Tepat

Dengan melihat analogi di atas, maka bisa diketahui bahwa atap suatu bangunan memiliki fungsi sebagai pelindung. Tentu saja dari berbagai cuaca dan kondisi di luar rumah agar tetap nyaman ditinggali. Berikut beberapa alasan pentingnya memilih atap rumah yang tepat, antara lain:

  • Atap rumah membantu melindungi bangunan rumah secara keseluruhan dari perubahan cuaca, baik cuaca terik maupun ketika hujan turun.
  • Membantu mengurangi radiasi panas secara berlebihan sehingga hunian tetap terasa aman dan sehat.
  • Berfungsi untuk menghambat pergerakan angin yang bisa membuat rumah menjadi kotor dan penuh debu. Selain itu juga cenderung terasa dingin.

Fungsi atap rumah seperti yang sudah disebutkan di atas membuat desainnya dibuat lebih lebar dibandingkan luas bangunan rumah. Di bagian teras biasanya pemilik rumah akan melebarkan bagian atap hingga beberapa meter ke depan. Ini bertujuan untuk melindungi teras dari paparan sinar matahari dan air hujan.

Pentingnya memilih atap yang tepat tentu saja agar bisa menjalankan semua fungsi di atas dengan baik. Dengan demikian akan membuat rumah menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

source : Pintererst

Tips Memilih Atap Rumah Yang Ideal

Pemilihan atap rumah yang baik dan benar tentu sangat dianjurkan agar fungsi tersebut bisa terpenuhi dengan baik. Oleh karena itulah, perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan atap rumah yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan, antara lain:

1. Pilihlah Jenis Material Yang Tepat

Seperti diketahui, dulu atap rumah hanya terbatas pada material dari tanah liat. Namun di zaman modern ini jenis material hadir dalam berbagai pilihan. Mulai dari beton, beton cor, genteng keramik, metal, kaca, dan masih banyak lagi.

Setiap jenis material ini tentu memiliki sifat khas dan keunggulannya masing-masing. sebaiknya pilihlah atap dengan material yang kuat serta tahan lama. Ini agar menghemat biaya renovasi yang mungkin akan dilakukan di kemudian hari.

2.  Teliti Saat Memilih Kerangka Atap

Setelah berhasil menentukan material atap rumah yang paling sesuai, maka bisa beralih pada pemilihan kerangka atap. Sama dengan atap, bagian rangka ini juga akan dijumpai beberapa pilihan material.

Contohnya baja ringan, alumunium, hingga kayu. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah material yang dirasa kekurangannya sendiri paling bisa ditoleransi.

3. Pilihlah Produk Yang Bergaransi

Tips berikutnya untuk menentukan atap yang terbaik tentu saja dari kualitasnya yang sudah terjamin. Pilihlah atap rumah yang banyak direkomendasikan oleh orang lain. Cara termudah yang bisa dilakukan yaitu memilih atap yang bergaransi karena dengan demikian maka terjamin kualitasnya.

4. Sesuaikan Dengan Kondisi Lingkungan

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi lingkungan. Apabila tinggal di lingkungan yang tidak bersentuhan maupun dekat dengan bahan kimia maka bisa memilih jenis atap apapun. Namun jika sebaliknya, sebaiknya utamakan untuk memilih atap dengan material yang tahan terhadap bahan kimia.

Contohnya material UPVC yang memiliki sifat tahan terhadap efek bahan kimia di sekitarnya. Dengan begitu maka atap rumah akan jauh lebih tahan lama dan awet tentunya.

5. Pilih Yang Perawatannya Mudah

Untuk meminimalisir kesalahan dalam pemilihan atap, utamakan memilih atap dengan perawatan mudah. Ini karena atap seperti bagian rumah lainnya yang perlu dirawat dengan baik agar awet. Untuk itulah, pilih material atap yang tergolong mudah untuk dirawat.

Sebagai pelindung dari bangunan rumah, maka tidak ada salahnya untuk teliti dalam memilih atap. Dengan memilih atap yang perawatannya mudah, maka akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak tentunya.

6. Perhatikan Dari Segi Kenyamanan Dan Keindahan

Faktor kenyamanan dan keindahan juga merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih atap yang tepat. Seperti yang diketahui bahwa jenis atap rumah yang kuat dan murah cukup beragam dan modelnya juga cukup bervariasi.

Dengan demikian maka Anda harus jeli dalam memilihnya terutama jika berhubungan dengan kenyamanan dan keindahan. Salah satu hal penting yang bisa dipertimbangkan ialah masalah ketahanan atap.

Terdapat beberapa jenis atap yang tidak sesuai dengan kondisi cuaca tertentu. ini tentu akan berpengaruh terhadap daya tahan dari penggunaan atap tersebut. Contohnya pada atap genteng tanah liat. Di cuaca dingin dan lembab, jenis atap ini mudah tergerus dan lapuk.

7. Perhatikan Dari Segi Keamanannya

Atap tentu sedikit banyak berpengaruh pada tampilan estetika rumah secara keseluruhan. Namun faktor keindahan sebaiknya tidak dijadikan patokan utama ketika Anda ingin menentukan atap yang tepat. Perhatikan juga dari segi keamanan pada penggunaan atap yang dipilih. Apabila memilih rangka atap baja ringan, sebaiknya jangan pilih atap yang bobotnya berat seperti genteng beton.

8. Pertimbangkan Cara Pemasangannya

Tidak semua jenis atap mudah dalam proses instalasinya. Oleh karena itulah ada baiknya untuk memilih atap yang mudah dipasang agar ketika terjadi kerusakan maka bisa dengan mudah memperbaikinya.

Untuk jenis rumah mewah dan minimalis terdapat banyak model atap yang modern untuk dipilih. Anda bisa memilih model instalasi atap yang kekinian agar tidak ketinggalan zaman. Model seperti ini akan membuat hunian menjadi lebih estetik serta unik.

Pemilihan atap dengan mempertimbangkan pemasangannya yang mudah sangat penting dilakukan. Biasanya genteng tanah liat dan atap baja termasuk jenis atap yang sudah untuk dibongkar pasang. Ini karena pemasangannya sendiri memerlukan kalkulasi yang tepat sehingga hanya bisa dilakukan oleh ahlinya saja.

Apabila dipaksakan untuk memasang secara mandiri, kemungkinan akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Contohnya pemasangan yang tidak rata sehingga menyebabkan lubang pada bagian tertentu sehingga membuat rumah mengalami kebocoran.

9. Pertimbangkan Harganya

Harga merupakan salah satu hal yang cukup krusial karena bisa menentukan jenis atap dan kualitas dari atap itu sendiri. Biasanya semakin mahal harganya, maka kualitasnya akan semakin bagus. Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu jenis atap, ada baiknya untuk mempertimbangkan dari segi harganya terlebih dahulu.

Untuk mewujudkan rumah yang nyaman dan aman, pemilihan atap tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Banyak tips yang bisa diterapkan untuk mendapatkan atap yang paling sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan atap rumah yang tepat dan sesuai akan membuatnya mampu berfungsi secara maksimal.

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.