Ketahui Gaya Rumah Atap Miring Yang Tidak Kalah Aesthetic dan Modern

Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat keputusan tentang desain rumah Anda sehingga Anda mungkin melupakan atapnya sepenuhnya, meskipun itu adalah salah satu hal pertama yang diperhatikan orang tentang rumah Anda. Nah, tahukah Anda jika desain rumah atap miring adalah salah satu hal yang bisa Anda coba! – megabaja.co.id

Atap yang kuat dapat membuat semua perbedaan dalam hal bagaimana rumah Anda terlihat dari luar dan berapa lama akan bertahan.

Jika Anda ingin menarik perhatian sebanyak mungkin pada desain eksterior rumah Anda, cobalah memasukkan desain atap yang menarik di bawah ini ke dalam rencana Anda.

Gaya Rumah Atap Miring Yang Tidak Kalah Aesthetic

Atap adalah salah satu fitur paling berguna dari rumah mana pun. Dan salah satu gaya tidak biasa yang bisa Anda coba adalah rumah atap miring. Tapi bisakah atap menjadi fitur arsitektur yang menarik untuk struktur bangunan?

Yah, hanya karena melayani tujuan penting ini tidak berarti itu tidak bisa menjadi fitur arsitektur yang menarik. Mengingat di negara kita, atap dianggap paling tidak penting dalam hal estetika. Namun, dengan mempertimbangkan kemiringan atap, kecuramannya, dan perpotongan bidang, Anda bisa benar-benar kreatif dengan desain atap.

Hal ini akan memberi struktur Anda tampilan dan nuansa yang benar-benar unik. Selain melindungi rumah dari sinar matahari, angin, hujan, dan salju, atap menambah gayanya dengan melengkapi penampilan. Kali ini ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk jenis rumah atap miring yang sempurna untuk rumah modern.

Atap Sawtooth

Atap Sawtooth
Atap Sawtooth

Atap Sawtooth terdiri dari urutan punggungan yang memiliki dua nada di setiap sisinya. Atapnya memiliki 2 atau lebih atap sejajar yang bentuknya seperti gigi gergaji. Salah satu kemiringan setiap anggota lebih curam dari yang lain. 

Biasanya, permukaan rumah atap miring yang lebih curam dilapisi kaca; juga, mereka dapat memiliki satu gigi, atau banyak gigi. Atap gigi gergaji bekerja paling baik di bangunan industri besar seperti pabrik; ini adalah pilihan populer di sana karena memberikan cahaya alami.

Atap Paraboloid Hiperbolik

Atap Paraboloid Hiperbolik
Atap Paraboloid Hiperbolik

Menurut definisi, atap paraboloid hiperbolik adalah atap yang memiliki dua atap pelana dan satu punggungan. Disebut juga atap pelana, atap pelana, atau atap pelana. Ketegangan yang diciptakan dengan mendesain atap ini membuatnya tampak seolah-olah direntangkan dari sudut ke sudut, menciptakan bentuk yang tampak organik.

Bentuk desain atap seperti itu menuntut kontak minimal dengan dinding luar dan tidak ada dukungan internal. Bentuk atap ini sangat ideal bagi mereka yang mencari konstruksi yang lebih terbuka, ringan dan ekonomis.

Atap Saltbox

Atap Saltbox
Atap Saltbox

Atap Saltbox juga dapat disebut sebagai bagian dari atap pelana. Jenis atap miring ini sangat mirip dengan atap pelana; dengan perbedaan yang ada pada panjang panel atap yang membentuk bubungan.

Biasanya, dalam desain atap ini, satu sisi lebih panjang dari yang lain dan memberikan kepribadian yang berbeda pada struktur bangunan. Ini paling cocok untuk rumah independen.

Atap Bernada Tunggal

Atap Bernada Tunggal
Atap Bernada Tunggal

Atap bernada tunggal juga dikenal sebagai atap skillion atau atap bergaya gudang. Atap mono-pitched memiliki satu permukaan datar tunggal, tetapi tidak mirip dengan atap datar standar karena kemiringan atap skillion jauh lebih curam dan terlihat.

Permukaan atap bernada tunggal tidak menempel pada permukaan atap lain, sehingga berbeda dari atap bernada ganda atau atap pelana. Ini sangat mudah untuk dibangun dan menghadirkan tampilan yang unik dan bijaksana.

Atap Gudang

Atap Gudang
Atap Gudang

Atap gudang juga disebut atap gambrel, ini adalah variasi dari atap runcing. Gaya atap gudang sangat sering dikaitkan dengan tradisi dan lumbung bangunan Belanda. Ini memecah setiap bagian atap yang miring menjadi dua bagian — satu dekat dengan punggungan yang relatif datar dan satu lagi lebih dekat ke atap yang turun tajam.

Sementara banyak yang berpikir gaya atap ini hanya cocok untuk dan digunakan terutama di lumbung, ini adalah pilihan yang bagus dalam konstruksi perumahan. Ini karena menambahkan begitu banyak ruang ekstra pada struktur. 

Atap Kupu-Kupu

Atap Kupu-Kupu
Atap Kupu-Kupu

Mirip dengan sayap kupu-kupu yang indah, desain atap ini terdiri dari dua bidang yang saling miring. Bentuk atap ini mendapatkan popularitas luar biasa pada 1950-an-1960-an dan masih digunakan oleh arsitek bahkan sampai sekarang.

Gaya ini menghilangkan kebutuhan akan sistem downspout dan selokan tradisional, karena air hujan mengalir langsung ke palung pusat, di mana ia dapat dipanen. Ini luar biasa pada meteran penambah energi, karena panel surya dapat ditempatkan secara strategis untuk menangkap sinar matahari dengan paling efisien.

Atap Miring atau Atap Pelana

Atap Miring atau Atap Pelana
Atap Miring atau Atap Pelana

Bernada tajam, atap miring tampak seperti sayap raksasa yang menjulang di atas tepi luar struktur. Karena atap miring memanjang di luar dinding rumah, ia memberikan privasi dan perlindungan untuk area hiburan di luar dan pada saat yang sama memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam.

Atap miring adalah pilihan bagus untuk rumah dan tempat tinggal. Ini efisien, estetis dan sekaligus fungsional. Tetapi sekali lagi, faktor seperti cuaca, biaya, bahan, lingkungan juga memainkan peran besar dalam menentukan jenis atap yang harus Anda pasang.

Mempertimbangkan bahan jika Anda memerlukan bantuan dalam memutuskan, Wienerberger menawarkan berbagai macam bahan atap yang menarik secara estetika dan memberikan kelas tertentu pada penampilan bangunan.

Rangkaian solusi atap tanah bisa mengikuti metodologi produksi paling canggih yang memberikan gaya yang benar-benar unik dan individual pada portofolio genteng. Dengan variasi warna dan finishing yang bervariasi, genteng Anda dapat membuat tampilan bangunan menjadi suguhan yang memanjakan mata.

Fungsi Atap Rumah

Atap rumah berkontribusi pada daya tahan, tahan cuaca, dan efisiensi energi dan juga dapat menambah ruang hidup. Bahan bangunan, kondisi iklim, dan bentuk serta desain rumah semuanya memengaruhi desain atap. Berikut adalah beberapa fungsi atap lainnya! – MegaBaja.co.id

Perlindungan Dari Elemen

Kita bisa menganggap atap sebagai payung permanen untuk rumah Anda. Berkat sifatnya yang tahan lama dan melalui penggunaan material modern, Anda akan mendapatkan perlindungan vital dari lingkungan luar. Kami tidak hanya mengacu pada hujan, salju dan angin dalam kasus ini.

Penting juga untuk menyebutkan bahwa variasi suhu yang dramatis dapat diatasi melalui penggunaan atap. Mereka yang disimpan dalam urutan kerja yang tepat dapat bertahan selama beberapa dekade pada suatu waktu.

Kecantikan Estetika

Mari kita juga menyoroti fakta bahwa atap akan membantu menambah daya tarik tepi jalan ke rumah Anda. Sirap tersedia dalam jumlah warna yang hampir tak terbatas dan puncaknya dapat dirancang pada berbagai sudut untuk menangkap desain arsitektur tertentu.

Bahan lain seperti batu tulis dan batu juga dapat digunakan jika Anda ingin merasakan keanggunan atau jika Anda ingin tetap setia pada periode waktu tertentu dalam sejarah. Itulah beberapa rekomendasi gaya rumah atap miring yang tetap modern namun aesthetic yang bisa Anda coba. Jadi, mau pilih gaya yang mana? Semoga membantu!

imatbagjagumilar
Manusia satu-satunya di bumi ini. dan hanya ini saja. merasa diri special dari yang special. hobinya bernafas, minum kopi dan baca-baca aja. Suka sama Rumah dan berbagai macam hal mengenai Arsitektur. Terus Belajar untuk mencari pencarian bakat. biar kaya super hero.